Career & Money

Simpan Uangmu dengan Tidak Belanjakan Beberapa Hal Ini di Supermarket

pasartradisional

Apa yang terlintas di dalam benak jika anda mendengar kata supermarket? Mungkin lingkungan yang bersih, Pendingin udara yang membuat nyaman, list yang banyak dengan berbagai macam pilihan dan juga kesegaran bahan makanan yang terjamin. Gambaran tersebut mungkin menjadikan beberapa di antara kita memilih untuk membeli bahan makanan di supemarket daripada di pasar tradisional.

Tapi apa jadinya jika beberapa hal ini justru lebih bagus jika kita membelinya di pasar tradisional? Selain lebih murah ternyata beberapa hal ini justru lebih baik dari segi kualitas dan juga harga jika kita membeli di pasar tradisional dibandingkan membelinya di supermarket. Keuntungan lainnya juga kamu bisa lebih menghemat uang yang bisa kamu gunakan untuk hal lain.

  1. Seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

pexels-photo-366968

Indonesia terkenal dengan limpahan rempah-rempahnya. Bahkan salah satu alasan terbesar negara lain menjajah bangsa Indonesia pada zaman dahulu adalah karena hasil rempah-rempah yang kita miliki. Karena hal itu seharusnya kita bisa membeli rempah-rempah dengan harga murah.

Hal ini justru berbanding terbalik jika kita membeli rempah-rempah di supermarket. Karena ketika kita membeli  rempah-rempah di supermarket harga bisa menjadi 2 atau bahkan 3 kali lipat karena tambahan pajak dan lain sebagainya sehingga harga yang seharusnya bisa kita dapatkan lebih murah tidak terjadi. Meskipun ada diskon harganya masih akan lebih tinggi daripada kita membeli di pasar tradisional.

  1. Membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah

food-healthy-vegetables-potatoes

Ketika kita ingin memasak sebuah hidangan yang menggunakan sayur, beberapa di antara kita mungkin akan lebih memilih membeli sayuran di supermarket dengan alasan lebih fresh, seperti sayuran.

Namun jika kita perhatikan lagi, mengapa kebanyakan pasar tradisional buka di pagi buta. Biasanya pedagang sayur membeli sayuran langsung ke pasar induk yang memiliki sayuran yang segar langsung dari mobil petani yang dikirimkan ke pasar tersebut. Jadi untuk kesegaran membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan lebih murah, karena membeli langsung dari petaninya.

  1. Membeli daging di Supermarket memang praktis, tapi di pasar tradisional kita tahu daging tersebut masih segar atau tidak 

pexels-photo-132793

Praktis adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh supermarket, hal ini juga berlaku dengan daging. Biasanya mereka sudah memotong dan juga sudah membaginya dalam beberapa macam bentuk daging yang dibutuhkan untuk memasak, contohnya daging rendang, iga sapi, dan lain sebagainya.

Sayangnya ketika kita membeli daging di supermarket kita hanya melihat dari luar karena sudah terbungkus rapih, jadi bagian yang dapat kita lihat hanya bagian atasnya saja untuk menentukan apakah daging tersebut masih segar atau tidak. Berbeda dengan di pasar tradisional yang menawarkan daging yang di gantung untuk memberikan kepuasan pembeli memilih bagian mana yang ingin dibeli, dan juga harganya yanng 30% – 60% lebih murah jika dibandingkan daging di supermarket.

  1. Supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional

fruits-grocery-bananas-market

Sama halnya dengan sayuran dan daging, buah-buahan di supermarket biasanya ada yang disediakan dengan kondisi sudah terpotong dan terbungkus rapih, jadi pembeli tinggal mengambil kotak tersebut tanpa perlu mengupasnya. Tapi coba anda perhatikan lagi harga buah potong perkotak jika dibandingkan dengan harga perkilogram, sebagian besar buah yang ada di dalam kotak beratnya tidak mencapai 1kg, akan tetapi harga yang diberikan selisihnya sedikit sekali dengan harga buah perkilogram.

Dan meskipun supermarket menyediakan buah utuh, harga yang ditawarakan masih lebih mahal jika kita membelinya di pasar tradisional. Meskipun supermarket sering memberikan potongan harga, biasanya harga tersebut dinaikkan 30% terlebih dahulu sebelum kemudian diberikan diskon.

  1. Baterai

dark-toy-detail-lego

Pernahkah kamu perhatikan mengapa baterai selalu diletakkan di samping meja kasir? Apa alasannya? Selain mudah terlihat, pihak supermarket ingin ‘membujuk’ kamu untuk membeli baterai tersebut dengan alasan untuk berjaga-jaga. Sedangkan jika kamu membeli di luar supermarket harganya bisa 50% lebih hemat dibandingkan jika kamu membeli di supermarket.

Banyak kemudahan dan kenyaman yang diberikan supermarket kepada konsumennya, akan tetapi kita sebagai wanita yang cerdas juga harus bisa memilih mana barang atau hal yang bisa kita beli di pasar mana yang memang mau tidak mau kita membeli barang tersebut di supermarket. Saat ini pasar tradisional juga mengikuti perkembangan dengan melakukan banyak renovasi sehingga nyaman untuk konsumen yang datang. Keuntungan lain yang kamu dapatkan kamu bisa menyimpan uangmu lebih banyak untuk kebutuhan lainnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Warna Favoritmu Apa? Itu Bisa Jadi Penentu Karaktermu!

Semua orang pasti punya warna favorit. Meskipun kamu bilang “tak punya warna kesukaan” secara tak sadar pasti ada preferensi khusus ketika memilih warna. Coba tengok isi lemari pakaianmu, pasti kamu bisa segera menemukan jumlah warna yang lebih banyak dibanding lainnya.

Dari penelitian, secara statistik warna biru adalah yang paling banyak difavoritkan oleh orang. Termasuk juga warna yang paling banyak dipilih mayoritas laki-laki. Sementara perempuan paling banyak memilih warna hitam. Sementara warna yang paling sedikit difavoritkan adalah warna kuning. Hanya 5 persen orang yang memilih warna ini sebagai kesukaan. Itu pun semakin menua, mereka yang tadinya memilih kuning akan beralih ke warna orange.

Dalam cabang ilmu psikologi, warna ini tak cuma dianggap angin lalu. Ada cabang keilmuan psikologi khusus yang mempelajari hal ini. Disebut pemilihan warna dipengaruhi oleh karakter. Lantas apa kata ilmu tersebut mengenai warna pilihanmu?

Biru Itu Tenang Dan Senang Keteraturan

gaun biru

Biru itu serupa warna lautan. Seringnya di asosiasikan dengan ketenangan. Mereka yang memfavoritkan warna biru biasanya gemar mencari kedamaian dan keteraturan dimanapun dia berada. Biasanya penyuka warna biru mudah bergaul dan sangat bisa diandalkan.

Merah Itu Senang Menjadi Pusat Perhatian Dan Ingin Terlihat Menarik

gaun merah

Meski belum ditemukan sebabnya, namun sejumlah studi menyebut bahwa warna merah cenderung lebih menarik perhatian dibandingkan warna yang lain. Beberapa menyebut hal ini berkaitan dengan insting dasar biologis tubuh yang cenderung memanas dan memerah jika merasa tertarik.

Meski tanpa sengaja, orang yang menyukai warna merah umumnya berasal dari kesadaran ini. Mereka merasa lebih diperhatikan jika menggunakan warna merah. Keinginan untuk selalu mendapat perhatian inilah yang kemudian mendorong seseorang menyukai warna merah.

Hijau Itu Sangat Memperhatikan Keuangan, Keamanan Dan Kesejahteraan

celana hijau

Hijau memang sering dikaitkan dengan alam dan lingkungan. Namun menurut psikologi warna,mereka yang memilih hijau umumnya adalah orang-orang yang mengutamakan kestaabilan keuangannya, sangat ingin mendapatkan rasa aman dan mengutamakan kesejahteraan.

Orange Itu Pembawaannya Santai Dan Mudah Bersahabat

sepatu orange

Merka yang gemar warna oranye atau orange umumnya juga gemar menjadi pusat perhatian. Cenderung bersifat flamboyan, punya banyak teman dan tak senang sesuatu yang serius. Konon katanya penyuka warna oranye ini cenderung menunda pernikahan loh!

Abu-Abu Itu Senang Kebebasan Dan Sulit Berkomitmen

jaket abu-abu

Warna ini berada diantara hitam dan abu-abu. Seperti warnanya yang “tak jelas”, karakter penyukanya juga tak terlalu senang komitmen. Menurut psikologi warna, penggemar warna ini hanya punya sedikit emosi, mudah bosan dan tak mau terikat.

Mereka tak punya sesuatu yang benar-benar disukai atau sesuatu yang benar-benar dibenci. Semua biasa saja untuk mereka. Hidupnya yang bebas dan tak mau terikat biasanya justru membuat penasaran banyak orang.

Merah Muda Itu Sedikit Naif Dan Apa Adanya

gaun pink

Penyuka merah muda itu bisa diibaratkan mereka yang selalu dalam kondisi anak-anak. Tak punya banyak kecurigaan, polos dan tidak punya perasaan negatif kepada orang lain. Sayangnya penyuka pink ini sering dimanfaatkan oleh orang lain.

Hitam Itu Moody, Tak Mau Ribet Namun Inginnya Yang Berkelas

baju hitam

Para penyuka hitam ini tidak mau berhadapan dengan segala keribetan. Mereka selalu ingin hal-hal yang berkualitas dan berkelas. Ujungnya karakternya cenderung moody alias mudah berubah-ubah jika menemui hal yang kurang disukainya.

Putih Itu Menganggap Dirinya Polos

pakaian putih

Putih itu sering dikaitkan dengan suci dan kepolosan. Namun sesungguhnya penyuka warna putih itu tak begitu polos-polos amat. Namun mereka ingin meyakinkan orang lain bahwa diri mereka polos. Sementara sebetulnya mereka sama sekali tidak polos dan cenderung “pintar”.

Kuning Itu Idealis Dan Perfeksionis

baju kuning

Penyuka warna kuning itu cenderung idealis dan bahkan perfeksionis. Mereka juga punya optimisme yang di atas rata-rata. Sayangnya keinginan untuk segala sesuatu itu selalu sempurna mendorong orang dengan karakter ini jadi mudah cemburu dan iri.

Jadi Pilihan Warnamu Apa? Coba Sesuaikan Dengan Kendaraanmu!

suzuki adress

Guna memperkuat karaktermu tentunya pas kalau kendaraan sehari-hari yang digunakan warnanya sesuai dengan yang kamu favoritkan. Seolah menjawab tantangan ini, Suzuki mengeluarkan Suzuki Addres Playful.

Motor model baru tersebut merupakan pilihan tambahan dari Suzuki Address FI yang telah eksis sebelumnya.Namun kini dilengkapi dengan 10 pilihan warna aksesoris panel bodi menarik dan penuh gaya yang dapat disesuaikan dengan karakter kamu.

Yup, kamu tak salah baca memang ada 10 pilihan warna. Motor yang dilepas seharga 15,2 juta ini punya warna Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange dan Ice Silver.

Selain warnanya yang menarik motor ini cocok untuk penggunaan harian karena dimensi bodinya yang mungil dengan dimensi pas dan seimbang. Dimensi bodi panjang 1855 mm, lebarnya 655 mm dan tinggi 1095 mm serta memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 1260 mm. Bodi yang cukup mungil dan ramping hanya memiliki bobot sebesar 97 Kg.

Skutik ini juga nyaman karena didukung suspensi depan dan belakang yang tangguh. Untuk bagian depan menggunakan suspensi tipe Telescopic Coil Spring Oil Damped. Sedangkan untuk belakang Suzuki Address Playful menggunakan suspensi tipe Swingarm Coil Spring Oil Damped.

Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 yang cc yang menghasilkan performa yang baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1.

Jadi kamu pilih yang mana?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top