Kesehatan & Me Time

Tak Selamanya Skincare DIY Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajahmu

Kreasi DIY atau Do-It-Yourself sudah berkembang hingga ranah kecantikan, khususnya skincare. Munculnya ide membuat skincare buatan sendiri mungkin lantaran masih banyaknya produk skincare yang terasa mahal untuk kantong. Karenanya, banyak perempuan yang menyiasatinya dengan membuat skincare rumahan dengan bahan-bahan alami. Memang ada nilai positifnya, yang paling kelihatan adalah tidak menimbulkan efek ketergantungan lantaran skincare rumahan dibuat dengan bahan alami bukan?

Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati bila memutuskan ingin meracik skincare rumahan. Kebanyakan perempuan sudah terlanjur mengamini jika bahan alami 100 persen baik penggunannya untuk kulit wajah. Padahal tidak selalu demikian, lantaran bahan-bahan alami pun kalau tidak tepat penggunaannya justru membahayakan kulit. Karenanya penting sekali pengetahuan tentang bahan-bahan apa saja yang perlu dihindari agar kulit wajah tak iritasi.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Air Perasan Lemon agar Kelembaban Kulit Wajahmu Tetap Terjaga

food-healthy-flying-kitchen

Kamu perlu tahu, lemon memiliki pH yang sangat rendah. Untukmu yang biasanya menggunakan air perasan lemon untuk mencerahkan dan mengurangi minyak berlebih di wajah, sebaiknya mulai dikurangi. Lantaran sifat asamnya, mencuci muka dengan perasan air lemon bisa berpotensi membuat wajah jadi iritasi, serta mempercepat kulit jadi kering dan lebih sensitif.

Baking Soda Sejatinya Ampuh Mengusir Komedo, Tapi Penggunaannya Berpotensi Menimbulkan Iritasi

flour-powder-wheat-jar

Biasanya kita memakai baking soda sebagai pengembang kue. Pada dasarnya, bahan yang satu ini memang bersifat exfoliation agent yang membantu pengelupasan kulit. Karenanya banyak yang memanfaatkannya sebagai scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat wajah tampak lebih cerah dan mengurangi komedo. Namun dibalik itu, baking soda mengandung pH lebih tinggi daripada pH alami kulit (4,7). Pemakaian baking soda pun bisa memicu iritasi pada kulit. Dilain sisi, kandungan basa yang tinggi bisa membuat kulit menjadi kering.

Pasta Gigi Cukup Gunakan untuk Menggosok Gigi, Hentikan Penggunaannya Sebagai Obat Jerawat

toothbrush-toothpaste-dental-care-clean-40798 (1)

Kita kerap memakai pasta gigi sebagai obat jerawat yang ampuh degan cara mengoleskannya ke bagian wajah yang berjerawat. Tahukah kamu, bahan yang terkandung dalam pasta gigi seperti peroxide, baking soda, dan SLS justru membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Tak sedikit dari mereka yang berjerawat lalu mengoleskan pasta gigi, justru meninggalkan bekas kehitaman pada wajah. Karenanya, daripada memperburuk kondisi wajahmu, lebih baik gunakan obat khusus jerawat yang mengandung Benzoyl Peroxide untuk menghilangkan jerawat-jerawat bandel di wajahmu.

Gunakan Gula Sebagai Scrub Bibir Saja

pexels-photo-141815 (1)

Gula sering dimanfaatkan scrub wajah demi menghilangkan sel kulit mati. Faktanya, kalau digunakan terlalu sering ternyata bisa menyebabkan iritasi. Mengapa? Lantaran tekstur gula yang kasar, wajahmu pun jadi iritasi dan muncul bekas kemerahan setelah menggunakannya. Karenanya lebih baik gunakan gula sebagai scrub bibir saja ya Kawan!

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Luka Operasi Caesar Bisa Cepat Pulih dengan Cara Ini

Operasi C-Section atau lebih akrab disebut operasi caesar dikenal sebagai salah satu metode persalinan yang cukup populer selain secara normal. Persalinan dengan metode ini memang tak perlu menghabiskan banyak waktu, hanya saja waktu pemulihan luka yang justru butuh waktu lebih lama.

Nah, untukmu yang baru atau ada rencana melakoni operasi Caesar, tak usah dibawa khawatir ya, sebab sekalipun dianggap lama, ada lho beberapa cara yang diketahui bisa mempercepat pemulihan luka C-section.

Bersabarlah dan Jangan Lakukan Aktivitas Berat sampai Enam Minggu ke Depan ya

Perempuan yang sudah melahirkan bukan berarti ia bebas melakukan apapun. Saat berhasil melewati proses operasi C-section, perempuan sejatinya harus bersabar dan menunggu sampai dokter membolehkanmu bebas beraktivitas.

Untuk itu, kalau kamu pun mengalami situasi yang serupa, sebaiknya tahan dulu hasratmu menurunkan berat badan dengan nge-gym, lari, atau olahraga berat lainnya. Tahan juga hasrat membersihkan rumah yang berantakan pasca ditinggal bersalin.

Biasanya dokter tetap menyarankan untuk bergerak tapi tak boleh terlalu banyak gerak. Tunggulah sampai enam minggu. Ini karena proses pemulihan yang sempurna butuh waktu selama itu. Intinya, kesabaran adalah kunci percepatan pemulihan operasi C-section yang kamu lakoni.

Pastikan Asupan Nutrisimu Terpenuhi ya Setiap Harinya

Penuhi makananmu dengan buah dan sayur kaya serat untuk mengurangi efek sembelit pasca C-section. Ya, operasi caesar memang bisa memicu sembelit. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan usus yang disebut ileus.

Sembelit pun disertai nyeri meradang pada luka C-section. Demi mengatasi hal ini, siasati dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin ya. Tegang pada usus akan berkurang jika kamu semakin banyak dan rutin mengonsumsi serat.

Jika Masih Tak Berselera Makan, Coba Atasi dengan Mengunyah Permen Karet

Jika masih tak berselera makan buah dan sayur, cobalah mengunyah permen karet untuk mengatasi sembelit.

Penelitian dari Thomas Jefferson University Hospital, Philadelphia, Amerika Serikat mengemukakan jika mengunyah permen karet dapat mengatasi susah buang air besar pasca melahirkan. Kegiatan mengunyah ini sejatinya sedang memanipulasi kerja tubuh seolah-olah kamu sedang benar-benar makan.

Jangan Mengangkat Barang Berat karena Bahaya Lho untuk Perutmu

 

Mengangkat barang berat hanya akan menimbulkan tekanan pada perut, ini berbahaya apalagi jika jahitanmu belum sempurna. Saat seseorang melakukan kegiatan yang memberi tekanan pada perut seperti angkat barang berat, dinding abdomen turut tertekan.

Tekanan yang terlalu tinggi dan terus menerus bisa membuat dinding abdomen melemah sekaligus membahayakan ususmu. Karenanya, mengangkat beban berat pun juga dilaranng.

Kalau kamu menyepelekan anjuran ini, bisa jadi efek samping yang mungkin terjadi adalah meregangnya jahitan, lalu robek, dan terjadi infeksi. Kalau kamu mau mengangkat barang, angkatlah barang yang ringan dan sedikit atau minta bantuan suami.

Konsumsilah Obat Penghilang Rasa Sakit yang Memang Disarankan oleh Dokter

Untuk perempuan yang baru melahirkan, tak perlu takut minum obat pereda rasa sakit untuk luka C-section. Bagaimanapun, dokter tahu mana yang aman untukmu dan buah hati, jadi tak perlu takut jika kandungan pada obat mempengaruhi kualitas ASI yang akan diminum si bayi. Dokter pasti memberikan resep yang tak berlebihan pula.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Sulap Kamarmu dengan Dekorasi A la Tumbrl Melalui 5 Tips Ini

Semua perempuan pasti sangat suka punya kamar yang nyaman nan bersih, serta enak dipandang mata. Tapi sayangnya, kadang-kadang kita bingung bagaimana cara untuk menatanya. Eits tunggu dulu, bukannya sekarang sudah ada design kamar a la tumbrl yang jadi tolak ukur kamar impian?

Tak selalu perlu barang-barang mewah seperti dalam bayanganmu, kamar minimalis yang mungil pun sebenarnya bisa kamu sulap jadi ruangan manis seperti yang kamu suka. Tak percaya? begini tipsnya!

1. Mulai dengan Mengubah Cat Tembok Kamarmu dengan Warna Soft

Sumber : pinterest.com

Kalau kamu masih bingung untuk menentukan warna soft macam apa yang akan dipilih. Cobalah berselancar sebentar pada laman pinterest.com. Disana kamu bisa menemukan ragam warna tembok soft yang sesuai dengan karaktermu.

Yap, mulai dari warna biru, putih creamsoft pink, atau pun soft grey selalu jadi primadona. Pemilihan warna soft seperti ini, selain menyejukkan. Juga dipercaya memberi kesan nyaman yang berbeda loh. Jadi jangan heran kalau kamu bisa betah berlama-lama di dalam kamar.

2. Mau Nuansa yang Agak Berantakan? Juga Boleh Kok…

Sumber : pinterest.com

Faktanya, tak semua perempuan suka dengan kesan tertata rapih yang diatur sedemikian rupa. Beberapa orang justru suka kalau suasana kamarnya, terkesan sedikit berantakan. Tapi bukan berarti secara keseluruhan ya, ini cukup di kasur saja. Maka, kamu boleh kok memilih Messy Bed untuk menghiasi kamarmu.

3. Letakkan Lampu Gantung di Beberapa Sisi Tembok

Sumber : pinterest.com

Selalu ada yang kurang memang, jika kamar tanpa lampu tidur yang bisa membuat mata lebih mudah terpejam. Karena dekorasinya memang mengusung tema a la tumbrl, kamu bisa memmilih berbagai jenis lampu menggantung untuk dipakai di kamarmu.

Jenisnya pun beragam, mulai dari lampu hias yang biasa dipakai untuk pohon natal, dan beberapa jenis lampu lain yang bentuknya sama.

4. Sematkan Beberapa Cetakan Foto Berisi Potret Diri atau Orang-orang yang Dicintai

Sumber : pinterest.com

Selanjutnya, hal lain yang masih dirasa kurang tentu saja beberapa potret diri yang akan menghiasi dinding kamar setiap hari. Ambil foto-foto kesukaan yang memang ingin kamu pajang, susun dan sematkan secara beraturan.

Untuk kesan yang lebih tertata, kamu bisa menempelkan beberapa foto dengan menggunakan pola. Entah itu membentuk simbol ‘Love’ atau huruf, dan angka. Terserah dirimu saja.

5. Atur Udara yang Masuk ke Dalam Ruangan Sesuai Kebutuhan

Sumber : pinterest.com

Nah, setelah semua langkah tadi selesai. Hal lain yang tak kalah penting adalah memerhatikan sumber udara yang akan masuk ke dalam ruang kamarmu.

Kalau kamu tinggal ngekos. sebisa mungkin pilihlah kamar yang memang punya ventilasi udara yang baik. Kalau bisa yang ada jendelanya. Jadi, kamu bisa membukanya jika sedang merasa terlalu pengap. Selain itu, jangan lupa tempatkan pendingin udara atau kipas angin ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Asal Tahu Triknya, Kamu Bisa Dapatkan Tampilan Paripurna dalam Waktu Sepuluh Menit Saja

Langkah panjang saat berdandan membuat perempuan harus menghabiskan waktu yang cukup lama sebelum pergi. Belum lagi untuk yang masih pemula dalam urusan berdandan.

Tapi tenang dulu, sekarang kamu cuma butuh waktu 10 menit saja untuk mendapatkan tampilan makeup yang kamu inginkan. Bisa dipakai buat jalan bareng temen, pacar, atau juga bisa untuk pergi ke kondangan. Seperti apa langkahnya? Ini dia.

Pakai Base Make Up seperti Primer atau Pelembab

Photo of Woman With Lotion on Hand

Memakai base make up cukup penting, apalagi kelembaban muka harus tetap dijaga. Selain untuk melindungi kulit dari bahan makeup langsung, fungsi primer atau moisturizer sejatinya supaya membuat wajah tampak kenyal dan glowing. Cukup ratakan di seluruh bagian wajah dan tunggu 1-2 menit untuk meresap.

Pakai BB Cream untuk Menutupi Bekas Jerawat ya

Person Wearing Eyeglasses

Punya lingkaran hitam di area mata? Maka cukup atasi masalah tersebut dengan concealer, baru tambahkan compact powder. Hal ini bisa dilakukan cukup dalam dua menit saja.

Dibanding memakai tabir surya atau foundation, kamu bisa memangkasnya dengan mengaplikasikan BB cream. Kemudian tutup lingkaran hitam dan noda bekas jerawat dengan concelear.

Gunakan aplikator yang tepat seperti brush atau spons yang sudah biasa kamu gunakan. Setelahnya, pilih produk compact powder yang ringan. Kamu cukup pasang waktu kira-kira 2 menit untuk langkah ini.

Bikin Alis dengan Produk Pensil Alis yang Kamu Pakai cukup Dua Menit

Close-Up Photography of a Woman

Demi mengisi alis, sebaiknya kamu memakai pensil alis yang sudah biasa kamu pakai. Demi memudahkanmu dalam mengaplikasikan sehingga tak perlu memakan waktu lama saat membuat bingkai alis. Kalau kamu sudah terbiasa, maka hanya perlu waktu dua menit untuk membuatnya.

Aplikasikan Eyeshadow, Maskara, dan Blush on

Woman Taking Selfie

Aplikasikan eyeshadow untuk satu jenis warna, gak perlu kombinasi layer warna lain.  Setelah itu baru pakai maskara yang punya formula untuk memperpanjang dan mempertebal bulu matamu.

Carilah produk  maskara yang tahan lama. Maskara penting supaya kamu tak perlu bulu mata palsu lagi. Kemudian pulas pipimu dengan blush on supaya makeup-nya lebih terlihat.

Intinya hindari segala bentuk coba-coba saat sedang make up dan dikejar waktu, karena kalau tak cocok sama makeup keseluruhan bakal bikin tak nyaman sama hasilnya.

Sempurnakan dengan Highlighter

Person Applying Makeup on Person Face

Sebagai sentuhan akhir yang bikin makeup akan terlihat on point, aplikasikan highlighter di bagian tulang pipi, ujung hidung, dagu, kening dan cupid’s bow.

Jangan lupa sempurnakan dengan lipstik matte biar make up-mu tetap tahan lama. Warna lipstik sesuaikan dengan eyeshadow dan blush on yang sudah kamu aplikasikan supaya hasil makeup-nya lebih menyatu secara keseluruhan.

Untuk langkah terakhir cukup satu menit saja. Bagaimanapun, dandan buru-buru bisa membuatmu gegabah. Sekarang cukup dengan 10 menit saja kamu bisa dandan tanpa harus dikejar waktu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top