Inspirasi & Motivasi

Karena Stroke Tak Memandang Usia, Pastikan Kamu Tahu Bagaimana Mengatasinya

Untuk urusan penyakit, kita tentu tak boleh memilih-milih. Mana sakit yang seharusnya datang dan mana yang tidak. Berkaca dari banyaknya tingkat kematian mendadak yang justru banyak menyerang orang muda, agaknya kita perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Dari berbagai macam penelitian yang dilakukan para ahli, serangan jantung dan stroke jadi salah satu pemicu kematian mendadak bagi manusia. Dan kebiasaan serta pola hidup pada orang-orang yang masih produktif jadi salah satu alasannya. Mulai dari kebiasaan merokok, membiarkan kolesterol tinggi, stres berlebih, hingga malas berolahraga.

Terdengar tidak terlalu serius, faktanya stroke jadi salah satu penyakit yang kerap menyerang orang-orang muda di usia produktifnya. Tidak percaya? Coba baca beberapa informasi di bawah ini!

Faktanya Serangan Otak Tiga Kali Lipat Justru Terjadi pada Perempuan Berusia 35 hingga 54 Tahun

dependent-dementia-woman-old-70578

Mitos akan pernyataan bahwa stroke hanya akan menyerang mereka yang sudah tua, tampaknya telah terpatahkan. Sebagaimana data yang telah dikeluarkan oleh penelitian di Neurology,Pada pertengahan 1990 hingga 2000-an, terjadi peningkatan stroke sekitar 54 persen terhadap orang dewasa yang berusia 20 hingga 45 tahun, dari data sebelumnya pada tahun 1988-2004 masih terjangkit pada mereka yang berusia 34-54 tahun”.

Berdasarkan informasi lain yang juga dipublikasi di Neurologi diketahui bahwa jumlah orang yang terkena stroke memang berkurang. Tetapi jumlah orang yang terkena stroke pada usia muda justru meningkat. Meskipun hal ini dibantah oleh Andrew Russman, DO, seorang ahli saraf dan spesialis perawatan stroke di Cleveland Clinic, “Memang beberapa penelitian menunjukkan adanya peningkatan stroke pada usia muda, tetapi dengan bukti yang masih kurang”. Namun bukan berarti kita lantas bisa mengabaikannya resiko itu bukan?

 

Maka Untuk Bisa Lebih Mempersiapkan Diri, Pahami Dulu Apa Itu Stroke 

Gejala Stroke

Secara garis besar gejala stroke dapat dapat diartikan sebagai kondisi tubuh ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, maka ada beberapa kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Dengan kata lain, saat pasokan darah tak lagi berjalan ke otak maka sel-sel otak akan mulai mati. Ini jadi salah satu akibat paling fatal yang akan dialami seseorang, jika tak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Karena otak kita hanya akan dapat befungsi dengan baik jika oksigen dan nutrisi yang dihantarkan oleh darah dapat sampai dengan baik. Maka jangan heran, jika ada seseorang yang secara tiba-tiba meninggal hanya karena stroke.

 

Hingga Pada Pertanda-pertanda Kecil yang Sering Kita Abaikan

Tanda-tanda

Secara tidak sadar kadang banyak hal-hal yang sebenarnya telah jadi tanda bahwa tubuh kita hampir diserang oleh stroke. Jika pada orang telah lanjut usia, stroke biasanya ditandai dengan perubahan bentuk beberapa bagian bentuk tubuh hingga pada kemampuan bicara. Sedangkan pada kita yang masih terbilang muda, sering ditandai dengan memburuknya penglihatan, nyeri di kepala yang berat, kesulitan bicara dan memahami kata-kata, hingga mengalami keseimbangan yang buruk dalam berjalan.

Tidak seriusnya kita dalam memahami semua tanda-tanda ini kerap berujung pada akibat yang fatal. Padahal jika mau sedikit lebih peka pada perubahan diri sendiri, kita bisa saja terhindar darinya.

 

Ketahui Pula Bagaimana Penyakit Ini Hadir pada Kehidupan Kita

Stress

Di negara kita sendiri stroke masih jadi pembunuh nomor satu. Sebagaimana data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, terdapat sekitar 12 penderita stroke per 1000 penduduk di Indonesia. Dan sesuai data yang tertera pada hasil riset tersebut, mereka yang berusia diatas 65 tahun memang lebih beresiko lebih besar terkena stroke. Namun 25 persennya terjadi pada mereka yang masih berusia dibawah 65 tahun tak terkecuali anak-anak.

Selain itu, stroke juga menyerang mereka yang sirkulasi darahnya terganggu akibat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi serta detak jantung tidak teratur atau fibrilasi atrium, dan diabetes.

 

Dan Demi Menghindari Komplikasi yang Fatal, Lakukan Penanganan Tepat Sesuai Kebutuhan

pexels-photo-263402

Sebagai salah satu penyakit mematikan, stroke sering dinilai sebagai sumber segala penyakit. Bahkan mesti tadinya tak menderita penyakit yang cukup berbahaya, ketika seseorang mengidap stroke banyak penyakit yang tiba-tiba menggerogoti tubuh kita. Untuk penangannya, sebaiknya kita memang berkonsultasi langsung dengan dokter yang memang sudah ahli demi mendapat penanganan yang intensif dan benar. 

Untuk menanganinya pun dokter punya langkah yang berbeda-beda. Karena ternyata gejala penyakit ini masih terbagi atas beberapa bagian lagi.

Stroke Iskedemik merupakan gejala stroke yang disebabkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh darah otak tertentu. Sehingga daerah otak yang harusnya dialiri darah oleh pembuluh darah tersebut tidak mendapat pasokan energi dan oksigen. Maka jaringan sel-sel otak di daerah tersebut akan mati dan tidak berfungsi lagi. Maka biasanya dokter atau ahli medis yang akan menangani penderita stroke iskedemik akan membatasi daerah yang mengalami infark dengan meningkatkan perfusi darah ke otak, mengobati penyakit yang menjadi penyebab stroke.

Dan berbeda dengan

Stroke pendarahan, umumnya dokter akan melakukan beberapa terapi konservatif yaitu terapi obat dan bedah. Tujuan dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan, menghentikan, dan mencegah perdarahan yang terjadi di pembuluh darah otak.

Kita tak tahu kapan satu penyakit akan menyerang tubuh kita, maka menjaga pola hidup  yang sehat adalah sebaik-baiknya cara untuk menghindari kita dari berbagai macam penyakit.

Selamat Hari Stroke Internasional!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Referensi Gaun Bernuansa Natal yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Bisa menemukan pakaian yang pas dan sesuai keinginan, kerap jadi tantangan. Apalagi untuk kamu yang sebentar lagi mau merayakan Natal nih. Pasti sedang bingung-bingungnya kan, mau pakai apa di perayaan hari besar.

Paham apa yang sedang kamu rasakan, kali ini Ruangperempuan, punya beberapa referensi model gaun yang bisa kamu jadikan pilihan. Jadi kamu tak perlu bingung lagi ya…

Mini Dress Merah dengan Pita di Tengah

Sumber : .pinterest.com

Natal selalu identik dengan warna merah, mengenakan gaun ini kamu akan selalu berhasil menyedot perhatian. Untuk kesan yang menyempurnakan penampilan, ambil sepatu coklat dan clutch senada milikmu.

Masih Berwarna Merah, Gaun Berbahan Brukat Pun Layak Dicoba

Sumber : https://danimarieblog.com

Kalau selama ini, gaun merahmu selalu berdekam di dalam lemari. Ini saatnya, kau membawanya keluar dan mengenakannya di momen Natal. Meriah dengan warnanya, gaun ini akan membuatmu terlihat seksi walau modelnya tidak terbuka.

Selanjutnya, Ada Gaun Warna Peach yang Akan Membuat Penampilanmu Kian Manis

Sumber : pinterest.com/amberlfillerup

Jauh dari kata cerah, namun gaun berwarna peach ini tak kalah cantiknya loh. Kamu hanya butuh mencari sepatu dan aksesoris lain yang senada, padukan dengan tatanan rambut yang sesuai. Natal kan jauh lebih mengesankan.

Hitam dengan Motif Bunga? Mau Mencoba?

Sumber : .pinterest.com

Selain untuk menghadiri acara berduka, warna hitam juga bisa dikenakan di hari-hari bahagia loh. Apalagi jika gaun hitamnya, disertai motif bunga seperti ini.

Untuk Kamu yang Tak Suka Ribet, Model Gaun Simpel Ini Bisa Jadi Jawaban

Sumber : pinterest.com

Tak mengusung model yang terlalu rumit. Gaun berwarna bata muda dengan motif bunga ini memberikan efek jenjang pada yang memakainya. Karena garis leher ‘V’ yang diaplakasikan. Jadi pas banget nih buat kamu yang kurang pede karena tak terlalu tinggi. Nah, kira-kir mau pilih model gaun yang mana nih?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Soal Memotong Poni Sendiri, Penata Rambut Asal Amerika Punya Tips-tipsnya

Memotong poni sendiri suka ditakutkan banyak perempuan. Ini karena kalau salah potong poni justru bisa membuat tampilan jadi tampak konyol. Rambut, kan, tidak tumbuh seperti semula dalam semalam. Bukan hanya kamu yang kesulitan memotong poni, Brooke Jordan, seorang stylist pun lebih memilih orang lain untuk memotong poninya.

“Untuk memotong poni yang bagus sesungguhnya membutuhkan banyak strategi dan teknik yang mempertimbangkan bentuk wajah, panjangnya, dan menciptakan movement, serta tekstur.” katanya. Tapi sebagai seorang penata rambut sekaligus pengarah gaya, Jordan punya tips untukmu yang memang lebih suka memotong poni sendiri tanpa harus ke salon.

Pertama, Atur dan Tengahkan Rambutmu dulu, Kawan

Hairstylist asal Amerika Serikat, Kirsten Patterson menyarankan untuk membawa semua rambut ke tengah supaya rambut yang paling dekat dengan garis rambutmu terarahkan ke tengah. Hal ini akan memudahkanmu membentuk poni yang diinginkan.

Basahkan Rambut Agar Memudahkanmu Memotong Poni dan Perhatikan Panjang Poni yang Dikehendaki

Basahi rambut saat hendak memotong poni, Brooke Jordan, seorang stylist asal Brooklyn, New York mengatakan dengan trik ini akan memudahkanmu untuk melihat garis rambut.

Baru kemudian perhatikan panjang rambutmu. Pastikan kamu sudah memiliki standar atau patokan tertentu soal panjang poni yang kamu kehendaki sehingga kamu tak ragu saat mulai memotong poni.

Memotong Poni pun Perlu Memikirkan Angle yang Tepat, Kawan

Patterson melanjutkan, urusan angle pun jangan sampai lalai. Ia menyarankan untuk memotong rambut secara paralel alias secara vertikal dengan sedikit kemiringan.

Menurutnya, ini akan membuat garisnya tetap lembut dan tidak kasar. Selanjutnya, kalau poni sudah terpotong, lakukan proses blow dry sehingga kamu bisa mengetahui apakan bentuk dan panjang poni sudah sesuai keinginanmu atau belum. Atau, trik lainnya, kamu bisa coba melilit rambutmu terlebih dahulu sebelum dipotong. 

“Lilit rambutmu sebelum dipotong,” rekomendasi Jordan. “Kamu akan mendapatkan ujung rambut yang bagus dan membulat.”

“Sebagai sentuhan akhir, gunting poni dengan ringan secara vertikal untuk menambahkan tekstur,” kata Jordan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Hati-hati, Kita yang Gajinya Pas-pasan Jangan Sampai Hobi Terlihat Kaya Tapi Bohongan

Sukses dan kaya, dua kata yang pasti didambakan banyak perempuan. Karier sukses akhirnya mengantarkan kita punya masa depan cemerlang. Tapi jangan sampai keinginan itu membuat kita jadi hilang arah dan membuat kita sukar berpikir rasional.

Banyak lho yang memilih pura-pura kaya padahal gaji masih pas-pasan. Mulai dari memasang foto di media sosial dengan foto kekinian namun hanya rekaan, hingga bertingkah hidup penuh kemewahan padahal sebenarnya hidup pas-pasan.

Hati-hati, kalau kebiasaan buruk ini terus dilanjutkan, nanti kita malah bisa dapat masalah-masalah baru. Ini misalnya

Kamu Berpotensi Merusak Nama Baikmu Sendiri

Bagaimanapun, nama baik harus tetap kamu jaga, kan? Kalau kita terus memakai topeng, nanti begitu ketahuan wajah aslinya, nama baik kita bisa hancur sendiri.

Hidup ini jalanilah apa adanya, bukan ada apanya. Tak perlu sampai membuat banyak kepalsuan karena nanti malah bisa berbalik menghancurkan nama baik kita sendiri, kawan.

Membuat Hidupmu Tak Sejahtera dan Hanya Menambah Stress hingga Tekanan Batin

Kamu tau kan, pada dasarnya manusia tak akan pernah merasa puas. Sekali membuat sebuah kebohongan, kita akan terus terdorong untuk membuat kebohongan-kebohongan baru.

Lama kelamaan hal ini akan membuat kita stres sendiri. Akan ada tekanan batin yang membuat kita jadi sulit menerima diri kita apa adanya.

Rasa Percaya Dirimu Kian Menurun

Karena tuntutan pergaulan dan terlanjur terjun dengan gaya hidup yang tak sesuai pemasukan, kita cuma akan makin merasa insecure. Rasa percaya diri pun akan menurun.

Tak ada lagi kepercayaan diri yang bisa membuat kita tenang. Setiap hari rasanya akan dihantui perasaan tidak nyaman. Lama kelamaan, kita jadi membenci diri sendiri.

Bahkan Bisa Membuatmu Terjebak dalam Lilitan Hutang Lho Kawan

Demi memenuhi keinginan untuk memiliki gaya hidup mewah, kita sampai rela berutang sana-sini. Padahal gaji pas-pasan, tapi kita malah gali lubang tutup lubang. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, nantinya kita bakal terjebak dalam lilitan utang yang bakal makin susah kita tangani.

Di penghujung tahun, apa kamu tetap mau berlaku demikian? Saatnya untuk lebih berhati-hati dalam menempatkan diri, ya. Tak perlu hidup di zona yang bukan zonamu sendiri.

Bukankah berlagak sok kaya bila itu malah akan menyusahkanmu? Kini kita perlu lebih berani jadi diri sendiri, jujur terhadap diri sendiri juga orang-orang di sekitar kita.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top