Kesehatan & Me Time

Mengenali Jenis Jerawat Dan Cara Untuk Mengatasinya

Tumbuhnya jerawat di kulit sekitaran wajah menjadi salah satu hal yang selalu kita wanti-wanti, tak hanya bisa menimbulkan sakit terkadang jerawat juga bisa meninggalkan bekas diwajah. Hingga nanti berpengaruh pada tingkat rasa percaya diri yang kita miliki. Tapi untuk bisa menghilangkannyapun tidaklah sembarangannya.

Penanganan yang salah untuk mengatasi jerawat kadang malah menimbulkan luka dan masalah baru, karena tidak semua jerawat itu sama. Meski sekilas semuanya terlihat sama namun faktanya jenis-jenisnya itu berbeda begitu pula dengan cara penanganannya.

Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini pasti pernah dialami oleh semua orang, bentuknya pun sangat mudah untuk dikenali. Ditandai dengan ciri khusus yang kecil berwarna putih kemerahan. Jerawat biasa seperti ini biasanya timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori pada kulit dan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di daerah tempat diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang letaknya tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous. Meski terlihat sepele tapi kita perlu wasapada untuk bakteri ini karena bisa menimbulkan iritasi pada sekitar wajah.

Untuk menyembuhkannya kita dapat menggunakan bahan alami seperti tomat maupun buah  tomat maupun buah lemon. Ubah buah tersebut menjadi masker pada wajah untuk menghilangkan jerawat dan juga membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat pada wajah kita.

Komedo

Biasanya jenis jerawat yang disebut komedo ini biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak wajah yang berlebih. Jenisnya pun berbeda ada komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan ujungnya menghitam.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengobati jenis jerawat ini adalah dengan menggunakan putih telur, pisahkan putih dari kuning telur lalu celupkan kapas pembersih wajah kedaladm putih telur tersebut kemudian tempelkan ke sekitaran hidung kita yang terdapat komedonya.

Tunggu hingga kering dan kemudian angkat kapasnya, kita akan melihat banyak komedo yang berhasil tercabut kemudian bilang wajah menggunakan air hangat.

Jerawat Juvenil

Sering timbul dikarenakan masalah hormon dalam tubuh yang belum stabil, terjadi dalam usia kisaran 12 – 20 tahun. Untuk menyembuhkannya hindarai penggunaan produk kecantikan yang memiliki kadar PH terlalu tinggi.

Kita bisa menggunakan sabun khusus dengan PH yang memamg seimbang atau alternatif ter-aman bisa memakai sabun bayi yang memang masih cocok dengan keadaan kulit wjaah saat mengalami jenis jerawat juvenil ini. Usahakan untuk memilih cara yang aman karena kondisi kulit sedang sensitif.

Jerawat Batu

Kondisi Jerawat ini mungkin lumayan berbeda dengan jenis jerawat yang lainnya, ditandai dengan bentuknya yang besar keras, berwarna merah dan meradang. Timbul karena pertumbuhan sel yang tidak normal dan kelenjar minyak pada wajah yang berlebih, yang juga disebut sebagai Cystic Acne jerawat batu terbilang cukup sulit untuk diatasi jika tidak dengan perawatan yang tepat.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai, karena untuk proses pemulihannya cukup memakan waktu yang lama.

Jerawat Vulgaris

Untuk jenis jerawat yang satu ini, semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa.

Disebabkan oleh  kelebihan minyak pada wajah, perubahan hormonal pada tubuh kita atau efek samping dari pemakaian sebuah produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Untuk mengobati atau menyembuhkannya kita bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit wajah, salah satunya memakai handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah dan hindari pemakaian kosmetik yang tidak sebenarnya tidak cocok untuk kulit wajah yang kita miliki.

Kendalikan kadar minyak di wajah dengan menghindari makanan yang memang mengandung lemak, mungkin ini akan sedikit membantu akan tetapi jika kondisinya masih tidak ada perubahan sebaiknya kita coba konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ini adalah beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh beberapa perempuan dengan rentan usia anatara 12-30 tahun, selain untuk mengenali dan memahami cara untuk mencengah dan mengobatinya hal lain yang perlu kita perhatikan adalah pola makan dan waktu tidur serta pengaruh pikiran dan situasi hati.

Karena beberapa hal ini memang sangat berpengaruh dengan tingkat timbulnya jerawat pada wajah. Bisa mengenali jenis jerawat akan memudahkan kita untuk mengatasinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Ancaman Obesitas Mengintaimu Lewat Hal-hal Sederhana yang Masih Kamu Lakukan Setiap Hari

Ingin berat badan berkurang ternyata bukan perkara gampang. Walau sudah melakoni beragam diet diiringi olahraga teratur, lho tapi berat badan justru bertambah. Kesal sudah pasti, bingung apalagi.

Begini penjelasannya, ternyata selain diet dan olahraga teratur, ada lho berbagai aktivitas yang secara tak sadar kamu lakukan bisa jadi ancaman tersembunyi saat kamu sedang berfokus menurunkan berat badan.

Daripada terus-terusan pusing, coba cek dulu yuk ancaman apa saja yang rentan kamu temui sehari-hari…

Sering Begadang dan Akhirnya Kurang Tidur Pun Bisa Jadi Salah Satu Pemicunya

Yep, kurang tidur bisa jadi salah satu pemicu naiknya berat badan inih kawan. Ini karena kalau kamu kurang  tidur, dalam tubuhmu akan terjadi perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68 ribu perempuan selama 16 tahun. Mereka menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko lebih tinggi untuk bertambah berat badan daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Kurang Gerak dan Duduk Terlalu Lama di Kantor Bisa Jadi Ancaman Berat Badanmu Bertambah

Seringkali pekerjaan menuntutmu untuk duduk hampir seharian kan, kawan. Akibatnya, kita jadi kurang membakar kalori. Padahal menurut jurnal penelitian Plos One, kebiasaan ini kurang baik untuk tubuh karena memicu obesitas.

Nah, supaya kamu tak khawatir lagi dengan ancaman obesitas karena duduk terlalu lama di kantor, lebih baik sempatkan waktu untuk bangkit dari tempat duduk di kantor. Hanya dua menit setiap jam pun cukup.

Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Pun Jadi Pemicunya, Kawan

Sekarang ini orang maunya apa-apa serba cepat. Termasuk urusan makan. Padahal, makan terlalu cepat pun tak baik untuk kesehatan.

Yep, makan dengan cepat justru rentan membuatmu  bertambah gemuk. Bahkan sebuah studi menunjukkuan bahwa  Studi menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan nih kawan…

Asupan Air Putih Jangan Sampai Kurang ya Kawan…

Tidak cukup minum air bisa membuatmu haus, kan? Menariknya, kadang rasa rasa haus bisa disalahartikan sebagai tanda kelaparan atau mengidam makanan tertentu oleh tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang minum dua gelas air tepat sebelum sarapan makan 22% lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air.

Hati-hati, Salah Satu Pemicunya Yaitu Terbiasa Makan di Depan Meja Kantor Sembari Bekerja


Kamu mungkin berpikir makan di meja kantor bisa bermanfaat untuk mempercepat pekerjaan atau sekalian multitasking. Kenyataannya, makan siang di meja kantor ternyata bisa memicu obesitas.

Menurut penelitian tahun 2013 di American Journal of Clinical Nutrition, sekitar 62% pekerja profesional Amerika makan di atas meja kerja dimana kemudian didapati bahwa mereka akhirnya mengonsumsi 50%  lebih banyak kalori dibanding batas normal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Hal Sederhana yang Bisa Membantu Perempuan Lepas dari Stress

Setiap hari, kita pasti  sering sekali mendengar kata “Bahagia itu sederhana”, atau diam-diam kita juga sering mengucapkannya?. Bilangnya sih enak, terkesan mudah dan gampang untuk dilakukan. Padahal, untuk bisa bahagia kadang tak cukup dengan sesuatu yang sederhana. Walau harus diakui pula, di beberapa bagian kehidupan. Sesuatu yang sederhana memang pernah jadi sumber kebahagian.

Nah, tak jauh-jauh dari kehidupan harian. Rasa stress dan perasaan yang menunjukkan ketidakbahagian, barangkali jadi musuh kita bersama. Tapi, lebih dari itu. Konon banyak bersyukur bisa loh jadi salah satu pengusir stres.

Sejalan dengan ucapan barusan, seorang psikolog dari Miami University melakukan satu penelitian yang kemudian menyebut bahwa selain bersyukur, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk hari yang lebih optimis dan lepas dari jeratan stres.

Jauh dari Kata Suasana yang Riuh, Cobalah Sempatkan untuk Menikmati Waktu di Alam

Untuk kamu yang tinggal dan menetap di kota besar. Berisiknya suara kendaraan, padatnya tumpukan orang di jalan, hingga hingar bingar kota tak ada matinya. Sering jadi sumber stres yang tak kasat mata. Agar tak semakin stagnan, cobalah melipir sebentar ke tempat-tempat yang tenang.

Kamu bisa memilih pergi ke kawasan pengunungan, hutan-hutan lindung yang aman, hingga pesisir pantai yang memang bisa memberimu ketenangan. Kalau tak punya waktu dan budget banyak, cukup cari tempat yang dekat-dekat saja. Membiarkan diri berjalan dan menikmati waktu di alam bebas, akan membantu tubuh melepaskan semua keresahan dan beban.

Tak Harus Olahraga, Gerakan Kecil Nan Ringan pun Mampu Bantu Tubuh Hilangkan Beban Pikiran

Kata hasil penelitian dari Journal of Happiness Studies, kalau kamu merasa enggan untuk berolahraga, setidaknya cobalah lakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membantumu melepas stres. Tak perlu lari pagi berkilometer jauhnya, cukup muali bersih-bersih rumah, misalnya. Atau berkebun di halaman belakang, dan aktivitas lain yang memang sederhana.

Bentuk gerakannya lainnya, adalah memilih berjalan kaki pada tempat-tempat tujuan yang memang dekat. Walau terkesan sepele, tanpa kita sadari rupanya gerakan-gerakan seperti ini bisa membantu hati dan tubuh lebih bahagia loh.

Kemudian, Atur Waktumu untuk Bisa Mendapatkan Tidur yang Cukup

Jadi kalau ternyata jam tidurmu masih berantakan. Terlelap selalu tengah malam, jangan heran jika kamu sering merasa stres dan berbeban berat. Untuk itu, agar bisa lepas dari hal-hal yang menghalangi jiwa dan tubuh bahagia. Kamu perlu membuat satu aturan untuk jam tidur dengan benar.

Ini serius, selain mempengaruhi kesehatan. Tubuh yang mendatap tidur cukup semalaman, akan mempengaruhi produktifitas di hari esok. Mulai dari memperbaiki mood, tak lagi uring-uringan, emosi lebih stabil. Dan yang pasti lebih bersemangat bangun pagi dan tak memulai hari.

Mulai Menulis Jurnal, Tuangkan Semua Kegiatan Harian dan Unek-unekmu Disana

Ada yang pernah coba tidak? Nah, kalau ternyata belum. Mulai sekarang kamu harus mulai mencobanya. Mulailah latih diri untuk menuli semuanya di sebauh buku yang akan berfungsi sebagai jurnal harianmu.

Kegiatan apa yang harus  kamu lakukan setiap hari, hingga perasaan-perasaan apa saja yang kamu rasakan sepanjang hari. Sebab ketika kamu akan menulis, secara tidak langsung ada emosi yang sudah tertular dan dituangkan disana. Pokoknya, tulis apa saja yang kamu rasakan disana. Ini akan membantumu melatih tingkat emosi yang stabil, dan daya ingat akan sesuatu hal.

Jadi kalau misalnya, esok kamu lagi-lagi merasa stres. Dengan cepat kamu akan ingat, bahwa di hari lampau setelah menulis jurnal kamu merasa lebih tenang. Untuk itu, hal ini bisa dicoba ya.

Kalau Masih Merasa Kurang, Bantu Orang Sekitar yang Butuh Pertolongan

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu beramal? Membantu orang yang kesusahan? Hingga memberi pada mereka yang memang membutuhkan? Kalau ternyata sudah lama atau bahkan tak pernah, kamu patut mencoba untuk melakukannya lagi.

Menolong orang lain bisa membuat perasaan lebih lega dan menumbuhkan sisi positif dalam diri kita. Lagipula, membantu itu tak hanya dengan materi ya. Kamu bisa membantu orang lain lewat cara apa saja. Menyebrangkan seorang nenek, di lampu merah. Membantu pedagang mendorong gerobaknya pada jalan yang menanjak, atau sekedar berbagi makanan dengan tetangga pun bisa mendatangkan bahagia.

Memang sih, tak semua yang sederhana bisa membuat bahagia. Tapi percaya atau tidak, ada ribuan hal sederhana yang selalu bisa jadi sumber bahagia kita. Bagaimana? Sudah bahagia hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Aura Cerah di Wajahmu Terpancar

Kamu tahu tidak jika alasan utama wajah seseorang nampak menarik bukan hanya dari bentuk wajahnya saja, tetapi aura yang terpancar dari dalam diri juga menjadikan seseorang tampak menarik. Meskipun kamu sudah menggelontorkan jutaan rupiah untuk perawatan wajah, tak berarti aura yang mempesona lantas terpancar dari dalam dirimu. Hal itulah yang menyebabkan kita bisa menilai kepribadian orang lain dalam sekilas karena aura yang dia keluarkan, akan membuat seseorang tertarik atau bahkan sebaliknya.

Lalu gimana caranya supaya kamu tak hanya berwajah cantik, tetapi juga dapat memancarkan aura yang positif sehingga bisa menyenangkan siapa saja yang bertemu dengan dirimu? Sehingga perawatan yang kamu lakukan pun tidak sia-sia.

Kebersihan Awal Kecantikan, Membersihkan Wajah secara Teratur dan Benar Akan Membantu Aura Wajahmu Terpancar

Wajah yang bersih menjadi cerminan diri dan kepribadianmu. Bersih bukan berarti harus berwajah putih, tetapi kalau kamu rajin merawat kebersihan wajahmu secara tidak langsung aura dirimu juga akan terpancar dari wajahmu. Lakukan kebiasaan membersihkan muka secara teratur agar tidak ada kotoran yang mengendap di wajahmu.

Pada saat bangun tidur di pagi hari, biasakanlah untuk membasuh wajah kamu dengan air hangat, sambil memberikan sedikit pijatan pada wajah dengan lembut. Mulailah dari pipi, hidung, dagu serta dahi secara lembut dengan gerakan memutar ke atas. Pastikan kamu rutin melakukannya sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ya!

Relaksasi Akan Membantu Meringankan Kerja Otot Tubuh dan Wajah, Sehingga Aura Wajahmu Juga Akan Bersinar

pexels-photo-12344

Otot yang tegang ternyata juga mempengaruhi raut wajahmu, jika terus dibiarkan maka kamu tak hanya kerutan wajah yang akan nampak di wajahmu, aura wajahmu juga tidak akan keluar. Untuk menghindari hal itu sebaiknya mulai sekarang lakukan meditasi secara berkala untuk mencegah keriput di wajah dan juga memancarkan aura wajahmu secara maksimal.

Kamu pun bisa melakukan cara lain dengan mengambil posisi  duduk. Cukup 5 menit saja lakukan hal itu sambil memenangkan hati, biasanya setelah itu kamu akan merasa pikiranmu lebih terbuka. Kemudian pijitlah wajah yang sudah bersih. Mulailah dari bagian pipi, hidung dan dagu, kemudian bergerak ke arah dahi. Setelah terasa lebih rileks, ambil kain yang sudah dibasahi dengan air panas kemudian taruh beberapa saat di wajah. Biarkan panasnya meresap. Bersihkan wajah sekali lagi untuk menyelesaikan langkah sederhana membuka aura wajah. Lakukan sekali seminggu saja sudah cukup.

Lakukan Olahraga Ringan dan Istirahat Cukup untuk Menjaga Aura maupun Kesehatan Tubuhmu 

running-runner-long-distance-fitness-40751

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga bisa membuat aura wajahmu keluar, selain itu kamu juga akan merasakan tubuh yang sehat. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat setiap harinya, pilih olahraga ringan yang dapat kamu lakukan di mana saja kamu berada. Lakukanlah minimal dua kali seminggu. Pilih olahraga yang dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat. Karena keringat yang keluar pada saat kamu berolahraga, merupakan racun yang tertimbun dalam tubuh. 

Hal yang perlu kamu perhatikan juga adalah tidur atau istirahat yang cukup. Waktu istirahat yang terbaik di malam hari. Karena pada saat kamu tidur di malam hati, kulit wajah akan meregenerasi, sel kulit lama beserta radikal bebasnya akan terlepas dan sel-sel kulit baru akan muncul. Kulit wajah akan mengalami proses pengencangan dan munculnya bintik bintik hitam beserta garis halusnya akan dihambat.

Pikiranmu Akan Mempengaruhi Auramu, Belajarlah Berpikir Positif agar Aura yang Terpancar Tak Negatif

pexels-photo-355988

Apa pun yang ada dipikiranmu akan terpancar melalui mata dan raut wajahmu. Hal itu tidak bisa kamu hindari, karena secara otomatis jika kamu dipenuhi pikiran negatif, maka aura dan raut wajahmu juga akan memancarkan hal tersebut.

Untuk menjaga aura yang terpancar tetap bagus, hindari sifat dan perbuatan yang mengandung aura negatif seperti marah, iri hati, bersedih yang berlarut-larut, melukai perasaan orang lain, dendam, cemberut dan hal-hal negatif lainnya. Usahakan bersikap baik dan ramah. Jangan lupa tersenyum pada saat bertemu orang lain. Karena aura positif akan mematikan aura negatif yang ada.

Kebiasaan yang Kamu Lakukan Akan Memancarkan Aura Positif dan Juga Manfaat Baik Lainnya

Beberapa Jenis Orang Ini Memang Seharusnya Kita Pertahankan Menjadi Sahabat Sampai Tua

Jika kamu sudah melakukan kebiasaan tersebut secara terus-menerus, maka aura baik pun akan didapatkan. Dengan begitu kamu akan memberikan kesan yang baik pula dengan orang-orang yang terhubung dengan dirimu.

Kamu juga akan memperoleh manfaat lain yang secara tidak langsung terpengaruh oleh kebiasaan baikmu itu, seperti meningkatkan rasa percaya diri, membuang semua energi negatif yang membuat wajah terlihat kusam dan kotor, membuka potensi diri yang tersembunyi, meningkatkan daya tarik dan pesona, memberikan ketenangan dalam jiwa, hingga hatimu pun jadi lebih damai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top