Inspirasi & Motivasi

Yang Suka Sakit Saat Haid, Mungkin Kamu Kurang Banyak Makan Sayuran Hijau

Rasa nyeri saat menstruasi sering dialami oleh perempuan. Meski tak semuanya merasakan, tapi bagi yang sering dihantui rasa nyeri ini, rasanya bikin malas beraktivitas. Jangankan mau bekerja, untuk bangun dari tempat tidur saja susah rasanya.

Biasanya rasa sakit semacam ini muncul di hari pertama datang bulan, semacam timbul rasa nyeri yang sangat mengganggu. Rasa nyeri itu bikin harimu jadi tak nyaman, kan? Mungkin salah satunya karena kamu kurang mengonsumsi sayuran hijau.

Begini, suka tak suka sebaiknya kamu harus makan sayuran hijau ya kawan. Sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli itu baik lho untuk mengatasi mineral, magnesium, dan anti-kram.

Belum lagi sayuran ini mengandung vitamin A, C, B6, serta vitamin E serta kalium-nutrisi yang dapat membantu mengurangi gejala PMS. Untuk itu, banyak-banyak makan sayur yuk!

Selain Sayur, Coba Lirik Dulu Manfaat Salmon

Manfaat ikan salmon tak perlu diragukan lagi. Ikan yang kaya akan omega tiga ini terbukti dapat mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Di lain sisi, ikan salmon juga penuh lemak anti inflamasi yang sangat bermanfaat untuk tubuhmu lho kawan. Karenanya, kalau kebetulan kamu pesan sushi, coba saja pesan yang ada salmonnya.

Kalau Salmon Tak Mempan, Cobalah Dulu Dark Chocolate

Kamu suka cokelat? Kalau dark chocolate bagaimana? Obat yang paling enak dan mujarab untuk mengatasi nyeri saat menstruasi salah satunya dark chocolate lho kawan.

Beda dengan cokelat yang biasanya, dark chocolate biasanya lebih rendah gula dan susu. Pun dengan kandungan kakaonya sebesar 70 persen membuatnya rasanya memang agak sedikit pahit. Tapi justru ini yang bisa membuat ototmu jadi lebih rileks lho!

Tak Suka Dark Chocolate? Kalau Begitu Coba Telur Saja Dulu

Makanan yang satu ini sumber gizi terbaik. Telur memiliki vitamin D, B6, dan vitamin E yang dapat mengatasi kram saat menstruasi. Jadi, kalau kamu mungkin kram saat menstruasi, tak ada salahnya minta dibuatkan telur supaya lebih rileks lagi.

Atau Cobalah Perbanyak Mengasup Selai Kacang  yuk!

Beruntunglah kalau kamu suka selai kacang. Karena selai kacang ini mengandung vitamin B6 dan magnesium lho kawan. Penting sekali untukmu yang mau berusaha mengurangi nyeri haid.

Magnesium membantu mengatur serotonin, yaitu salah satu senyawa yang baik dalam otak. Selain itu, magnesium juga dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah perut kembung.

Pisang Juga Bisa Jadi Teman yang Baik saat Haid

Kamu sejatinya disarankan untuk suka pisang! Kenapa? alasannya, kandungan vitamin B6 dan kalium pada buah ini bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi hari pertama.

Kalium yang terlalu sedikit, dapat menyebabkan kram otot. Nah, ketika kamu makan pisang sebelum latihan atau berolah raga, buah ini akan menjaga otot-ototmu agar tidak kram. Tapi, jangan lupa tetap pemanasan ya!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Hasil Riset : Perempuan Tak Bisa Bekerja dengan Produktif di Ruang yang Terlalu Dingin

Tak hanya perkara fisik semata, untuk urusan pola dan cara kerja, laki-laki dan perempuan memang punya kemampuan yang berbeda. Bahkan ini kian dikuatkan dengan sebuah temuan terbaru dari beberapa peneliti, tentang temperatur udara dalam ruang kerja yang bisa mempengaruhi kemampuan kerja para kaum hawa.

Lain dari para laki-laki yang merasa lebih nyaman untuk bekerja ketika suhu udara lebih dingin, perempuan justru tak bisa bekerja dengan maksimal jika suhu udara terlalu dingin.

Fenomena Ini Tak Hanya Terjadi di Iklim Tropis Saja, Penduduk Negara dengan 4 Musim Pun Merasakannya

Suhu di Indonesia sebagai negara tropis, memang selalu terasa lembab dan panas saja. Tapi ternyata kejadian ini tak terjadi atas perempuan-perempuan yang ada di negara kita saja, bahkan orang-orang di Amerika yang memiliki 4 musim pun merasakannya. Rupanya ini tak sekedar perkara kebiasaan saja, perbedaan tingkat kenyamanan atau daya tahan tubuh seseorang terhadap suhu dingin saja. Karena ada beberapa alasan ilmiah yang mendasari hal tersebut.

Melalui sebuah penelitian, para ahli tersebut menemukan jika perempuan tak bisa lebih baik dalam tes matematika dan verbal ketika temperatur ruangan lebih rendah. Dengan kata lain, ruangan yang dingin membuat perempuan tak bisa produktif dalam berpikir dan bekerja.

Dari Survey, Jumlah Lelaki yang Memilih Suhu Ruang Kerja yang Lebih Dingin Memang Lebih Banyak Dibanding Perempuan

Yap, dari hasil Studi yang dilakukan USC Marshall School of Business, AS dan WZB Berlin Social Science Center di Jerman, penelitian yang berkonsentrasi pada kemampuan kognitif ini, menunjukkan ada alasan spesifik mengapa selama ini pria dan wanita sering berdebat tentang suhu ruangan.

Dilakukan kepada lebih dari 500 pelajar yang diminta untuk mengikuti tes matematika dan verbal. Tes diambil dalam ruangan bersuhu sekitar 16C dan 90C. Hasil pun menunjukkan jika perempuan bukan hanya bisa mengerjakan dengan lebih baik tapi mereka bisa menjawab dengan lebih banyak, ketika berada dalam ruangan dengan suhu yang lebih hangat.

Dan sebaliknya, ketika suhu ruangan direndahkan, para perempuan menjawab lebih banyak salahnya. Anehnya, yang terjadi pada lelaki justru kebalikan dari yang dialami para perempuan. Lelaki lebih bisa menjawab dengan benar ketiika suhu ruangan lebih dingin dan tak bisa menjawab dengan baik ketika ruangan kian hangat.

Fakta Lainnya, Hal Ini Dipengaruhi Pula Oleh Suhu Tubuh antara Perempuan dan Lelaki yang Memang Berbeda

Sebelumnya, penelitian Univesitas Utah juga menemukan jika tangan dan kaki perempuan memang lebih dingin beberapa derajat dari pada laki-laki. Inilah yang kemudian membuat para perempuan kedinginan lebih cepat dan menganggu konsentrasi mereka berpikir.

Pada studi lain yang dilakukan Univesitas Maryland pun menemukan jika tingkat metabolisme laki-laki 23% lebih tinggi dari perempuan. Dengan begitu, berarti pula jika tubuh perempuan memang menghangat lebih lambat daripada tubuh para lelaki. Dan mudah merasa kedinginan ketika dalam ruangan yang dingin.

Kesimpulannya : Perempuan Akan Lebih Produktif Bekerja Pada Suhu Udara yang Lebih Hangat Dibanding Suhu Dingin

Maka dari beberapa fakta ilmiah yang ditemukan oleh para peneliti tersebut, perusahaan dan beberapa tempat kerja disarankan untuk bisa mengatur termostat yang lebih tinggi dari pada standar sekarang.

“Temuan ini menyarankan bahwa tempat kerja dengan pekerja bergender campur bisa meningkatkan produktivitas dengan mengatur termostat lebih tinggi dari pada standar sekarang,” ungkap peneliti tersebut.

Selain itu, peneliti ini juga menjelaskan tentang mengapa para perempuan kerap terlihat membawa berbagai lapisan pakaian atau jaket serta kaus kaki ke tempat kerja. Hal itu dikarenakan, para lelaki yang mungkin kerap merasa kepanasan jika para pekerja perempuan menaikkan suhu di ruangan. Nah, daripada berdebat, biasanya perempuan memilih untuk  menghangatkan tubuhnya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Dear Perempuan, Pastikan Kamu Tahu Cara Menjaga Kebersihan Miss V Selama Menstruasi

Tahu nggak sih, ternyata hanya 63% perempuan di Indonesia, yang paham bagaimana cara manajemen kesehatan saat sedang datang bulan. Dan cuma 55% yang rutin mengganti pembalut 4 hingga 6 jam sekali, saat sedang menstruasi. Padahal, ketika kita datang bulan, tubuh sedang rentan. Sehingga daerah kewanitaan, bisa saja terserang bakteri kapan saja.

Nah, dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada 28 Mei mendatang, Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI) dan PT Mundipharma Healthcare Indonesia mengajak perempuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengambil aksi nyata dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan terutama pada saat menstruasi agar tetap terlindungi dan aktif tanpa batas.

Sejalan dengan tema Hari Kebersihan Menstruasi Internasional tahun ini, yakni It’s Time For Action. Mundipharma Indonesia meluncurkan kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga. Kampanye ini jadi ajakan nyata bagi para perempuan untuk saling berbagi informasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan terutama pada saat menstruasi.

Pada acara konferensi pers yang diadakan pada Rabu, 15 Mei 2019 di Lala Resto, Jakarta Selatan, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI – dr. Erna Mulati, M.Sc, CMFM, yang turut serta hadir, bercerita tentang tantangan pemerintah dalam rangka menyampaikan edukasi kesehatan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga daerah kewanitaan ketika sedang datang bulan. Keterbatasan tenaga dan kultur yang berbeda-beda pada setiap daerah, konon jadi salah satu rintangannya.

Untuk itulah, beliau berharap dengan adanya peringatan Hari Kebersihan Menstruasi dan kampanye ini, diharapkan akan semakin banyak perempuan yang lebih peduli pada kesehatan organ kewanitaannya.

Tak hanya itu saja, masih dari acara yang sama. dr.Erna juga memberitakan pelucuran buku saku “Sehat dan Bersih Menstruasi” yang juga digaungkan pemerintah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), jadi salah satu elemen pendidikan kesehatan dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja.

Kementerian Kesehatan RI juga sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak termasuk perusahaan swasta yang ikut berkontribusi dalam pemberian edukasi kesehatan tersebut, khususnya edukasi kesehatan reproduksi termasuk kebersihan saat menstruasi. Salah satu bentuk edukasi yang sudah berhasil dilaksanakan adalah peluncuran Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang telah didistribusikan ke lebih dari 1.000 sekolah dan para ibu.

Masih dari acara yang sama,  Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) dari Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, yang juga hadir mengatakan, penting untuk selalu mengganti pembalut ketika sedang datang bulan.

“Untuk menjaga kesehatan area kewanitaan saat menstruasi dimana risiko infeksi meningkat, maka penting sekali upaya membersihkan organ kewanitaan secara teratur. Penggunaan pembersih khusus kewanitaan yang merupakan antiseptik dengan pH sesuai kondisi area kewanitaan serta menggunakan dan mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali sangat dianjurkan”. Ujar dokter Ocvi.

Adapun beberapa tips dasar yang perlu dikuasi oleh para perempuan Indonsia jika sedang menstruasi adalah sebagai berikut :

  1. Membersihkan area kewanitaan secara teliti dan berkala dengan cara yang benar.
  2. Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih (antiseptik) yang sesuai area kewanitaan.
  3. Menggunakan pembalut yang bersih dan dapat menyerap darah yang keluar dengan baik serta menggantinya secara berkala minimal setiap 4 jam (idealnya 2 jam sekali).

Selain itu, Adi Prabowo selaku Head of Brand Strategy and Category Development Mundipharma Indonesia yang turut serta dalam kampanye ini mengatakan,

“Melalui kegiatan edukasi ini, kami ingin meningkatkan kesadaran dan menjadi sumber informasi yang terpercaya sehingga hal – hal yang dianggap tabu ini dapat mulai diturunkan kepada anak – anak perempuan sedini mungkin mulai dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Semoga dalam menyambut Hari Kebersihan Menstruasi agar para perempuan bisa tetap aktif dan terlindungi ketika menstruasi,” tutup Adi.

Tak hanya itu saja, demi menjawab kebutuhan para perempuan akan produk kesehatan yang bisa membantu menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Mundipharma Indonesia melalui produk BETADINE sudah menyediakan produk berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup para perempuan Indonesia dalam menjaga kesehatan area kewanitaan mereka.

BETADINE Feminine Care menyediakan rangkaian produk untuk area kewanitaan dan merupakan rangkaian paling lengkap di dunia. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari – hari dengan prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih kewanitaan khsusus untuk menstruasi dan untuk mengatasi infeksi area kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang biodegradable atau flushable .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Buat Penasaran, 4 Zodiak Ini Dikenal Sebagai Lelaki yang Paling Cuek

Semua perempuan pasti berharap beberapa karakter yang ia sukai ada dalam diri lelaki yang disukai atau dicintai. Tapi yang namanya kisah asmara, apa yang kita harapkan belum tentu sesuai dengan kenyataan. Diharapkan romantis eh malah ketemu yang biasa-biasa saja, berharap dapat yang perhatian, malah ketemu yang cueknya nggak ketulungan.

Nah, kalau dilihat berdasarkan zodiaknya ada beberapa lelaki yang memang cuek. Tapi jangan buru-buru berpikir kalau dia tak asyik ya, karena dibalik sikap cueknya itu. Mereka justru sangat menyanyangi setiap pasangannya.

Untuk itu daripada fokus pada cueknya, coba lihat sisi lain dari si dia yang justru bisa membuatmu semakin penasaran padanya. Lalu, kira-kira siapa aja nih lelaki yang dikenal cuek?

1. Virgo

Sebagai sosok yang akan selalu berusaha terlihat kuat di hadapan semua orang, lelaki virgo akan selalu bekerja ekstras untuk menjaga image-nya. Disusul dengan ketelitian yang sangat hati-hati, tapi juga dikenal sebagai pecinta sejati.

Jadi kemungkinan besar, sikap cuek yang ia tunjukkan hanyalah cara untuk menutupi kelemahan lain yang ia miliki. Nilai positifnya, kamu yang berhasil merebut hatinya patut berbangga, karena mereka dikenal terbuka dalam segala hal dan sangat setia.

2. Leo

Para lelaki yang tergabung dalam zodiak Leo selalu menjadikan kejujuran sebagai prinsip dasar kehidupan. Mereka tak suka berbohong untuk hal-hal yang memang mereka tak sukai. Serupa dengan sikap cueknya yang memang begitulah dia ada apadanya.

Tak mau menjadi orang lain, hanya demi menyenangkanmu. Ia akan tetap cuek, karena itulah kejujuran yang ia bisa lakoni. Tapi, jika kelak kamu akan menikah dengannya. Kamu akan jadi salah satu perempuan beruntung sedunia, sebab ia setia dan selalu bisa dipercaya dalam segalanya.

3. Aquarius

Agak sedikit lebih introvert, kaum adam yang memiliki zodiak aquarius memang dikenal selalu menikmati kesendirian daripada keramaian. Jadi tak heran, meski sudah punya pacar, masih akan bersikap sebagaimana dia yang biasa. Tapi ini bukan bentuk tak peduli ya.

Kecuekan yang ia tunjukkan adalah bentuk  lain dari perhatian dan kebebasan yang justru ia harap tak akan hilang dari hidupmu, meski sudah ada dia yang menjadi pacar. Intinya, ia mau kamu tetap bersikap leluasa seperti biasanya, tak merasa terganggu hanya karena kini ada dia. Yap, ia adalah pendukung yang hebat, kamu tak akan menyesal memilihnya jadi pacar.

4. Taurus

Lelaki dengan zodiak yang satu ini, bisa dibilang cukup buat perempuan selalu penasaran sekaligus tertantang. Dikenal jadi sosok yang dekat dengan pasangan, tapi juga bisa jadi super cuek jika ada sesuatu yang sedang dikerjakan. Serupa dengan aquarius, lelaki taurus juga selalu memberikan kebebasan bagi pasangannya.

Jadi, kamu bisa belajar darinya dengan memberikan kebebasan yang sama bagi si dia. Untuk urusan mejaga komitmen, dia adalah juaranya. Jadi kamu tak perlu khawatir jika ia akan berpaling. Karena kalau sudah berani bilang cinta, ia akan selalu setia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top