Kesehatan & Me Time

Sebagai Perempuan Cerdas, Kenalilah Tanda-tanda Awal Kanker Ovarium

Selama sekian tahun, para peneliti bekerja untuk menelaah lebih dalam lagi soal kanker ovarium. Ya, kanker yang satu ini jadi ancaman serius bagi perempuan. Berdasarkan data statistik yang dikutip dari Providr, Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan total penyintas kanker yang tinggi yaitu mencapai 22,280 kasus di tahun 2016 dan sebanyak 14.240 jiwa meninggal lantaran penyakit ini.

Penyebab tingginya angka penderita kanker ovarium lantaran penyakit yang satu ini sukar didiagnosis. Situasi ini berbeda dengan kanker serviks dimana banyak pihak mulai aware dengan kanker yang satu ini. Kendati demikian, peneliti sedang terus bekerja agar penyakit ini tak jadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Perlu diketahui, ada fase tertentu sebelum akhirnya sel kanker ovarium benar-benar jadi momok bagi penderitanya.

Pertama, seseorang dengan kanker ovarium akan mendapati tumor epithelial di rahim mereka. Diketahui, sebanyak 90 persen kasus kanker ovarium diawali dengan munculnya tumor jenis ini. Setelahnya, ada tumor baru yaitu stromal tumor yang menyerang jaringan ovarium yang bekerja memproduksi sel hormon. Tumor ini biasanya terdiagnosis di fase stadium awal kanker ovarium. Terkhusus perempuan muda, berhati-hatilah sebab kanker ovarium lebih banyak menyerang perempuan berusia produktif. Untuk itu, kamu perlu mengenali gejala kanker ovarium sebelum terlambat.

Perut Jadi Sering Terasa Kembung

Kalau kamu merasa perutmu jadi sering kembung, coba periksa ke dokter. Siapa tahu bukan hanya masuk angin biasa. Sebab gejala kanker ovarium pun biasanya ditandai dengan perut kembung. Jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu, yang penting kumpulkan niatmu untuk mengeceknya ke dokter

Merasa Sakit di Pinggul dan Perut Bagian Bawah

Ada yang mengatakan kalau saat haid, rasa sakit yang dialami perempuan itu normal adanya. Padahal tidak selalu. Saat haid sudah selesai namun rasa sakit di area pinggul dan perut bagian bawah tetap muncul, maka cobalah untuk memeriksakannya. Sebab ini bisa jadi tanda dimana perempuan harus waspada dengan ancaman kanker ovarium.

Selera Makan Menurun

Turunnya selera makan juga bisa jadi pertanda. Apalagi kalau hal ini terus berlangsung selama tiga minggu lamanya. Cobalah konsultasikan keadaanmu pada dokter. Bisa jadi ada yang salah dengan perut atau pencernaanmu. Atau jangan-jangan memang justru jadi gejala awal kanker ovarium.

Intensitas Buang Air Kecil pun Lebih Sering

Kebelet sedikit, hawanya harus segera buang air kencing. Kamu merasa tak banyak minum tapi intensitas buang air kecil cenderung meningkat. Kalau kamu mengalami situasi semacam ini, kamu patut curiga. Bahkan kalau misalnya kamu merasa lega, tapi semenit atau dua menit setelahnya muncul perasaan ingin buang air kecil lagi, nah ini yang perlu dipertanyakan. Jangan ragu untuk memeriksakannya, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Hal Sederhana yang Bisa Membantu Perempuan Lepas dari Stress

Setiap hari, kita pasti  sering sekali mendengar kata “Bahagia itu sederhana”, atau diam-diam kita juga sering mengucapkannya?. Bilangnya sih enak, terkesan mudah dan gampang untuk dilakukan. Padahal, untuk bisa bahagia kadang tak cukup dengan sesuatu yang sederhana. Walau harus diakui pula, di beberapa bagian kehidupan. Sesuatu yang sederhana memang pernah jadi sumber kebahagian.

Nah, tak jauh-jauh dari kehidupan harian. Rasa stress dan perasaan yang menunjukkan ketidakbahagian, barangkali jadi musuh kita bersama. Tapi, lebih dari itu. Konon banyak bersyukur bisa loh jadi salah satu pengusir stres.

Sejalan dengan ucapan barusan, seorang psikolog dari Miami University melakukan satu penelitian yang kemudian menyebut bahwa selain bersyukur, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk hari yang lebih optimis dan lepas dari jeratan stres.

Jauh dari Kata Suasana yang Riuh, Cobalah Sempatkan untuk Menikmati Waktu di Alam

Untuk kamu yang tinggal dan menetap di kota besar. Berisiknya suara kendaraan, padatnya tumpukan orang di jalan, hingga hingar bingar kota tak ada matinya. Sering jadi sumber stres yang tak kasat mata. Agar tak semakin stagnan, cobalah melipir sebentar ke tempat-tempat yang tenang.

Kamu bisa memilih pergi ke kawasan pengunungan, hutan-hutan lindung yang aman, hingga pesisir pantai yang memang bisa memberimu ketenangan. Kalau tak punya waktu dan budget banyak, cukup cari tempat yang dekat-dekat saja. Membiarkan diri berjalan dan menikmati waktu di alam bebas, akan membantu tubuh melepaskan semua keresahan dan beban.

Tak Harus Olahraga, Gerakan Kecil Nan Ringan pun Mampu Bantu Tubuh Hilangkan Beban Pikiran

Kata hasil penelitian dari Journal of Happiness Studies, kalau kamu merasa enggan untuk berolahraga, setidaknya cobalah lakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membantumu melepas stres. Tak perlu lari pagi berkilometer jauhnya, cukup muali bersih-bersih rumah, misalnya. Atau berkebun di halaman belakang, dan aktivitas lain yang memang sederhana.

Bentuk gerakannya lainnya, adalah memilih berjalan kaki pada tempat-tempat tujuan yang memang dekat. Walau terkesan sepele, tanpa kita sadari rupanya gerakan-gerakan seperti ini bisa membantu hati dan tubuh lebih bahagia loh.

Kemudian, Atur Waktumu untuk Bisa Mendapatkan Tidur yang Cukup

Jadi kalau ternyata jam tidurmu masih berantakan. Terlelap selalu tengah malam, jangan heran jika kamu sering merasa stres dan berbeban berat. Untuk itu, agar bisa lepas dari hal-hal yang menghalangi jiwa dan tubuh bahagia. Kamu perlu membuat satu aturan untuk jam tidur dengan benar.

Ini serius, selain mempengaruhi kesehatan. Tubuh yang mendatap tidur cukup semalaman, akan mempengaruhi produktifitas di hari esok. Mulai dari memperbaiki mood, tak lagi uring-uringan, emosi lebih stabil. Dan yang pasti lebih bersemangat bangun pagi dan tak memulai hari.

Mulai Menulis Jurnal, Tuangkan Semua Kegiatan Harian dan Unek-unekmu Disana

Ada yang pernah coba tidak? Nah, kalau ternyata belum. Mulai sekarang kamu harus mulai mencobanya. Mulailah latih diri untuk menuli semuanya di sebauh buku yang akan berfungsi sebagai jurnal harianmu.

Kegiatan apa yang harus  kamu lakukan setiap hari, hingga perasaan-perasaan apa saja yang kamu rasakan sepanjang hari. Sebab ketika kamu akan menulis, secara tidak langsung ada emosi yang sudah tertular dan dituangkan disana. Pokoknya, tulis apa saja yang kamu rasakan disana. Ini akan membantumu melatih tingkat emosi yang stabil, dan daya ingat akan sesuatu hal.

Jadi kalau misalnya, esok kamu lagi-lagi merasa stres. Dengan cepat kamu akan ingat, bahwa di hari lampau setelah menulis jurnal kamu merasa lebih tenang. Untuk itu, hal ini bisa dicoba ya.

Kalau Masih Merasa Kurang, Bantu Orang Sekitar yang Butuh Pertolongan

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu beramal? Membantu orang yang kesusahan? Hingga memberi pada mereka yang memang membutuhkan? Kalau ternyata sudah lama atau bahkan tak pernah, kamu patut mencoba untuk melakukannya lagi.

Menolong orang lain bisa membuat perasaan lebih lega dan menumbuhkan sisi positif dalam diri kita. Lagipula, membantu itu tak hanya dengan materi ya. Kamu bisa membantu orang lain lewat cara apa saja. Menyebrangkan seorang nenek, di lampu merah. Membantu pedagang mendorong gerobaknya pada jalan yang menanjak, atau sekedar berbagi makanan dengan tetangga pun bisa mendatangkan bahagia.

Memang sih, tak semua yang sederhana bisa membuat bahagia. Tapi percaya atau tidak, ada ribuan hal sederhana yang selalu bisa jadi sumber bahagia kita. Bagaimana? Sudah bahagia hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Aura Cerah di Wajahmu Terpancar

Kamu tahu tidak jika alasan utama wajah seseorang nampak menarik bukan hanya dari bentuk wajahnya saja, tetapi aura yang terpancar dari dalam diri juga menjadikan seseorang tampak menarik. Meskipun kamu sudah menggelontorkan jutaan rupiah untuk perawatan wajah, tak berarti aura yang mempesona lantas terpancar dari dalam dirimu. Hal itulah yang menyebabkan kita bisa menilai kepribadian orang lain dalam sekilas karena aura yang dia keluarkan, akan membuat seseorang tertarik atau bahkan sebaliknya.

Lalu gimana caranya supaya kamu tak hanya berwajah cantik, tetapi juga dapat memancarkan aura yang positif sehingga bisa menyenangkan siapa saja yang bertemu dengan dirimu? Sehingga perawatan yang kamu lakukan pun tidak sia-sia.

Kebersihan Awal Kecantikan, Membersihkan Wajah secara Teratur dan Benar Akan Membantu Aura Wajahmu Terpancar

Wajah yang bersih menjadi cerminan diri dan kepribadianmu. Bersih bukan berarti harus berwajah putih, tetapi kalau kamu rajin merawat kebersihan wajahmu secara tidak langsung aura dirimu juga akan terpancar dari wajahmu. Lakukan kebiasaan membersihkan muka secara teratur agar tidak ada kotoran yang mengendap di wajahmu.

Pada saat bangun tidur di pagi hari, biasakanlah untuk membasuh wajah kamu dengan air hangat, sambil memberikan sedikit pijatan pada wajah dengan lembut. Mulailah dari pipi, hidung, dagu serta dahi secara lembut dengan gerakan memutar ke atas. Pastikan kamu rutin melakukannya sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ya!

Relaksasi Akan Membantu Meringankan Kerja Otot Tubuh dan Wajah, Sehingga Aura Wajahmu Juga Akan Bersinar

pexels-photo-12344

Otot yang tegang ternyata juga mempengaruhi raut wajahmu, jika terus dibiarkan maka kamu tak hanya kerutan wajah yang akan nampak di wajahmu, aura wajahmu juga tidak akan keluar. Untuk menghindari hal itu sebaiknya mulai sekarang lakukan meditasi secara berkala untuk mencegah keriput di wajah dan juga memancarkan aura wajahmu secara maksimal.

Kamu pun bisa melakukan cara lain dengan mengambil posisi  duduk. Cukup 5 menit saja lakukan hal itu sambil memenangkan hati, biasanya setelah itu kamu akan merasa pikiranmu lebih terbuka. Kemudian pijitlah wajah yang sudah bersih. Mulailah dari bagian pipi, hidung dan dagu, kemudian bergerak ke arah dahi. Setelah terasa lebih rileks, ambil kain yang sudah dibasahi dengan air panas kemudian taruh beberapa saat di wajah. Biarkan panasnya meresap. Bersihkan wajah sekali lagi untuk menyelesaikan langkah sederhana membuka aura wajah. Lakukan sekali seminggu saja sudah cukup.

Lakukan Olahraga Ringan dan Istirahat Cukup untuk Menjaga Aura maupun Kesehatan Tubuhmu 

running-runner-long-distance-fitness-40751

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga bisa membuat aura wajahmu keluar, selain itu kamu juga akan merasakan tubuh yang sehat. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat setiap harinya, pilih olahraga ringan yang dapat kamu lakukan di mana saja kamu berada. Lakukanlah minimal dua kali seminggu. Pilih olahraga yang dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat. Karena keringat yang keluar pada saat kamu berolahraga, merupakan racun yang tertimbun dalam tubuh. 

Hal yang perlu kamu perhatikan juga adalah tidur atau istirahat yang cukup. Waktu istirahat yang terbaik di malam hari. Karena pada saat kamu tidur di malam hati, kulit wajah akan meregenerasi, sel kulit lama beserta radikal bebasnya akan terlepas dan sel-sel kulit baru akan muncul. Kulit wajah akan mengalami proses pengencangan dan munculnya bintik bintik hitam beserta garis halusnya akan dihambat.

Pikiranmu Akan Mempengaruhi Auramu, Belajarlah Berpikir Positif agar Aura yang Terpancar Tak Negatif

pexels-photo-355988

Apa pun yang ada dipikiranmu akan terpancar melalui mata dan raut wajahmu. Hal itu tidak bisa kamu hindari, karena secara otomatis jika kamu dipenuhi pikiran negatif, maka aura dan raut wajahmu juga akan memancarkan hal tersebut.

Untuk menjaga aura yang terpancar tetap bagus, hindari sifat dan perbuatan yang mengandung aura negatif seperti marah, iri hati, bersedih yang berlarut-larut, melukai perasaan orang lain, dendam, cemberut dan hal-hal negatif lainnya. Usahakan bersikap baik dan ramah. Jangan lupa tersenyum pada saat bertemu orang lain. Karena aura positif akan mematikan aura negatif yang ada.

Kebiasaan yang Kamu Lakukan Akan Memancarkan Aura Positif dan Juga Manfaat Baik Lainnya

Beberapa Jenis Orang Ini Memang Seharusnya Kita Pertahankan Menjadi Sahabat Sampai Tua

Jika kamu sudah melakukan kebiasaan tersebut secara terus-menerus, maka aura baik pun akan didapatkan. Dengan begitu kamu akan memberikan kesan yang baik pula dengan orang-orang yang terhubung dengan dirimu.

Kamu juga akan memperoleh manfaat lain yang secara tidak langsung terpengaruh oleh kebiasaan baikmu itu, seperti meningkatkan rasa percaya diri, membuang semua energi negatif yang membuat wajah terlihat kusam dan kotor, membuka potensi diri yang tersembunyi, meningkatkan daya tarik dan pesona, memberikan ketenangan dalam jiwa, hingga hatimu pun jadi lebih damai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Tidak Hanya Menyengat, Ternyata ini 7 Manfaat bawang Putih yang Membuat Badan Sehat!

Coba kamu pikirkan, mengapa bawang merah aromanya tidak semenyengat bawang putih. Aroma yang menyengat namun khas itu ternyata disebabkan oleh kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang putih. Zat egallicin yang tidak terkandung di bawang putih menjadi pemicu mengapa bawang putih lebih menyengat jika dibandingkan dengan bawang merah.

Aroma menyengat yang timbul membuat si bawang putih tidak terlalu memiliki banyak penggemar, namun menjadi primadona dari bagian masakan. Tidak hanya membuat masakan menjadi lebih sedap, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang juga tak kalah mantap.

Cantik Tak Perlu Mahal, Bawang Putih Siap Membantumu.

Definisi cantik dari segi fisik identik dengan berat badan yang ideal, muka yang putih mulus tanpa noda. Secara tidak langsung hal tersebut menjadi dambaan sebagian besar wanita di dunia ini. Sayangnya untuk mendapatkan hasil tersebut tak jarang membuat wanita harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Tapi coba kamu bayangkan apabila ternyata perawatan agar terlihat cantik justru bisa kamu dapatkan dari bahan yang ada di dapur. Yaps, ternyata bawang putih memiliki manfaat sebagai kecantikan loh. Bawang putih bisa membantumu mengurangi peradangan pada saat jerawat, mengurangi berat badan, melindungi rambut dari ketombe dan rontok, sebagai anti aging, dan juga memperkuat kuku. Menurut riset zat allicin yang berjasa dalam hal tersebut.

Bawang Putih Obat Penyakit Kanker yang Secara Finansial Tidak Membuatmu ‘Kanker’

Pernahkah kamu mendengar atau bahkan melihat hidup seseorang berantakan setelah dokter memvonis dirinya mengindap sebuah penyakit kanker. Tidak hanya dari segi mental tetapi juga dari segi finansial. Biaya pengobatan yang cukup mahal dan juga penanganan yang tidak mudah membuat penyakit kanker menjadi penyakit yang paling menakutkan banyak orang terutama wanita. Karena menurut riset pengidap kanker terbanyak adalah wanita.

Tapi apa jadinya jika ternyata obat kanker tidak semahal yang dibayangkan, bahkan bisa jadi menjadi salah satu jenis bahan yang kamu gunakan dalam sehari-hari ketika membuat suatu hidangan. Dan si bawang putih ini yang memiliki kandungan anti kanker ini, meskipun belum bisa dipastikan berapa takaran yang tepat untuk menghilangkan sebuah kanker namun berbagai riset telah membuktikan bahwa zat yang ada di dalam bawang putih bisa menghancurkan sel kanker dan mengurangi resiko penyakit kanker bersarang di tubuh seseorang.

Berbeda dengan Sakit Hati, Sakit Gigi Bisa Kamu Sembuhkan dengan Bawang Putih

Pernah dengar lagu yang membandingkan dengan sakit gigi dan sakit hati? Mungkin terdengar lucu, tak hanya sakit hati ternyata sakit gigi juga cukup menganggu. Ketika kamu mengalami sakit gigi jangankan beraktifitas, mendengar suara gaduh sedikit saja sudah sukses membuat gigimu merasa semakin sakit.

Dan bawang putih bisa juga bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika kamu mengalami sakit gigi. Wah? kenapa yah? Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi kamu. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi kamu

Cegah Alzheimer Sedari  Dini dengan Bawang Putih

Istilah alzheimer mungkin tidak asing bagi sebagian orang. Apa yang kamu tau tentang alzheimer? Menurut istilah kedokteran alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri, ditemukan bahwa karbohidrat yang terdapat di dalam bawang putih dapat menjadi kunci untuk klasifikasi sebagai “makanan super”. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa bawang putih dapat menghambat kerusakan otak akibat stres. Tidak hanya untuk mencegah penuaan tapi juga bisa menjadi jurus ampuh untuk mencegah alzheimer dan parkinson.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Juga Menurunkan Kolesterol

Gaya hidup serta pola makan manusia saat ini sudah sangat berubah jika dibandingkan pada zaman lalu. Kecenderungan mengkonsumsi makanan cepat saji dan tidak diimbangi dengan olahraga serta pola hidup sehat. Membuat berbagai penyakit muncul di dalam tubuh.

Lagi-lagi si bawang putih dengan aroma menyengat ini memiliki manfaat lain yang tak kalah mencengangkan. Sebuah penelitian di Los Angeles Biomedical Research Institute di Harbor-UCLA Medical Center menemukan bahwa ekstrak bawang putih bisa mengurangi plak berbahaya di arteri dan diklaim dapat membantu mencegah penyakit jantung serta menurunkan kolesterol dari kandungan antioksidan yang juga terkandung dalam bawang putih.

Bawang Putih Sebagai Antivirus dan Antioksidan

Jika kamu termasuk orang dengan segudang aktivitas namun malas untuk mengkonsumsi vitamin, mungkin sekarang tidak perlu begitu risau dengan kesehatanmu. Karena dengan memakan hidangan yang memiliki kandungan bawang putih sudah bisa melengkapi berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan allicin,vitamin c, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi dan menghambat pengembangan bakteri, jamur dan juga virus yang ada di dalam tubuh.

Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Dari semua manfaat yang tersembunyi di dalam bawang putih, ini adalah beberapa kandungan yang ada pada bawang putih yang menjadi alasa mengapa bawang putih memiliki sejuta manfaat.

Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:

  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.

Hal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya. Jadi buat kamu yang ingin cantik dan juga sehat jangan ragu untuk menambahkan bawang putih dalam bahan masakanmu ya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top