Love & Sex

Nyeri Saat Haid Lebih Baik Atasi dengan Yoga dibanding Mengonsumsi Obat-obatan 

Jadi cewek katanya memang banyak cobaan. Mulai dari galau ditinggal gebetan, gundah menunggu kepastian, hingga kesal kalau datang bulan tiba. Tapi mungkin momen yang paling mengesalkan adalah ketika masa Pre Menstruation Syndrome (PMS). Bukan hanya kondisi psikis yang jadi serba sensitif, tapi juga nyeri di perut yang tak tertahankan. Aku tahu, saat kondisi seperti ini rasanya mengonsumsi obat peluruh rasa sakit pun tak ada manfaatnya.

Sebenarnya, ada cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi keluhanmu yaitu dengan melakukan gerakan yoga yang sederhana. Kalau kamu belum pernah mencoba yoga, jangan salah sangka dulu. Tak semua gerakan yoga sulit dilakukan. Kamu hanya perlu memperhatikan.

Cobalah Duduk Bersila dan Tenangkan Dirimu. Membiarkan Diri Tetap Rileks Akan Membuat Nyeri Hilang Perlahan

Yoga memang identik dengan ketenangan pikiran dan jiwa. Gerakan yang ada pada yoga pun memang difokuskan untuk memunculkan rasa tenang. Salah satu gerakan yang paling ampuh yaitu duduk bersila (kapalabhati) – di mana posisi tubuh duduk bersila dengan meletakkan tangan pada masing-masing ujung lutut. Pose sederhana ini dipercaya dapat melancarkan pernapasan yang gerakannya bisa merenggangkan otot-otot kaku. Hasilnya, tubuhmu akan rileks dan nyeri haid ikut berkurang.

Kurangi Rasa Nyeri Pada Bagian Bawah Perut dengan Melakukan Seated Forward Fold

Saat sedang haid, biasanya bagian perut bagian bawah begitu terasa nyeri. Untuk meredakan nyeri, kamu bisa menggerakan tubuh dengan duduk sambil kaki dan tangan diluruskan. Kepalamu pun menunduk mengarah ke jari-jari kaki dan berusaha menggapainya dengan tangan secara perlahan. Kalau kamu melakukan gerakan ini secara berulang, aliran darahmu jadi lebih lancar, sehingga rasa nyeri berkurang.

Meski Bukan Anak Kecil Lagi, Tapi Mengaplikasikan Gerakan Bak Anak Kecil yang Sedang Merengek Sejatinya Ampuh Meredakan Rasa Nyeri

Nyatanya, menerapkan pose yang bak anak kecil sedang merengek ternyata baik untuk meredakan nyeri saat haid. Kamu dapat memposisikan tubuh sedang bersujud, lalu tangan dibentangkan ke depan sampai terkena lantai. Pertahankan letak tangan tersebut, kemudian ambil napas pelan-pelan dan hitung sampai 10 kali. Pelan tapi pasti, rasa nyeri dan anggota yang terasa tak nyaman dapat menghilang seketika.

Gerakan Pavanamuktasana Meredakan Ngilu pada Perut Sekaligus Melancarkan Pencernaan

Untukmu yang susah kentut, pencernaan bermasalah, dan nyeri di bagian perut, cobalah menerapkan gaya yoga pavanamuktasana ini. Biarkan tubuhmu berbaring, lalu salah satu kaki atau dua-duanya ditekuk dan dipegang hingga ke dada. Gerakan ini akan memberikan kenyamanan pada daerah perut.

Untukmu yang Suka Tengkurap, Cobalah Locust Pose Agar Tubuh Semakin Rileks

Kamu mungkin sering tengkurap apa lagi kalau nyeri saat haid sangat terasa. Tapi, tahukah kamu kalau ada gerakan yang memang bisa membuat ngilu pada perut berkurang dengan cara tengkurap? Ya, cobalah Locust Pose. Gerakan ini memposisikan tubuh dalam posisi tengkurap, lalu arahkan tangan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kaki berbarengan sambil menghela napas. Lakukanlah hingga lima kali napas panjang. Pelan tapi pasti, nyeri pada perutmu pasti mereda.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Bukan Hanya Membuat Tubuhmu Harum, Kamu Wajib Tahu Manfaat Lain Dari Sebotol Parfum

Parfum dan deodoran sangat populer. Tak hanya membantu kita melawan bau badan yang tak sedap dan menggangu, tapi ternyata juga bisa mendorong seseorang agar jadi lebih bersemangat lho.

Apalagi jika aromanya menyenangkan dan cocok untukmu misalnya, pasti kamu senang kan menyemprotkan parfum ke tubuh? Tapi selain itu, ternyata parfum memiliki beberapa manfaat lain yang memang positif.

Coba ingat lagi sebotol parfum milikmu, kira-kira bisa membawa manfaat apa saja ya?

Meningkatkan Suasana Hati Seseorang Sehingga Moodnya Jadi Terjaga

Yup, memakai parfum dipercaya bisa meningkatkan suasana hati. Parfum bisa membantu mendorong semangat seseorang yang mungkin sempat lesu. Selain itu, kamu pun bisa memakai parfum yang mencerminkan suasana hatimu hari ini.

Parfum menawarkan berbagai jenis aroma untuk suasana hati yang berbeda. Kamu pun bisa mengoleksi parfum lebih dari satu aroma. Ada lho orang yang sengaja berganti parfum setiap hari demi mendapatkan mood yang tepat karenanya.

Meningkatkan Percaya Dirimu Juga Lho Kawan

Sama seperti gaun nan indah, parfum dengan aroma yang tepat pun bisa meningkatkan rasa percaya dirimu dan memastikan kalau kamu bisa melakoni aktivitas sepanjang hari tanpa harus khawatir soal bau badan.

Semerbak aroma parfum yang kamu pilih pun bisa jadi identitasmu. Orang bisa mengingat tentangmu hanya karena mereka terbiasa mengenali aroma parfummu yang khas. Karenanya, pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian dan yang terpenting dapat meningkatkan semangatmu ya kawan

Kamu Jadi Terlihat Lebih Menarik dengan Pilihan Aroma Parfum yang Tepat

Indera penciuman adalah salah satu yang paling penting dari panca indra. Terkadang, kita hanya bisa tertarik pada seseorang hanya karena bagaimana aroma badan mereka tercium. Parfum kaya akan feromon dan dapat membuat kita menjadi menarik bagi orang lain.

Tapi Hati-hati Juga, Kalau Kamu Belum Move On, Tak Sengaja Mengingat Aroma Parfum Mantan Sewaktu-waktu Bisa Terjadi

Parfum juga bisa menjadi pemicu penting dari memori bahagia. Sekalipun memori tersebut tercipta saat masih bersama mantan. Ini terjadi karena kita sering dan cenderung mengaitkan beberapa orang dengan aroma parfum tertentu.

Karenanya, saat jalan ke suatu tempat, tak sengaja kamu mencium aroma parfum seseorang yang menurutmu tak asing. Indera penciumanmu akan dengan cepat mampu mengingatkanmu serta menghidupkan kembali moment-moment saat kamu bersama dengan orang tersebut.

Parfum Pun Ada untuk Menangani Insomnia Lho Kawan

Salah satu efek terapi parfum adalah membantumu agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Parfum yang mengandung minyak esensial, dapat membantumu agar dapat bisa lebih bersantai dan menikmati tidur yang tenang di malam hari

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Sophia Latjuba Turut Serta dalam Kampanye ‘Indonesia Bebas Daging Anjing’

Untuk urusan binatang peliharaan, nama Sophia Latjuba mungkin jadi salah satu selebriti yang patut diperhitungkan. Pada beberapa kesempatan, ia selalu terlihat untuk ikut menentang adanya penindasan terhadap binatang.

Nah, baru-baru ini, ibu dari Eva Celia ini juga terlihat untuk ikut serta dalam satu forum yang bertujuan menentang perdangangan daging anjing di Indonesia. Dengan tagline ‘Indonesia Bebas Daging Anjing’, Sophia tergabung dengan organisasi pecinta hewan dan beberapa artis lainnya.

Tak hanya memfokuskan tujuan pada hal-hal buruk yang sering diterima oleh anjing saja. Menurut mereka, aktivitas perdangan anjng yang seringkali dilakukan secara ilegal juga turut serta menjadi pemicu penyebaran rabies. Sebab, kita tak tahu status penyakit dan vaksinasi dari anjing yang dikonsumsi.

Ikut berkontribusi dan ingin menyuarakan suaranya, ditemui dalam acara Dog Free Meat Indonesia, kata Sophia “Saya tahu mereka punya rasa sakit, otak, tapi mereka enggak bisa berbicara dan membela diri. Jadi, human alangkah baiknya kita menggunakan superior menolong yang tidak berdaya,”. 

Tak hanya itu saja, acara yang diadakan di kawasan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, tersebut juga menggelar pameran foto dalam rangka selebrasi demi terkumpulnya 1 juta tanda tangan untuk petisi dan kampanye pemberhentian kejamnya perdagangan daging anjing.

Selain itu, Dog Meat Free Indonesia juga memutarkan sebuah video Iklan Layanan Masyarakat berjudul “I Didn’t Know” yang dibintangi oleh artis Indonesia Chelsea Islan, Sophia Latjuba, Gamaliel Tapiheru dan actor Inggris Ricky Gervais, Joanna Lumley dan Peter Egan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Hal Sederhana yang Bisa Membantu Perempuan Lepas dari Stress

Setiap hari, kita pasti  sering sekali mendengar kata “Bahagia itu sederhana”, atau diam-diam kita juga sering mengucapkannya?. Bilangnya sih enak, terkesan mudah dan gampang untuk dilakukan. Padahal, untuk bisa bahagia kadang tak cukup dengan sesuatu yang sederhana. Walau harus diakui pula, di beberapa bagian kehidupan. Sesuatu yang sederhana memang pernah jadi sumber kebahagian.

Nah, tak jauh-jauh dari kehidupan harian. Rasa stress dan perasaan yang menunjukkan ketidakbahagian, barangkali jadi musuh kita bersama. Tapi, lebih dari itu. Konon banyak bersyukur bisa loh jadi salah satu pengusir stres.

Sejalan dengan ucapan barusan, seorang psikolog dari Miami University melakukan satu penelitian yang kemudian menyebut bahwa selain bersyukur, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk hari yang lebih optimis dan lepas dari jeratan stres.

Jauh dari Kata Suasana yang Riuh, Cobalah Sempatkan untuk Menikmati Waktu di Alam

Untuk kamu yang tinggal dan menetap di kota besar. Berisiknya suara kendaraan, padatnya tumpukan orang di jalan, hingga hingar bingar kota tak ada matinya. Sering jadi sumber stres yang tak kasat mata. Agar tak semakin stagnan, cobalah melipir sebentar ke tempat-tempat yang tenang.

Kamu bisa memilih pergi ke kawasan pengunungan, hutan-hutan lindung yang aman, hingga pesisir pantai yang memang bisa memberimu ketenangan. Kalau tak punya waktu dan budget banyak, cukup cari tempat yang dekat-dekat saja. Membiarkan diri berjalan dan menikmati waktu di alam bebas, akan membantu tubuh melepaskan semua keresahan dan beban.

Tak Harus Olahraga, Gerakan Kecil Nan Ringan pun Mampu Bantu Tubuh Hilangkan Beban Pikiran

Kata hasil penelitian dari Journal of Happiness Studies, kalau kamu merasa enggan untuk berolahraga, setidaknya cobalah lakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membantumu melepas stres. Tak perlu lari pagi berkilometer jauhnya, cukup muali bersih-bersih rumah, misalnya. Atau berkebun di halaman belakang, dan aktivitas lain yang memang sederhana.

Bentuk gerakannya lainnya, adalah memilih berjalan kaki pada tempat-tempat tujuan yang memang dekat. Walau terkesan sepele, tanpa kita sadari rupanya gerakan-gerakan seperti ini bisa membantu hati dan tubuh lebih bahagia loh.

Kemudian, Atur Waktumu untuk Bisa Mendapatkan Tidur yang Cukup

Jadi kalau ternyata jam tidurmu masih berantakan. Terlelap selalu tengah malam, jangan heran jika kamu sering merasa stres dan berbeban berat. Untuk itu, agar bisa lepas dari hal-hal yang menghalangi jiwa dan tubuh bahagia. Kamu perlu membuat satu aturan untuk jam tidur dengan benar.

Ini serius, selain mempengaruhi kesehatan. Tubuh yang mendatap tidur cukup semalaman, akan mempengaruhi produktifitas di hari esok. Mulai dari memperbaiki mood, tak lagi uring-uringan, emosi lebih stabil. Dan yang pasti lebih bersemangat bangun pagi dan tak memulai hari.

Mulai Menulis Jurnal, Tuangkan Semua Kegiatan Harian dan Unek-unekmu Disana

Ada yang pernah coba tidak? Nah, kalau ternyata belum. Mulai sekarang kamu harus mulai mencobanya. Mulailah latih diri untuk menuli semuanya di sebauh buku yang akan berfungsi sebagai jurnal harianmu.

Kegiatan apa yang harus  kamu lakukan setiap hari, hingga perasaan-perasaan apa saja yang kamu rasakan sepanjang hari. Sebab ketika kamu akan menulis, secara tidak langsung ada emosi yang sudah tertular dan dituangkan disana. Pokoknya, tulis apa saja yang kamu rasakan disana. Ini akan membantumu melatih tingkat emosi yang stabil, dan daya ingat akan sesuatu hal.

Jadi kalau misalnya, esok kamu lagi-lagi merasa stres. Dengan cepat kamu akan ingat, bahwa di hari lampau setelah menulis jurnal kamu merasa lebih tenang. Untuk itu, hal ini bisa dicoba ya.

Kalau Masih Merasa Kurang, Bantu Orang Sekitar yang Butuh Pertolongan

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu beramal? Membantu orang yang kesusahan? Hingga memberi pada mereka yang memang membutuhkan? Kalau ternyata sudah lama atau bahkan tak pernah, kamu patut mencoba untuk melakukannya lagi.

Menolong orang lain bisa membuat perasaan lebih lega dan menumbuhkan sisi positif dalam diri kita. Lagipula, membantu itu tak hanya dengan materi ya. Kamu bisa membantu orang lain lewat cara apa saja. Menyebrangkan seorang nenek, di lampu merah. Membantu pedagang mendorong gerobaknya pada jalan yang menanjak, atau sekedar berbagi makanan dengan tetangga pun bisa mendatangkan bahagia.

Memang sih, tak semua yang sederhana bisa membuat bahagia. Tapi percaya atau tidak, ada ribuan hal sederhana yang selalu bisa jadi sumber bahagia kita. Bagaimana? Sudah bahagia hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top