Sponsored Content

Lady biker, Cobalah Lakukan Ini agar tak terlalu capek di jalan!

Melakoni serangkaian kegiatan dengan sepeda motor setiap hari, jadi hal yang ngeri-ngeri sedap. Sebab meski kadang terasa menyenangkan, dilain waktu bisa juga melelahkan. Apalagi jika jarak tempuh yang kita lalui cukup jauh, ditambah dengan macetnya jalanan yang kadang menjengkelkan.

Sayangnya kita sering mengabaikan hal penting yang bisa membantu kita agar tak terlalu lelah ketika berkendara. Hal ini karena kita terbiasa melakukan hal yang sebetulnya berdampak buruk pada kenyamanan kita mengendarai sepeda motor. Setidaknya ada 7 hal yang harus diperhatikan.

1. Perhatikan Posisi Duduk, Tidak Terlalu ke Depan Tidak Pula Jauh ke Belakang

Sering jadi kekeliruan, beberapa orang berkendara dengan asal-asalan. Dan jika kamu adalah salah seorang yang sering duduk terlalu ke belakang atau ke depan. Jangan heran, jika tubuhmu sering merasa kelelahan.

Karena hal tersebut mengakibatkan posisi tubuh dengan kemudi motor menjadi tidak ideal. Maka sebaikya, aturlah posisi duduk saat berkendara dengan sebaik-baiknya. Usahakan duduk pada posisi tengah antara ujung dari jok depan motor dengan bagian tengah jok motor. Selain menghindari tubuh dari lelah yang berarti, ini juga akan membuat posisi yang stabil bagi setiap pengendara.

2. Jangan Membungkuk, Posisikan Punggung Tegak Lurus

Hayo ngaku, kamu pasti sering sekali melakukan hal ini. Entah karena memang sedang lelah atau memang sudah jadi kebiasaan. Posisi atau situasi punggung yang membungkuk akan mendatangkan perubahan posisi atau letak tulang punggung kita.

Berharap bisa merasa sedikit lega, hal yang kita dapat justru adalah semakin tak nyaman saja. Karena punggung bekerja sangat lelah selama kita berkendara karena membungkuk.
Latih diri untuk bisa lebih menikmati perjalanan dan tidak terlalu kaku. Biar bagaimanapun, posisi dan pikiran yang sedang rileks akan jauh lebih membantu.

3. Sepanjang Perjalanan, Setidaknya Pastikan Siku Tangan Menekuk Setidaknya 35 derajat

Jangankan untuk pergi touring atau mudik dengan motor ke kampung halaman, berkendara pada jarak dekat saja akan membuatmu lelah jika posisi tangan selalu tegak lurus ke depan.

Karena jika dilihat dari segi kesehatan berkendara, setiap pengendara dianjurkan untuk menekuk sikunya setidaknya 30 sampai 35 derajat. Tujuannya untuk menunda dan meminimalisir rasa lelah dan meredam efek guncangan pada bahu saat kamu melewati jalanan berbatu selama berkendara

4. Bahkan Posisi Pinggul yang Salah pun Bisa Jadi Sumber Masalah

Ingat ya, posisi duduk jadi point penting yang memang perlu diperhatikan dengan benar. Sepanjang kita berkendara posisi pinggul yang salah akan menjadi sumber masalah. Perlu kamu tahu, bahwa beban selama berkendara baiknya bertumpu pada otot besar/paha dan tangan, bukan pada otot pinggul.

Jika jaraknya masih dekat, mungkin tak akan menjadi masalah. Tapi jika kita akan bepergian pada jarak yang cukup jauh, hal ini jelas akan berpengaruh. Lagipula hal ini tak sulit untuk dilakukan, toh juga untuk kebaikan tubuhmu.

5. Pastikan Perlengkapan Kendaraan Kita Sudah Benar

Nah, selain posisi tubuh ternyata perlengkapan kita dalam berkendara juga berpengaruh pada tingkat lelah. Maka untuk itu, selalu pastikan jika kamu sudah melengkapi diri dan kendaraan sesuai standar yang telah ditentukan.

Misalnya, menggunakan helm SNI, sepatu sebagai alas kaki yang nyaman, dan selalu hindari untuk menempelkan benda-benda yang bisa membahayakan kita diperjalanan. Dan letakkan barang bawaan pada tempat yang sudah ada pada kendaraan.

6. Cepat Tanggap dengan Posisi Kaki Harus Selalu Siaga

Point penting lain yang juga wajib kita perhatikan baik-baik adalah berkonsentrasi dan tetap peka pada situasi. Tidak tegak, dan juga tidak terlalu mundur. Kamu yang mengendarai motor matic, disarankan untuk meletakkan kaki pada floor board yang tersedia, sedang para pengendara motor bebek, berada tepat ditengah sandaran kaki yang ada.

Sikap seperti ini jadi salah satu hal yang bisa mengantisipasi, kalau ada sesuatu yang terjadi. Selanjutnya, jika memang kamu sedang merasa lelah. Pada momen berhenti, entah itu pada lampu mereah atau macetnya jalan. Cobalah untuk menggerak-gerakkan kakimu sejenak. Ini akan membantu menghilangkan pegal dan lelah.

7. Dan yang Paling Penting dari Semuanya, Pilihlah Motor yang Nyaman Untuk Berkendara

Percaya atau tidak, peranan motor yang akan kita kenakan sangat berpengaruh pada tingkat kelelahan yang akan kita rasakan saat berkendara. Nah, untuk itulah kita perlu bijak dalam menentukan pilihan. Sekiranya motor mana yang pas untuk dijadikan teman di perjalanan.

Tampil dengan aura sarat modern, dengan berbagai macam fitur baik yang juga memberi kenyamanan, ada motor Suzuki Nex II yang layak kita jadikan pilihan. Dan tampilan paling mencolok ada pada headlamp yang berada di dalam fairing depannya, jadi salah satu yang membuatnya terlihat berbeda dari seri Nex sebelumnya. Memiliki floor board yang lebih luas, kita tak lagi takut kelelahan jika nanti akan berkendara dalam waktu yang cukup jauh dari biasanya.

Tak puas sampai disitu saja, Suzuki Nex II juga hadir dengan ruang kompartemen yang disematkan pada sisi kiri dan kanan. Sehingga bisa jadi tempat penyimpan barang yang cukup menguntungkan. Dan menariknya lagi, untuk beberapa varian tertentu dalam kompartemen ini terdapat charger untuk handphone.

Kita juga bebas memilih, varian dan warna sesuai selera, karena Suzuki Nex II datang dengan 5 varian sekaligus. Mulai dari Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant dan Standart. Dimana setiap varian juga memiliki warna-warna berbeda dengan karakter yang bisa kita sesuaikan dengan penampilan. Maka tak heran, jika motor matic ini disebut sebagai #KerenCaraBaru.

Tapi untuk perkara berapa kocek yang harus dikeluarkan, kita memang masih perlu bersabar. Karena PT Suzuki Indomobil Sales, akan mengumumkan harganya pada peluncuran resmi Suzuki Nex II pada beberapa waktu mendatang.

Untuk kita yang suka warna-warna cerah dan suka banyak grafis yang menganggu, bisa memilih varian standar. Sedangkan sporty runner, tampaknya diperuntukkan untuk mereka yang aktif dengan desain grafis yang senada. Selanjutnya ada juga fancy dynamic untuk kamu yang gemar tampil stylish dan yang senang dengan kemewahan ada pula warna polos doff di varian Elegant dan Elegant Premium.

Mari pastikan diri tak akan lagi dengan kelelahan dalam berkendara, dengan memahami beberapa tips tadi dan memilih kendaraan nyaman yang tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top