Kesehatan & Me Time

Rasa Lapar Datang Tengah Malam? Atasi dengan Cara Ini agar Badanmu Tak Melebar

Rasa lapar merupakan upaya tubuh menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Hal ini tentu dapat terjadi kapan pun, bahkan pada malam hari sekalipun, waktu di mana tubuh beristirahat dan memerlukan nutrisi untuk proses pemulihan setelah beraktivitas. Meskipun demikian, makan berlebihan di malam hari dapat mengganggu waktu tidur hingga memicu kegemukan.

Mungkin beberapa pendapat menyatakan bahwa jika tidak ingin mengalami kegemukan maka sebisa mungkin harus bisa menghindari makan di malam hari. Namun apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba lapar justru datang ketika tengah malam? Karena rasa lapar juga akan mengganggu kualitas tidur kita.

Rasa Lapar Merupakan Bagian Kerja Otak, Sebelum Makan Kenali Dulu, Apakah Kamu Benar-benar Lapar?

Rasa lapar biasa timbul disaat lambung kita kosong dan membutuhkan asupan nutrisi untuk tubuh, hal ini disebut lapar secara biologis. Artinya, memang pada saat itu tubuh kita benar-benar membutuhkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi tahukah kamu jika ternyata rasa lapar itu ada berbagai jenis, dan biasanya banyak faktor yang mempengaruhi rasa lapar tersebut.

Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa lapar kita. Bisa jadi rasa lapar timbul saat kita melihat suatu makanan, sehingga ada hasrat dalam pikiran yang membuat kita juga ingin memasukkan suatu makanan ke dalam mulut. Ataupun faktor kebiasaan yang sering kita lakukan, seperti ngemil setiap beberapa jam.

Jika hal itu terjadi pada kamu pada saat tengah malam, tandanya kamu tidak perlu makan sesuatu. Kamu hanya perlu minum air putih untuk menghilangkan hasrat lapar kamu. Karena biasanya ketika kita sudah memasukkan sesuatu ke mulut, hasrat lapar itu akan hilang.

Karena Apa yang Kamu Makan itu Berpengaruh atas Rasa Laparmu, maka Saatnya Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan di malam hari tidak hanya berdampak kepada perubahan fisik yang menjadi gemuk, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan organ tubuhmu terutama hati. Jadi kamu harus sebisa mungkin mengurangi kebiasaan makan di malam hari dengan mengatur pola makan di pagi dan siang hari.

Hal ini dapat dimulai saat sarapan ganti asupan makan yang bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori dengan karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian saat makan siang selingi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang yang lebih lama seperti serat dan protein. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan junk food untuk menghindari penimbunan lemak jahat berlebih.

Minum Air Putih pun Bisa Menghilangkan Rasa Laparmu

Jika memang ternyata kamu benar-benar lapar dan cukup mengganggu proses tidurmu, jangan langsung memutuskan untuk makan makanan berat seperti nasi beserta lauk. Ada alternatif lain yang bisa kamu pilih sebagai penghilang rasa laparmu.

Minum satu atau dua gelas air putih. Rasa haus bisa mirip dengan rasa lapar. Bisa  jadi rasa lapar yang di rasakan tengah malam itu adalah rasa haus. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan sesuatu seperti camilan atau makanan berat lainnya, cobalah untuk minum setidaknya satu gelas air putih (bisa juga ditambah dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon) dan tunggu hingga 10 menit, biasanya setelah 10 menit, rasa lapar akan hilang.

Bisa Juga Kamu Minum Susu Hangat atau Camilan Sehat ini

Minum segelas susu hangat. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalam susu yang di minum. Selain vitamin D dan kalsium yang bisa menguatkan tulang, susu yang rendah kalori dan lemak juga mengandung asam amino yang membantu kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jika kamu tidak punya alergi terhadap kacang, bisa mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan serat. Kacang tanah juga membantu melancarkan gula darah dan meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Popcorn juga bisa kamu pilih, Meski begitu sebaiknya tidak ditambah dengan garam, mentega, atau gula berlebih, popcorn bisa menjadi pengganjal perut yang tepat ketika merasa lapar di tengah malam.

Atau makan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Beberapa alternatif atau pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain oatmeal, sereal, atau roti gandum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Tak Usah Khawatir Berlebihan Jika Siklus Menstruasi Berantakan Saat Liburan

Untuk perempuan, yang namanya berlibur kalau bisa jangan berbarengan dengan masa datang bulan. Bukan apa-apa, kadang rencana yang sudah dibuat, justru tak bisa dieksekusi, bahkan liburan pun jadi kurang nyaman kalau melakukannya berbarengan dengan momen haid.

Yang lebih rumit lagi, ada lho yang merasakan, setiap kali periode liburan atau jelang liburan, periode datang bulan seringkali jadi kacau dan tak menentu dan bahkan mungkin terlambat parah. Bahkan membuat periode PMS jadi lebih panjang dan mengkhawatirkan. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Pakar seks Emma McGowan mengungkapkap, sejatinya menstruasi dikendalikan oleh serangkaian pelepasan hormon yang rumit. Ketika semua hal di dalam tubuh berjalan seperti biasa dengan rutinitas yang biasa, maka proses hormonal juga akan berjalan seperti biasa, antara 28-30 hari.

Namun, saat bepergian, biasanya siklus tidur atau bangun tidur seseorang alias ritme sirkadian juga ikut berubah. Kondisi tak biasa inilah yang akhirnya membuat kondisi siklus hormonal seseorang pun akhirnya ikut berubah.

Ritme sirkadian sendiri memang membantu menjaga hormon tetap seimbang, baik dalam jumlah produksi ataupun lainnya. Ketika ritme tersebut terganggu oleh perjalanan liburan, khususnya ketika pergi ke luar negeri, harus menghadapi perubahan zona waktu, sulit tidur di pesawat, hingga jet lag, maka siklus menstruasi pun rentan berubah.

Hanya saja, kondisi ini tak akan berlangsung selamanya. Kondisi ini hanya terjadi selama beberapa saat sampai ‘kehidupanmu’ normal kembali.  Dari sekian banyak cara, McGowan mengungkapkan bahwa memperbaiki pola tidur dan makan yang teratur saat bepergian bisa membuat tubuh kembali pada jadwal normal.

Mungkin Salah Satu Pemicunya Karena Kamu Sedang Stress

Beban pikiran yang berat ternyata ikut memengaruhi siklus menstruasi. Ketika kamu sedang dalam keadaan stres atau depresi, hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus haid ikut terpengaruh. Sehingga, saat stres, hormon pengatur jadi tidak seimbang dan haid pun jadi tidak teratur.

Gaya Hidup Kurang Sehat yang Tak Kunjung Kamu Tinggalkan

Merokok dan sering mengonsumsi alkohol ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga dapat mengacaukan siklus haidmu lho. Ini karena gaya hidup tersebut bisa memengaruhi kesehatan sehingga siklus haid juga bisa tidak stabil.

Karena gaya hidupmu yang kurang sehat, tubuhmu pun akhirnya memberi sinyal. Tak menutup kemungkinan kalau siklus haid yang tidak teratur bisa jadi pertanda jika kamu mengidap penyakit yang serius.

Salah satunya adalah ovarium polikistik, dimana hal ini ditandai dengan timbulnya kista kecil dalam indung telur yang  menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Olahraga yang Berlebihan Juga Bisa Jadi Alasan Pasti Periode Haidmu Jadi Berantakan

Olahraga memang wajib dan baik untuk dilakukan, tapi tidak jika dilakukan berlebihan. Saat melakukannya secara berlebihan, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang berlawanan dengan hormon reproduksi yaitu estrogen dan progesteron.

Ketidakteraturan Menstruasi Bisa Juga Karena Adanya Kenaikan Berat Badan dan Melakoni Liburan saat Menstruasi

Naik atau turunnya berat badan secara drastis juga jadi penyebab siklus haid yang tidak teratur. Biasanya, siklus yang tidak teratur terjadi pada orang yang mengalami gangguan pola makan. Ini merupakan penyebab utama siklus haid yang tidak teratur.

Ketidakseimbangan hormon pun bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan atau stres. Ketika terjadi gangguan pada hormon di dalam tubuh, maka siklus haid pun ikut terganggu.

Bahkan untuk yang Sedang Melakoni Sistem KB, Alat Kontrasepsi pun Berpengaruh pada Siklus Haid

Penggunaan pil kontrasepsi dalam dosis rendah memang tidak terlalu memengaruhi siklus haid. Tapi, alat kontrasepsi seperti spiral dan suntik KB bisa menyebabkan seseorang telat mendapatkan haid.

Bahkan alat seperti spiral bisa juga menyebabkan darah keluar lebih banyak dari biasanya saat haid.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Luka Operasi Caesar Bisa Cepat Pulih dengan Cara Ini

Operasi C-Section atau lebih akrab disebut operasi caesar dikenal sebagai salah satu metode persalinan yang cukup populer selain secara normal. Persalinan dengan metode ini memang tak perlu menghabiskan banyak waktu, hanya saja waktu pemulihan luka yang justru butuh waktu lebih lama.

Nah, untukmu yang baru atau ada rencana melakoni operasi Caesar, tak usah dibawa khawatir ya, sebab sekalipun dianggap lama, ada lho beberapa cara yang diketahui bisa mempercepat pemulihan luka C-section.

Bersabarlah dan Jangan Lakukan Aktivitas Berat sampai Enam Minggu ke Depan ya

Perempuan yang sudah melahirkan bukan berarti ia bebas melakukan apapun. Saat berhasil melewati proses operasi C-section, perempuan sejatinya harus bersabar dan menunggu sampai dokter membolehkanmu bebas beraktivitas.

Untuk itu, kalau kamu pun mengalami situasi yang serupa, sebaiknya tahan dulu hasratmu menurunkan berat badan dengan nge-gym, lari, atau olahraga berat lainnya. Tahan juga hasrat membersihkan rumah yang berantakan pasca ditinggal bersalin.

Biasanya dokter tetap menyarankan untuk bergerak tapi tak boleh terlalu banyak gerak. Tunggulah sampai enam minggu. Ini karena proses pemulihan yang sempurna butuh waktu selama itu. Intinya, kesabaran adalah kunci percepatan pemulihan operasi C-section yang kamu lakoni.

Pastikan Asupan Nutrisimu Terpenuhi ya Setiap Harinya

Penuhi makananmu dengan buah dan sayur kaya serat untuk mengurangi efek sembelit pasca C-section. Ya, operasi caesar memang bisa memicu sembelit. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan usus yang disebut ileus.

Sembelit pun disertai nyeri meradang pada luka C-section. Demi mengatasi hal ini, siasati dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin ya. Tegang pada usus akan berkurang jika kamu semakin banyak dan rutin mengonsumsi serat.

Jika Masih Tak Berselera Makan, Coba Atasi dengan Mengunyah Permen Karet

Jika masih tak berselera makan buah dan sayur, cobalah mengunyah permen karet untuk mengatasi sembelit.

Penelitian dari Thomas Jefferson University Hospital, Philadelphia, Amerika Serikat mengemukakan jika mengunyah permen karet dapat mengatasi susah buang air besar pasca melahirkan. Kegiatan mengunyah ini sejatinya sedang memanipulasi kerja tubuh seolah-olah kamu sedang benar-benar makan.

Jangan Mengangkat Barang Berat karena Bahaya Lho untuk Perutmu

 

Mengangkat barang berat hanya akan menimbulkan tekanan pada perut, ini berbahaya apalagi jika jahitanmu belum sempurna. Saat seseorang melakukan kegiatan yang memberi tekanan pada perut seperti angkat barang berat, dinding abdomen turut tertekan.

Tekanan yang terlalu tinggi dan terus menerus bisa membuat dinding abdomen melemah sekaligus membahayakan ususmu. Karenanya, mengangkat beban berat pun juga dilaranng.

Kalau kamu menyepelekan anjuran ini, bisa jadi efek samping yang mungkin terjadi adalah meregangnya jahitan, lalu robek, dan terjadi infeksi. Kalau kamu mau mengangkat barang, angkatlah barang yang ringan dan sedikit atau minta bantuan suami.

Konsumsilah Obat Penghilang Rasa Sakit yang Memang Disarankan oleh Dokter

Untuk perempuan yang baru melahirkan, tak perlu takut minum obat pereda rasa sakit untuk luka C-section. Bagaimanapun, dokter tahu mana yang aman untukmu dan buah hati, jadi tak perlu takut jika kandungan pada obat mempengaruhi kualitas ASI yang akan diminum si bayi. Dokter pasti memberikan resep yang tak berlebihan pula.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Sulap Kamarmu dengan Dekorasi A la Tumbrl Melalui 5 Tips Ini

Semua perempuan pasti sangat suka punya kamar yang nyaman nan bersih, serta enak dipandang mata. Tapi sayangnya, kadang-kadang kita bingung bagaimana cara untuk menatanya. Eits tunggu dulu, bukannya sekarang sudah ada design kamar a la tumbrl yang jadi tolak ukur kamar impian?

Tak selalu perlu barang-barang mewah seperti dalam bayanganmu, kamar minimalis yang mungil pun sebenarnya bisa kamu sulap jadi ruangan manis seperti yang kamu suka. Tak percaya? begini tipsnya!

1. Mulai dengan Mengubah Cat Tembok Kamarmu dengan Warna Soft

Sumber : pinterest.com

Kalau kamu masih bingung untuk menentukan warna soft macam apa yang akan dipilih. Cobalah berselancar sebentar pada laman pinterest.com. Disana kamu bisa menemukan ragam warna tembok soft yang sesuai dengan karaktermu.

Yap, mulai dari warna biru, putih creamsoft pink, atau pun soft grey selalu jadi primadona. Pemilihan warna soft seperti ini, selain menyejukkan. Juga dipercaya memberi kesan nyaman yang berbeda loh. Jadi jangan heran kalau kamu bisa betah berlama-lama di dalam kamar.

2. Mau Nuansa yang Agak Berantakan? Juga Boleh Kok…

Sumber : pinterest.com

Faktanya, tak semua perempuan suka dengan kesan tertata rapih yang diatur sedemikian rupa. Beberapa orang justru suka kalau suasana kamarnya, terkesan sedikit berantakan. Tapi bukan berarti secara keseluruhan ya, ini cukup di kasur saja. Maka, kamu boleh kok memilih Messy Bed untuk menghiasi kamarmu.

3. Letakkan Lampu Gantung di Beberapa Sisi Tembok

Sumber : pinterest.com

Selalu ada yang kurang memang, jika kamar tanpa lampu tidur yang bisa membuat mata lebih mudah terpejam. Karena dekorasinya memang mengusung tema a la tumbrl, kamu bisa memmilih berbagai jenis lampu menggantung untuk dipakai di kamarmu.

Jenisnya pun beragam, mulai dari lampu hias yang biasa dipakai untuk pohon natal, dan beberapa jenis lampu lain yang bentuknya sama.

4. Sematkan Beberapa Cetakan Foto Berisi Potret Diri atau Orang-orang yang Dicintai

Sumber : pinterest.com

Selanjutnya, hal lain yang masih dirasa kurang tentu saja beberapa potret diri yang akan menghiasi dinding kamar setiap hari. Ambil foto-foto kesukaan yang memang ingin kamu pajang, susun dan sematkan secara beraturan.

Untuk kesan yang lebih tertata, kamu bisa menempelkan beberapa foto dengan menggunakan pola. Entah itu membentuk simbol ‘Love’ atau huruf, dan angka. Terserah dirimu saja.

5. Atur Udara yang Masuk ke Dalam Ruangan Sesuai Kebutuhan

Sumber : pinterest.com

Nah, setelah semua langkah tadi selesai. Hal lain yang tak kalah penting adalah memerhatikan sumber udara yang akan masuk ke dalam ruang kamarmu.

Kalau kamu tinggal ngekos. sebisa mungkin pilihlah kamar yang memang punya ventilasi udara yang baik. Kalau bisa yang ada jendelanya. Jadi, kamu bisa membukanya jika sedang merasa terlalu pengap. Selain itu, jangan lupa tempatkan pendingin udara atau kipas angin ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top