Kesehatan & Me Time

Sstt, Ini Rahasianya Tetap Langsing Meski Makan Banyak

Banyak makan dan bisa menjaga badan agar tetap langsing, sepertinya jadi impian setiap wanita. Kamu pasti punya satu teman yang seperti ini, yang selalu makan banyak tapi badannya nggak melebar! Duh, pasti jadi pengen dong?

Hal tersebut ternyata bukan hal yang mustahil kok. Membuat badan langsing tidak selalu harus dicapai dengan diet mati-matian. Kamu bisa tetap makan dan menjaga tubuh tetap langsing. Yuk, simak kiat-kiatnya berikut ini.

  1. Makan Tanpa Distraksi!

Saat waktunya makan, pastikan kamu bebas dari segala macam distraksi seperti pekerjaan atau hal-hal lain yang dilakukan berbarengan dengan waktu makanmu. Menurut studi, orang yang terdistraksi saat makan seringkali merasa kurang kenyang dibanding orang yang fokus pada makanannya. Pastikan juga kamu mengunyah makananmu dengan benar sebelum menelan, hal ini juga akan membuatmu lebih cepat kenyang.

  1. Catat Apa yang Kamu Makan Setiap Hari

Supaya bisa mengontrol makananmu sehari-hari, catat apa saja yang kamu makan. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga cemilan. Dengan begitu, kamu bisa menge-track dan mengontrol apa yang kamu makan sehari-hari.

  1. Jangan Lupa Makan!

Seringkali, ingin badan cepat kurus cara yang digunakan adalah dengan tidak makan. Jangan lakukan hal ini, karena tubuh butuh energi untuk beraktifitas sehari-hari. Tetap makan tiga kali sehari (pagi, siang dan malam) ditambah cemilan sehat di sela-selanya nggak akan bikin kamu cepat gemuk kok! Yang penting, semuanya diatur dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Tidak makan malah akan membuat sistem metabolisme tubuhmu berantakan. Untuk cemilan, biasakan makan cemilan yang tinggi protein seperti telur rebus atau apel, agar tubuhmu tercukupi asupan energinya.

  1. Olahraga Teratur

Nah, yang paling penting dalam menjaga bentuk tubuh adalah olahraga yang teratur. Olahraganya tidak perlu yang sulit-sulit kok, bisa 30 menit jalan kaki, lari sekitar kompleks rumah selama satu jam, yoga, atau berenang dua kali seminggu. Kamu juga bisa memulai gaya hidup yang lebih sehat, seperti lebih sering berjalan kaki ke kantor atau menggunakan tangga, bukan lift. Saat tubuh sudah mulai terbiasa dengan olahraga teratur, pasti kamu akan semakin fit.

  1. Perbanyak Sayur, Buah, dan Protein

Ingin tetap makan banyak tapi berat badan terjaga! Mudah kok caranya. Pastikan saja makanan yang kamu makan setiap hari mengandung banyak protein, juga perbanyak sayuran dan buah-buahan. Protein memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, sehingga cocok untuk menjaga badan dan memberikan banyak energi untuk tubuh. Sedangkan buah-buahan dan sayur agar asupan serat di tubuhmu tercukupi, sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

  1. Hindari Makanan Khusus Diet!

Makanan khusus diet yang biasanya berlabel rendah kalori ternyata tidak selamanya baik untuk tubuh. Makanan-makanan ini biasanya high-processed dan tinggi karbohidrat. Akhirnya akan memperbanyak kandungan gula dalam tubuh dan justru membuat berat badan cepat naik. Pilih makanan biasa saja, yang penting asupan ke tubuhmu selalu dikontrol dengan baik.

  1. Eksperimen di Dapur

Makan yang sehat cenderung membosankan dan tidak menarik. Nah, buatlah jadi lebih menarik dengan banyak bereksperimen. Cari resep di internet, lalu mulailah berkreasi sendiri di dapur. Pasti makanan yang kamu buat sendiri akan lebih sehat, lebih lezat dan pastinya puas memakannya karena bikinan sendiri. Yumm!

  1. Tidak Perlu Selalu Menghitung Kalori

Kadang ingin cepat langsing membuat kita terlalu fokus dalam menghitung setiap kalori yang masuk ke tubuh. Akhirnya, jadi tidak menikmati makanannya deh. Nah, mulai sekarang, stop menghitung berapa kalori dari setiap makanan yang kamu makan dan mulai fokus pada memenuhi piringmu dengan makanan-makanan yang tinggi protein, banyak sayuran dan bersumber dari lemak sehat. Makanpun jadi lebih nyaman, dan tubuh terjaga.

  1. Konsumsi Gula dengan Cermat

Nah, yang ini perlu diatur asupannya ke tubuh. Terlalu banyak gula memang tidak baik untuk tubuhmu. Bila terlalu banyak, akan tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Namun bukan berarti kamu harus stop mengonsumsi gula sama sekali. Ketahui saja seberapa banyak gula yang bisa diterima tubuhmu. Apa kamu sering merasa lelah setelah mengonsumsi banyak cookies? Bila iya, berarti saatnya mengurangi cemilan manis. Ganti dengan buah-buahan, supaya lebih sehat.

  1. Istirahat Cukup!

Ingin menjaga tubuh agar tetap langsing dan sehat? Istirahat yang cukup, itu perlu. Kurang tidur ternyata memiliki efek buruk untuk hormonmu yang bisa memicu naiknya berat badan dan membuat tubuhmu keranjingan makanan yang tinggi kalori. Selain itu, kurang istirahat dan tidur yang cukup juga membuatmu tidak bisa berolahraga secara efektif. Yuk, cukupkan tidurmu agar kesehatan tubuh tetap terjaga!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Ingin Memiliki Badan Kurus? Cukup Rutin Lakukan Pekerjaaan Rumah Ini!

Pekerjaan rumah sering dianggap merepotkan. Belum lagi rasa bosan yang muncul mengingat pekerjaan rumah hampir dilakukan setiap hari. Tak heran, bila sebagian besar orang kemudian melimpahkan pekerjaan rumah kepada asisten rumah tanggannya. Padahal rajin melakukan pekerjaan rumah memiliki manfaat baik untuk kamu.

Bukan hanya membuat kamu lebih nyaman berada di dalam rumah, rutin melakukan pekerjaan rumah akan membuat tubuhmu makin sehat. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang malas berolahraga. Kamu pun tak perlu lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk merapikan rumah kamu. Kalau sudah begini, kamu pun bisa jadi lebih hemat.

Bahkan rajin melakukan pekerjaan rumah tangga bisa membantu kamu untuk mendapatkan berat badan idealmu. Kamu bisa mendapatkan tubuh kurus yang selama ini kamu impikan.  Melakukan pekerjaan rumah tangga sama efektifnya dengan olahraga di gym. Tubuh langsing pun bisa kamu peroleh dengan mudah tanpa harus jauh-jauh keluar rumah.

Mengepel lantai dan menata ulang perabotan adalah aktivitas yang paling banyak membakar kalori. Mengepel lantai selama 40 menit bisa membakar kalori sebanyak 314 kalori. Hal ini setara dengan kalori yang dibakar bila kamu berenang selama 25 menit. Jangan malas mengepel lantai ya! Bukan hanya lantai rumahmu yang akan jadi bersih, tubuh langsing pun juga kamu dapatkan.

Menata ulang perabotan juga ampuh untuk membakar kalorimu. Bukan hanya membuat rumahmu lebih sedap dipandang, menata ulang perabotan selama 1 jam mampu membakar kalori hingga 400 kalori. Sedangkan menyikat lantai kamar mandi ampuh membakar 259 kalori.

Kamu juga bisa mencuci mobil demi mendapatkan tubuh yang langsing ideal. Mencuci mobil selama 1 jam setara dengan 45 menit melakukan olahraga tinju. Kalau sudah begini, tak ada lagi deh alasan untuk malas mengerjakan pekerjaan rumah!

Agar kamu lebih nyaman mengerjakan pekerjaan rumah, kamu bisa sambil mendengarkan musik favorit. Lakukan juga pemanasan agar aktivitasmu jadi lebih nyaman dan maksimal.

Jangan segan melakukan pekerjaan rumah dari sekarang! Bukan hanya pekerjaan rumahmu jadi beres, tapi impian untuk mendapatkan tubuh lebih kurus pun semakin dekat. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlalui.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Rutin Pesan Salad Seporsi maka Otakmu Akan Jadi Lebih Pintar

Suka makan salad?

Racikan sayuran yang satu ini jadi primadona para vegan dan vegetarian, sebab selain bahan-bahannya mudah ditemukan, cara meraciknya pun relatif gampang. Kalaupun kamu tak ada waktu untuk menyiapkan salad, sekarang sudah banyak tempat yang menjual varian menu salad sehingga kamu tetap bisa menikmatinya kapan pun kamu mau.

Menariknya, ternyata seporsi salad, tak hanya baik untuk tubuhmu atau detoksifikasi. Melainkan juga untuk kesehatan otakmu lho, Kawan. Kabar ini dikuatkan oleh temuan yang dimuat dalam jurnal Neurology. Para peneliti menyarankan, sayuran hijau yang biasanya ada pada salad sangat baik untuk perkembangan otak.

Kamu bisa mulai berkreasi dengan menambahkan segenggam kale pada seporsi smoothie yang sudah tersaji atau cukup makan salad berisikan kale. Kamu perlu tahu, manfaat yang ditimbulkan pun luar biasa, para ilmuwan menyatakan kalau sayuran yang biasa tersaji dalam seporsi salad bisa memperbaiki kinerja otak.

Menariknya, para ilmuwan menemukan temuan lain seporsi salad berisikan sayur-sayuran segar seperti bayam, kale, atau selada ternyata bisa membuat otak jadi ‘lebih muda 11 tahun’ alias mampu menstimulasi agar kinerja otak semakin baik lagi. Temuan ini berdasarkan data yang dibuat oleh Rush Memory and Aging Project (MAP) yang melakukan penelitian terhadap lebih dari 950 orang dewasa yang berusia 58 hingga 99 tahun.

Penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan Martha Clare Morris, Sc. D. dari Rush University Medical Center di Chicago menemukan kalau memori partisipan jadi lebih baik setelah disarankan mengonsumsi salad berisi sayuran hijau nan segar tersebut secara rutin.  Di lain sisi, bukan cuma untuk kinerja otak, lho. Ini alasan kenapa kamu juga perlu mengonsumsi salad sesering mungkin.

Jadi Antioksidan Alami yang Baik untuk Kulitmu

Baik salad sayur maupun salad buah yang masih segar pasti kaya akan antioksidan. Zat ini baik untuk mencegah efek buruk radikal bebas serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Terpenting, zat yang diketahui berperan sebagai antioksidan bisa menjaga keremajaan kulit sehingga membuatmu awet muda lho, Kawan.

Untuk yang Ingin Melangsingkan Badan, Makan Salad Bisa Jadi Salah Satu Cara Pilihan

Kamu perlu tahu, makan salad setiap hari biasanya akan mengurangi asupan karbohidrat secara alami sehingga akan memudahkan tubuhmu untuk menurunkan berat badan. Rutin makan salad akan membuat kalori yang terbakar jauh lebih baik dibanding kamu mengonsumsi nasi dan lauk pauk yang biasanya kamu santap sehari-hari. Inilah kenapa akhirnya tubuhmu pun jadi semakin langsing.

Pun yang Ingin Detoksifikasi, Perbanyak Saja Makan Salad demi Mencegah Konstipasi

Salad yang kaya akan serat diketahui akan melancarkan sistem pencernaan sekaligus membantu tubuhmu membersihkan usus dari racun dan zat-zat sisa yang memicu penyakit. Untuk itu, memperbanyak makan salad jelas baik karena bisa membantu mendorong usus serta memperbaiki metabolisme.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Diusia 30 Tahun, Ada 5 Perlakuan Istimewa yang Harus Perempuan Berikan Pada Kulitnya

Konon usia kepala tiga adalah batas untuk mendapatkan segala sesuatu yang kita ingini. Mulai dari pekerjaan impian, rumah untuk tempat tinggal, pasangan hidup, hingga hal lain yang jadi keinginan diri. Tapi untuk perempuan, ada satu hal yang tak kalah penting. Masihkah kulitmu tetap kencang dan sehat?

Yap, di masa ini. Kita mungkin akan mulai merasakan adanya beberapa kerutan di seputar garis bawah mata, bagian pipi, dan beberapa sudut tubuh lainnya. Tak akan mendadak berkerut, tapi untuk lebih memperlambat perubahannya. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencengah sebelum garis halus dan keriput melanda.

1. Dimulai dari  Melakukan Eksfoliasi

Perlu kamu tahu, jika sel kulit mati yang menumpuk dalam di permukaan wajah. Tak akan hanya membuat wajahmu breakout saja, tapi juga akan jadi pemicu yang memperjelas garis-garis halus.

Nah, untuk mengatasinya kita bisa memberikan treatment ke kulit dengan melakukan scrub wajah, minimal seminggu sekali demi menghindari dua kemungkinan tadi. Tak harus ke salon, kita juga bisa melakukannya di rumah dengan bahan scrub yang kita punya. satu hal yang penting adalah konsistensi dan janji pada diri sendiri.

2. Mencuci Wajah Dua Kali Sehari Tak Perlu Dilakukan Lagi

Begini, kita bukan lagi gadis belia yang butuh mencuci wajah berulang-ulang demi menghilangkan minyak pada kulit. Terlalu sering mencuci wajah hanya akan membuat kulit kering dan dehidrasi. Untuk itu, gantilah skincare malam dengan pembersih yang ringan seperti micellar water.

3. Rajinlah Menggunakan Eye Cream

Kurang istirahat karena telalu banyak pekerjaan, hingga aktivitas lain yang kerap membuatmu tidur tengah malam akan berdampak pada kulit bagian bawah mata. Dan bukan tak mungkin pula, jika pada beberapa sudut di bawah mata akan ada keriput hitam berwarna gelap yang terlihat tak sedap dipandang mata. Nah, untuk mengatasinya kita bisa memakai eye cream, yang akan berfungsi untuk menjaga kelembapannya. 

4. Jangan Pernah Lupa untuk Selalu Memakai Produk Kecantikan yang Mengandung SPF

Demi melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari yang memang tak baik. Kita perlu memastikan, jika kulit sudah mendapatkan serangkaian produk kecantikan yang memang mengandung unsur SPF. Mulai dari pelembap, make-up, parfum, hingga beberapa rangkaian produk lain yang memang kita butuhkan.

Selain menjaga kesehatan kulit, SPF akan membantu kulit untuk tetap terjaga keindahannya dan memperlambat proses penuaan yang ditandai dengan kulit keriput pada beberapa bagian.

5. Dan yang Kalah Penting, Pastikan Jika Tubuh Sudah Mendapat Istirahat yang Cukup dan Konsumsi Makanan Sehat

Semua yang tadi sudah disarankan untuk dipakai, akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Sesibuk dan sepadat apa pun aktivitasmu, selalu pastikan jika tubuh akan mendapat istirahat yang cukup pada malam hari.

Sebab, pada situasi ini tubuh akan bekerja untuk menumbuhkan kembali kekuatan untuk kulit. Karena percaya atau tidak, tidur saat malam hari sangat bermanfaat untuk kulit memperbaiki bagiannya sendiri dengan bantuan kolagen.

Menjadi tua tak dapat kita cegah, tapi kita tetap bisa menjalaninya tanpa rasa cemas, asal tahu bagaimana caranya memberi asupan dan nutrisi yang pas bagi kulit maupun tubuh kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top