Kesehatan & Me Time

Rasa Lapar Datang Tengah Malam? Atasi dengan Cara Ini agar Badanmu Tak Melebar

Rasa lapar merupakan upaya tubuh menyeimbangkan energi untuk berbagai fungsi metabolisme. Hal ini tentu dapat terjadi kapan pun, bahkan pada malam hari sekalipun, waktu di mana tubuh beristirahat dan memerlukan nutrisi untuk proses pemulihan setelah beraktivitas. Meskipun demikian, makan berlebihan di malam hari dapat mengganggu waktu tidur hingga memicu kegemukan.

Mungkin beberapa pendapat menyatakan bahwa jika tidak ingin mengalami kegemukan maka sebisa mungkin harus bisa menghindari makan di malam hari. Namun apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba lapar justru datang ketika tengah malam? Karena rasa lapar juga akan mengganggu kualitas tidur kita.

Rasa Lapar Merupakan Bagian Kerja Otak, Sebelum Makan Kenali Dulu, Apakah Kamu Benar-benar Lapar?

Rasa lapar biasa timbul disaat lambung kita kosong dan membutuhkan asupan nutrisi untuk tubuh, hal ini disebut lapar secara biologis. Artinya, memang pada saat itu tubuh kita benar-benar membutuhkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tetapi tahukah kamu jika ternyata rasa lapar itu ada berbagai jenis, dan biasanya banyak faktor yang mempengaruhi rasa lapar tersebut.

Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa lapar kita. Bisa jadi rasa lapar timbul saat kita melihat suatu makanan, sehingga ada hasrat dalam pikiran yang membuat kita juga ingin memasukkan suatu makanan ke dalam mulut. Ataupun faktor kebiasaan yang sering kita lakukan, seperti ngemil setiap beberapa jam.

Jika hal itu terjadi pada kamu pada saat tengah malam, tandanya kamu tidak perlu makan sesuatu. Kamu hanya perlu minum air putih untuk menghilangkan hasrat lapar kamu. Karena biasanya ketika kita sudah memasukkan sesuatu ke mulut, hasrat lapar itu akan hilang.

Karena Apa yang Kamu Makan itu Berpengaruh atas Rasa Laparmu, maka Saatnya Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan di malam hari tidak hanya berdampak kepada perubahan fisik yang menjadi gemuk, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan organ tubuhmu terutama hati. Jadi kamu harus sebisa mungkin mengurangi kebiasaan makan di malam hari dengan mengatur pola makan di pagi dan siang hari.

Hal ini dapat dimulai saat sarapan ganti asupan makan yang bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori dengan karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian saat makan siang selingi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang yang lebih lama seperti serat dan protein. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan junk food untuk menghindari penimbunan lemak jahat berlebih.

Minum Air Putih pun Bisa Menghilangkan Rasa Laparmu

Jika memang ternyata kamu benar-benar lapar dan cukup mengganggu proses tidurmu, jangan langsung memutuskan untuk makan makanan berat seperti nasi beserta lauk. Ada alternatif lain yang bisa kamu pilih sebagai penghilang rasa laparmu.

Minum satu atau dua gelas air putih. Rasa haus bisa mirip dengan rasa lapar. Bisa  jadi rasa lapar yang di rasakan tengah malam itu adalah rasa haus. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan sesuatu seperti camilan atau makanan berat lainnya, cobalah untuk minum setidaknya satu gelas air putih (bisa juga ditambah dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon) dan tunggu hingga 10 menit, biasanya setelah 10 menit, rasa lapar akan hilang.

Bisa Juga Kamu Minum Susu Hangat atau Camilan Sehat ini

Minum segelas susu hangat. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalam susu yang di minum. Selain vitamin D dan kalsium yang bisa menguatkan tulang, susu yang rendah kalori dan lemak juga mengandung asam amino yang membantu kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jika kamu tidak punya alergi terhadap kacang, bisa mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan serat. Kacang tanah juga membantu melancarkan gula darah dan meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Popcorn juga bisa kamu pilih, Meski begitu sebaiknya tidak ditambah dengan garam, mentega, atau gula berlebih, popcorn bisa menjadi pengganjal perut yang tepat ketika merasa lapar di tengah malam.

Atau makan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Beberapa alternatif atau pilihan yang bisa kamu pilih, antara lain oatmeal, sereal, atau roti gandum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Perempuan yang Doyan Pakai Kaos, Biasanya Punya Karakter yang Menyenangkan

Pakaian bisa menggambarkan karakter seseorang, terlihat dari caranya memilih pakaian atau seringnya ia memakai pakaian tersebut, bukan tanpa alasan namun ternyata mereka memiliki karakter terpendam.

Misalnya, untuk seseorang yang sering memakai kaus terutama perempuan, berikut adalah karakter yang mereka yang bisa digambarkan.

1. Terlihat Maskulin, Kuat, dan Tidak Cengeng

Perempuan yang gemar memakai kaus menggambarkan pribadinya yang kuat dan tidak cengeng. Selain itu, kaus yang kebesaran bisa meninggalkan kesan maskulin kepada pemakainya.

2. Pribadi Yang Rapi, Namun Tidak Berlebihan

Kata siapa memakai kaus itu tidak rapi? Selama kaus itu tidak menyalahi aturan kerapihan maka tentu saja si pemakai pun akan terlihat rapi.

Perempuan yang suka memakai kaus memang menyukai kerapihan namun mereka tidak suka berlebihan. Kesan santai yang dibawanya tidak meninggalkan rapi saat mengenakannya.

3. Pribadi yang Dinamis dan Tidak Kaku

Perempuan yang memakai kaus menggambarkan pribadi yang dinamis dan tidak kaku, artinya mereka fleksibel dalam berpakaian. Mereka bisa menjadi orang yang mudah bergaul dan tidak kaku.

4. Rata-rata Pemakai Kaus Adalah Mereka Yang Tidak Ribet

Pakaian yang sangat sederhana adalah kaus, tidak perlu ribet untuk memakainya. Maka dari itu orang-orang yang suka memakai kaus menggambarkan bahwa mereka bukanlah orang yang ribet.

5. Kaus Melambangkan Orang Yang Suka Bekerja Keras

Kita bisa bergerak bebas dan melakukan apa saja saat memakai kaus, untuk itu para pemakai kaus melambangkan orang yang suka bekerja keras. Karena dimanapun dan kapanpun mereka bisa mengerjakan sesuatu tanpa melihat pakaian yang sedang mereka pakai.

6. Pribadi Yang Sederhana Dan Tidak Suka Foya-foya

Sudah jelas bahwa kaus melambangkan kesederhanaan, untuk itu orang yang memakainya pun memiliki karakter yang sama. Mereka cenderung lebih memilih kesederhanaan dan tidak suka berfoya-foya.

7. Kaus Juga Menggambarkan Pribadi Yang Cuek

Perempuan yang sering memakai kaus menggambarkan bahwa dia memiliki sifat cuek dan tidak terlalu terkontrol oleh lingkungan sosialnya. Mereka tidak terlalu mendengarkan pendapat orang lain, terlebih dalam masalah penampilan.

Selama itu membuat mereka nyaman dan tidak mengganggu orang lain maka mereka akan cuek terhadap komentar apapun.

Jadi, apakah kamu adalah salah satu yang suka pakai kaus? Jika iya, selamat kamu memiliki karakter-karakter seperti diatas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Inilah Alasan Mengapa Perempuan Tidak Boleh Terlalu Bergantung Pada Lelakinya

Konon lelaki selalu berada satu langkah di depan perempuan, lelaki adalah pemimpin, kepala rumah tangga, pelindung dan pembimbing perempuan. Namun, bukankah kita sebagai perempuan juga harus bisa mandiri? Bukan untuk memungkiri hal diatas, namun kita juga tidak boleh bergantung sepenuhnya kepada laki-laki. Mengapa? Inilah alasan logisnya.

1. Merasa Dicintai Akan Membuat Peluang Untuk Lelaki Menyakiti

Percaya atau tidak, lelaki adalah makhluk yang ber ego tinggi, untuk itu jangan menunjukan jika cintamu lebih besar daripada cintanya. Karena hal tersebut akan membuatnya aman dan tidak tertantang dalam suatu hubungan.

Berbeda dengan perempuan yang sangat senang merasa dicintai namun lelaki malah akan besar kepala saat merasakannya. Ingat, hakikat perempuan adalah dikejar bukan mengejar.

Jangan biarkan dia memiliki peluang untuk menyakitimu. Karena semakin kamu mencintainya semakin kamu bergantung pula pada dirinya, hal ini tentunya harus dihindari.

2. Lelaki Akan Merasa Dihargai Saat Ia Dibutuhkan


Selain ber ego tinggi, lelaki juga menjungjung tinggi harga dirinya. Keinginannya untuk menjadi pemenang, menguasai, dan membantumu adalah nyata adanya.

Saat kamu meminta bantuan dia saat itu pula kamu sedang memenuhi harga dirinya. Namun, jangan membuat dirimu lemah dengan selalu mengandalkan dia, kamu hanya perlu memenuhi harga dirinya tanpa membuat dirimu terlihat lemah dan bergantung padanya.

3. Jangan Buang Potensimu Hanya Untuk Menjaga Hatinya


Setiap orang tentu saja memiliki potensi, jangan abaikan potensimu hanya karena kamu takut berada satu langkah didepan lelakimu yang akan membuat harga dirinya terluka.

Karena seharusnya dia akan mendukungmu dan termotivasi jika kamu berada satu langkah didepannya, untuk itu jangan takut untuk mengembangkan potensimu hanya karena menjaga hatinya. Kamu berhak untuk maju tanpa menyakiti harga dirinya.

4. Luka Bisa Datang Kapan Saja, Jangan Larut Dalam Bahagia


Ada yang maha membolak balikan hati manusia. Siapapun bisa berubah jika takdir sudah berkehendak, maka janganlah kamu terlalu bergantung pada lelakimu, jika suatu saat dia pergi dan membuatmu sakit hati kamu akan terpuruk karena kehilangannya.

Jangan jadi perempuan lemah, ada atau tidak ada nya dia kita harus tetap hidup. Maka dari itu sisakan ruang dihatimu untuk menerima rasa sakit, agar ketika hal itu tiba kamu bisa siap dan mengatasinya saat itu juga.

5. Perempuan Berhak Menentukan Jalan Hidupnya Sendiri


Lelaki memang harus dihormati, terlebih jika statusnya sudah menjadi suami. Patuh pada nya merupakan suatu kewajiban perempuan, namun bukan berarti kita tidak lagi punya hak atas diri sendiri.

Ada beberapa hal yang memang kita sendiri yang berhak memutuskannya, tanpa campur tangan lelaki. Jangan sampai karena terlalu tunduk maka kamu kehilangan hak atas dirimu sendiri.

Perempuan hanya butuh perlindungan agar bisa tetap berjalan, bukan bergantung sepenuhnya dan tidak bisa hidup tanpa lelakinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

7 Pengingat Diri Untukmu yang Memasuki Usia Nikah Namun Masih Sendiri

Nampaknya kini cukup banyak orang yang mengidamkan pernikahan di usia muda. Terlebih bagi seorang perempuan. Sebagian besar perempuan takut menikah di usia yang terlalu matang karena faktor ketakutan akan masalah yang akan ditemui saat hendak memiliki anak.

Namun sayangnya, manusia bolehlah berencana. Tetap Tuhan yang menetapkan kapan dan dengan siapa seseorang akan menikah. Kamu yang saat ini mulai memasuki usia menikah namun masih saja sendiri, ini adalah tujuh hal yang bisa jadi pengingat diri untukmu.

1. Pernikahan Bukan Sebuah Perlombaan Siapa yang Paling Cepat

Tak perlu mengkhawatirkan usiamu yang sudah matang namun tak kunjung menemukan pasangan. Ingatlah bahwa menikah bukan sebuah lomba dimana yang menang adalah dia yang cepat sampai.

Kamu tak pernah tahu bagaimana kehidupanmu di masa yang akan datang. Nyatanya tak sedikit juga pasangan yang akhirnya memutuskan untuk berpisah setelah menikah di usia yang masih muda.

2. Kamu Berhak Dapatkan yang Layak Meski Sampai Saat Ini Dia Masih Juga Belum Nampak

Tuhan punya cara terbaik untuk mempertemukanmu dengan dia yang jadi jodoh sejatimu. Teguhkan lagi hatimu. Kamu berhak mendapatkan yang layak. Tuhan sudah menyiapkan yang pantas untukmu. Untuk kapan dan siapa, tunggulah sampai waktu itu benar-benar datang dan kamu bisa mengetahuinya.

3. Namanya Jodoh Tak akan Pernah Tertukar

Perlu kamu ingat juga bahwa tak ada yang namanya jodoh tertukar. Jodohmu sudah disiapkan bahkan sebelum kamu dilahirkan. Kamu hanya tinggal menunggu takdir mengantarkanmu pada waktu dimana kamu bisa bertemu dengannya dengan cara yang indah.

4. Jodoh Adalah Cerminan Diri, Jadi Tak Perlu Sibuk Mencari

Fokuslah untuk memperbaiki dirimu sendiri. Tak perlu sibuk mencari yang cocok. Karena sesungguhnya jodoh adalah cerminan dirimu sendiri. Jika kamu adalah sosok yang baik, maka percayalah jodohmu juga sosok yang baik.

5. Dia yang Menjadi Jodohmu Pasti akan Menerimamu Apa Adanya

Tak perlulah kamu takut jika tak laku. Jika sudah tiba saatnya kamu bertemu dengan jodohmu, tentu dia akan menerima apa adanya dirimu. Dia akan menerima segala keindahanmu untuk dibanggakannya dan kekuranganmu untuk dilengkapinya.

6. Jangan Berpatokan dengan Usia yang Hanya Sekedar Angka, yang Terpenting Adalah Kedewasaanmu dalam Bersikap

Jangan memikirkan usia terlalu berlebihan. Usia bukanlah masalah yang besar karena ia sekedar angka saja. Kedewasaan tak ditentukan dengan angka usia. Jadi lebih fokuslah dalam belajar menjadi pribadi yang dewasa dalam menyikapi kehidupan.

7. Kamu Tetap Bisa Bahagia Meski Masih Sendiri, Cobalah untuk Lebih Menikmati Hidup yang Ada

Ada kalanya kamu perlu menyisihkan pikiran mengenai usia dan pernikahan. Kamu tak perlu mencemaskan perihal jodoh yang tak kunjung datang. Nikmati saja kehidupanmu mumpung masih sendiri.

Bebaskan dirimu untuk melakukan apa yang kamu inginkan. Kamu masih bisa berbahagia dengan caramu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top