Kesehatan & Me Time

Katanya Laki-Laki Itu Kuat, Nyatanya Mereka Justru Lebih Rentan Depresi Ketimbang Perempuan

Secara garis besar sosok laki-laki memiliki kekuatan fisik yang jauh lebih kuat dari kita. Tapi nyatanya hal ini tak berlaku untuk semua hal dalam kehidupan. Sama halnya dengan kita, tentu mereka tidaklah sempurna.

Ada beberapa hal yang justru perempuan lebih unggul daripada laki-laki. Salah satunya dalam hal kemampuan menghadapi tingkat depresi dalam diri. Laki-laki yang selama ini kita pikir kuat, tak selamanya bisa bertahan.

Umumnya Hal Ini Disebabkan Oleh Ketidakmampuan Laki-laki Untuk Membagi Kegundahannya

Dari nilai keseluruhan yang ada, hampir 90% dari laki-laki sangat sulit untuk bercerita akan masalah yang sedang dihadapinya. Sebaliknya mereka lebih memilih untuk memendam sendiri semua yang dirasakannya. Tak heran jika mereka bisa berubah secara tiba-tiba, tanpa jelas apa penyebabnya.

Padahal bercerita bisa saja membantu mereka keluar dari masalah yang ada. Meski tak selalu menemukan solusi, setidaknya seseorang yang telah berhasil bercerita tentu mendapat sebuah kelegaan dalam hatinya. Masalahnya mereka justru sebaliknya. Sehingga tak heran, jika tiba-tiba semua persoalan yang ada berubah jadi benang kusut yang sangat sulit untuk diuraikan. Bahkan oleh mereka sendiri.

Diawali Dengan Gejala Depresi, Hanya Saja Jarang Disadari Laki-laki

Disebut sebagai bagian normal dari proses pendewasaan diri, laki-laki dan perempuan tentu akan mengalaminya. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara untuk menghadapinya. Sikap apa yang seharusnya kita lakukan. Bagi kita perempuan, tentu meluapkan semua tekanan dengan kesedihan.

Sedangkan laki-laki yang mendapati diri sedang depresi justru berpikir itu hanyalah bagian dari bentuk kekecewaan dan tak berarti apa-apa. Kemampuan untuk mengelola stres yang mereka miliki tak sebaik dengan yang kita miliki. Bahkan seorang peneliti bernama Shervin Assari, dari University of Michigan yang juga seorang pakar kesehatan dalam suatu waktu mengatakan, “Laki-laki harus memperbaiki cara mereka mengatasi depresi dan memobilisasikan sumber daya mereka ketika menghadapi stres”.

Penelitian Terbaru Yang Telah Dilakukan Beberapa Ahli Juga Membuktikan Bahwa Laki-laki Lebih Rentan Stres

Untuk mengatasi stres yang mereka alami, seringnya mereka ingin semuanya hilang dengan cepat namun cara yang dipilihnya sering salah. Jika sebelumnya organisasi kesehatan dunia atau WHO mengemukakan, perempuan lebih mudah stres. Sayangnya penelitian terbaru hadir untuk mematahkan temuan WHO yang terdahulu.

Berdasarkan Research Investigator of Psychiatry, University of Michigan, AS, laki-laki lebih rentan mengalami depresi dibandingkan wanita. Bahkan, mereka juga lebih rentan dalam merangsang setiap penyebab stres (stressor) selama periode jangka panjang. Dimana data yang dipakai pada penelitian tersebut menemukan, sebanyak 50% laki-laki lebih rentan terhadap efek stres, sehingga berisiko besar mengalami depresi daripada wanita.

Penghuni Rumah Sakit Jiwa Yang Kebanyakan Didominasi Oleh Laki-laki Semakin Memperperkuat Bahwa Laki-laki Memang Lebih Rentan Stres

RSJ

Rupanya temuan bahwa laki-laki lebih rentan stres memang tak main-main. Cobalah tengok beberapa rumah sakit jiwa yang ada, orang yang berada di dalamnya di dominasi oleh kaum adam. Kekurangan mereka yang tak cukup lihai dalam meluapkan rasa stress, jadi penyebab utamanya. Memendam semuanya seorang diri dan tak ekspresif sehingga tekanan batin yang mereka punya kian menumpuk.

Alhasil sesuatu yang tadinya terlihat biasa, berubah jadi sesuatu yang mengerikan. Karena bisa berujung pada penyakit kejiwaan. Meski tak semua laki-laki seperti itu, namun secara mayoritas kita jauh lebih pintar untuk melepas stres dengan berbagai cara. Sehingga lepas dari ancaman masuk rumah sakit jiwa, meski tak selalu begitu adanya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Karena Merangkai Momen Bersama Si Dia Tak Cuma Saat Makan Berdua

Mencari momen demi menghabiskan waktu bersama pasangan di tengah kesibukan sebagai pekerja biasanya jadi tantangan tersendiri. Ujung-ujungnya meja kafe atau restoran menjadi saksi bisu setiap pertemuan yang selalu kamu perjuangkan. Tapi kalau dalam sebulan kamu hanya menghabiskan waktu untuk makan berdua atau nonton film saja, apa kamu tak khawatir hubungan akan terasa hambar?

Cara menghabiskan waktu berdua itu sejatinya bervariasi. Hanya saja, kamu dan pasanganmu harus pintar mengatur waktu. Jangan sampai setiap akhir pekan dimana seharusnya kamu dan dia bisa saling merangkai momen, tapi hanya diisi oleh kegiatan yang itu-itu saja. Mulai dari sekarang, coba pikirkan kira-kira apa saja yang bisa masuk dalam daftar rencana pertemuanmu bersama si dia. Tak perlu mahal apalagi mewah, karena sejatinya yang terpenting kalian berdua bisa menghabiskan momen bersama.

Saat Pasangan Sedang Penat dengan Beban Pekerjaan, Karaoke Bersama Jelas Bisa Jadi Pilihan

Kalau yang ini cukup fleksibel. Bisa dilakukan sepulang kerja maupun di akhir pekan. Seandainya pasanganmu mengeluh kalau beban pekerjaannya hari ini cukup banyak, karaoke bisa jadi salah satu alternatif meredakan kepenatan.

Berdasarkan penelitian dari Sekolah Kedokteran University of Maryland, mendengarkan musik maupun berkaraoke dapat meredakan stress setelah seharian bekerja. Tak usah sampai berjam-jam, cukup sediakan waktu satu hingga dua jam dan kalian bisa saling merangkai momen bahkan sekalipun dengan singing battle.

Saat Gajian Tiba, Habiskan Waktu untuk Belanja Kebutuhan Bulanan Bersama-sama

Kamu dan dia sudah sama-sama dewasa dan realistis terhadap hubungan yang kalian bina. Bukankah menyenangkan kalau di awal bulan atau ketika kamu gajian, kamu minta ditemani untuk belanja ke supermarket? Selain berlatih untuk kehidupan setelah pernikahan, kalian bisa saling diskusi banyak hal. Entah soal snack favorit, sayuran yang disuka maupun yang dibenci, atau sekalipun diskusi soal harga bahan-bahan makanan.

Kalaupun kamu masih tinggal bersama orangtua, tak masalah. Cukup bicarakan kepada kedua orangtuamu kalau giliran belanja bulan ini adalah tugasmu. Setelahnya, kamu pun cukup meminta izin kalau ingin pergi belanja bersama pasangan.

Habiskan Akhir Pekan Bersama dengan Berkunjung ke Tempat Wisata

Dua hari di akhir pekan jelas cukup untuk digunakan pelesiran ke sejumlah tempat wisata dalam kota. Buatlah rencana semacam short escape berdua. Soal tempat wisata, kalaupun di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata alternatif seperti museum atau galeri seni.

Bahkan kamu bisa mencicipi pergi ke perpustakaan. Akan ada sensasi unik nan lucu ketika berdua dengan pasangan namun tak boleh bebas berbicara. Kamu juga bisa mencoba mendatangi tempat-tempat yang mengkombinasikan hal-hal tersebut dengan tempat makan. Seperti cafe yang dilengkapi galeri seni atau tempat mencicipi kopi yang punya banyak koleksi buku.

Kalau Tak Suka Keramaian di Tempat Wisata, Cukup Ajaklah Si Dia Berkeliling Kota

Memilih bepergian saat libur memang harus siap dengan konsekuensi ramainya lokasi wisata yang akan kamu datangi. Seringkali kalau kamu atau pasanganmu tipikal yang tak suka keramaian, hal semacam ini jadi penghambat sehingga berujung batalnya rencana yang sudah kalian susun.

Begini, daripada tidak jadi, lebih baik buat rencana alternatif yaitu dengan mengajaknya berkeliling kota. Saat libur, jalanan tak akan semacet biasanya. Berkendara pun jadi lebih leluasa. Kamu bisa menghabiskan sore atau malam hari dengan mengantarnya ke tempat yang ingin dia datangi.

Soal kendaraan, kamu jangan sampai salah pilih. Selain menyenangkan kendaraanmu pun harus cukup nyaman diajak berkeliling kota. Coba lirik motor Address Playful dari Suzuki. Skuter berjiwa anak muda ini punya karakter yang bisa menceriakan harimu dan si dia. Lantaran dirancang dengan beragam karakter dan aktivitas, skuter ini siap mengikuti segala rencanamu bersama si dia sepanjang hari.

Apalagi Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang menghasilkan performa yang baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1. Dengan kombinasi penampilan menarik dan teknologi canggih ini, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan sembari membonceng si dia.

Menariknya, Suzuki Address Playful punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodi agar terlihat menarik dan penuh gaya. Terdapat warna Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange dan Ice Silver.

 

Aksesori panel bodi yang penuh warna pada skutik ini meliputi bagian frame cover, handle cover, leg shield dan stripping set. Serunya aksesoris panel bodi ini juga bisa dibeli di jaringan dealer resmi Suzuki berikut jaringan bengkel resminya di Indonesia.

Selain warnanya yang menarik motor ini cocok untuk penggunaan harian karena dimensi bodinya yang mungil dengan dimensi pas dan seimbang. Dimensi bodi panjang 1855 mm, lebarnya 655 mm dan tinggi 1095 mm serta memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 1260 mm. Bodi yang cukup mungil dan ramping hanya memiliki bobot sebesar 97 Kg.

Skutik ini juga nyaman karena didukung suspensi depan dan belakang yang tangguh. Untuk bagian depan menggunakan suspensi tipe Telescopic Coil Spring Oil Damped. Sedangkan untuk belakang Suzuki Address Playful menggunakan suspensi tipe Swingarm Coil Spring Oil Damped.

Dengan kombinasi macam ini merangkai momen berdua dengan pasangan akan terasa lebih menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Karena Cowok Sejatinya Adalah Penunda Sejati…

Punya pacar yang suka menunda-nunda banyak hal seringkali merepotkan diri sendiri. Bilangnya hanya sebentar tapi ujung-ujungnya kita diminta menunggu tanpa kejelasan sampai bosan melanda. Harusnya cowok itu mengerti kalau menunggu tak menyenangkan, dan apakah di kepala mereka tak terpikir kapan mau berubah untuk tidak terus-terusan menunda?

Curhatan semacam ini sering kita dengarkan bukan? Ya begini, entah cowok punya alasan logis atau tidak, sejatinya cowok itu memang memiliki kecenderungan lebih suka menunda sesuatu dibanding cewek. Mungkin sebagai cewek, rasa sabar kalian sudah berada di ambang batas, tapi sebaiknya kalian pun tak menjadikan kebiasaannya suka menunda-nunda itu sebagai alasan untuk bertengkar ya! Sebaiknya bicarakan dengan cowokmu, kira-kira apa penyebabnya sehingga dia begitu sering menunda.

Kalau Sudah Bersama Teman-teman, Pasti Mereka Sungkan untuk Sekadar Pamit Pulang Duluan

Katanya cowok suka merasa tak enakan kalau harus pamit duluan saat sedang bersama teman-temannya. Mereka beralasan, selama ini sudah jarang ngobrol intens dengan kawan-kawannya, sehingga kalau ada waktu, rasanya tak etis kalau harus pamit lebih dulu dan mengakhiri obrolan. Nah, untukmu cewek, kalau alasannya semacam ini, kira-kira kamu masih mau memaklumi atau tidak?

Kebanyakan Cowok Punya Cara Pandang yang Sama, Semua Pasti Berjalan Lancar Kalau Dikerjakan Tanpa Terburu-buru

Ini khusus untukmu yang punya rekan kerja cowok. Suatu waktu mereka pasti pernah bersikeras untuk melakukan pekerjaan dengan santai lantaran yakin pekerjaannya pasti akan selesai dan berjalan mulus. Jika cewek memandang hal ini sebagai sebuah penundaan, lain dengan mereka. Ya, cowok yang suka mengerjakan suatu hal dengan santai lebih suka dikatakan sebagai seseorang yang tengah menikmati pekerjaannya. Sebagai cewek, dimana kamu harus satu tim dengan mereka, rasanya jengah memang. Apa lagi kalau sedari awal niatnya memang santai, harusnya ya dibicarakan sejak awal bukan?

Antara Cewek dan Cowok Sering Terjebak Dalam Pikiran yang Berbenturan, Termasuk Soal Kebiasaan

Hal paling mengesalkan adalah ketika cowok menganggap sebuah penundaan sebagai hal baik. Mereka juga dengan santai mengatakan kalau cowok sejatinya sudah benar dan justru menyalahkan para cewek yang dianggap terlalu terburu-buru. Situasi semacam ini rentan terjadi lantaran isi kepala cowok dan cewek memang berbeda Kawan! Jika sedang berbenturan, sebaiknya berikan dia penjelasan sehingga kalian berdua tak perlu saling adu pendapat. Ajak si cowok untuk lebih disiplin terutama jika hal itu menyangkut pekerjaan.

Ada Kalanya yang Membuat Cowok Jadi Penunda Lantaran Mereka Selalu Berpikir Panjang Sebelum Mengambil Tindakan

Mungkin alasan yang satu ini terbilang masuk akal. Ya, meski kebiasaannya yang suka menunda membuat kita uring-uringan, tapi ada alasan jelas dibalik semua itu. Ya, cowok suka menahan atau menunda sesuatu lantaran sibuk memikirkan dampak yang akan ditimbulkan setelahnya. Mereka tidak gegabah karena selalu berpikir panjang sebelum ambil keputusan. Jadi itulah alasan mereka mengapa sebuah penundaan dikatakan sebagai hal baik. Kalau menurutmu bagaimana?

Tapi Sejatinya Cowok Juga Perlu Peka Kalau Cewek Paling Anti Jika Diminta Menunggu Lama

Ya bagaimanapun situasinya, kita tak bisa menyalahkan cowok maupun menuntut mereka agar mengerti kita. Tapi cobalah untuk memberi penjelasan dengan pelan-pelan dan bicarakan soal pandanganmu padanya. Katakan padanya bahwa sikapnya yang hobi menunda-nunda itu membuatmu kesal. Untuk itulah kamu dan dia perlu bicara supaya di lain waktu dia pun tahu kalau kamu paling anti apa lagi saat diminta menunggu lama.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Nyeri Saat Haid Lebih Baik Atasi dengan Yoga dibanding Mengonsumsi Obat-obatan 

Jadi cewek katanya memang banyak cobaan. Mulai dari galau ditinggal gebetan, gundah menunggu kepastian, hingga kesal kalau datang bulan tiba. Tapi mungkin momen yang paling mengesalkan adalah ketika masa Pre Menstruation Syndrome (PMS). Bukan hanya kondisi psikis yang jadi serba sensitif, tapi juga nyeri di perut yang tak tertahankan. Aku tahu, saat kondisi seperti ini rasanya mengonsumsi obat peluruh rasa sakit pun tak ada manfaatnya.

Sebenarnya, ada cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi keluhanmu yaitu dengan melakukan gerakan yoga yang sederhana. Kalau kamu belum pernah mencoba yoga, jangan salah sangka dulu. Tak semua gerakan yoga sulit dilakukan. Kamu hanya perlu memperhatikan.

Cobalah Duduk Bersila dan Tenangkan Dirimu. Membiarkan Diri Tetap Rileks Akan Membuat Nyeri Hilang Perlahan

Yoga memang identik dengan ketenangan pikiran dan jiwa. Gerakan yang ada pada yoga pun memang difokuskan untuk memunculkan rasa tenang. Salah satu gerakan yang paling ampuh yaitu duduk bersila (kapalabhati) – di mana posisi tubuh duduk bersila dengan meletakkan tangan pada masing-masing ujung lutut. Pose sederhana ini dipercaya dapat melancarkan pernapasan yang gerakannya bisa merenggangkan otot-otot kaku. Hasilnya, tubuhmu akan rileks dan nyeri haid ikut berkurang.

Kurangi Rasa Nyeri Pada Bagian Bawah Perut dengan Melakukan Seated Forward Fold

Saat sedang haid, biasanya bagian perut bagian bawah begitu terasa nyeri. Untuk meredakan nyeri, kamu bisa menggerakan tubuh dengan duduk sambil kaki dan tangan diluruskan. Kepalamu pun menunduk mengarah ke jari-jari kaki dan berusaha menggapainya dengan tangan secara perlahan. Kalau kamu melakukan gerakan ini secara berulang, aliran darahmu jadi lebih lancar, sehingga rasa nyeri berkurang.

Meski Bukan Anak Kecil Lagi, Tapi Mengaplikasikan Gerakan Bak Anak Kecil yang Sedang Merengek Sejatinya Ampuh Meredakan Rasa Nyeri

Nyatanya, menerapkan pose yang bak anak kecil sedang merengek ternyata baik untuk meredakan nyeri saat haid. Kamu dapat memposisikan tubuh sedang bersujud, lalu tangan dibentangkan ke depan sampai terkena lantai. Pertahankan letak tangan tersebut, kemudian ambil napas pelan-pelan dan hitung sampai 10 kali. Pelan tapi pasti, rasa nyeri dan anggota yang terasa tak nyaman dapat menghilang seketika.

Gerakan Pavanamuktasana Meredakan Ngilu pada Perut Sekaligus Melancarkan Pencernaan

Untukmu yang susah kentut, pencernaan bermasalah, dan nyeri di bagian perut, cobalah menerapkan gaya yoga pavanamuktasana ini. Biarkan tubuhmu berbaring, lalu salah satu kaki atau dua-duanya ditekuk dan dipegang hingga ke dada. Gerakan ini akan memberikan kenyamanan pada daerah perut.

Untukmu yang Suka Tengkurap, Cobalah Locust Pose Agar Tubuh Semakin Rileks

Kamu mungkin sering tengkurap apa lagi kalau nyeri saat haid sangat terasa. Tapi, tahukah kamu kalau ada gerakan yang memang bisa membuat ngilu pada perut berkurang dengan cara tengkurap? Ya, cobalah Locust Pose. Gerakan ini memposisikan tubuh dalam posisi tengkurap, lalu arahkan tangan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kaki berbarengan sambil menghela napas. Lakukanlah hingga lima kali napas panjang. Pelan tapi pasti, nyeri pada perutmu pasti mereda.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Agar Nanti Terlihat Masih Muda, Meski Sudah Lanjut Usia

Menjadi tua memang jadi salah satu hal yang tak bisa kita tolak. Sebab sekuat apa pun kita menghindarinya, kita semua akan sampai pada masa itu. Seiring dengan bertambahnya usia, kegembiraan saat masih remaja berubah jadi sebuah kekhawatiran akan hari tua.

Dan jika boleh berpendapat, salah satu hal yang mungkin akan kita takutkan ketika nanti akan tua adalah wajah yang tak lagi secantik dulu. Tak bisa ditolak memang, sebab semua itu adalah proses dan bagian dari kehidupan. Tapi, kini ada metode sederhana yang kita lakukan dari sekarang untuk memperlambat  proses penuaan.

Tak Berlaku Untuk Semuanya, Namun Mulai dari Sekarang Batasi Konsumsi Alkohol yang Kamu Minum Setiap Harinya

408a66b64a66b7eb

Memang tak selalu berdampak buruk, karena faktanya ada beberapa jenis alkohol yang justru baik untuk dikonsumsi. Namun mengonsumsi alkohol secara berlebihan, ternyata jadi salah satu pemicu penuaan dini. Maka jangan heran, jika suatu kali kamu mendapati seorang peminum alkohol yang terlihat lebih tua dari perempuan seumurannya yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali. 

Sebab zat yang terkandung pada alkohol tersebut dapat mengakibatkan kulit kita dehidrasi hingga membuatnya kehilangan kolagen. Hal ini akan mempercepat kulit kehilangan elastisitas, dan merubah warna kulit lebih cepat dari yang seharusnya.

Rajin Membersihkan Wajah dari Kotoran Adalah Hal Lain yang Harus Kita Lakukan

fa2da137a9520fc4

Sekilas aktivitas ini mungkin terlihat sebagai hal yang tak akan berpengaruh apa-apa. Padahal faktanya, intensitas dan bagaimana cara kita untuk membersihkan wajah ternyata berpengaruh pada proses penuaan dini.

Membersihkan wajah dengan gerakan yang terlalu kasar, dan pola yang terlalu sering juga tidak disarankan. Situasi ini akan mengabatkan penuaan pada wajah terjadi lebih cepat.

Untuk itu, perlu membersihkan wajah dengan foam pembersih yang sesuai dengan kulit. Dan jika memang harus mencuci wajah terlalu sering, bahkan melebihi 2 kali, pilihlah sabun atau foam yang memang benar-benar cocok untuk kulit tanpa menimbulkan efek samping.

Tak Perlu Olahraga yang Berat, Kamu Hanya Perlu Rutin Melakukannya

d6242b6b2bd39654

Tak hanya cukup mencegah penuaan dini dengan perawatan dari luar saja, tapi juga dari dalam. Dan salah satunya dengan olahraga yang teratur pada pagi atau sore hari.

Kita pun bisa memilih olahraga mana yang akan ditekuni, tak perlu berat asal dilakukan secara rutin. Peredaran darah yang jauh lebih lancar, menjaga kulit tetap kencang. Sehingga dipercaya akan memperlambat proses penuaan pada diri kita.

Istirahat Cukup Untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik

cc65139337644cf3

Selain alasan kesehatan, tidur nyaman dengan intensitas yang cukup dipercaya jadi hal lain yang akan mampu menjaga kulit kita tetap terlihat awet muda. Karena ketika kulit mulai mengalami penuaan, kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

Dan jika ternyata waktu tidur yang kita dapatkan kurang dari 8-9 jam dalam sehari, maka jangan heran jika suatu waktu nanti wajah akan terlihat lebih tua 5 tahun dari usia yang sebenarnya.

Serta Penuhi Kebutuhan Akan Air Putih, Setiap Hari Minimal 8 Gelas Sehari

fc60033fc946709f

Usai bertambah, kulit kita jelas akan semakin mudah kering dari biasanya. Bahkan jika memang kamu memperhatikannya, minyak yang dihasilkan oleh kulit tak lagi sebanyak dulu.

Selain sebagai detoksifikasi tubuh, minum air putih dengan takaran yang pas akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Sehingga proses penuaan yang tadinya telah kita rasakan, jadi akan berjalan lebih pelan. Karena konsumsi air putih yang cukup, akan menyebabkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh terbuang.

Gunakan Pembersih serta Krim Wajah yang Bagus dan Sesuai dengan Jenis Kulit

a8b1d4f7c6220757

Ini jadi perkara yang serius, sebab segala bahan perawatan yang kita pakai sekarang kelak akan memiliki efek masing-masng. Maka sebisa mungkin pilihlah jenis pembersih dan krim yang memang benar-benar sesuai dengan jenis kulit. Dan tak lupa pula, aman untuk dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Tetap Penuhi Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan dengan Mengonsumsi Berbagai Macam Makanan

d0634ea92ff490f8

Ini jadi bagian paling penting yang juga tak boleh dilupakan, sebab jenis makanan yang kita konsumsi jadi penentu kesehatan tubuh dan kulit. Dan bukti nyata yang bisa kita lihat, cobalah tengok dia yang mempunyai pola makan sembarangan dengan dia yang sangat menjaga pola makannya.

Dia yang makan dengan pola teratur jelas akan terlihat jauh lebih muda dari mereka yang tak menjaga pola makan, dan yang tak menjaga pola makan terlihat lebih tua dari seharusnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top