Kesehatan & Me Time

Sebagai Perempuan Cerdas, Kenalilah Tanda-tanda Awal Kanker Ovarium

Selama sekian tahun, para peneliti bekerja untuk menelaah lebih dalam lagi soal kanker ovarium. Ya, kanker yang satu ini jadi ancaman serius bagi perempuan. Berdasarkan data statistik yang dikutip dari Providr, Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan total penyintas kanker yang tinggi yaitu mencapai 22,280 kasus di tahun 2016 dan sebanyak 14.240 jiwa meninggal lantaran penyakit ini.

Penyebab tingginya angka penderita kanker ovarium lantaran penyakit yang satu ini sukar didiagnosis. Situasi ini berbeda dengan kanker serviks dimana banyak pihak mulai aware dengan kanker yang satu ini. Kendati demikian, peneliti sedang terus bekerja agar penyakit ini tak jadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Perlu diketahui, ada fase tertentu sebelum akhirnya sel kanker ovarium benar-benar jadi momok bagi penderitanya.

Pertama, seseorang dengan kanker ovarium akan mendapati tumor epithelial di rahim mereka. Diketahui, sebanyak 90 persen kasus kanker ovarium diawali dengan munculnya tumor jenis ini. Setelahnya, ada tumor baru yaitu stromal tumor yang menyerang jaringan ovarium yang bekerja memproduksi sel hormon. Tumor ini biasanya terdiagnosis di fase stadium awal kanker ovarium. Terkhusus perempuan muda, berhati-hatilah sebab kanker ovarium lebih banyak menyerang perempuan berusia produktif. Untuk itu, kamu perlu mengenali gejala kanker ovarium sebelum terlambat.

Perut Jadi Sering Terasa Kembung

Kalau kamu merasa perutmu jadi sering kembung, coba periksa ke dokter. Siapa tahu bukan hanya masuk angin biasa. Sebab gejala kanker ovarium pun biasanya ditandai dengan perut kembung. Jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu, yang penting kumpulkan niatmu untuk mengeceknya ke dokter

Merasa Sakit di Pinggul dan Perut Bagian Bawah

Ada yang mengatakan kalau saat haid, rasa sakit yang dialami perempuan itu normal adanya. Padahal tidak selalu. Saat haid sudah selesai namun rasa sakit di area pinggul dan perut bagian bawah tetap muncul, maka cobalah untuk memeriksakannya. Sebab ini bisa jadi tanda dimana perempuan harus waspada dengan ancaman kanker ovarium.

Selera Makan Menurun

Turunnya selera makan juga bisa jadi pertanda. Apalagi kalau hal ini terus berlangsung selama tiga minggu lamanya. Cobalah konsultasikan keadaanmu pada dokter. Bisa jadi ada yang salah dengan perut atau pencernaanmu. Atau jangan-jangan memang justru jadi gejala awal kanker ovarium.

Intensitas Buang Air Kecil pun Lebih Sering

Kebelet sedikit, hawanya harus segera buang air kencing. Kamu merasa tak banyak minum tapi intensitas buang air kecil cenderung meningkat. Kalau kamu mengalami situasi semacam ini, kamu patut curiga. Bahkan kalau misalnya kamu merasa lega, tapi semenit atau dua menit setelahnya muncul perasaan ingin buang air kecil lagi, nah ini yang perlu dipertanyakan. Jangan ragu untuk memeriksakannya, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Tidak Hanya Menyengat, Ternyata ini 7 Manfaat bawang Putih yang Membuat Badan Sehat!

Coba kamu pikirkan, mengapa bawang merah aromanya tidak semenyengat bawang putih. Aroma yang menyengat namun khas itu ternyata disebabkan oleh kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang putih. Zat egallicin yang tidak terkandung di bawang putih menjadi pemicu mengapa bawang putih lebih menyengat jika dibandingkan dengan bawang merah.

Aroma menyengat yang timbul membuat si bawang putih tidak terlalu memiliki banyak penggemar, namun menjadi primadona dari bagian masakan. Tidak hanya membuat masakan menjadi lebih sedap, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang juga tak kalah mantap.

Cantik Tak Perlu Mahal, Bawang Putih Siap Membantumu.

Definisi cantik dari segi fisik identik dengan berat badan yang ideal, muka yang putih mulus tanpa noda. Secara tidak langsung hal tersebut menjadi dambaan sebagian besar wanita di dunia ini. Sayangnya untuk mendapatkan hasil tersebut tak jarang membuat wanita harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Tapi coba kamu bayangkan apabila ternyata perawatan agar terlihat cantik justru bisa kamu dapatkan dari bahan yang ada di dapur. Yaps, ternyata bawang putih memiliki manfaat sebagai kecantikan loh. Bawang putih bisa membantumu mengurangi peradangan pada saat jerawat, mengurangi berat badan, melindungi rambut dari ketombe dan rontok, sebagai anti aging, dan juga memperkuat kuku. Menurut riset zat allicin yang berjasa dalam hal tersebut.

Bawang Putih Obat Penyakit Kanker yang Secara Finansial Tidak Membuatmu ‘Kanker’

Pernahkah kamu mendengar atau bahkan melihat hidup seseorang berantakan setelah dokter memvonis dirinya mengindap sebuah penyakit kanker. Tidak hanya dari segi mental tetapi juga dari segi finansial. Biaya pengobatan yang cukup mahal dan juga penanganan yang tidak mudah membuat penyakit kanker menjadi penyakit yang paling menakutkan banyak orang terutama wanita. Karena menurut riset pengidap kanker terbanyak adalah wanita.

Tapi apa jadinya jika ternyata obat kanker tidak semahal yang dibayangkan, bahkan bisa jadi menjadi salah satu jenis bahan yang kamu gunakan dalam sehari-hari ketika membuat suatu hidangan. Dan si bawang putih ini yang memiliki kandungan anti kanker ini, meskipun belum bisa dipastikan berapa takaran yang tepat untuk menghilangkan sebuah kanker namun berbagai riset telah membuktikan bahwa zat yang ada di dalam bawang putih bisa menghancurkan sel kanker dan mengurangi resiko penyakit kanker bersarang di tubuh seseorang.

Berbeda dengan Sakit Hati, Sakit Gigi Bisa Kamu Sembuhkan dengan Bawang Putih

Pernah dengar lagu yang membandingkan dengan sakit gigi dan sakit hati? Mungkin terdengar lucu, tak hanya sakit hati ternyata sakit gigi juga cukup menganggu. Ketika kamu mengalami sakit gigi jangankan beraktifitas, mendengar suara gaduh sedikit saja sudah sukses membuat gigimu merasa semakin sakit.

Dan bawang putih bisa juga bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika kamu mengalami sakit gigi. Wah? kenapa yah? Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi kamu. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi kamu

Cegah Alzheimer Sedari  Dini dengan Bawang Putih

Istilah alzheimer mungkin tidak asing bagi sebagian orang. Apa yang kamu tau tentang alzheimer? Menurut istilah kedokteran alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri, ditemukan bahwa karbohidrat yang terdapat di dalam bawang putih dapat menjadi kunci untuk klasifikasi sebagai “makanan super”. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa bawang putih dapat menghambat kerusakan otak akibat stres. Tidak hanya untuk mencegah penuaan tapi juga bisa menjadi jurus ampuh untuk mencegah alzheimer dan parkinson.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Juga Menurunkan Kolesterol

Gaya hidup serta pola makan manusia saat ini sudah sangat berubah jika dibandingkan pada zaman lalu. Kecenderungan mengkonsumsi makanan cepat saji dan tidak diimbangi dengan olahraga serta pola hidup sehat. Membuat berbagai penyakit muncul di dalam tubuh.

Lagi-lagi si bawang putih dengan aroma menyengat ini memiliki manfaat lain yang tak kalah mencengangkan. Sebuah penelitian di Los Angeles Biomedical Research Institute di Harbor-UCLA Medical Center menemukan bahwa ekstrak bawang putih bisa mengurangi plak berbahaya di arteri dan diklaim dapat membantu mencegah penyakit jantung serta menurunkan kolesterol dari kandungan antioksidan yang juga terkandung dalam bawang putih.

Bawang Putih Sebagai Antivirus dan Antioksidan

Jika kamu termasuk orang dengan segudang aktivitas namun malas untuk mengkonsumsi vitamin, mungkin sekarang tidak perlu begitu risau dengan kesehatanmu. Karena dengan memakan hidangan yang memiliki kandungan bawang putih sudah bisa melengkapi berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan allicin,vitamin c, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi dan menghambat pengembangan bakteri, jamur dan juga virus yang ada di dalam tubuh.

Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Dari semua manfaat yang tersembunyi di dalam bawang putih, ini adalah beberapa kandungan yang ada pada bawang putih yang menjadi alasa mengapa bawang putih memiliki sejuta manfaat.

Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:

  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.

Hal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya. Jadi buat kamu yang ingin cantik dan juga sehat jangan ragu untuk menambahkan bawang putih dalam bahan masakanmu ya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Bersabarlah Menghadapi Teman dengan Zodiak Ini, Ingin Diet tapi Hobinya Makan

Mau diet tapi hobinya makan. Ada lho orang-orang yang seperti ini. Kendati tubuh sudah ideal, tetap saja mereka merasa perlu ada bagian yang perlu dikecilkan. Mulai dari perut, pipi, hingga paha. Nah, kalaupun bukan kamu, pasti kamu akan menemukan teman dengan tipikal ini lho, Kawan. Padahal, soal diet, perlu komitmen tinggi untuk bisa secara konsisten menjaga asupan makanan dan konsisten berolahraga. Tapi lima zodiak ini, rasanya selalu ingin kurus, namun kenyataannya hobinya makan terus.

Pisces


Sebagai zodiak  yang sangat gemar bermimpi, Pisces sering kali hanya bermimpi memiliki tubuh langsing tapi tak mau melakoni diet maupun olahraga. Kendati secara konsep, sih, dia sangat paham, tapi mungkin mereka hanya mampu menjalankannya selama beberapa hari. Sukar sekali untuk bertahan lama. Pisces akan selalu punya alasan untuk lebih sibuk mengurus diet orang lain dibandingkan diri sendiri.

Aquarius

Nah, zodiak yang satu ini selalu punya kesulitan untuk menjaga komitmen jangka panjang. Apalagi untuk urusan diet. Mereka super semangat di awal, tapi sulit untuk menyelesaikan sampai mencapai hasil yang diinginkan. Seringkali yang terjadi justru mereka naik berat badannya walaupun sudah mencoba berkali-kali.

Gemini

Jangan harap Gemini mau melakukan hal yang sama terus-menerus dalam jangka panjang. Zodiak ini sangat mudah bosan dan sukar berkonsentrasi sebab mudah teralihkan oleh hal baru yang lebih menarik perhatiannya. Karenanya, diet dalam waktu yang panjang bukanlah hal yang akan dia nikmati. Gemini lebih suka dengan hal yang tidak terprediksi dan spontan, bukan rutinitas yang membuatnya seperti robot.

Sagitarius

Kalau zodiak yang satu ini jiwanya sangat bebas, mereka tak suka terikat dengan apa pun. Wajar kalau zodiak ini bisa menjalankan rutinitas yang sama terus-menerus. Apalagi Sagitarius tidak suka hal yang ribet. Yup! Mereka adalah zodiak yang senang dengan konsep ‘suka-suka dia’. Jadi ketika sedang ingin mengurangi makan gorengan, dia akan melakukannya. Hanya saja jangan memaksanya melakukannya dalam jangka panjang.

Cancer


Kalau Cancer, mereka sangat dipengaruhi oleh keluarga atau oleh pasangannya. Cancer akan mendengarkan perkataan orang yang mereka sayang. Jadi ketika ada permintaan untuk diet dari pasangan, dia bisa sangat konsisten melakukannya, tapi kalau hal itu sudah tak membahagiakan pasangan lagi, dirinya akan dengan mudahnya berhenti. Dia butuh mencari alasan yang lebih dalam supaya dietnya bisa sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Cek Tingkat Keamanan Pembalut Itu Penting Lho Sebelum Dipakai Saat Haid

Benda yang satu ini krusial untuk perempuan. Setiap bulannya, kalau tak ada pembalut, mungkin fase haid bisa jadi mimpi buruk. Benda yang berfungsi menampung darah haid ini sekarang sudah banyak sekali jenis dan mereknya. Kamu tinggal cari yang sesuai kebutuhan. Tapi sejauh ini, kamu sudah jeli belum dalam urusan membeli dan memakai pembalut?

Jangan sampai kecolongan ya Kawan, bahkan membeli pembalut pun kamu harus hati-hati. Sebab faktanya di lapangan masih saja ada oknum yang tak bertanggung jawab kemudian mengelola bisnis pembalut namun tak dibuat dengan bahan-bahan yang aman untuk kesehatan. Untuk itu, pastikan lagi keamanannya, ya!

Pastikan Pembalut yang Akan Kamu Pakai Terbuat dari Bahan Kapas yang Jauh Lebih Aman

Kenapa harus kapas? Karena kapas terbuat dari bahan  yang sangat ramah di kulit kalau dibandingkan dengan bahan serat kayu atau kertas. Beberapa pembalut yang ada di pasaran nyatanya ada yang masih terbuat dari serat kayu atau kertas bekas sebagai bahan dasar pembalut. Dan kamu perlu tahu, bahan serat kayu berpotensi bahaya lho bagi Miss V karena justru bisa membuatnya jadi rentan terhadap penyakit. Untuk itu, kalau belanja pembalut, pilih yang bahannya kapas, ya!

Pilihlah Pembalut dengan Daya Serap Tinggi, tapi Bahannya Tetap Lembut

Karena fungsinya untuk menampung darah haid, untuk itu penting sekali memilih pembalut dengan bahan yang lembut tapi daya serapnya tinggi ya, Kawan. Nah, supaya kamu tahu seberapa efektif daya serapnya, coba saja uji salah satu pembalut yang kamu beli.

Pertama, tuangkan 50 ml air di atas permukaan pembalut. Tunggu beberapa saat. Setelahnya, cobalah taruh tisu di atas permukaan pembalut tersebut. Kemudian, coba tekan tisu tadi, hal ini seperti melakukan simulasi kamu duduk dan memberi tekanan pada permukaan pembalut. Biasanya, pembalut dengan daya serap tinggi tak akan membuat tisu yang ditempelkkan ke permukaan pembalut jadi basah meski sudah ditekan.

Pahami Kandungan Dioxin alias Pemutih, Zat Ini Tak Sebaiknya Ada pada Pembalutmu, Lho!

Sama halnya dengan menguji daya serap, untuk mengetahui merk pembalut yang kamu pakai mengandung kandungang dioxine atau tidak, maka kamu harus mengeceknya. Caranya, cobalah buka pembalutmu pada lapisan permukaan. Kemudian ambil bagian putih atau kapas yang ada di dalamnya. Kemudian masukkan ke dalam gelas transparan yang sudah diisi air sampai semua bagiannya terendam. Lalu diamkan selama satu jam.

Kalau pembalut tersebut hancur, maka bahannya kurang berkualitas. Tapi kalau air rendamannya menjadi keruh keputihan, maka pembalutmu mengandung zat pemutih. Pembalut yang aman adalah yang tidak hancur tapi tak berwarna keputihan meski direndam selama satu jam.

Jangan Gunakan Pembalut yang Mengandung Bahan Pewangi karena Justru Berbahaya untuk Daerah Kewanitaanmu

Pewangi pada pembalut umumnya dibuat dari bahan kimia berbahaya, sehingga dalam jangka panjang biasanya akan menimbulkan komplikasi bahkan infeksi. Untuk itu, demi kesehatan Miss V, lebih baik kamu pilih pembalut yang aman-aman saja. Hindari pembalut yang mengandung bahan kimia seperti polythhylene (PET), polypropylene, dan propyleneglycol (PEG). Bahan kimia tersebut diketahui bisa membuat Miss V kering, memicu kemandulan, kanker, serta gangguan hormon.

Tak Ada Salahnya jika Mau Coba Berbagai Merk Pembalut, tapi kalau Menimbulkan Iritasi, Segera Tinggalkan Merk Tersebut, ya!

Nah ini juga penting ya, Kawan. Tak salah kok kalau kamu mau coba memakai pembalut dengan merk yang berbeda setiap bulannya. Karena dengan cara ini kamu jadi tahu pembalut mana yang sekiranya tepat untukmu. Paling tidak, kamu tahu mana yang membuat gatal dan mana yang aman-aman saja alias tidak terjadi apa-apa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top