Inspirasi & Motivasi

Trik Mudah Untuk Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sayuran yang Selama Ini Kamu Hindari

Dari Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sebanyak 93,5 persen penduduk Indonesia yang berusia diatas 10 tahun kurang mengonsumsi sayur. Padahal dari piramida kebutuhan makanan setiap hari, Kementerian Kesehatan merekomendasikan agar setiap orang mengkonsumsi sayur 3-5 porsi setiap hari.

Ini memang jadi problema masyarakat kita, dan jika akan ditanya apa penyebabnya. “Tak suka”, jadi salah satu jawaban terbanyak. Yap, nampaknya sayur memang jadi bagian makanan yang kerap kali dihindari. Sebab rasa pahit yang ada padanya, kadang membuat sayuran kurang digemari.

Padahal ini jadi salah satu asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena banyak mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kita. Untuk itu, kita tak boleh kehabisan akal. Kali ini kami akan memberimu informasi seputar trik sederhana, untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran.

Biasakan Untuk Selalu Memilih Sayuran yang Masih Muda, dan Membuang Batangnya yang Sudah Terlihat Tua

Langkah awal yang terbilang cukup sederhana untuk menyamarkan rasa pahit pada sayuran, ternyata bisa dilakukan pada saat kita memilih bahan-bahannya. Misalnya untuk sayuran yang ditumis atau salad, kita disarankan untuk memilih sayuran yang masih muda. Selain itu, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah batang sayuran yang mungkin sudah tua tak perlu diikutsertakan.

Karena faktanya, beberapa batang sayur yang sudah cukup tua biasanya akan menimbulkan aroma pahit yang tak sedap ketika sedang dimasak.

Bubuhi Sayuran dengan Sedikit Garam Sebelum Diolah

Kono tak hanya sebagai penambah rasa saja, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran. Bubuhkan beberapa sendok garam kedalam air rebusan sayuran, kemudian cuci lagi sebelum nanti akan dimasak kembali.

Tapi jika memang tak ingin merebuskan, kamu cukup menaburkan garam pada sayuran sembari meremasnya hingga layu dan berair. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, cara ini biasanya akan secara otomatis menghilangkan rasa pahit pada sayuran.

Jika Memang Ingin, Kita Bisa Merebusnya Terlebih Dahulu

Selanjutnya hal lain yang bisa kita lakukan adalah merebus sayuran sebelum nanti diolah sesuai selera. Tapi untuk tetap menjaga kandungan gizi yang ada pada sayuran, hindari untuk memasukkan langsung sayuran sejak menaruh air dalam wadah perebusan. Sebaliknya, rebuslah air terlebih dahulu hingga mendidih. Masukan sayuran sebentar, demi menghilangkan rasa pahitnya saja. Kemudian angkat dan tiriskan, lalu kamu bisa melajutkan proses memasak sesuai yang diinginkan.

Demi Menyamarkan Rasa Pahit, Cobalah Untuk Menambahkan Beberapa Bumbu dan Rempah

Bumbu memang jadi pelengkap lain yang akan jadi kunci dari rasa yang dihasilkan. Sebab sepahit apa pun sayurannya, jika ada bumbu yang dipakai untuk melengkapi pasti tak akan jadi halangan untuk tidak memasukkannya pada daftar menu.

Kamu bebas bekreasi sesuai dengan selera masing-masing, dengan menggabungkan beberapa bumbu yang memang kamu suka untuk menyeimbangkan rasa pahitnya. Biasanya rasa bumbu yang cukup kuat, mampu menetralisir rasa pahit pada sayuran. Dengan begitu, kita tetap bisa menikmati sayuran dengan rasa yang juga enak tanpa sensasi pahit.

Dan Hindari Juga Memasak Terlalu Lama

Kamu mungkin pernah berpikir, bahwa semakkin lama dimasak akan semakin hilang pula kadar pahitnya. Jelas ini salah! Karena sayuran yang dimasak terlalu lama justru akan semakin menguatkan rasa pahitnya.

Contoh kecilnya adalah sayur brokoli atau sawi yang jika dimasak terlalu lama akan menimbulkan rasa pahit yang kuat. Maka kita hanya perlu memasaknya sebentar saja, untuk menjaga kandungan gizi dan tak terlalu pahit pada lidah.

Langkah ini mungkin sederhana, tapi semoga membantumu untuk menyiasati rasa pahit dari sayuran yang selama ini kamu hindari. Sebab sayuran jadi salah satu makanan wajib untuk tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Irit Juga Bisa Keren

Kamu tentu tak bisa lupa dengan motor pemecah rekor irit bahan bakar Suzuki Nex. Motor satu ini memegang rekor MURI untuk kategori motor matic paling irit dengan pemecahan rekor mampu menempuh jarak 109,8 Kilometer untuk setiap liternya. Dengan iritnya pengeluaran untuk konsumsi bensin kendaraan, terbayang budgetnya bisa dialihkan untuk belanja yang lain bukan?

Nah, di gelaran Indonesia International Motor Show 2018, Suzuki mengenalkan suksesor alias penerus dari motor tadi. Dikenalkan dengan nama Suzuki Nex II, tampilannya dijamin bikin mata terus tergoda.

Yup, mengusung tema #KerenCaraBaru, Suzuki Memperbaharui tampilan Nex II dengan konsep compact, slim dan awesome, yang kemudian diterjemahkan dalam desain yang simple dan clean, sehingga menghasilkan tampilan visual yang sesuai dengan tren saat ini.

Secara desain motor ini nampak modern dan futuristik dengan headlamp yang berada di dalam fairing depannya. Disamping lampu terdapat lubang udara kecil yang menunjang aerodimikanya.

“Desain bentuk lampu depan dan lapisan pelindung yang futuristik, terdapat unsur DNA dari motor sport Suzuki bermesin besar seperti GSX-1000” ujar Yohan Yahya, selaku Dept.Head Sales and Marketing PT.Suzuki Indomobil Sales.

Salah satu perubahan signifikan juga terlihat pada Floorboarding atau sandaran kaki yang lebih besar dibanding generasi pertamanya. Sehingga kita akan merasa lebih nyaman, karena ruang kaki terasa lebih lega. Lalu juga terdapat ruang kompartemen yang disematkan pada sisi kiri dan kanan tentunya bisa membawa barang bawaan yang banyak.

Selain itu, berbeda dengan generasi Nex terdahulu yang cuma punya satu varian, Suzuki Nex II kini punya opsi 5 varian berbeda. Mulai dari Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant dan Standart. Dimana setiap variannya ini dibedakan dari pilihan kelengkapan fitur dan aksesoris yang dimiliki.

Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan masing-masing karakter yang sesuai dengan penampilanmu. Inilah yang disebut Suzuki sebagai #KerenCaraBaru.

“Seri terbaru (NEX II) ini jadi solusi transportasi dan gaya hidup anak muda yang sedang mencari sepeda motor pertama yang paling tepat. Entry terbaru ini memiliki beberapa penyempurnaan dan diperbanyak variannya, sehingga mewakili beragam karakter anak muda” ungkap Seiji Itayama selaku Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales.

Lalu harganya berapa? Nah, untuk urusan satu ini perlu bersabar sedikit karena Suzuki belum membuka harga untuk Suzuki Nex II ini. Nantinya akan diumumkan pada peluncuran resminya ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Agar THR-mu Tak Habis Untuk Membeli Baju Lebaran, Begini Padu Padan Pakaian yang Bisa Kamu Terapkan

Punya baju baru di Hari Raya pastilah terasa Alhamdulliah, tapi kalau masih ada baju lama kenapa harus beli baru lagi? Bukan ingin melarangmu untuk merogoh kocek demi penampilan baru yang manglingi. Tapi, coba lihat lagi isi lemari? bukan kah masih banyak baju yang jarang dipakai atau mungkin belum pernah sama sekali?

Nah, kalau jawabannya adalah ‘iya’, daripada harus meyisihkan uang lagi untuk baju baru. Cobalah untuk asah kreatifitasmu, dengan memadu-padankan baju yang masih ada dengan beberapa item yang bisa mendukung penampilanmu. Dengan senang hati kami akan membantumu!

Jangan biarkan rok pleatedmu tersimpan di lemari saja, coba kombinasikan dengan kaos polos berlengan panjang dengan rompi berbahan tipis yang berwarna satu tingkat lebih cerah dari hijab di kepala.

Sumber : pinterest.com

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Cerita Dibalik Mantapnya Pilihannya Mulan Jameela Untuk Mengenakan Hijab

Ramadhan tahun ini, nampaknya jadi momen spesial buat Mulan Jameela. Karena, konon istri dari Ahmad Dhani tersebut, telah mantap untuk memutuskan mulai mengenakan hijab. Katanya, sebenarnya niat untuk berhijab ini sudah lama terbersit dipikirannya. Ditambah lagi, jika sang suami juga tenyata sudah lama untuk meminta Mulan untuk menutup aurat.

Dan niat tersebut semakin ia pertimbangkan, kala dirinya dan sang suami mengunjungi Palestina pada beberapa waktu yang lalu.

“Sebetulnya pas kemarin pulang dari Palestina itu sudah penginnya langsung (berhijab) gitu ya. Karena ngerasa kayak selama 9 hari di sana, enak aja nyaman, tenang gitu, nyaman. Menurut aku tuh jilbab ini sedikit banyak bisa kayak ngingetin aku kalau misalnya mau ngapain kayak mikir lagi, mau ngapain mikir lagi,” cerita mulan, pada salah satu kesempatan belum lama ini, dikawasan Senayan City, Jakarta pusat, Kamis 24 Mei 2018 kemarin.

Lebih lanjut sebagaimana yang dilansing dari liputan6.com, mulai bercerita bahwa keputusannya ini dipilih karena memang sudah merasa terketuk. “(Niat) sudah lama sebenarnya, niatnya pengin pakai kerudung sudah lama ya, cuma kayak masih on off, mau (terus) aduh ragu, masih kayak ragu-ragu. Kalau permintaan mas Dhani sudah lama sih. Mas Dhani pengen aku pakai jilbab, cuma mungkin akunya aja belum terketuk, namanya juga manusia yah,”

Mantan personil Duo Ratu ini, berkata bahwa hal ini ia lakukan sebagai salah satu upaya untuk berubah jadi pribadi yang lebih baik lagi. Ditambah dengan pengalamannya dari Palestina, semakin menguatkan hati untuk benar-benar untuk mengenakan hijab.

“Aku ngeliat di sana banyak hal di sana, aku mau pakai jilbab bukan karena dari Palestina aja, tapi memang dari Palestina ini semakin menancapkan hati aku untuk berjilbab. Hakikatnya manusia hidup ya bukan di dunia sebenarnya, dunia kan cuma sebentar,” tutur Mulan pada akhir ceritanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

10 Potret Mengangumkan dari Kimmy Jayanti, Model Cantik yang Baru Saja Menikah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top