Kesehatan & Me Time

Rutin Olahraga Membuat Proses Persalinan Jadi Lancar

Kehamilan jelas membuatmu malas bergerak! Bobot tubuhnya yang tadinya berasal dari diri sendiri, kini bertambah dengan adanya jabang bayi yang kelak menjadi buah hati. Tapi itu semua bukan alasan untuk berdiam diri, apa lagi jika ternyata sebelumnya kamu gemar olahraga. Kehamilan bukanlah masalah, kamu bisa tetap berolahraga.

Karena selain dipercaya mampu memperlancar persalinan, aktivitas olahraga saat hamil akan membantumu menjaga berat badan, mengembalikan mood yang hilang, hingga memberikan rasa nyaman.

Maka kali ini kami akan mencoba membantumu memilih olahraga manakah yang kiranya cocok untuk dilakoni saat hamil.

Sebelumnya Lakukan Konsultasi Ke Dokter Kandungan Terlebih Dahulu

pexels-photo-57529

Menurut beberapa pendapat dari para dokter kandungan, waktu terbaik untuk melakukan olahraga yang akan membantu proses persalinan adalah ketika usia kehamilan tengah memasuki trisemester ketiga atau saat janin sudah berusia 7 bulan.

Hal lain yang juga perlu kita perhatikan adalah jenis gerakan yang akan dilakukan. Kita bisa memilih gerakan-gerakan ringan yang terfokus pada pernafasan. Gerakan-gerakan tersebut akan membantu panggul terbuka dan mengoptimalkan posisi bayi yang nantinya akan memperlancar persalinan.

Rutin Berjalan Kaki Saat Pagi dan Sore Hari, Akan Memperlancar Simulasi Darah

rsz_omar-lopez-348376

Tak perlu jauh-jauh, kita bisa melakukannya di sekitaran rumah. Berjalan santai di sekitaran kompleks dengan durasi dan intensitas yang cukup. Sebab posisi berdiri yang tegak saat berjalan kaki, dapat membantu janin bergerak ke arah jalan lahir.

Hingga nanti ketika kepala janin telah bertransisi dan menekan serviks, tubuh kita akan mulai memproduksi oksitosin, sebuah hormon yang dipercaya bisa memicu kontraksi.

Kegiatan ini bisa kita lakukan setidaknya 30 menit dalam sehari di luar ruangan. Sinar matahari dan udara segar akan memberi energi pada diri.

Kamu Juga Bisa Berlatih Duduk, Sebab Cara Ini Dapat Mendorong Rahim Ke Depan

Senan

Ibu hamil sebaiknya tak duduk di kursi ayunan atau berbaring di sofa besar. Akan jauh lebih baik jika kita memilih duduk tegak dengan bagian punggung yang sedikit condong ke depan.

Kalau memang punya, kita juga bisa duduk diatas bola yoga. Dengan catatan bola dalam keadaan cukup ketat dan tinggi. Sehingga posisi pinggul berada lebih tinggi dari lutut kaki.

Kita juga bisa memilih duduk dengan bersila di atas karpet, konon cara ini dapat mendorong rahim ke depan, membentangkan kaki, dan membuka panggul lebih lebar. Pergerakan tubuh ini akan membantu memperkuat panggul sehingga melancarkan persalinan.

Bersandar dan Melengkungkan Punggung Jadi Alternatif Untuk Mengencangkan Otot-otot Perut

Duduk

Masih menggunaka bola yoga, memilih bersandar dengan mengangkat lengan dan bagian tubuh bagian depan di atas bola yoga dan cobalah untuk memutar saat punggung bergerak. Disaat bersamaan, ini akan membantu bagian tubuh bagian bawah untuk melancarkan persalinan normal.  Selain itu, kita juga boleh meniru salah satu gerakan kucing marah, yakni melengkungkan punggung. Hasilnya otot-otot perut akan lebih kencang dari biasanya, hingga mampu mengurangi rasa sakit saat persalinan nanti.

Ketika melakukan aktivitas ini, posisikan tubuhmu seperti hendak merangkak, dengan posisi jangan bergerak dan diam di tempat. Perhatikan pula lenganmu, pertahankan agar tetap selebar bahu dan jaga agar posisinya tetap lurus tanpa mengunci siku. Dan cobalah untuk membuka lutut selebar pinggul sembari menjaga agar kepalamu sejajar dengan punggung. Tarik nafas pelan-pelan dan tahan beberapa detik, ulangi gerakan hingga 3 hingga 5 kali.

Senam Kegel yang Bisa Dilakukan Di Mana Pun Akan Melatih Otot di Sekitar Rahim Kita

pregnant-nature-mom

Kegiatan fisik yang satu ini merupakan gerakan olahraga yang paling mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja. Caranya pun sederhana, kita hanya butuh mengkontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing. Tahan selama 3 hingga 10 detik.

Selain menguatkan otot-otot panggul dan memudahkan proses kelahiran, senam ini juga berfungsi untuk melatih otot di daerah lain seperti sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim, serta bermanfaat untuk mengurangi resiko ambeien dan mengencangkan vagina.

Jika Memang Suka, Kamu Juga Bisa Tetap Melakukan Yoga

pexels-photo-396133

Tak ada larangan khusus yang terlihat serius untuk melakukan olahraga meski sedang hamil. Kita bisa melakukan pre-natal yoga, sebuah program yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Yoga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran, melatih pernafasan dan relaksasi sehingga ibu hamil lebih siap untuk menghadapi proses persalinan. Apabila dilakukan secara rutin, yoga akan memberikan efek positif pada proses persalinan.

Dan tak hanya itu saja, yoga akan mengatasi stres yang sering dialami oleh ibu hamil. Dengan begitu kita akan tetap merasa tenang dan nyaman.

Imbangi Pula Semua Kegiatan Fisik yang Ada dengan Asupan Makanan dan Gizi Setara

pexels-photo-533360

Berhubung olahraga yang tadi sudah dijelaskan akan dilakukan pada usia kehamilan pada trisemester ketiga, kita juga tak boleh lupa untuk memenuhi kebutuhan dari dalam. Saat hamil kita akan membutuhkan lebih banyak nutrisi dari biasanya, begitu pula ketika nanti menyiapkan persalinan. Oleh sebab itu pemenuhan nutrisi dalam masa ini tidak boleh dikesampingkan.

Aturlah polanya sesuai yang dibutuhkan, dengan tetap memperhatikan rangkaian makanan apa yang memang sesuai. Karena saat hamil, kadang ada beberapa makanan yang mendadak tak bisa kita makan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Referensi Gaun Bernuansa Natal yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Bisa menemukan pakaian yang pas dan sesuai keinginan, kerap jadi tantangan. Apalagi untuk kamu yang sebentar lagi mau merayakan Natal nih. Pasti sedang bingung-bingungnya kan, mau pakai apa di perayaan hari besar.

Paham apa yang sedang kamu rasakan, kali ini Ruangperempuan, punya beberapa referensi model gaun yang bisa kamu jadikan pilihan. Jadi kamu tak perlu bingung lagi ya…

Mini Dress Merah dengan Pita di Tengah

Sumber : .pinterest.com

Natal selalu identik dengan warna merah, mengenakan gaun ini kamu akan selalu berhasil menyedot perhatian. Untuk kesan yang menyempurnakan penampilan, ambil sepatu coklat dan clutch senada milikmu.

Masih Berwarna Merah, Gaun Berbahan Brukat Pun Layak Dicoba

Sumber : https://danimarieblog.com

Kalau selama ini, gaun merahmu selalu berdekam di dalam lemari. Ini saatnya, kau membawanya keluar dan mengenakannya di momen Natal. Meriah dengan warnanya, gaun ini akan membuatmu terlihat seksi walau modelnya tidak terbuka.

Selanjutnya, Ada Gaun Warna Peach yang Akan Membuat Penampilanmu Kian Manis

Sumber : pinterest.com/amberlfillerup

Jauh dari kata cerah, namun gaun berwarna peach ini tak kalah cantiknya loh. Kamu hanya butuh mencari sepatu dan aksesoris lain yang senada, padukan dengan tatanan rambut yang sesuai. Natal kan jauh lebih mengesankan.

Hitam dengan Motif Bunga? Mau Mencoba?

Sumber : .pinterest.com

Selain untuk menghadiri acara berduka, warna hitam juga bisa dikenakan di hari-hari bahagia loh. Apalagi jika gaun hitamnya, disertai motif bunga seperti ini.

Untuk Kamu yang Tak Suka Ribet, Model Gaun Simpel Ini Bisa Jadi Jawaban

Sumber : pinterest.com

Tak mengusung model yang terlalu rumit. Gaun berwarna bata muda dengan motif bunga ini memberikan efek jenjang pada yang memakainya. Karena garis leher ‘V’ yang diaplakasikan. Jadi pas banget nih buat kamu yang kurang pede karena tak terlalu tinggi. Nah, kira-kir mau pilih model gaun yang mana nih?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Soal Memotong Poni Sendiri, Penata Rambut Asal Amerika Punya Tips-tipsnya

Memotong poni sendiri suka ditakutkan banyak perempuan. Ini karena kalau salah potong poni justru bisa membuat tampilan jadi tampak konyol. Rambut, kan, tidak tumbuh seperti semula dalam semalam. Bukan hanya kamu yang kesulitan memotong poni, Brooke Jordan, seorang stylist pun lebih memilih orang lain untuk memotong poninya.

“Untuk memotong poni yang bagus sesungguhnya membutuhkan banyak strategi dan teknik yang mempertimbangkan bentuk wajah, panjangnya, dan menciptakan movement, serta tekstur.” katanya. Tapi sebagai seorang penata rambut sekaligus pengarah gaya, Jordan punya tips untukmu yang memang lebih suka memotong poni sendiri tanpa harus ke salon.

Pertama, Atur dan Tengahkan Rambutmu dulu, Kawan

Hairstylist asal Amerika Serikat, Kirsten Patterson menyarankan untuk membawa semua rambut ke tengah supaya rambut yang paling dekat dengan garis rambutmu terarahkan ke tengah. Hal ini akan memudahkanmu membentuk poni yang diinginkan.

Basahkan Rambut Agar Memudahkanmu Memotong Poni dan Perhatikan Panjang Poni yang Dikehendaki

Basahi rambut saat hendak memotong poni, Brooke Jordan, seorang stylist asal Brooklyn, New York mengatakan dengan trik ini akan memudahkanmu untuk melihat garis rambut.

Baru kemudian perhatikan panjang rambutmu. Pastikan kamu sudah memiliki standar atau patokan tertentu soal panjang poni yang kamu kehendaki sehingga kamu tak ragu saat mulai memotong poni.

Memotong Poni pun Perlu Memikirkan Angle yang Tepat, Kawan

Patterson melanjutkan, urusan angle pun jangan sampai lalai. Ia menyarankan untuk memotong rambut secara paralel alias secara vertikal dengan sedikit kemiringan.

Menurutnya, ini akan membuat garisnya tetap lembut dan tidak kasar. Selanjutnya, kalau poni sudah terpotong, lakukan proses blow dry sehingga kamu bisa mengetahui apakan bentuk dan panjang poni sudah sesuai keinginanmu atau belum. Atau, trik lainnya, kamu bisa coba melilit rambutmu terlebih dahulu sebelum dipotong. 

“Lilit rambutmu sebelum dipotong,” rekomendasi Jordan. “Kamu akan mendapatkan ujung rambut yang bagus dan membulat.”

“Sebagai sentuhan akhir, gunting poni dengan ringan secara vertikal untuk menambahkan tekstur,” kata Jordan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Hati-hati, Kita yang Gajinya Pas-pasan Jangan Sampai Hobi Terlihat Kaya Tapi Bohongan

Sukses dan kaya, dua kata yang pasti didambakan banyak perempuan. Karier sukses akhirnya mengantarkan kita punya masa depan cemerlang. Tapi jangan sampai keinginan itu membuat kita jadi hilang arah dan membuat kita sukar berpikir rasional.

Banyak lho yang memilih pura-pura kaya padahal gaji masih pas-pasan. Mulai dari memasang foto di media sosial dengan foto kekinian namun hanya rekaan, hingga bertingkah hidup penuh kemewahan padahal sebenarnya hidup pas-pasan.

Hati-hati, kalau kebiasaan buruk ini terus dilanjutkan, nanti kita malah bisa dapat masalah-masalah baru. Ini misalnya

Kamu Berpotensi Merusak Nama Baikmu Sendiri

Bagaimanapun, nama baik harus tetap kamu jaga, kan? Kalau kita terus memakai topeng, nanti begitu ketahuan wajah aslinya, nama baik kita bisa hancur sendiri.

Hidup ini jalanilah apa adanya, bukan ada apanya. Tak perlu sampai membuat banyak kepalsuan karena nanti malah bisa berbalik menghancurkan nama baik kita sendiri, kawan.

Membuat Hidupmu Tak Sejahtera dan Hanya Menambah Stress hingga Tekanan Batin

Kamu tau kan, pada dasarnya manusia tak akan pernah merasa puas. Sekali membuat sebuah kebohongan, kita akan terus terdorong untuk membuat kebohongan-kebohongan baru.

Lama kelamaan hal ini akan membuat kita stres sendiri. Akan ada tekanan batin yang membuat kita jadi sulit menerima diri kita apa adanya.

Rasa Percaya Dirimu Kian Menurun

Karena tuntutan pergaulan dan terlanjur terjun dengan gaya hidup yang tak sesuai pemasukan, kita cuma akan makin merasa insecure. Rasa percaya diri pun akan menurun.

Tak ada lagi kepercayaan diri yang bisa membuat kita tenang. Setiap hari rasanya akan dihantui perasaan tidak nyaman. Lama kelamaan, kita jadi membenci diri sendiri.

Bahkan Bisa Membuatmu Terjebak dalam Lilitan Hutang Lho Kawan

Demi memenuhi keinginan untuk memiliki gaya hidup mewah, kita sampai rela berutang sana-sini. Padahal gaji pas-pasan, tapi kita malah gali lubang tutup lubang. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, nantinya kita bakal terjebak dalam lilitan utang yang bakal makin susah kita tangani.

Di penghujung tahun, apa kamu tetap mau berlaku demikian? Saatnya untuk lebih berhati-hati dalam menempatkan diri, ya. Tak perlu hidup di zona yang bukan zonamu sendiri.

Bukankah berlagak sok kaya bila itu malah akan menyusahkanmu? Kini kita perlu lebih berani jadi diri sendiri, jujur terhadap diri sendiri juga orang-orang di sekitar kita.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top