Kesehatan & Me Time

Wajib Tahu! Detoksifikasi Ternyata Ampuh Atasi Masalah Kulit Wajah Kering dan Kusam

pexels-photo-88636

Wanita rentan dengan berbagai permasalahan kulit wajah seperti kulit kusam, kering, hingga timbulnya jerawat. Untungnya, berbagai masalah tersebut bisa ditangkal dengan cara-cara  sederhana. Salah satunya lewat detoksifikasi dari luar tubuh. Cara ini bahkan dinilai ampuh membuat kulit tampak sehat dan cerah.

Detoksifikasi atau populernya disebut detoks, sejatinya dijelaskan sebagai proses dari luar untuk membantu membersihkan kadar racun yang ada di dalam tubuh dengan cara memberi asupan nutrisi yang baik. Kamu mungkin berpikir, sejatinya setiap organ tubuh punya cara detoksifikasi masing-masing, lantas mengapa harus melakukan detoksifikasi lagi?

Dr Frank Lipman, pendiri Eleven-eleven Wellness Center New York mengatakan pentingnya melakukan detoks lantaran tubuh bagian dalam pun perlu dibersihkan agar fungsinya dapat berjalan secara optimal. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mendetoks kulit wajah? Berikut jawabannya.

pexels-photo-371167

Sediakan Waktu Sebentar dan Rutinlah Membersihkan Wajah Untuk Regenerasi Kulit nan Alami

Sebagai salah satu aset penting bagi wanita, kita tentunya rutin merawat kesehatan kulit wajah. Wajah yang sehat dan berseri-seri sejatinya tak sulit didapatkan asal rutin melakukan detoksifikasi. Kamu bisa membersihkan kulit wajah dengan penggunaan cleanser. Usai mengaplikasikan cleanser, akan menjadi lebih baik jika dilanjutkan membersihkan wajah dengan scrub lemon atau oatmeal yang dicampur madu.

Setelahnya, oleskan racikan scrub tersebut pada seluruh area kulit wajah, tapi hindari bagian kulit yang sedang iritasi. Scrub natural tersebut ampuh mengangkat sel kulit mati sehingga mempercepat proses regenerasi. Selain scrub, tak ada salahnya jika kamu ingin menambahkan essential oil demi proses regenerasi kulit yang lebih optimal.

Tak Ada yang Mampu Mengalahkan Khasiat Air Putih, Tetap Rutin Minum Delapan Gelas Per Hari Agar Detoksifikasi Kian Optimal

Dengan mengonsumsi delapan gelas air putih atau sekitar dua liter per hari merupakan cara detoksifikasi paling mudah dan sederhana. Khasiat air putih yang mampu memperlancar proses detoks pada kulit akan ampuh jika kamu mampu menjaga asupan minum setiap hari. Agar lebih optimal sebaiknya kamu juga menghindari konsumsi gorengan, mie instan, dan makanan yang mengandung perwarna untuk beberapa hari. Perlahan tapi pasti, kamu pun akan merasakan manfaat air putih yaitu kulit yang terasa segar dan kelembabannya terjaga. Stay hidrate!

 

pexels-photo-461428

Tak Perlu Lagi Meragukan Khasiat Teh Hijau, Mengonsumsi Secara Teratur Ternyata Ampuh untuk Detoksifikasi

Khasiat teh hijau memang tak lekang oleh waktu. Turun temurun dari zaman nenek moyang hingga sekarang, jenis teh ini masih populer digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan termasuk dimanfaatkan untuk mempercepat detoksifikasi kulit wajah. Mengonsumsi 2-3 gelas teh hijau per hari ternyata mampu membantu mengeluarkan toksin yang berada di area kulit. Di lain sisi, teh hijau memang dipercaya memiliki kandungan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan anti inflamasi.

Rutin Melakukan Facial dan Menggunakan Masker Dapat Menolongmu dari Persoalan Kulit Wajah Kusam

Jika kamu termasuk yang jarang pergi ke salon untuk facial, tak perlu risau, kamu bisa melakukan facial sendiri di rumah. Hanya perlu siapkan air hangat dan tambahkan minyak beraroma citrus. Selanjutnya, tinggal basahi handuk dengan racikan tersebut dan tempel di wajah. Hal itu akan membantu pori-pori terbuka dan mengangkat kotoran dari kulit wajah.

Selain facial alami, ternyata masker juga berfungsi sebagai sarana detoksifikasi bagi kulit wajah. Cukup gunakan satu atau dua kali dalam satu minggu. Sesudah melakukan facial secara alami alami, kamu bisa langsung menempelkan masker wajah agar kotoran terangkat lebih maksimal karena pori-pori masih terbuka. Setelahnya, cukup bersihkan wajah dengan tonic.

pexels-photo-110470

Melakukan Gerakan Olahraga Kecil Seperti Jogging Ternyata Sangat Baik untuk Detoksifikasi

Jika di hari kerja kamu sudah disibukkan dengan segudang aktivitas, sebaiknya buat jadwal olahraga kecil di akhir pekan. Kamu bisa berlari-lari kecil atau hanya sekadar jogging selama tiga puluh menit, setidaknya sampai tubuhmu berkeringat. Di samping itu, selingi dengan melakukan gerakan sederhana secara berulang. Hal itu dapat membantu mengurangi toksin yang terdapat dalam tubuh.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Siasati Masalah Mata Lelah dengan Olahan Masker Buatan Rumah

night-portrait-canon-flash-74472

Setelah seharian mata dibuat penat lantaran harus menatap monitor, apakah kamu pernah terpikir untuk memanjakan otot mata? Di antara indera yang lain, kinerja mata memang terbilang krusial. Kalau dalam sehari kamu terbiasa tidur delapan jam, itu artinya kamu membuka mata selama 16 jam. Bekerja, membuka gawai, menonton film, serangkaian aktivitas tersebut pada dasanya menjadi faktor otot mata akan tegang. Efeknya, matamu pun akan lelah.

Mata akan semakin rentan lelah kalau kamu terlalu lama menatap monitor, membaca di tempat yang gelap, kurang tidur, hingga terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Bahkan kalau kamu sedang dirundung pilu, terlalu lama menangis pun bisa membuat mata jadi penat. Kalau sudah begini, cobalah atasi dengan membuat masker olahan saat kamu sedang santai di rumah.

Manfaatkan Mentimun untuk Mengompres Mata

cucumber-salad-food-healthy-37528

Mentimun dipercaya bisa mengatasi mata bengkak dan lelah lantaran kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya yang berfungsi untuk melembabkan dan mendinginkan mata. Bahkan kandungan caffeic acid pada mentimun juga sangat membantu mengurangi mata bengkak dan sembab.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, kamu cukup memotong mentimun dengan ukuran sedang dan tetap pertahankan bentuk bulatnya agar sesuai untuk diaplikasikan di area mata. Sebelumnya, agar suhu mentimun lebih dingin, kamu bisa menaruhnya di dalam kulkas selama beberapa saat. Setelahnya baru kamu gunakan untuk mengompres mata.

Siapa Bilang Kentang Hanya Bisa untuk Camilan?

pexels-photo-775707

Ya, kentang bukan hanya bisa diolah jadi makanan yang lezat. Disamping itu, ternyata makanan kaya karbohidrat yang satu ini bisa mengatasi mata lelah. Caranya cukup sederhana, seperti mentimun, kamu cukup memotongnya bulat dengan ukuran sedang lalu kompreskan ke area mata. Atau parutlah kentang lalu bungkus dengan kain bersih dan kompreskan ke area mata. Enzim yang ada di dalamnya, juga mampu membantu mengurangi bengkak dan kantung pada mata.

Bungkus Es Batu dengan Handuk atau Kain Bersih Lalu Tempelkan pada Mata yang Lelah

lemons-ice-water-summer-90763

Es batu bukan hanya bahan tambahan untuk es campur atau pendingin minuman yang membuat tenggorokan jadi segar. Faktanya, es batu juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti mengatasi peradangan pada kulit, mengecilkan pori, juga mengatasi mata lelah. Caranya pun relatif mudah, kamu cukup menyediakan es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih lalu tempelkan pada mata yang lelah.

Selain Kaya Protein, Buah Alpukat Juga Baik untuk Olahan Masker Mata

pexels-photo-142890

Kalau sedang musim alpukat, jangan hanya mengonsumsinya untuk dimakan. Sesekali manfaatkan untuk masker wajah maupun masker mata. Kamu hanya perlu menempelkan potongan buah alpukat yang telah matang pada area mata yang lelah dan diamkan sekitar 10 menit hingga 20 menit demi hasil yang maksimal.

Selamat mencoba!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Rutin Olahraga Membuat Proses Persalinan Jadi Lancar

pexels-photo-396133

Kehamilan jelas membuatmu malas bergerak! Bobot tubuhnya yang tadinya berasal dari diri sendiri, kini bertambah dengan adanya jabang bayi yang kelak menjadi buah hati. Tapi itu semua bukan alasan untuk berdiam diri, apa lagi jika ternyata sebelumnya kamu gemar olahraga. Kehamilan bukanlah masalah, kamu bisa tetap berolahraga.

Karena selain dipercaya mampu memperlancar persalinan, aktivitas olahraga saat hamil akan membantumu menjaga berat badan, mengembalikan mood yang hilang, hingga memberikan rasa nyaman.

Maka kali ini kami akan mencoba membantumu memilih olahraga manakah yang kiranya cocok untuk dilakoni saat hamil.

Sebelumnya Lakukan Konsultasi Ke Dokter Kandungan Terlebih Dahulu

pexels-photo-57529

Menurut beberapa pendapat dari para dokter kandungan, waktu terbaik untuk melakukan olahraga yang akan membantu proses persalinan adalah ketika usia kehamilan tengah memasuki trisemester ketiga atau saat janin sudah berusia 7 bulan.

Hal lain yang juga perlu kita perhatikan adalah jenis gerakan yang akan dilakukan. Kita bisa memilih gerakan-gerakan ringan yang terfokus pada pernafasan. Gerakan-gerakan tersebut akan membantu panggul terbuka dan mengoptimalkan posisi bayi yang nantinya akan memperlancar persalinan.

Rutin Berjalan Kaki Saat Pagi dan Sore Hari, Akan Memperlancar Simulasi Darah

rsz_omar-lopez-348376

Tak perlu jauh-jauh, kita bisa melakukannya di sekitaran rumah. Berjalan santai di sekitaran kompleks dengan durasi dan intensitas yang cukup. Sebab posisi berdiri yang tegak saat berjalan kaki, dapat membantu janin bergerak ke arah jalan lahir.

Hingga nanti ketika kepala janin telah bertransisi dan menekan serviks, tubuh kita akan mulai memproduksi oksitosin, sebuah hormon yang dipercaya bisa memicu kontraksi.

Kegiatan ini bisa kita lakukan setidaknya 30 menit dalam sehari di luar ruangan. Sinar matahari dan udara segar akan memberi energi pada diri.

Kamu Juga Bisa Berlatih Duduk, Sebab Cara Ini Dapat Mendorong Rahim Ke Depan

Senan

Ibu hamil sebaiknya tak duduk di kursi ayunan atau berbaring di sofa besar. Akan jauh lebih baik jika kita memilih duduk tegak dengan bagian punggung yang sedikit condong ke depan.

Kalau memang punya, kita juga bisa duduk diatas bola yoga. Dengan catatan bola dalam keadaan cukup ketat dan tinggi. Sehingga posisi pinggul berada lebih tinggi dari lutut kaki.

Kita juga bisa memilih duduk dengan bersila di atas karpet, konon cara ini dapat mendorong rahim ke depan, membentangkan kaki, dan membuka panggul lebih lebar. Pergerakan tubuh ini akan membantu memperkuat panggul sehingga melancarkan persalinan.

Bersandar dan Melengkungkan Punggung Jadi Alternatif Untuk Mengencangkan Otot-otot Perut

Duduk

Masih menggunaka bola yoga, memilih bersandar dengan mengangkat lengan dan bagian tubuh bagian depan di atas bola yoga dan cobalah untuk memutar saat punggung bergerak. Disaat bersamaan, ini akan membantu bagian tubuh bagian bawah untuk melancarkan persalinan normal.  Selain itu, kita juga boleh meniru salah satu gerakan kucing marah, yakni melengkungkan punggung. Hasilnya otot-otot perut akan lebih kencang dari biasanya, hingga mampu mengurangi rasa sakit saat persalinan nanti.

Ketika melakukan aktivitas ini, posisikan tubuhmu seperti hendak merangkak, dengan posisi jangan bergerak dan diam di tempat. Perhatikan pula lenganmu, pertahankan agar tetap selebar bahu dan jaga agar posisinya tetap lurus tanpa mengunci siku. Dan cobalah untuk membuka lutut selebar pinggul sembari menjaga agar kepalamu sejajar dengan punggung. Tarik nafas pelan-pelan dan tahan beberapa detik, ulangi gerakan hingga 3 hingga 5 kali.

Senam Kegel yang Bisa Dilakukan Di Mana Pun Akan Melatih Otot di Sekitar Rahim Kita

pregnant-nature-mom

Kegiatan fisik yang satu ini merupakan gerakan olahraga yang paling mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja. Caranya pun sederhana, kita hanya butuh mengkontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing. Tahan selama 3 hingga 10 detik.

Selain menguatkan otot-otot panggul dan memudahkan proses kelahiran, senam ini juga berfungsi untuk melatih otot di daerah lain seperti sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim, serta bermanfaat untuk mengurangi resiko ambeien dan mengencangkan vagina.

Jika Memang Suka, Kamu Juga Bisa Tetap Melakukan Yoga

pexels-photo-396133

Tak ada larangan khusus yang terlihat serius untuk melakukan olahraga meski sedang hamil. Kita bisa melakukan pre-natal yoga, sebuah program yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Yoga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran, melatih pernafasan dan relaksasi sehingga ibu hamil lebih siap untuk menghadapi proses persalinan. Apabila dilakukan secara rutin, yoga akan memberikan efek positif pada proses persalinan.

Dan tak hanya itu saja, yoga akan mengatasi stres yang sering dialami oleh ibu hamil. Dengan begitu kita akan tetap merasa tenang dan nyaman.

Imbangi Pula Semua Kegiatan Fisik yang Ada dengan Asupan Makanan dan Gizi Setara

pexels-photo-533360

Berhubung olahraga yang tadi sudah dijelaskan akan dilakukan pada usia kehamilan pada trisemester ketiga, kita juga tak boleh lupa untuk memenuhi kebutuhan dari dalam. Saat hamil kita akan membutuhkan lebih banyak nutrisi dari biasanya, begitu pula ketika nanti menyiapkan persalinan. Oleh sebab itu pemenuhan nutrisi dalam masa ini tidak boleh dikesampingkan.

Aturlah polanya sesuai yang dibutuhkan, dengan tetap memperhatikan rangkaian makanan apa yang memang sesuai. Karena saat hamil, kadang ada beberapa makanan yang mendadak tak bisa kita makan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Kulit Pisang Jangan Langsung Dibuang, Manfaatnya Bahkan Bisa Membuat Kulit Jadi Lebih Kencang

bananas-fruit-carbohydrates-sweet-38283

Selesai makan pisang, pasti kulitnya dibuang. Kalaupun ada yang memanfaatkan, mungkin hanya sebatas dijadikan makanan ternak atau pupuk organik. Padahal, kamu perlu tahu, kulit pisang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit dan gigi.

Tak hanya mengandung serat, mineral, dan vitamin, kulit pisang juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan juga lemak. Ternyata, kulit pisang itu punya karakter anti jamur, antibiotik, dan zat pemutih alami yang biasa digunakan untuk treatment. Berikut khasiat baik yang bisa kamu peroleh dari kulit pisang.

Kulit Pisang Ampuh Untuk Mengatasi Iritasi dan Rasa Gatal pada Kulit

slip-up-danger-careless-slippery

Kandungan zat antibiotik dan zat anti jamur pada kulit pisang sangat ampuh untuk mengatasi iritasi pada kulit dan rasa gatal pada kulit. Penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menempelkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kulit yang terkena iritasi atau dirasa gatal, diamkan selama semalaman.

Diam-diam Juga Berkhasiat Membuat Gigimu Jadi Lebih Putih

fruits-grocery-bananas-market

Kandungan zat pemutih yang terdapat pada kulit pisang, bisa membantumu untuk membuat gigi kembali putih. Khasiat yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sering mengonsumsi kopi ataupun rokok. Kamu hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi yang berwarna gelap agar nampak putih kinclong kembali. Cara ini sama seperti kamu menggosok gigi setiap pagi dan malam hari. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahkan Bisa Jadi Masker Wajah Agar Kulit Semakin Kencang

pexels-photo-461208

Selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, kandungan zat pemutih dan antioksidan yang terkandung di dalam kulit pisang juga bisa membuat wajah tampak bersih dan bersinar layaknya bidadari. Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit wajah hingga serat-serat pada kulit pisang menempel pada wajah. Biarkan sepanjang malam agar meresap, cuci bersih menggunakan air hangat di pagi harinya.

Kalau Kamu Punya Jerawat, Sembuhkan dengan Kulit Pisang

bananas-fruit-carbohydrates-sweet-38283

Hal ini adalah yang paling banyak dicari oleh wanita. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit pisang dapat membantu menyembuhkan masalah keluhan jerawat. Caranya pun sangat mudah sekali, hanya perlu menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada malam hari secara teratur di bagian wajah yang berjerawat. Selain empat manfaat kulit pisang di atas, ada lagi satu manfaat kulit pisang yang tidak kalah pentingnya, yaitu kulit pisang dapat menyembuhkan luka dan menyamarkan noda bekas luka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top