Career & Money

Simpan Uangmu dengan Tidak Belanjakan Beberapa Hal Ini di Supermarket

Apa yang terlintas di dalam benak jika anda mendengar kata supermarket? Mungkin lingkungan yang bersih, Pendingin udara yang membuat nyaman, list yang banyak dengan berbagai macam pilihan dan juga kesegaran bahan makanan yang terjamin. Gambaran tersebut mungkin menjadikan beberapa di antara kita memilih untuk membeli bahan makanan di supemarket daripada di pasar tradisional.

Tapi apa jadinya jika beberapa hal ini justru lebih bagus jika kita membelinya di pasar tradisional? Selain lebih murah ternyata beberapa hal ini justru lebih baik dari segi kualitas dan juga harga jika kita membeli di pasar tradisional dibandingkan membelinya di supermarket. Keuntungan lainnya juga kamu bisa lebih menghemat uang yang bisa kamu gunakan untuk hal lain.

  1. Seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

pexels-photo-366968

Indonesia terkenal dengan limpahan rempah-rempahnya. Bahkan salah satu alasan terbesar negara lain menjajah bangsa Indonesia pada zaman dahulu adalah karena hasil rempah-rempah yang kita miliki. Karena hal itu seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

Hal ini justru berbanding terbalik jika kita membeli rempah-rempah di supermarket. Karena ketika kita membeli  rempah-rempah di supermarket harga bisa menjadi 2 atau bahkan 3 kali lipat karena tambahan pajak dan lain sebagainya sehingga harga yang seharusnya bisa kita dapatkan lebih murah tidak terjadi. Meskipun ada diskon harganya masih akan lebih tinggi daripada kita membeli di pasar tradisional.

  1. Membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah

food-healthy-vegetables-potatoes

Ketika kita ingin memasak sebuah hidangan yang menggunakan sayur, beberapa di antara kita mungkin akan lebih memilih membeli sayuran di supermarket dengan alasan lebih fresh, seperti sayuran.

Namun jika kita perhatikan lagi, mengapa kebanyakan pasar tradisional buka di pagi buta. Biasanya pedagang sayur membeli sayuran langsung ke pasar induk yang memiliki sayuran yang segar langsung dari mobil petani yang dikirimkan ke pasar tersebut. Jadi untuk kesegaran membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah, karena membeli langsung dari petaninya.

  1. Membeli daging di Supermarket memang praktis, tapi di pasar tradisional kita tahu daging tersebut masih segar atau tidak 

pexels-photo-132793

Praktis adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh supermarket, hal ini juga berlaku dengan daging. Biasanya mereka sudah memotong dan juga sudah membaginya dalam beberapa macam bentuk daging yang dibutuhkan untuk memasak, contohnya daging rendang, iga sapi, dan lain sebagainya.

Sayangnya ketika kita membeli daging di supermarket kita hanya melihat dari luar karena sudah terbungkus rapih, jadi bagian yang dapat kita lihat hanya bagian atasnya saja untuk menentukan apakah daging tersebut masih segar atau tidak. Berbeda dengan di pasar tradisional yang menawarkan daging yang di gantung untuk memberikan kepuasan pembeli memilih bagian mana yang ingin dibeli, dan juga harganya yanng 30% – 60% lebih murah jika dibandingkan daging di supermarket.

  1. Supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional

fruits-grocery-bananas-market

Sama halnya dengan sayuran dan daging, buah-buahan di supermarket biasanya ada yang disediakan dengan kondisi sudah terpotong dan terbungkus rapih, jadi pembeli tinggal mengambil kotak tersebut tanpa perlu mengupasnya. Tapi coba anda perhatikan lagi harga buah potong perkotak jika dibandingkan dengan harga perkilogram, sebagian besar buah yang ada di dalam kotak beratnya tidak mencapai 1kg, akan tetapi harga yang diberikan selisihnya sedikit sekali dengan harga buah perkilogram.

Dan meskipun supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional. Meskipun supermarket sering memberikan potongan harga, biasanya harga tersebut dinaikkan 30% terlebih dahulu sebelum kemudian diberikan diskon.

  1. Baterai

dark-toy-detail-lego

Pernahkah kamu perhatikan mengapa baterai selalu diletakkan di samping meja kasir? Apa alasannya? Selain mudah terlihat, pihak supermarket ingin ‘membujuk’ kamu untuk membeli baterai tersebut dengan alasan untuk berjaga-jaga. Sedangkan jika kamu membeli di luar supermarket harganya bisa 50% lebih hemat dibandingkan jika kamu membeli di supermarket.

Banyak kemudahan dan kenyaman yang diberikan supermarket kepada konsumennya, akan tetapi kita sebagai wanita yang cerdas juga harus bisa memilih mana barang atau hal yang bisa kita beli di pasar mana yang memang mau tidak mau kita membeli barang tersebut di supermarket. Saat ini pasar tradisional juga mengikuti perkembangan dengan melakukan banyak renovasi sehingga nyaman untuk konsumen yang datang. Keuntungan lain yang kamu dapatkan kamu bisa menyimpan uangmu lebih banyak untuk kebutuhan lainnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Meski Naik Matic, Harus Tetap Apik

Kadang kamu menyepelekan motor matic. Body motor yang ramping dan bobot yang ringan bikin banyak kaum hawa menganggap remeh faktor keamanan ketika berkendara. Apalagi jarak tempuh yang dekat kadang jadi alasan tak pakai perlengkapan keamanan. Padahal soal kemananan bukan perkara jarak loh!

Jauh dan dekat kita tetap harus mempersiapkan diri dengan baik. Nah, kamu harus mulai memperhatikan keamanan dirimu ya. Ini caranya.

Cuma Karena Khawatir Rambut Rusak Jadi Tak Mau Pakai Helm?

Sudah risiko kalau naik motor ya, rambut akan sedikit berantakan. Jangan jadikan alasan ini untuk tidak menggunakan helm. Lebih baik kamu mempersiapkan sisir untuk merapihkan rambut kamu setelah kamu melepaskan helm.

Helm juga jangan sembarangannya. Bukan cuma perkara fashion, tapi ini soal keamanan juga. Sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 ayat (1), setiap pengendara bermotor—termasuk pengguna motor matic tentunya—diwajibkan memakai helm standar nasional Indonesia (SNI).

Tenang, helm-helm berstandar SNI juga sudah banyak yang tanmpilannya oke dan fashionable kok. Masih berani melanggar? Siap-siap kena tilang hingga denda mencapai Rp 250 juta ya.

Pakai Jaket dengan Bahan yang Berkualitas

Saat berkendara, siap-siap terpapar angin. Karenanya kalau tak ingin kedinginan atau didera angin sepanjang jalan, pakailah jaket selama berkendara. Selain demi alasan keamanan, fungsi jaket akan membuatmu tetap nyaman meski cuaca terik bahkan dingin sekalipun.

 

Area Tangan pun Wajib Terlindungi

Masih banyak yang suka mengabaikan fungsi sarung tangan. Padahal punggung tanganmu sudah sepatutnya terlindungi supaya tidak belang saat sedang berkendara melawan cuaca terik. Di lain sisi, saat terik, kulit tangan akan cepat berkeringat dan permukaan tangan jadi lebih licin. Namun dengan keberadaan sarung tangan, kamu tak perlu risau perkara keringat di telapak tangan.

Pakai Celana Panjang demi Melindungi Area Kaki Selama Berkendara

Fungsi celana panjang setara dengan jaket. Yaitu demi alasan kenyamanan dan keamanan agar kulit kakimu tetap terjaga selama berkendara. Terutama wanita, mengenakan celana panjang lebih aman dibanding memakai rok atau celana pendek.

Simpan Dahulu Sendalmu, Usahakan Pakai Sepatu, Lupakan High heelsmu!

Demi alasan keamanan, memakai sepatu juga jadi hal wajib. Penggunaan sepatu tak akan membuat pijakanmu jadi terasa licin dan sangat memudahkan pengendara saat motor berhenti dan kaki perlu menopang motor di atas aspal. Ada baiknya menggunakan sepatu khusus berkendara atau minimal yang menutupi area kaki hingga atas mata kaki.

Lalu, jangan sekali-kali menggunakan high heels ya. Tampilannya mungkin bagus tapi menggunakannya ketika naik motor bisa sangat berbahaya. Pijakanmu tidak akan stabil dan belum lagi akan menyangkut sana dan sini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top