Kesehatan & Me Time

Mengenali Jenis Jerawat Dan Cara Untuk Mengatasinya

Tumbuhnya jerawat di kulit sekitaran wajah menjadi salah satu hal yang selalu kita wanti-wanti, tak hanya bisa menimbulkan sakit terkadang jerawat juga bisa meninggalkan bekas diwajah. Hingga nanti berpengaruh pada tingkat rasa percaya diri yang kita miliki. Tapi untuk bisa menghilangkannyapun tidaklah sembarangannya.

Penanganan yang salah untuk mengatasi jerawat kadang malah menimbulkan luka dan masalah baru, karena tidak semua jerawat itu sama. Meski sekilas semuanya terlihat sama namun faktanya jenis-jenisnya itu berbeda begitu pula dengan cara penanganannya.

Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini pasti pernah dialami oleh semua orang, bentuknya pun sangat mudah untuk dikenali. Ditandai dengan ciri khusus yang kecil berwarna putih kemerahan. Jerawat biasa seperti ini biasanya timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori pada kulit dan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di daerah tempat diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang letaknya tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous. Meski terlihat sepele tapi kita perlu wasapada untuk bakteri ini karena bisa menimbulkan iritasi pada sekitar wajah.

Untuk menyembuhkannya kita dapat menggunakan bahan alami seperti tomat maupun buah  tomat maupun buah lemon. Ubah buah tersebut menjadi masker pada wajah untuk menghilangkan jerawat dan juga membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat pada wajah kita.

Komedo

Biasanya jenis jerawat yang disebut komedo ini biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak wajah yang berlebih. Jenisnya pun berbeda ada komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan ujungnya menghitam.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengobati jenis jerawat ini adalah dengan menggunakan putih telur, pisahkan putih dari kuning telur lalu celupkan kapas pembersih wajah kedaladm putih telur tersebut kemudian tempelkan ke sekitaran hidung kita yang terdapat komedonya.

Tunggu hingga kering dan kemudian angkat kapasnya, kita akan melihat banyak komedo yang berhasil tercabut kemudian bilang wajah menggunakan air hangat.

Jerawat Juvenil

Sering timbul dikarenakan masalah hormon dalam tubuh yang belum stabil, terjadi dalam usia kisaran 12 – 20 tahun. Untuk menyembuhkannya hindarai penggunaan produk kecantikan yang memiliki kadar PH terlalu tinggi.

Kita bisa menggunakan sabun khusus dengan PH yang memamg seimbang atau alternatif ter-aman bisa memakai sabun bayi yang memang masih cocok dengan keadaan kulit wjaah saat mengalami jenis jerawat juvenil ini. Usahakan untuk memilih cara yang aman karena kondisi kulit sedang sensitif.

Jerawat Batu

Kondisi Jerawat ini mungkin lumayan berbeda dengan jenis jerawat yang lainnya, ditandai dengan bentuknya yang besar keras, berwarna merah dan meradang. Timbul karena pertumbuhan sel yang tidak normal dan kelenjar minyak pada wajah yang berlebih, yang juga disebut sebagai Cystic Acne jerawat batu terbilang cukup sulit untuk diatasi jika tidak dengan perawatan yang tepat.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai, karena untuk proses pemulihannya cukup memakan waktu yang lama.

Jerawat Vulgaris

Untuk jenis jerawat yang satu ini, semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa.

Disebabkan oleh  kelebihan minyak pada wajah, perubahan hormonal pada tubuh kita atau efek samping dari pemakaian sebuah produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Untuk mengobati atau menyembuhkannya kita bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit wajah, salah satunya memakai handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah dan hindari pemakaian kosmetik yang tidak sebenarnya tidak cocok untuk kulit wajah yang kita miliki.

Kendalikan kadar minyak di wajah dengan menghindari makanan yang memang mengandung lemak, mungkin ini akan sedikit membantu akan tetapi jika kondisinya masih tidak ada perubahan sebaiknya kita coba konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ini adalah beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh beberapa perempuan dengan rentan usia anatara 12-30 tahun, selain untuk mengenali dan memahami cara untuk mencengah dan mengobatinya hal lain yang perlu kita perhatikan adalah pola makan dan waktu tidur serta pengaruh pikiran dan situasi hati.

Karena beberapa hal ini memang sangat berpengaruh dengan tingkat timbulnya jerawat pada wajah. Bisa mengenali jenis jerawat akan memudahkan kita untuk mengatasinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Meski Naik Matic, Harus Tetap Apik

Kadang kamu menyepelekan motor matic. Body motor yang ramping dan bobot yang ringan bikin banyak kaum hawa menganggap remeh faktor keamanan ketika berkendara. Apalagi jarak tempuh yang dekat kadang jadi alasan tak pakai perlengkapan keamanan. Padahal soal kemananan bukan perkara jarak loh!

Jauh dan dekat kita tetap harus mempersiapkan diri dengan baik. Nah, kamu harus mulai memperhatikan keamanan dirimu ya. Ini caranya.

Cuma Karena Khawatir Rambut Rusak Jadi Tak Mau Pakai Helm?

Sudah risiko kalau naik motor ya, rambut akan sedikit berantakan. Jangan jadikan alasan ini untuk tidak menggunakan helm. Lebih baik kamu mempersiapkan sisir untuk merapihkan rambut kamu setelah kamu melepaskan helm.

Helm juga jangan sembarangannya. Bukan cuma perkara fashion, tapi ini soal keamanan juga. Sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 ayat (1), setiap pengendara bermotor—termasuk pengguna motor matic tentunya—diwajibkan memakai helm standar nasional Indonesia (SNI).

Tenang, helm-helm berstandar SNI juga sudah banyak yang tanmpilannya oke dan fashionable kok. Masih berani melanggar? Siap-siap kena tilang hingga denda mencapai Rp 250 juta ya.

Pakai Jaket dengan Bahan yang Berkualitas

Saat berkendara, siap-siap terpapar angin. Karenanya kalau tak ingin kedinginan atau didera angin sepanjang jalan, pakailah jaket selama berkendara. Selain demi alasan keamanan, fungsi jaket akan membuatmu tetap nyaman meski cuaca terik bahkan dingin sekalipun.

 

Area Tangan pun Wajib Terlindungi

Masih banyak yang suka mengabaikan fungsi sarung tangan. Padahal punggung tanganmu sudah sepatutnya terlindungi supaya tidak belang saat sedang berkendara melawan cuaca terik. Di lain sisi, saat terik, kulit tangan akan cepat berkeringat dan permukaan tangan jadi lebih licin. Namun dengan keberadaan sarung tangan, kamu tak perlu risau perkara keringat di telapak tangan.

Pakai Celana Panjang demi Melindungi Area Kaki Selama Berkendara

Fungsi celana panjang setara dengan jaket. Yaitu demi alasan kenyamanan dan keamanan agar kulit kakimu tetap terjaga selama berkendara. Terutama wanita, mengenakan celana panjang lebih aman dibanding memakai rok atau celana pendek.

Simpan Dahulu Sendalmu, Usahakan Pakai Sepatu, Lupakan High heelsmu!

Demi alasan keamanan, memakai sepatu juga jadi hal wajib. Penggunaan sepatu tak akan membuat pijakanmu jadi terasa licin dan sangat memudahkan pengendara saat motor berhenti dan kaki perlu menopang motor di atas aspal. Ada baiknya menggunakan sepatu khusus berkendara atau minimal yang menutupi area kaki hingga atas mata kaki.

Lalu, jangan sekali-kali menggunakan high heels ya. Tampilannya mungkin bagus tapi menggunakannya ketika naik motor bisa sangat berbahaya. Pijakanmu tidak akan stabil dan belum lagi akan menyangkut sana dan sini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Varises Sering Menyerang Wanita, Karenanya Kamu Harus Tahu Cara Mencegahnya

Siapa yang tak ingin punya kaki halus dan mulus? Kamu pun pasti mendambakannya bukan? Namun kenyataannya, kaki pun tak luput dari masalah semacam varises sehingga membuat bayang-bayang punya kaki mulus makin sukar diwujudkan. Varises—ditandai dengan munculnya tonjolan pembuluh darah yang berwarna kebiruan di bagian betis disebabkan karena pembuluh darah vena membengkak dan melebar lantaran ada penumpukan darah. Tak hanya membuatmu jadi tak nyaman saat berjalan, gangguan varises akan mengurangi keindahan penampilan kakimu.

Sejatinya, ada beberapa pemicu pembentukan varises. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat disebut-sebut bisa memicu terbentuknya varises.  Karenanya, daripada betismu nanti jadi sasaran varises, lebih baik cegahlah dari sekarang.

Jadilah Orang yang Suka Bergerak Aktif

Supaya varises tak muncul, banyak-banyaklah bergerak. Percayalah, dengan bergerak secara aktif, kamu pun bisa mencegah penumpukan darah pemicu varises. Bergerak aktif juga bisa diartikan dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, sirkulasi darah dapat mengalir dengan lancar. Bahkan saat berolahraga, ototmu akan aktif berkontraksi dan membantu mendorong darah melewati pembuluh sehingga kembali ke jantung.

Jangan Lupa Cukupi dan Penuhi Kebutuhan Vitamin C serta Protein Harianmu

Ya, kebutuhan akan vitamin C dan protein harus terpenuhi. Caranya? Yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Percayalah, dua nutrisi  ini sangatlah penting untuk membentuk kolagen yang diperlukan tubuh demi mencegah munculnya varises.

Tetaplah Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal sejatinya susah-susah gampang. Tapi kamu perlu tahu kalau obesitas pun jadi salah satu faktor pemicu pembentukan varises. Hal ini terjadi karena berat badan berlebih mau tak mau membuat kaki harus bekerja lebih keras untuk menahan tekanan yang besar. Akibatnya, kaki tidak mampu lagi memompa darah kembali ke jantung, sehingga akhirnya muncullah varises. Karenanya, kamu disarankan untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat dan berat badan ideal yaitu dengan membatasi makanan yang berlemak dan menggantinya dengan menu makanan sehat. Jangan lupa, rutinlah berolahraga.

Janganlah Duduk atau Berdiri Terlalu Lama, Biasakan untuk Melakukan Stretching Setiap Beberapa Jam Sekali

Percayalah, terlalu lama duduk atau berdiri akan menyulitkan pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung dengan efisien. Karenanya, penting sekali untuk meregangkan kaki dan berjalan setiap setengah jam. Hal ini penting terutama untukmu yang harus menghabiskan waktu untuk duduk selama berjam-jam. Namun jika yang terjadi sebaliknya, yaitu kamu sudah terlalu lama berdiri, beristirahatlah sebentar dan duduk dengan kaki terangkat ka atas selama beberapa menit.

Sering-seringlah Menggerakan Kaki Saat Sedang Duduk atau Bekerja dan Pijatlah Kaki dengan Minyak Esensial

Kuatkan otot kaki dengan cara menekuk dan menggerakannya naik turun agar peredaran darah jadi lancar. Atau cobalah cara lainnya yaitu dengan menggoyangkan kaki setidaknya selama lima menit sembari mengerjakan sesuatu. Namun kalau kamu lebih suka cara yang nyaman untuk mencegah varises yaitu dengan memijat kaki dengan menggunakan minyak esensial.

Minyak esensial diketahui punya manfaat yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah sekaligus meredakan peradangan. Karenanya minyak yang satu ini direkomendasikan untuk mengatasi masalah varises. Cukup oleskan lima tetes minyak esensial cypress (berasal dari pohon cemara) di area betis setelah pulang beraktivitas. Lalu pijat kaki dari ujung kaki mengarah ke atas. Hal ini akan membuat kaki jauh lebih rileks meski dibawa bekerja seharian penuh.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Setelah Olahraga, Jangan Terburu-Buru Melakukan Aktivitas yang Berat

Motivasi untuk berolahraga bagi orang-orang memang berbeda-beda. Ada yang rutin berolahraga lantaran ingin menurunkan berat badan, namun ada juga yang semata-mata ingin membentuk tubuh jadi lebih berotot. Namun sayangnya kebiasaan baik ini seringkali diselingi dengan hal-hal yang membuat latihanmu jadi sia-sia. Ya, aktivitas sesudah olahraga sebaiknya tidak boleh asal-asalan agar latihanmu bisa memberikan efek maksimal. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan seusai olahraga.

Kalau Lapar, Segeralah Isi Perutmu. Tak Baik Menahan Lapar Sesudah Kamu Berolahraga

Ketahuilah, rasa lapar setelah berolahraga adalah tanda bahwa nutrisi yang ada di dalam tubuhmu telah berkurang banyak karena latihan yang kamu lakoni menghabiskan banyak energi. Sementara, sisa nutrisi yang tidak terpakai tidak akan cukup untuk memulihkan tubuh yang kelelahan. Karenanya kamu disarankan untuk mengisi perut setidaknya 15-30 menit setelah berolahraga. Jika kamu menunggu lebih lama dari jangka waktu tersebut, maka kemungkinan besar kemampuan otot untuk tumbuh dan beregenerasi akan berkurang.

Namun Hindari Juga Makan yang Terlalu Banyak Atau Mengonsumsi Makanan Berlemak

Meski disarankan untuk makan setelah olahraga, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih ya. Mengonsumsi makanan dalam porsi besar atau mengonsumsi makanan berlemak justru akan menghasilkan kalori yang lebih besar daripada jumlah kalori yang kamu bakar saat berolahraga. Yang ada kalau tujuanmu berolahraga untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, ya hasilnya justru akan sia-sia.

Jangan Menunda Minum Sebab Tubuhmu Harus Tetap Terhidrasi

Melakukan aktivitas fisik yang lumayan berat membuatmu banyak mengeluarkan keringat bukan? Karenanya kamu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih setelah berolahraga agar tubuhmu tetap terhidrasi. Kalau kamu menunda minum atau malas minum air putih, yang ada membuat tubuhmu jadi dehidrasi sehingga membuat kamu akhirnya jadi merasa lelah atau mengantuk padahal tidurmu sudah cukup.

Usai Melakukan Latihan, Jelas Penting untuk Melakukan Pendinginan

Kebanyakan orang menyepelekan pendinginan dan lebih memilih langsung duduk dan beristirahat setelah berolahraga. Faktanya, pendinginan pun sangat penting dilakukan demi membuat otot lebih rileks setelah berolahraga. Di lain sisi, pendinginan juga akan membantu tubuhmu menurunkan frekuensi detak jantung dan tekanan darah agar normal kembali.

Hindari untuk Langsung Melakukan Aktivitas Berat

Biasanya, setelah berolahraga, otot akan mengalami kelelahan. Bahkan tak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan di beberapa jaringan otot karena terlalu kerasnya melakukan latihan fisik. Di lain sisi, melakukan aktivitas berat setelah berolahraga  tanpa ada jeda waktu untuk beristirahat bisa membuat otot jadi lelah dan lebih riskan cedera. Karenanya, berilah waktu untuk otot beristirahat dan pemulihan selama beberapa jam atau beberapa hari.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Mentalmu Akan Jadi Taruhannya Kalau Terlalu Sering Menonton Film Dewasa

Salah besar kalau yang menonton film dewasa hanya laki-laki saja. Faktanya, ada banyak lho perempuan yang belum bisa terlepas dari hobi ini. Mengutip dari Daily Mail, sebuah situs penyedia film porno bahkan merilis data di tahun 2017 jika sebanyak 26 persen pengunjungnya adalah perempuan. Kalau laki-laki mungkin terlihat lebih terbuka untuk membicarakan bahkan mendiskusikannya, tapi tidak dengan perempuan. Kebanyakan perempuan cenderung menutup diri jika mereka terbiasa menonton film dewasa. Saking tertutupnya, mereka pun jadi mengabaikan bahaya dibalik kebiasaan menonton film dewasa.

Bila Sudah Menikah, Kebiasaan Menonton Film Dewasa Hanya Akan Membuatmu Tak Percaya Diri Saat Melakukan Aktivitas Seksual Bersama Suami

Dalam video atau film porno, tokoh perempuan yang dihadirkan pastilah cantik dan menarik untuk memikat penonton laki-laki. Mulai dari perawakannya yang langsing, kulit putih, hingga memiliki payudara, dan bokong yang besar. Belum lagi area intim mereka yang terlihat bersih, putih, dan terawat. Jika laki-laki justru menikmati tontonan tersebut, hal itu tidak berlaku bagi perempuan. Sebab bisa saja perempuan justru jadi tidak percaya diri setelah melihat bintang porno yang fisiknya terlihat jauh lebih unggul.

Pengalaman menonton film porno bisa berimbas hingga hubungan pernikahannya kelak yaitu ketika perempuan melakukan aktivitas seksual, mereka cenderung tak percaya diri dengan penampilannya sendiri. Mereka takut jika nanti pasangannya mengharapkan yang ‘sempurna’ bak yang ada di film-film yang biasa mereka tonton.

Terbiasa Menonton Film Dewasa Sebelum Menikah Bisa Mendorong Kamu Melakukan Hal yang ‘Lebih’ Meski Belum Menikah

Namanya saja menonton film porno, pasti membuat penontonnya terangsang dan berimajinasi seakan-akan melakukan adegan tersebut dengan sosok yang ada di benak masing-masing. Benar adanya jika kecanduan menonton film porno justru lebih parah dibanding kecanduan narkoba. Sebab, yang awalnya hanya puas jika menonton, bisa saja lama-lama justru ingin ‘lebih’. Jika sudah muncul hasrat semacam ini, tak menutup kemungkinan perempuan jadi terdorong untuk melakukan seks di luar nikah.

Sama Seperti yang Terjadi Pada Otak Pria, Otakmu Pun akan Mengalami Penyusutan Kalau Kebiasaan Ini Sudah Dijadikan Hobi

Tahukah kamu, yang namanya menonton film dewasa nyatanya bisa mengakibatkan kerusakan otak. Peneliti di Jerman mengungkapkan, mereka yang gemar menonton film dewasa akan mengalami penyusutun volume otak di daerah striatum yang merupakan daerah di bagian otak yang berkaitan dengan motivasi.

Tak hanya kencanduan, terbiasa menonton film porno pun menyebabkan penurunan sensitivitas terhadap rangsangan seksual sehingga nantinya ketika melakukan aktivitas seksual membutuhkan ‘pengalaman’ yang lebih ekstrim untuk bisa terangsang.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top