Kesehatan & Me Time

Setelah Olahraga, Jangan Terburu-Buru Melakukan Aktivitas yang Berat

Motivasi untuk berolahraga bagi orang-orang memang berbeda-beda. Ada yang rutin berolahraga lantaran ingin menurunkan berat badan, namun ada juga yang semata-mata ingin membentuk tubuh jadi lebih berotot. Namun sayangnya kebiasaan baik ini seringkali diselingi dengan hal-hal yang membuat latihanmu jadi sia-sia. Ya, aktivitas sesudah olahraga sebaiknya tidak boleh asal-asalan agar latihanmu bisa memberikan efek maksimal. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan seusai olahraga.

Kalau Lapar, Segeralah Isi Perutmu. Tak Baik Menahan Lapar Sesudah Kamu Berolahraga

Ketahuilah, rasa lapar setelah berolahraga adalah tanda bahwa nutrisi yang ada di dalam tubuhmu telah berkurang banyak karena latihan yang kamu lakoni menghabiskan banyak energi. Sementara, sisa nutrisi yang tidak terpakai tidak akan cukup untuk memulihkan tubuh yang kelelahan. Karenanya kamu disarankan untuk mengisi perut setidaknya 15-30 menit setelah berolahraga. Jika kamu menunggu lebih lama dari jangka waktu tersebut, maka kemungkinan besar kemampuan otot untuk tumbuh dan beregenerasi akan berkurang.

Namun Hindari Juga Makan yang Terlalu Banyak Atau Mengonsumsi Makanan Berlemak

Meski disarankan untuk makan setelah olahraga, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih ya. Mengonsumsi makanan dalam porsi besar atau mengonsumsi makanan berlemak justru akan menghasilkan kalori yang lebih besar daripada jumlah kalori yang kamu bakar saat berolahraga. Yang ada kalau tujuanmu berolahraga untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, ya hasilnya justru akan sia-sia.

Jangan Menunda Minum Sebab Tubuhmu Harus Tetap Terhidrasi

Melakukan aktivitas fisik yang lumayan berat membuatmu banyak mengeluarkan keringat bukan? Karenanya kamu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih setelah berolahraga agar tubuhmu tetap terhidrasi. Kalau kamu menunda minum atau malas minum air putih, yang ada membuat tubuhmu jadi dehidrasi sehingga membuat kamu akhirnya jadi merasa lelah atau mengantuk padahal tidurmu sudah cukup.

Usai Melakukan Latihan, Jelas Penting untuk Melakukan Pendinginan

Kebanyakan orang menyepelekan pendinginan dan lebih memilih langsung duduk dan beristirahat setelah berolahraga. Faktanya, pendinginan pun sangat penting dilakukan demi membuat otot lebih rileks setelah berolahraga. Di lain sisi, pendinginan juga akan membantu tubuhmu menurunkan frekuensi detak jantung dan tekanan darah agar normal kembali.

Hindari untuk Langsung Melakukan Aktivitas Berat

Biasanya, setelah berolahraga, otot akan mengalami kelelahan. Bahkan tak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan di beberapa jaringan otot karena terlalu kerasnya melakukan latihan fisik. Di lain sisi, melakukan aktivitas berat setelah berolahraga  tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat bisa membuat otot jadi lelah dan lebih riskan cedera. Karenanya, berilah waktu untuk otot beristirahat dan pemulihan selama beberapa jam atau beberapa hari.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Ingin Memiliki Badan Kurus? Cukup Rutin Lakukan Pekerjaaan Rumah Ini!

Pekerjaan rumah sering dianggap merepotkan. Belum lagi rasa bosan yang muncul mengingat pekerjaan rumah hampir dilakukan setiap hari. Tak heran, bila sebagian besar orang kemudian melimpahkan pekerjaan rumah kepada asisten rumah tanggannya. Padahal rajin melakukan pekerjaan rumah memiliki manfaat baik untuk kamu.

Bukan hanya membuat kamu lebih nyaman berada di dalam rumah, rutin melakukan pekerjaan rumah akan membuat tubuhmu makin sehat. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang malas berolahraga. Kamu pun tak perlu lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk merapikan rumah kamu. Kalau sudah begini, kamu pun bisa jadi lebih hemat.

Bahkan rajin melakukan pekerjaan rumah tangga bisa membantu kamu untuk mendapatkan berat badan idealmu. Kamu bisa mendapatkan tubuh kurus yang selama ini kamu impikan.  Melakukan pekerjaan rumah tangga sama efektifnya dengan olahraga di gym. Tubuh langsing pun bisa kamu peroleh dengan mudah tanpa harus jauh-jauh keluar rumah.

Mengepel lantai dan menata ulang perabotan adalah aktivitas yang paling banyak membakar kalori. Mengepel lantai selama 40 menit bisa membakar kalori sebanyak 314 kalori. Hal ini setara dengan kalori yang dibakar bila kamu berenang selama 25 menit. Jangan malas mengepel lantai ya! Bukan hanya lantai rumahmu yang akan jadi bersih, tubuh langsing pun juga kamu dapatkan.

Menata ulang perabotan juga ampuh untuk membakar kalorimu. Bukan hanya membuat rumahmu lebih sedap dipandang, menata ulang perabotan selama 1 jam mampu membakar kalori hingga 400 kalori. Sedangkan menyikat lantai kamar mandi ampuh membakar 259 kalori.

Kamu juga bisa mencuci mobil demi mendapatkan tubuh yang langsing ideal. Mencuci mobil selama 1 jam setara dengan 45 menit melakukan olahraga tinju. Kalau sudah begini, tak ada lagi deh alasan untuk malas mengerjakan pekerjaan rumah!

Agar kamu lebih nyaman mengerjakan pekerjaan rumah, kamu bisa sambil mendengarkan musik favorit. Lakukan juga pemanasan agar aktivitasmu jadi lebih nyaman dan maksimal.

Jangan segan melakukan pekerjaan rumah dari sekarang! Bukan hanya pekerjaan rumahmu jadi beres, tapi impian untuk mendapatkan tubuh lebih kurus pun semakin dekat. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlalui.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Agar Make up di Mata bisa Tetap Stay On, Lakukan Perawatan ini Jika Kelopak Matamu Berminyak

Dalam stuktur bagian wajah, mata adalah bagian yang paling rentan karena memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan bagian yang lainnya. Hal itu yang menyebabkan mata rentan kerutan halus dan produksi minyak yang lebih banyak.

Nah, Jika sebum (kelenjar minyak di wajah) dibagian mata terlalu banyak, dia akan mempengaruhi pengaplikasian eyeshadow pada matamu meskipun sudah menggunakan primer.

Si Merah Tomat ini Ternyata Bisa Membuat Matamu Sehat dan Juga Kelopak Matamu Tidak Berminyak

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap sebuah masakan. Ternyata tomat juga mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan termasuk matamu. Kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A, tomat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih, dan juga mengencangkan kulit.

Caranya ambil satu sendok teh ekstrak jus tomat segar. Simpanlah dalam lemari es selama 5 menit. Setelah itu pijat pada kelopak mata kamu, biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sekali setiap hari, sampai kamu melihat perubahan yang drastis.

Selain Menguatkan Tulang, Susu Juga Bisa Membantu Matamu Menjadi Indah

Taukah kamu kalau ternyata susu bermanfaat bukan hanya untuk kekuatan tulangmu saja ataupun untuk mencerahkan kulitmu yang biasa digunakan sebagai lulur. Susu juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi kandungan minyak di kelopak matamu. Kandungan magnesium dan asam laktat yang dapat menutup pori-pori terbuka dan mengembalikan keseimbangan PH kulit kamu.

Tidak Hanya Menjadi Bahan Campuran Masker, Air Mawar Punya Manfaat Lain untuk Matamu

Jika kamu mempunyai air mawar yang kamu gunakan untuk campuran masker wajahmu. Sekarang ada kegunaan lain air mawar yang bisa kamu manfaat dan kamu gunakan untuk menambah kecantikan pada wajahmu.

Yap, air mawar bisa juga membantu kamu untuk mengurangi kadar minyak dalam kelopak matamu. Gunakan air mawar sebagai toner untuk menyeimbangkan ph kulit dan juga menyeimbangkan kulitmu, jangan lupa berikan sedikit pijatan agar kandungan yang terdapat di dalam air mawar meresap.

Es Batu Tidak Hanya Menghilangkan Dahaga, Tetapi Juga Mengurangi Kadar Minyak di Matamu

Disaat es batu kamu gunakan sebagai pelengkap air minum untuk menghilangkan haus di tenggorokan. Kali ini kamu juga harus mencoba es batu sebagai salah satu bahan yang bisa membantu kamu untuk merawat kelopak matamu dari minyak berlebih.

Dalam dunia kecantikan es batu sudah menjadi bahan andalan yang murah meriah dan terkenal untuk mengecilkan pori-pori, tak hanya wajah hal itu juga bisa kamu lakukan di area mata untuk mengecilkan pori-pori dan juga minyak berlebih.

Selain untuk Wajah, Putih Telur Juga Bisa untuk Matamu

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi daripada suplemen apapun. Hal tersebut membuat telur dapat mengendalikan kadar minyak di kulit sekaligus membuat kulit menjadi kencang dan lembut.

Campurkan putih telur dengan perasan jeruk nipis dan oleskan di kelopak matamu secara tipis, diamkan sampai kering. Lalu bersihkan dengan air hangat hingga bersih.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Rasa Lapar Datang Tengah Malam? Atasi dengan Cara Ini agar Badanmu Tak Melebar

Rasa lapar merupakan upaya tubuh menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Hal ini tentu dapat terjadi kapan pun, bahkan pada malam hari sekalipun, waktu di mana tubuh beristirahat dan memerlukan nutrisi untuk proses pemulihan setelah beraktivitas. Meskipun demikian, makan berlebihan di malam hari dapat mengganggu waktu tidur hingga memicu kegemukan.

Mungkin beberapa pendapat menyatakan bahwa jika tidak ingin mengalami kegemukan maka sebisa mungkin harus bisa menghindari makan di malam hari. Namun apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba lapar justru datang ketika tengah malam? Karena rasa lapar juga akan mengganggu kualitas tidur kita.

Rasa Lapar Merupakan Bagian Kerja Otak, Sebelum Makan Kenali Dulu, Apakah Kamu Benar-benar Lapar?

Rasa lapar biasa timbul disaat lambung kita kosong dan membutuhkan asupan nutrisi untuk tubuh, hal ini disebut lapar secara biologis. Artinya, memang pada saat itu tubuh kita benar-benar membutuhkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi tahukah kamu jika ternyata rasa lapar itu ada berbagai jenis, dan biasanya banyak faktor yang mempengaruhi rasa lapar tersebut.

Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa lapar kita. Bisa jadi rasa lapar timbul saat kita melihat suatu makanan, sehingga ada hasrat dalam pikiran yang membuat kita juga ingin memasukkan suatu makanan ke dalam mulut. Ataupun faktor kebiasaan yang sering kita lakukan, seperti ngemil setiap beberapa jam.

Jika hal itu terjadi pada kamu pada saat tengah malam, tandanya kamu tidak perlu makan sesuatu. Kamu hanya perlu minum air putih untuk menghilangkan hasrat lapar kamu. Karena biasanya ketika kita sudah memasukkan sesuatu ke mulut, hasrat lapar itu akan hilang.

Karena Apa yang Kamu Makan itu Berpengaruh atas Rasa Laparmu, maka Saatnya Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan di malam hari tidak hanya berdampak kepada perubahan fisik yang menjadi gemuk, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan organ tubuhmu terutama hati. Jadi kamu harus sebisa mungkin mengurangi kebiasaan makan di malam hari dengan mengatur pola makan di pagi dan siang hari.

Hal ini dapat dimulai saat sarapan ganti asupan makan yang bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori dengan karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian saat makan siang selingi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang yang lebih lama seperti serat dan protein. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan junk food untuk menghindari penimbunan lemak jahat berlebih.

Minum Air Putih pun Bisa Menghilangkan Rasa Laparmu

Jika memang ternyata kamu benar-benar lapar dan cukup mengganggu proses tidurmu, jangan langsung memutuskan untuk makan makanan berat seperti nasi beserta lauk. Ada alternatif lain yang bisa kamu pilih sebagai penghilang rasa laparmu.

Minum satu atau dua gelas air putih. Rasa haus bisa mirip dengan rasa lapar. Bisa  jadi rasa lapar yang di rasakan tengah malam itu adalah rasa haus. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan sesuatu seperti camilan atau makanan berat lainnya, cobalah untuk minum setidaknya satu gelas air putih (bisa juga ditambah dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon) dan tunggu hingga 10 menit, biasanya setelah 10 menit, rasa lapar akan hilang.

Bisa Juga Kamu Minum Susu Hangat atau Camilan Sehat ini

Minum segelas susu hangat. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalam susu yang di minum. Selain vitamin D dan kalsium yang bisa menguatkan tulang, susu yang rendah kalori dan lemak juga mengandung asam amino yang membantu kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jika kamu tidak punya alergi terhadap kacang, bisa mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan serat. Kacang tanah juga membantu melancarkan gula darah dan meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Popcorn juga bisa kamu pilih, Meski begitu sebaiknya tidak ditambah dengan garam, mentega, atau gula berlebih, popcorn bisa menjadi pengganjal perut yang tepat ketika merasa lapar di tengah malam.

Atau makan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Beberapa alternatif atau pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain oatmeal, sereal, atau roti gandum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top