Kesehatan & Me Time

Rasa Lapar Datang Tengah Malam? Atasi dengan Cara Ini agar Badanmu Tak Melebar

Rasa lapar merupakan upaya tubuh menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Hal ini tentu dapat terjadi kapan pun, bahkan pada malam hari sekalipun, waktu di mana tubuh beristirahat dan memerlukan nutrisi untuk proses pemulihan setelah beraktivitas. Meskipun demikian, makan berlebihan di malam hari dapat mengganggu waktu tidur hingga memicu kegemukan.

Mungkin beberapa pendapat menyatakan bahwa jika tidak ingin mengalami kegemukan maka sebisa mungkin harus bisa menghindari makan di malam hari. Namun apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba lapar justru datang ketika tengah malam? Karena rasa lapar juga akan mengganggu kualitas tidur kita.

Rasa Lapar Merupakan Bagian Kerja Otak, Sebelum Makan Kenali Dulu, Apakah Kamu Benar-benar Lapar?

Rasa lapar biasa timbul disaat lambung kita kosong dan membutuhkan asupan nutrisi untuk tubuh, hal ini disebut lapar secara biologis. Artinya, memang pada saat itu tubuh kita benar-benar membutuhkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi tahukah kamu jika ternyata rasa lapar itu ada berbagai jenis, dan biasanya banyak faktor yang mempengaruhi rasa lapar tersebut.

Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa lapar kita. Bisa jadi rasa lapar timbul saat kita melihat suatu makanan, sehingga ada hasrat dalam pikiran yang membuat kita juga ingin memasukkan suatu makanan ke dalam mulut. Ataupun faktor kebiasaan yang sering kita lakukan, seperti ngemil setiap beberapa jam.

Jika hal itu terjadi pada kamu pada saat tengah malam, tandanya kamu tidak perlu makan sesuatu. Kamu hanya perlu minum air putih untuk menghilangkan hasrat lapar kamu. Karena biasanya ketika kita sudah memasukkan sesuatu ke mulut, hasrat lapar itu akan hilang.

Karena Apa yang Kamu Makan itu Berpengaruh atas Rasa Laparmu, maka Saatnya Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan di malam hari tidak hanya berdampak kepada perubahan fisik yang menjadi gemuk, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan organ tubuhmu terutama hati. Jadi kamu harus sebisa mungkin mengurangi kebiasaan makan di malam hari dengan mengatur pola makan di pagi dan siang hari.

Hal ini dapat dimulai saat sarapan ganti asupan makan yang bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori dengan karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian saat makan siang selingi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang yang lebih lama seperti serat dan protein. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan junk food untuk menghindari penimbunan lemak jahat berlebih.

Minum Air Putih pun Bisa Menghilangkan Rasa Laparmu

Jika memang ternyata kamu benar-benar lapar dan cukup mengganggu proses tidurmu, jangan langsung memutuskan untuk makan makanan berat seperti nasi beserta lauk. Ada alternatif lain yang bisa kamu pilih sebagai penghilang rasa laparmu.

Minum satu atau dua gelas air putih. Rasa haus bisa mirip dengan rasa lapar. Bisa  jadi rasa lapar yang di rasakan tengah malam itu adalah rasa haus. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan sesuatu seperti camilan atau makanan berat lainnya, cobalah untuk minum setidaknya satu gelas air putih (bisa juga ditambah dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon) dan tunggu hingga 10 menit, biasanya setelah 10 menit, rasa lapar akan hilang.

Bisa Juga Kamu Minum Susu Hangat atau Camilan Sehat ini

Minum segelas susu hangat. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalam susu yang di minum. Selain vitamin D dan kalsium yang bisa menguatkan tulang, susu yang rendah kalori dan lemak juga mengandung asam amino yang membantu kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jika kamu tidak punya alergi terhadap kacang, bisa mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan serat. Kacang tanah juga membantu melancarkan gula darah dan meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Popcorn juga bisa kamu pilih, Meski begitu sebaiknya tidak ditambah dengan garam, mentega, atau gula berlebih, popcorn bisa menjadi pengganjal perut yang tepat ketika merasa lapar di tengah malam.

Atau makan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Beberapa alternatif atau pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain oatmeal, sereal, atau roti gandum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Ancaman Obesitas Mengintaimu Lewat Hal-hal Sederhana yang Masih Kamu Lakukan Setiap Hari

Ingin berat badan berkurang ternyata bukan perkara gampang. Walau sudah melakoni beragam diet diiringi olahraga teratur, lho tapi berat badan justru bertambah. Kesal sudah pasti, bingung apalagi.

Begini penjelasannya, ternyata selain diet dan olahraga teratur, ada lho berbagai aktivitas yang secara tak sadar kamu lakukan bisa jadi ancaman tersembunyi saat kamu sedang berfokus menurunkan berat badan.

Daripada terus-terusan pusing, coba cek dulu yuk ancaman apa saja yang rentan kamu temui sehari-hari…

Sering Begadang dan Akhirnya Kurang Tidur Pun Bisa Jadi Salah Satu Pemicunya

Yep, kurang tidur bisa jadi salah satu pemicu naiknya berat badan inih kawan. Ini karena kalau kamu kurang  tidur, dalam tubuhmu akan terjadi perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68 ribu perempuan selama 16 tahun. Mereka menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko lebih tinggi untuk bertambah berat badan daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Kurang Gerak dan Duduk Terlalu Lama di Kantor Bisa Jadi Ancaman Berat Badanmu Bertambah

Seringkali pekerjaan menuntutmu untuk duduk hampir seharian kan, kawan. Akibatnya, kita jadi kurang membakar kalori. Padahal menurut jurnal penelitian Plos One, kebiasaan ini kurang baik untuk tubuh karena memicu obesitas.

Nah, supaya kamu tak khawatir lagi dengan ancaman obesitas karena duduk terlalu lama di kantor, lebih baik sempatkan waktu untuk bangkit dari tempat duduk di kantor. Hanya dua menit setiap jam pun cukup.

Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Pun Jadi Pemicunya, Kawan

Sekarang ini orang maunya apa-apa serba cepat. Termasuk urusan makan. Padahal, makan terlalu cepat pun tak baik untuk kesehatan.

Yep, makan dengan cepat justru rentan membuatmu  bertambah gemuk. Bahkan sebuah studi menunjukkuan bahwa  Studi menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan nih kawan…

Asupan Air Putih Jangan Sampai Kurang ya Kawan…

Tidak cukup minum air bisa membuatmu haus, kan? Menariknya, kadang rasa rasa haus bisa disalahartikan sebagai tanda kelaparan atau mengidam makanan tertentu oleh tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang minum dua gelas air tepat sebelum sarapan makan 22% lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air.

Hati-hati, Salah Satu Pemicunya Yaitu Terbiasa Makan di Depan Meja Kantor Sembari Bekerja


Kamu mungkin berpikir makan di meja kantor bisa bermanfaat untuk mempercepat pekerjaan atau sekalian multitasking. Kenyataannya, makan siang di meja kantor ternyata bisa memicu obesitas.

Menurut penelitian tahun 2013 di American Journal of Clinical Nutrition, sekitar 62% pekerja profesional Amerika makan di atas meja kerja dimana kemudian didapati bahwa mereka akhirnya mengonsumsi 50%  lebih banyak kalori dibanding batas normal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Urusan Kosmetik, Perhatikan Cara Pakai, Tak Semua Benda Aman Dipakai Setiap Hari

Bagi perempuan, menemukan produk kecantikan yang tepat jadi sebuah tantangan tersendiri. Butuh upaya lebih demi menemukan produk yang tepat. Tak heran, saat menemukan yang tepat, pasti rasanya mau menggunakannya setiap hari demi hasil maksimal.

Tapi alih-alih mendapatkan kulit yang semakin berseri, yang terjadi justru iritasi. Ini karena sejatinya tak semua produk harus dipakai setiap hari. Ahli make up dari sejumlah salon kecantikan terkenal di Amerika Serikat mengatakan, beberapa produk  ini lebih baik jangan digunakan secara rutin setiap hari.

Varian Dry Shampoo

Tak punya waktu untuk keramas biasanya jadi alasan perempuan langsung memilih dry shampoo sebagai solusi. Padahal, menurut seorang stylist Leanne Citrone, penggunaan dry shampoo yang berlebihan atau terlalu sering justru bisa merusak rambut. Karenanya, lebih baik keramas secara teratur dibanding merusak rambut karena penggunaan dry shampoo yang berlebihan.

Kurangi Juga Pemakaian Conditioner yang Berlebihan

Produk conditioner memang dapat melembabkan rambut yang kering. Kamu perlu menggunakan produk yang satu ini demi menjaga kesehatan rambut. Tapi satu yang perlu diperhatikan, yaitu cobalah untuk mengikuti rekomendasi yang tertera pada kemasan.

Conditioner baik digunakan satu sampai dua kali seminggu. Menggunakannya setiap hari malah akan membuat rambut semakin kering dan lama-kelamaan menimbulkan kerusakan.

Ternyata Lip Balm Pun Tak Dianjurkan Digunakan Setiap Hari

Setiap kali seorang perempuan merasa bibirnya kering, kemungkinan besar ia mencari pelembab bibir alias lip balm. Rasa segar dan dingin yang dihadirkan lip balm adalah penyelamat bibir kering yang kerap jadi masalah menjengkelkan.

Seorang dematologis bernama Annie Chiu, M.D berpendapat bahwa menggunakan lip balm berlebihan dapat membuat masalah bibir kering semakin parah.

Jangan Memakai Primer Make up Setiap Hari ya Kawan

Primer make up merupakan solusi yang tepat untuk membuat wajah terlihat mulus dalam jangka waktu lama. Tapi, ternyata bahan dari produk kecantikan ini tak bersahabat dengan kulit wajah. Kandungan silikon di dalamnya dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, jika digunakan setiap hari.

Juga dengan Waterproof mascara

Make up artist Jamie Greenberg menyarankan para wanita agar tidak menggunakan waterproof mascara setiap hari. Alasannya, produk kecantikan ini cenderung mengeringkan bulu mata.

Tak usah malu dengan bulu mata alami yang kurang lentik. Sekalipun kondisinya demikian, jauh lebih sehat dibanding kamu setiap hari memakai maskara waterproof.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Bukan Hanya Membuat Tubuhmu Harum, Kamu Wajib Tahu Manfaat Lain Dari Sebotol Parfum

Parfum dan deodoran sangat populer. Tak hanya membantu kita melawan bau badan yang tak sedap dan menggangu, tapi ternyata juga bisa mendorong seseorang agar jadi lebih bersemangat lho.

Apalagi jika aromanya menyenangkan dan cocok untukmu misalnya, pasti kamu senang kan menyemprotkan parfum ke tubuh? Tapi selain itu, ternyata parfum memiliki beberapa manfaat lain yang memang positif.

Coba ingat lagi sebotol parfum milikmu, kira-kira bisa membawa manfaat apa saja ya?

Meningkatkan Suasana Hati Seseorang Sehingga Moodnya Jadi Terjaga

Yup, memakai parfum dipercaya bisa meningkatkan suasana hati. Parfum bisa membantu mendorong semangat seseorang yang mungkin sempat lesu. Selain itu, kamu pun bisa memakai parfum yang mencerminkan suasana hatimu hari ini.

Parfum menawarkan berbagai jenis aroma untuk suasana hati yang berbeda. Kamu pun bisa mengoleksi parfum lebih dari satu aroma. Ada lho orang yang sengaja berganti parfum setiap hari demi mendapatkan mood yang tepat karenanya.

Meningkatkan Percaya Dirimu Juga Lho Kawan

Sama seperti gaun nan indah, parfum dengan aroma yang tepat pun bisa meningkatkan rasa percaya dirimu dan memastikan kalau kamu bisa melakoni aktivitas sepanjang hari tanpa harus khawatir soal bau badan.

Semerbak aroma parfum yang kamu pilih pun bisa jadi identitasmu. Orang bisa mengingat tentangmu hanya karena mereka terbiasa mengenali aroma parfummu yang khas. Karenanya, pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian dan yang terpenting dapat meningkatkan semangatmu ya kawan

Kamu Jadi Terlihat Lebih Menarik dengan Pilihan Aroma Parfum yang Tepat

Indera penciuman adalah salah satu yang paling penting dari panca indra. Terkadang, kita hanya bisa tertarik pada seseorang hanya karena bagaimana aroma badan mereka tercium. Parfum kaya akan feromon dan dapat membuat kita menjadi menarik bagi orang lain.

Tapi Hati-hati Juga, Kalau Kamu Belum Move On, Tak Sengaja Mengingat Aroma Parfum Mantan Sewaktu-waktu Bisa Terjadi

Parfum juga bisa menjadi pemicu penting dari memori bahagia. Sekalipun memori tersebut tercipta saat masih bersama mantan. Ini terjadi karena kita sering dan cenderung mengaitkan beberapa orang dengan aroma parfum tertentu.

Karenanya, saat jalan ke suatu tempat, tak sengaja kamu mencium aroma parfum seseorang yang menurutmu tak asing. Indera penciumanmu akan dengan cepat mampu mengingatkanmu serta menghidupkan kembali moment-moment saat kamu bersama dengan orang tersebut.

Parfum Pun Ada untuk Menangani Insomnia Lho Kawan

Salah satu efek terapi parfum adalah membantumu agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Parfum yang mengandung minyak esensial, dapat membantumu agar dapat bisa lebih bersantai dan menikmati tidur yang tenang di malam hari

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top