Kesehatan & Me Time

Mengenali Jenis Jerawat Dan Cara Untuk Mengatasinya

Tumbuhnya jerawat di kulit sekitaran wajah menjadi salah satu hal yang selalu kita wanti-wanti, tak hanya bisa menimbulkan sakit terkadang jerawat juga bisa meninggalkan bekas diwajah. Hingga nanti berpengaruh pada tingkat rasa percaya diri yang kita miliki. Tapi untuk bisa menghilangkannyapun tidaklah sembarangannya.

Penanganan yang salah untuk mengatasi jerawat kadang malah menimbulkan luka dan masalah baru, karena tidak semua jerawat itu sama. Meski sekilas semuanya terlihat sama namun faktanya jenis-jenisnya itu berbeda begitu pula dengan cara penanganannya.

Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini pasti pernah dialami oleh semua orang, bentuknya pun sangat mudah untuk dikenali. Ditandai dengan ciri khusus yang kecil berwarna putih kemerahan. Jerawat biasa seperti ini biasanya timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori pada kulit dan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di daerah tempat diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang letaknya tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous. Meski terlihat sepele tapi kita perlu wasapada untuk bakteri ini karena bisa menimbulkan iritasi pada sekitar wajah.

Untuk menyembuhkannya kita dapat menggunakan bahan alami seperti tomat maupun buah  tomat maupun buah lemon. Ubah buah tersebut menjadi masker pada wajah untuk menghilangkan jerawat dan juga membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat pada wajah kita.

Komedo

Biasanya jenis jerawat yang disebut komedo ini biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak wajah yang berlebih. Jenisnya pun berbeda ada komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan ujungnya menghitam.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengobati jenis jerawat ini adalah dengan menggunakan putih telur, pisahkan putih dari kuning telur lalu celupkan kapas pembersih wajah kedaladm putih telur tersebut kemudian tempelkan ke sekitaran hidung kita yang terdapat komedonya.

Tunggu hingga kering dan kemudian angkat kapasnya, kita akan melihat banyak komedo yang berhasil tercabut kemudian bilang wajah menggunakan air hangat.

Jerawat Juvenil

Sering timbul dikarenakan masalah hormon dalam tubuh yang belum stabil, terjadi dalam usia kisaran 12 – 20 tahun. Untuk menyembuhkannya hindarai penggunaan produk kecantikan yang memiliki kadar PH terlalu tinggi.

Kita bisa menggunakan sabun khusus dengan PH yang memamg seimbang atau alternatif ter-aman bisa memakai sabun bayi yang memang masih cocok dengan keadaan kulit wjaah saat mengalami jenis jerawat juvenil ini. Usahakan untuk memilih cara yang aman karena kondisi kulit sedang sensitif.

Jerawat Batu

Kondisi Jerawat ini mungkin lumayan berbeda dengan jenis jerawat yang lainnya, ditandai dengan bentuknya yang besar keras, berwarna merah dan meradang. Timbul karena pertumbuhan sel yang tidak normal dan kelenjar minyak pada wajah yang berlebih, yang juga disebut sebagai Cystic Acne jerawat batu terbilang cukup sulit untuk diatasi jika tidak dengan perawatan yang tepat.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai, karena untuk proses pemulihannya cukup memakan waktu yang lama.

Jerawat Vulgaris

Untuk jenis jerawat yang satu ini, semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa.

Disebabkan oleh  kelebihan minyak pada wajah, perubahan hormonal pada tubuh kita atau efek samping dari pemakaian sebuah produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Untuk mengobati atau menyembuhkannya kita bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit wajah, salah satunya memakai handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah dan hindari pemakaian kosmetik yang tidak sebenarnya tidak cocok untuk kulit wajah yang kita miliki.

Kendalikan kadar minyak di wajah dengan menghindari makanan yang memang mengandung lemak, mungkin ini akan sedikit membantu akan tetapi jika kondisinya masih tidak ada perubahan sebaiknya kita coba konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ini adalah beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh beberapa perempuan dengan rentan usia anatara 12-30 tahun, selain untuk mengenali dan memahami cara untuk mencengah dan mengobatinya hal lain yang perlu kita perhatikan adalah pola makan dan waktu tidur serta pengaruh pikiran dan situasi hati.

Karena beberapa hal ini memang sangat berpengaruh dengan tingkat timbulnya jerawat pada wajah. Bisa mengenali jenis jerawat akan memudahkan kita untuk mengatasinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Perempuan Dengarkan, Begini Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar?

Apa hal yang kerap membuatmu tak percaya diri untuk memakai baju tanpa lengan? Salah satunya bisa jadi adalah karena bulu ketiak yang tak terkontrol dan tak terawat. Memang sih, sudah ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan demi kulit bersih bebas bulu. Tapi, jika sedang terburu-buru ingin bepergian. Mencukur, jadi pilihan yang sering kita lakukan.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah. Sudahkah kamu mencukur bulu ketiakmu dengan cara yang baik dan benar? Karena salah-salah dalam mencukur biar berakibat fatal loh, untuk kesehatan atau ketiak kita.

Untuk itu, kali ini biarkan kami memberitahumu 5 tips jitu yang perlu kamu perhatikan. Ketika ingin mencuku bulu ketiak.

Pertama, Pastikan Jika Ketiakmu dalam Keadaan yang Bersih

Sama seperti keberadaan bulu lain pada tubuh kita, bulu ketiak juga tentu memiliki peranan. Untuk tak menimbulkan suatu kekeliruan, sesaat sebelum mencukur bulu ketiakmu. Kita harus pastikan terlebih dahulu, apakah ketiak dalam keadaan bersih atau tidak.

Dan untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan sabun atau air hangat. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa-sisa dari deodoran dan bahan kimia lain yang kita pakai sebelumnya.

Yang Kedua, Pakai Gel Khusus yang Sesuai dengan Jenis Kulit Untuk Mencukur Bulu Ketiakmu

Saat ini ada berbagai macam gel yang dapat membantu kita dalam proses mencukur bulu ketiak. Ini bertujuan, agar pemukaan kulit ketiak terasa lebih licin ketika nanti dilalui oleh alat pencukur. Sehingga dengan kata lain, gel ini berfungsi untuk memudahkan kita mencukur bulu ketiak. Dan juga mengurangi resiko lecet atau terluka pada permukaan kulit.

Tapi jangan sampai salah pilih ya, sebab jenis kulit setiap orang pastilah berbeda-beda. Untuk itu, pastikan juga bahwa gel yang akan kamu pakai sudah sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. Jangan sampai alergi!

Selanjutnya yang Ketiga adalah, Berusahalah Untuk Mengangkat Tangan dengan Posisi yang Benar Selama Mencukur

Gerakan ini jadi salah satu hal yang akan membantu proses mencukur bulu  ketiak berjalan lebih cepat. Sebab, ini akan memudahkan kita melihat dengan jelas bagian mana dari ketiak yang masih ada bulunya.

Cobalah angkat lenganmu dengan posisi tangan sampai melingkar di atas kepala, hingga menyentuh telinga di sisi sebelah tanganmu. Posisi seperti ini akan menarik permukaan kulit ketiak dengan baik, sehingga bisa dicukur dengan leluasa oleh tangan yang satunya.

Dan yang Keempat, Gerakan Pisau Cukur Searah dengan Tumbuhnya Bulu Ketiak

Beberapa orang memang memiliki bulu ketiak yang tumbuh dengan arah yang serupa, tapi sebagian ada pula yang tumbuh tak beraturan. Maka sebaiknya, lakukan pencukuran dengan gerakan yang teratur, searah dengan tumbuhnya bulu ketiak, dari atas ke bawah. Dan lakukan gerakan serupa pada setiap sisi, yang mungkin berbeda.

Selain itu, perhatikan kecepatan gerakan mencukur yang kita lakukan. Jangan terlalu cepat, karena bisa melukai kulit ketiak.

Serta yang Terakhir, Olesi Krim Pelembab Pada Ketiak Setelah Proses Cukur Selesai

Nah, jika rangkain cara yang sedari tadi dijelaskan sudah selesaik kamu lakukan. Bilas lah bagian ketiakmu dengan air bersih dan sabun yang memang sesuai kulit. Dan jangan lupa juga, untuk memberi krim pelembab pada kulit ketiak agar terhindar dari kulit kering.

Ada banyak sekali mitos seputar mencukur bulu ketiak yang mungkin sering kamu dengar, dan salah satunya adalah membuat bulu ketiak tumbuh semakin tebal. Tapi ini adalah mitos, sebab mencukur bulu ketiak tak hanya akan menghilangkannnya sebentar bukan berarti akan mengubah ketebalan bulunya. Hanya saja, permukaan kulit ketiak akan berubah menjadi kasar, karena gesekan dari pisau cukurnya. Demi menghindarinya, sebaiknya jangan mencukur bulu ketiak setiap hari yaa…

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Sebagai Perempuan Cerdas, Kenalilah Tanda-tanda Awal Kanker Ovarium

Selama sekian tahun, para peneliti bekerja untuk menelaah lebih dalam lagi soal kanker ovarium. Ya, kanker yang satu ini jadi ancaman serius bagi perempuan. Berdasarkan data statistik yang dikutip dari Providr, Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan total penyintas kanker yang tinggi yaitu mencapai 22,280 kasus di tahun 2016 dan sebanyak 14.240 jiwa meninggal lantaran penyakit ini.

Penyebab tingginya angka penderita kanker ovarium lantaran penyakit yang satu ini sukar didiagnosis. Situasi ini berbeda dengan kanker serviks dimana banyak pihak mulai aware dengan kanker yang satu ini. Kendati demikian, peneliti sedang terus bekerja agar penyakit ini tak jadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Perlu diketahui, ada fase tertentu sebelum akhirnya sel kanker ovarium benar-benar jadi momok bagi penderitanya.

Pertama, seseorang dengan kanker ovarium akan mendapati tumor epithelial di rahim mereka. Diketahui, sebanyak 90 persen kasus kanker ovarium diawali dengan munculnya tumor jenis ini. Setelahnya, ada tumor baru yaitu stromal tumor yang menyerang jaringan ovarium yang bekerja memproduksi sel hormon. Tumor ini biasanya terdiagnosis di fase stadium awal kanker ovarium. Terkhusus perempuan muda, berhati-hatilah sebab kanker ovarium lebih banyak menyerang perempuan berusia produktif. Untuk itu, kamu perlu mengenali gejala kanker ovarium sebelum terlambat.

Perut Jadi Sering Terasa Kembung

Kalau kamu merasa perutmu jadi sering kembung, coba periksa ke dokter. Siapa tahu bukan hanya masuk angin biasa. Sebab gejala kanker ovarium pun biasanya ditandai dengan perut kembung. Jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu, yang penting kumpulkan niatmu untuk mengeceknya ke dokter

Merasa Sakit di Pinggul dan Perut Bagian Bawah

Ada yang mengatakan kalau saat haid, rasa sakit yang dialami perempuan itu normal adanya. Padahal tidak selalu. Saat haid sudah selesai namun rasa sakit di area pinggul dan perut bagian bawah tetap muncul, maka cobalah untuk memeriksakannya. Sebab ini bisa jadi tanda dimana perempuan harus waspada dengan ancaman kanker ovarium.

Selera Makan Menurun

Turunnya selera makan juga bisa jadi pertanda. Apalagi kalau hal ini terus berlangsung selama tiga minggu lamanya. Cobalah konsultasikan keadaanmu pada dokter. Bisa jadi ada yang salah dengan perut atau pencernaanmu. Atau jangan-jangan memang justru jadi gejala awal kanker ovarium.

Intensitas Buang Air Kecil pun Lebih Sering

Kebelet sedikit, hawanya harus segera buang air kencing. Kamu merasa tak banyak minum tapi intensitas buang air kecil cenderung meningkat. Kalau kamu mengalami situasi semacam ini, kamu patut curiga. Bahkan kalau misalnya kamu merasa lega, tapi semenit atau dua menit setelahnya muncul perasaan ingin buang air kecil lagi, nah ini yang perlu dipertanyakan. Jangan ragu untuk memeriksakannya, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Perempuan Jangan Hanya Piawai Dandan, Yakin Kebersihan Miss V-mu Aman?

Sebagai perempuan, ada kalanya kita mengabaikan kebersihan area intim. Padahal, untuk urusan yang satu ini juga tak bisa disepelekan lho. Kesehatan miss V sangat penting untuk dijaga. Karenanya, jangan sampai lalai memperhatikan serta memahami cara menjaga kebersihan area intim ya, Kawan. Terpenting, kamu harus tahu apa-apa saja yang harus dihindari dalam urusan menjaga miss V agar tetap terawat.

Hindari Kebiasaan Membersihkan Miss V dengan Sabun Mandi

Sejatinya kalau mau Miss V-mu tetap sehat dan kebersihannya terjaga, cukup bersihkan dengan menggunakan air hangat saja. Namun kalau kamu masih kurang merasa bersih, gunakanlah sabun khusus pembersih area kewanitaan. Sebab nyatanya kalau kamu justru sering membersihkan area intim dengan sabun mandi, yang ada malah meningkatkan risiko infeksi.

Meski Sedang Jadi Tren, Lebih Baik Tak Usah Lakukan Steaming Vagina

Mungkin cara ini sedang jadi tren. Tapi sebenarnya aktivitas steaming vagina ternyata punya dampak buruk lho. Saat uap panas diarahkan langsung ke organ intim, justru proses tersebut bisa berbahaya bagi miss V lantaran dapat membahayakan kandung kemih bagian rectum.

Di Indonesia Mungkin Tren Menindik Vagina Tak Terlalu digemari, Tapi Sekalipun Kamu Pernah Melihatnya, Lebih Baik Tak Usah Ikut-ikutan ya

Percayalah, menindik vagina merupakan hal terburuk yang pernah dilakukan pada organ intim. Tak peduli nanti atau kapan pun hal itu bisa jadi tren, tapi menindik vagina bisa menyebabkan iritasi bahkan infeksi. Jadi daripada miss V yang jadi taruhannya, lebih baik jangan lakukan atau ikuti tren semacam ini ya, Kawan!

Pakailah Celana Dalam dengan Bahan yang Nyaman

Pernahkah kamu mendengar istilah yeast infection atau infeksi ragi vagina? Situasi ini disebabkan lantaran perempuan memakai celana dalam yang cenderung terlalu ketat. Tuh kan, lagi-lagi kesehatan miss V yang terancam. Karenanya, dari sekarang cobalah pilih celana dalam dengan bahan yang nyaman seperti katun atau polyester. Terlalu ketat selain tak baik untuk organ intimmu, kulit pun jadi rentan iritasi.

Saat Haid, Jangan Malas Ganti Pembalut ya!

Menjaga kebersihan selama masa menstruasi juga sangat penting. Kamu perlu mengganti pembalut sesering mungkin untuk menghindari Miss V terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Setidaknya ganti pembalut setiap tiga hingga empat jam sekali. Ini yang seringkali diabaikan. Karena malas, kamu jadi terbiasa baru ganti pembalut kalau sudah berjam-jam. Wah, sebaiknya kurangi kebiasaan semacam ini, ya!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top