Career & Money

Simpan Uangmu dengan Tidak Belanjakan Beberapa Hal Ini di Supermarket

pasartradisional

Apa yang terlintas di dalam benak jika anda mendengar kata supermarket? Mungkin lingkungan yang bersih, Pendingin udara yang membuat nyaman, list yang banyak dengan berbagai macam pilihan dan juga kesegaran bahan makanan yang terjamin. Gambaran tersebut mungkin menjadikan beberapa di antara kita memilih untuk membeli bahan makanan di supemarket daripada di pasar tradisional.

Tapi apa jadinya jika beberapa hal ini justru lebih bagus jika kita membelinya di pasar tradisional? Selain lebih murah ternyata beberapa hal ini justru lebih baik dari segi kualitas dan juga harga jika kita membeli di pasar tradisional dibandingkan membelinya di supermarket. Keuntungan lainnya juga kamu bisa lebih menghemat uang yang bisa kamu gunakan untuk hal lain.

  1. Seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

pexels-photo-366968

Indonesia terkenal dengan limpahan rempah-rempahnya. Bahkan salah satu alasan terbesar negara lain menjajah bangsa Indonesia pada zaman dahulu adalah karena hasil rempah-rempah yang kita miliki. Karena hal itu seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

Hal ini justru berbanding terbalik jika kita membeli rempah-rempah di supermarket. Karena ketika kita membeli  rempah-rempah di supermarket harga bisa menjadi 2 atau bahkan 3 kali lipat karena tambahan pajak dan lain sebagainya sehingga harga yang seharusnya bisa kita dapatkan lebih murah tidak terjadi. Meskipun ada diskon harganya masih akan lebih tinggi daripada kita membeli di pasar tradisional.

  1. Membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah

food-healthy-vegetables-potatoes

Ketika kita ingin memasak sebuah hidangan yang menggunakan sayur, beberapa di antara kita mungkin akan lebih memilih membeli sayuran di supermarket dengan alasan lebih fresh, seperti sayuran.

Namun jika kita perhatikan lagi, mengapa kebanyakan pasar tradisional buka di pagi buta. Biasanya pedagang sayur membeli sayuran langsung ke pasar induk yang memiliki sayuran yang segar langsung dari mobil petani yang dikirimkan ke pasar tersebut. Jadi untuk kesegaran membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah, karena membeli langsung dari petaninya.

  1. Membeli daging di Supermarket memang praktis, tapi di pasar tradisional kita tahu daging tersebut masih segar atau tidak 

pexels-photo-132793

Praktis adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh supermarket, hal ini juga berlaku dengan daging. Biasanya mereka sudah memotong dan juga sudah membaginya dalam beberapa macam bentuk daging yang dibutuhkan untuk memasak, contohnya daging rendang, iga sapi, dan lain sebagainya.

Sayangnya ketika kita membeli daging di supermarket kita hanya melihat dari luar karena sudah terbungkus rapih, jadi bagian yang dapat kita lihat hanya bagian atasnya saja untuk menentukan apakah daging tersebut masih segar atau tidak. Berbeda dengan di pasar tradisional yang menawarkan daging yang di gantung untuk memberikan kepuasan pembeli memilih bagian mana yang ingin dibeli, dan juga harganya yanng 30% – 60% lebih murah jika dibandingkan daging di supermarket.

  1. Supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional

fruits-grocery-bananas-market

Sama halnya dengan sayuran dan daging, buah-buahan di supermarket biasanya ada yang disediakan dengan kondisi sudah terpotong dan terbungkus rapih, jadi pembeli tinggal mengambil kotak tersebut tanpa perlu mengupasnya. Tapi coba anda perhatikan lagi harga buah potong perkotak jika dibandingkan dengan harga perkilogram, sebagian besar buah yang ada di dalam kotak beratnya tidak mencapai 1kg, akan tetapi harga yang diberikan selisihnya sedikit sekali dengan harga buah perkilogram.

Dan meskipun supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional. Meskipun supermarket sering memberikan potongan harga, biasanya harga tersebut dinaikkan 30% terlebih dahulu sebelum kemudian diberikan diskon.

  1. Baterai

dark-toy-detail-lego

Pernahkah kamu perhatikan mengapa baterai selalu diletakkan di samping meja kasir? Apa alasannya? Selain mudah terlihat, pihak supermarket ingin ‘membujuk’ kamu untuk membeli baterai tersebut dengan alasan untuk berjaga-jaga. Sedangkan jika kamu membeli di luar supermarket harganya bisa 50% lebih hemat dibandingkan jika kamu membeli di supermarket.

Banyak kemudahan dan kenyaman yang diberikan supermarket kepada konsumennya, akan tetapi kita sebagai wanita yang cerdas juga harus bisa memilih mana barang atau hal yang bisa kita beli di pasar mana yang memang mau tidak mau kita membeli barang tersebut di supermarket. Saat ini pasar tradisional juga mengikuti perkembangan dengan melakukan banyak renovasi sehingga nyaman untuk konsumen yang datang. Keuntungan lain yang kamu dapatkan kamu bisa menyimpan uangmu lebih banyak untuk kebutuhan lainnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kalau urus rumah bisa telaten, mestinya urus mobil juga bisa

mobil ths

Dibanding dahulu, saat ini makin banyak perempuan yang beraktivitas menggunakan mobil sendiri. Tapi sayangnya untuk urusan merawat mobil, perempuan memang sering dianggap remeh. Maklum, dunia otomotif banyak yang mengklaim sebagai dunia laki-laki dan perempuan tidak mengerti apa-apa.

Tapi sebagai perempuan mandiri dan cerdas, kita tak mau membiarkan anggapan ini terus ada bukan? Karena itu ada baiknya kita memahami seluk beluk tentang perawatan mobil. Tak perlu yang terlalu rumit, karena kita cukup memahami hal yang kemungkinan perlu dihadapi sehari-hari.

Pelajari Cara Mengganti Ban, Karena Kamu Pasti Membutuhkan Itu Kelak

Hal pertama yang harus dilakukan untuk perawatan ban adalah dengan memeriksa tekanan angin pada ban sebelum melakukan perjalan. Coba berjalan berkeliling mobil untuk melihat apakah ada ban yang bentuknya berbeda dari lainnya. Cara lainnya adalah dengan membeli alat pengukur tekanan ban. Kemudian membaca di buku manual mobil kamu, berapa tekanan ban yang seharusnya.

Hal kedua, kamu harus memahami ada dua jenis ban. Satu menggunakan ban dalam dan satunya lagi tubeless. Untuk jenis pertama, ban akan langsung kempis begitu terkena benda tajam. Sementara ban tubeless akan kempis secara perlahan. Jadi kalau kamu sering mengisi angin karena ban sering terlihat kempis. Coba periksakan ke tambal ban, jangan-jangan ada paku yang menempel.

Meski sudah melakukan pencegahan, ada kalanya kamu akan dihadapkan dengan kempisnya ban di tengah jalan

Karena itu cobalah untuk mempelajari cara mengganti ban dengan cadangannya. Yang perlu kamu pahami adalah letak dongkrak dan kunci roda, cara mengoperasikan dongkrak dan kunci roda, serta posisi paling tepat untuk menaruh dongkrak ketika mengangkat mobil. Minta kawan yang lebih paham untuk mengajari ini.

Jangan Cuma Bisa Jalan, Pastikan Mobilmu Kalau Direm Bisa Berhenti

Salah satu mimpi buruk dari setiap pengendara itu adalah rem blong. Jangan sampai itu terjadi pada kita. Karena itu kita harus memeriksa sistem rem mobil kita. Hampir setiap mobil, sistemnya hidrolis alias menggunakan cairan minyak.

Karena durasi penggunaan bisa saja jumlah minyak ini berkurang. Atau malah berkurang karena terjadi kebocoran. Di beberapa kendaraan kurangnya minyak rem ini bisa terlihat dari indikator khusus di dashboard mobil. Tapi untuk memastikan lihat secara manual ke tempat penyimpanannya di dalam ruang mesin. Mudah terlihat kok.

Ibarat Darah, Kamu Harus Periksa Oli Mobil Secara Berkala

Mobil jenis apapun pasti membutuhkan oli untuk melumasi bagian dalam mesinnya. Selain jumlahnya yang harus selalu sesuai standar pabrik, setiap oli juga punya usia pakai. Biasanya diantara 5000 sampai 10000 kilometer pemakaian sudah harus ganti oli.
Jadi perhatikan jarak perjalanan yang tercatat di odometer di dashboard. Jika sudah melewati jarak tersebut, segera ganti olimu. Tidak ada salahnya juga sesekali untuk memeriksa oli melalui oli stick yang ada di ruang mesin.

Bentuknya berupa batang yang bisa dicabut dari mesin. Dari situ kita bisa melihat batas minimum-maksimum dan kondisi oli apakah masih bening atau sudah menghitam.

Ibarat Pepatah Sedia Air Wiper Sebelum Hujan

Ini adalah yang paling sering diabaikan. Ketika berkendara kita terkadang membutuhkan air untuk membasahi kaca depan atau belakang. Jika tidak diperiksa secara rutin, bisa jadi air ini habis ketika sangat dibutuhkan. Karena itu coba longok ruang mesin, dan lihat secara kasat mata posisi air wiper.

Jangan Sampai Mobilmu Mogok Karena Aki Yang Soak

Terdapat dua jenis Aki yang harus kamu pahami. Pertama adalah aki kering yang bisa dibilang tak perlu perawatan. Sementara yang kedua adalah aki basah. Untuk tipe kedua ini, kamu harus sering melihat secara fisik aki apakah airnya masih di atas jumlah minimum. Jika kurang, segera tambahkan.

Perlu diingat setiap aki punya usia pakai. Tulis di badan aki kapan terakhir kali kamu mengganti aki. Karena umumnya usia aki berkisar antara 1-2 tahun.

Service Rutin Itu Harus, Malas Antri? Panggil Montir Saja Ke rumah

auto2000 ths

Di luar hal-hal sederhana tadi, tentunya masih banyak hal lainnya yang perlu dilakukan untuk menjaga mobil kita di performa terbaiknya. Tapi tentunya ada orang yang lebih memahami hal tersebut. Karena itu kita harus secara rutin melakukan service berkala.

Masalahnya pergi ke bengkel itu terkadang menyita waktu. Belum lagi kalau harus antri berjam-jam. Tapi bukan berarti kita jadi tak melakukan service bukan? Cukup kita panggil saja layanan service ke rumah.

Kamu bisa mencoba Toyota Home Service (THS) misalnya. THS itu salah satu fasilitas pelayanan dari Auto2000 yang dapat melakukan servis kunjungan di tempat kamu, baik di kantor atau di rumah, dengan tujuan memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan Toyota yang tidak sempat datang ke bengkel. Items pekerjaan yang dilakukan pada THS bersifat perawatan berkala, serta penanganan kondisi darurat.

Layanan THS ini meliputi ganti oli, engine tune up, servis berkala internal, servis berkala eksternal, pemasangan aksesori, perbaikan non berkala, pemeriksaan gas buang dan lainnya. Pemesanannya pun mudah bisa melalui telefon, booking THS via online di sini atau dengan mengunduh aplikasi Auto2000 melalui Play Store (Android) serta iTunes (iOS).

Hal paling pentingnya juga bagi kita perempuan, selain menghemat waktu untuk pergi ke bengkel resmi, layanan THS ini tidak dikenakan biaya kunjungan, harga jasa dan suku cadang sama dengan di bengkel serta garansi servis sama dengan di bengkel. Jadi sama hematnya bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top