Love & Sex

Kamu memang Merindukan Shabatmu, Namun Keadan Memaksa Kamu dan Sahabatmu untuk Tidak Lagi Sedekat dulu

Ada banyak hal yang menjadi penyebab renggangnya sebuah hubungan. Kamu yang dulu sangat dekat dengan sahabatmu kini mulai menjauh dengan berjalannya waktu. Kamu sibuk dengan duniamu, begitu pula dia.

 

Jangan saling menyalahkan. Mungkin memang keadanlah yang memaksa kamu dan sahabatmu untuk tidak lagi sedekat dulu. Berikut ini adalah 5 hal yang membuatmu semakin jauh dengan sahabatmu.

Dia sudah berkeluarga sehingga akan sulit memiliki waktu denganmu seperti sebelumnya

Dia harus mengurus keluarganya. Kesibukannya dalam mengurus rumah tangga membuatnya tidak punya banyak waktu untuk meladenimu. Dia bukan menjauh, tapi terpaksa menjauh. Ia harus lebih memprioritaskan masalah rumah tangganya terlebih dahulu.

Kamu sibuk dengan pekerjaanmu dan tidak memiliki waktu luang untuk sekedar bergurau dengannya

Gurauan yang dulunya sering tercipta kini akan sulit ada. Kenapa? Karena kesibukan masing-masing. Kamu sibuk dengan pekerjaanmu yang menggunung sehingga tak ada waktu untuk bertemu dengan sang sahabat dan bergurau bersamanya.

Dia harus mengurus urusannya dan begitu pula denganmu

Kamu dan dia bukan lagi anak kecil yang memiliki banyak waktu luang untuk bermain bersama. Bertambahnya usia membuatmu dan dia sibuk dengan urusannya masing-masing. Sehingga akan sulit menciptakan kebersamaan seperti dulu kala.

Jarangnya komunikasi secara langsung membuat komunikasimu terbatas lewat sosial media

Tentu akan sangat berbeda saat kamu berkomunikasi langsung dengan tatap muka dengan komunikasi lewat sosial media. Batasan komunikasi lewat sosial media pasti ada. Kamu dan dia tidak bisa tertawa bersama dengan lepas, berbeda jauh saat dulu kamu dan dia tertawa bersama tiap kali bertemu.

Pertemuan yang jarang membuat keduanya tak tahu satu sama lain dan membuat komuikasi terasa canggung dan datar

Karena jarang bertemu dan jarang bercerita satu sama lain, kamu dan dia menjadi orang yang tidak saling mengetahui satu sama lain seperti dulu. Dulu kamu dan dia sering curhat bersama, bahkan mengenai hal kecil sekali pun. Tapi sekarang, kamu dan dia seperti orang asing. Kamu sibuk dengan masalahmu, begitu juga dengannya. Hal itu membuat komunikasi di antara kamu dan dia akan terasa berbeda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Bangun Keterbukaan Dengan Pasangan Agar Hubungan Langgeng, Awali Dengan Membuatnya Nyaman

Komunikasi yang baik adalah kunci langgengnya sebuah hubungan. Pun keterbukaan  akan membuat hubungan kian dekat. Namun sayangnya membuat pasangan mau berkomunikasi terbuka tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak gampang memang membagi kisah hidup dengan sembarang orang. Hal yang sama ini juga berlaku pada laki-lak.

Jika pasangan kamu belum juga mau bersikap terbuka, jangan buru-buru bad mood. Dibutuhkan relasi yang hangat untuk mempercayakan sebuah cerita.  Memaksanya untuk bersikap terbuka, sama  sekali bukan tindakan yang bijak. Bahkan tindakanmu tersebut bisa menjadi bumerang untuk hubungan kamu. Daripada marah-marah tak jelas, lebih baik kamu lakukan 4 hal ini agar laki-lakimu mau lebih terbuka padamu.

Memiliki Selera Humor Yang Baik Akan Menolongmu Untuk Mendekatinya. Namun Tetap Perhatikan Etika dan Hargai Dirinya Sebagai Laki-laki Ya!

pexels-photo-254069

Memiliki selera humor bisa memudahkan kamu menjalin interaksi dengan orang lain. Kamu pun jadi memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencairkan susana yang kaku. Namun pastikan kamu melempar humor yang sesuai etika. Jangan menggunakan humor yang menjatuhkan orang lain bila kamu tak ingin terlihat buruk.

Agar pendekatmu dengan pasangan bisa berjalan dengan lancar, kamu bisa lebih dulu mencari tahu hal-hal  yang menjadi selera humornya. Jangan sampai humor yang kamu lontarkan justru menyinggung sisi sensitifnya. Jika sudah demikian, alih-alih membuat komunikasi diantara kalian kian terbuka, bisa-bisa nasib hubungan kalian malah jadi berada di ujung tanduk.

Berikan Feedback Dengan Bijak. Berusahalah Untuk Tidak Menghakimi Atau Menyalahkannya pasanganmu!

rsz_annette-sousa-183660

Ketika pasangan sedang bad mood, tempatkan diri kamu sebagai pendengar yang baik. Setelah dia selesai mencurahkan uneg-unegnya kamu bisa memberikan tanggapan. Jangan sekali-sekali menghakiminya. Tunjukkan kalau kamu memang bersimpati. Dengan begini, dia akan merasa nyaman mencurahkan perasaanya padamu.

Mungkin saat mendengarkan curhatnya, bisa saja kamu tiba-tiba kesulitan untuk mengontrol emosimu. Meski begitu, kamu tetap harus berusaha untuk menahannya serta memberikan pendapat yang objektif. Tahan diri kamu untuk tidak menyalahkan atau memarahinya, sebab melakukan dua hal itu hanya akan membuat hubunganmu jadi runyam.

Tunjukkan Empatimu. Jangan Berlebihan, Sebab Laki-laki Juga Bisa Membedakan Mana Yang Tulus Dan Tidak!

rsz_haley-powers-370171

Bukan hanya sekedar bersimpati, tunjukkan empatimu padanya. Jangan segan melakukan aksi nyata untuk membuatnya merasa lebih baik. Tempatkan diri kamu diposisinya. Dengan demikian akan tercipta komunikasi yang hangat. Dia pun tak akan ragu-ragu lagi untuk bercerita padamu.

Saat dia sedang menghadapi masalah, maka kamu bisa membantunya semampumu. Tunjukkan jika keberadaannya berarti untukmu. Jangan berpikir jika hanya perempuan saja yang butuh bantuan, Dibalik sosoknya yang kuat dan tangguh, hati laki-laki pun akan luluh jika kamu memberi bantuan dengan tulus disaat dia memang sedang membutuhkannya.

Raut Muka Ramah Dan Sikap Yang Hangat Akan Membuat Laki-lakimu Tak Sungkan Berbagi Isi Hati Denganmu!

rsz_priscilla-du-preez-105714

Tunjukkan wajah yang ramah pada pasanganmu. Ketika kamu memasang muka jengkel, bisa dipastikan tidak akan ada satu orang pun yang ingin bercerita padamu. Wajah cerah dan bahasa tubuh yang ramah bisa membuatmu pasanganmu untuk bersikap terbuka padamu. Jangan lupa juga untuk memberikan tanggapan dengan kata-kata yang manis. Sekali saja kamu memberikan tanggapan judes padanya, dia tak akan lagi mau menceritakan kisah hidupnya padamu. Bukankan dengan memberikan wajah cerah dan bahasa tubuh yang ramah, akan membuat dia semakin tertarik padamu?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Dear Sahabatku; Walau Aku Mencintaimu, Semoga Kamu Bahagia Dengannya Yang Lebih Dulu

Apa jadinya bila muncul benih-benih cinta dalam sebuah persahabatan? Kamu mulai merasakan hal yang berbeda ketika menatap matanya. Bahkan kerap kali kamu harus berusaha mati-matian menahan laju jantung yang jadi berdegup lebih keras dari biasanya saat melihatnya tersenyum. Hingga pada suatu hari kamu mulai menyadari jika hatimu mulai memandangnya dari sudut yang tak lagi sama.

Cintalah yang menjadi alasan hatimu jadi hangat saat berada di dekatnya. Entah dari mana rasa itu bermula. Namun kamu memang baru menyadarinya ketika sebentuk rasa itu telah menetap di kedalaman hati. Terlambat! Itu satu-satunya kata yang pantas untuk itu. Benar kata orang, cinta bisa membuat manusia takluk dan bertekuk lutut dalam sekejap.

Tapi Nyatanya Sahabat Yang Kini Kamu Cinta, Memang Tak Lagi Sendiri

pexels-photo-196667

Seharusnya memang tidak pantas menggunakan kata terlambat selagi  masih bisa diperjuangkan. Lagi pula, kamu juga bukan tipekal wanita yang lantas gampang dikalahkan oleh keadaan. Namun sekali lagi hati nurani lantang berteriak. Tak pantas rasanya bila seorang perempuan terang-terangan merenggut kebahagiaan perempuan lain.

Sayangnya menjadi tak bijak juga jika manusia semena-mena mengutuki waktu. Menyalahkan keadaan yang tak berpihak. Namun sekali kali tak pantas rasanya bila kamu hanya terus memaki keadaan. Sudah kepalang basah. Cinta itu terlanjur mengurat nadi. Menebarkan racunnya lewat aliran darah dan helaan nafas. Kamu telah dibuatnya takluk.

Hari-harinya Selanjutnya Menjadi Perjuangan Berat. Apakah Mencintai Memang Sesakit Ini?

pexels-photo-403638

“Kini seseorang di sana telah menjadi kekasihku. Kami telah terikat dalam sebuah komitmen hubungan yang bisa dibilang serius,” ujarnya dengan wajah semringah. Kamu terdiam mendengarnya. Mati-matian menahan getaran getir yang merambat. Tenggorokanmu kering. Seiring itu lidahmu menjadi kelu. Ada telaga yang nyaris tumbah dari bening matamu. “Apakah mencintai sesakit ini?” keluhmu sesak.

Ingin Rasanya Pergi Jauh Untuk Menyelamatkan Luka. Namun Dia Sahabatmu, Kamu Tak Sampai Hati Menjauhinya

abbie-bernet-329631

Sebuah senyuman dengan susah payah berhasil kamu torehkan, demi membuatmu terlihat baik-baik saja. Padahal hatimu tengah retak. Bukan hal gampang berdiri di posisimu. Ingin rasanya berlari kencang demi menyelamatkan luka yang mulai bernanah. Namun apa dayamu, menjauh darinya hanya akan membuatmu menerima banyak pertanyaan yang tak mudah dijawab.

“Baiklah, Tak Mengapa Hatiku Hancur, Asal Kamu Bahagia Dengan Kekasihmu.” Begitu Tekadmu Pada Akhirnya

Bukan Tak Percaya

Jadilah kamu berdiri disatu sisi yang sulit. Menjadi sahabat baiknya yang berusaha selalu mendukung. Memberikan saran terbaik saat dia sedang ada masalah dengan kekasihnya. Bahkan kamu kadang terpaksa ikut campur tangan demi menyelamatkan hubungan sahabatmu dengan perempuannya. Kamu tak segan memberikan yang terbaik untuk mereka, meski hatimu kian hari semakin meranggas.

Akhirnya Kamu Pun Mengerti, Senyum Bahagianya Jauh Lebih Berarti Dari Apa Pun

StockSnap_DEQLZPT7JI

Ada petuah bijak yang mengatakan bahwa cinta tak mesti memiliki. Namun nyatanya tak semudah itu. Butuh perjuangan untuk tetap bertahan di dekatnya meski kamu tahu harapan untuk memiliknya semakin pupus. Setidaknya kamu jadi mengerti, bahwa memastikan akan selalu ada senyum di wajahnya akan jauh membuatmu merasa tenang. Setidaknya untuk saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Pentingnya Punya Sahabat Bagi Perempuan

Coba bayangkan, jika selama hidup kamu tak punya sahabat untuk bertukar pikiran. Tentu tak enak kan? Bahkan jika diminta untuk membayangkannya saja, saya enggan! Tak hanya khawatir akan kesendirian jika tak punya pasangan, tidak memiliki sahabat adalah ketakutan lain yang kerap perempuan pikirkan.

Percaya atau tidak, ini adalah hal yang memang benar-benar kerap kita rasakan. Kamu bisa saja tak punya pacar untuk jangka waktu lama, namun tak memiliki sahabat untuk berbagi semua keluh kesah jadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Dan sebagaimana informasi yang dikutip dari laman Healthsite, berikut ini adalah beberapa alasan yang akan menjelaskan mengapa perempuan butuh sahabat.

Berbeda dengan Laki-laki, Dukungan Perempuan Lebih Tak Terbatas

katy-belcher-387797

Sebelum bertemu dengan dia yang mampu melengkapimu, putus cinta jadi satu babak yang mungkin akan kita lalui. Dan selama melalui masa-masa itu, sahabat jadi orang yang dibutuhkan perempuan.

Pasangan mungkin akan bepergian, kerabat dan keluarga tentu punya kesibukan. Tapi ia yang menjadi sahabat, senantiasa berada di sisi kita untuk memberi dukungan saat kesusahan.

Seperti tak pernah merasa lelah, dengan senang hati ia akan membuka pintu rumahnya setiap kali kita butuh dukungan dari mereka. Tanpa merasa sedang dibebani, ia memberi masukan dengan senang hati.

Akan Berkata Jujur Untuk Segala Hal yang Kamu Bagikan

joshua-sazon-373580

Disisi lain, kamu juga harus bisa membedakan, mana perempuan yang bisa disebut sebagai seorang sahabat, dengan dia yang hanya sekedar teman. Dia yang layak disebut sahabat akan jadi tolak ukur untuk semua hal baik yang kadang belum terpikirkan. Bagaimana ia setuju dengan hal yang sebenarnya baik, hingga menolak tegas jika apa yang kamu katakan salah.

Meski dunia seisinya akan berpaling dan meninggalkanmu, dirinya jadi satu-satunya pihak yang setia mendampingi. Membantumu menemukan semangat yang jatuh, sebab meski salah ia tahu bahwa dirimu sebenarnya mampu.

Jadi Pihak yang Tak Pernah Bosan Untuk Semua Tingkah Aneh yang Kamu Lakukan

jan-vasek-689

Tak ada hal-hal yang perlu dijaga, bersamanya kita bebas menjadi apa saja. Bahkan ketika kamu bertingkah tak biasa, ia akan tetap menerimamu. Bukan karena tak punya pilihan, tapi ia sadar bahwa ada masa dimana seseorang ingin bebas untuk menjajaki hal baru.

Seorang sahabat perempuan kerap maklum dengan semua sifat yang kita miliki. Jika ternyata hal-hal tersebut sudah berada diluar jalur yang seharusnya, ia akan tetap membicarakannya padamu. Namun dengan cara yang lebih tenang, tanpa menempatkanmu sebagai pihak yang bersalah.

Mengerti Bagaimana Situasi Hatimu, Tak Mau Menganggu Jika Memang Kamu Ingin Sendiri Dulu  

pexels-photo-207936

Beberapa orang kadang sulit membaca hati seorang perempuan. Meski dia adalah pacar atau pasangan. Namun akan berbeda dengan kemampuan sahabat perempuan. Tak tahu terbuat dari apa, manusia yang satu ini memang selalu berbeda dari semua orang yang mungkin kita kenal.

Tanpa harus diminta, ia paham betul bagaimana situasi hati dan perasaanmu. Bahkan tanpa kamu  membuka suara, ia bisa melihat bagaimana perubahan wajahmu jika sedang butuh teman bicara. Hingga sejenak pergi untuk memberimu waktu sendiri.

Berperan Baik Untuk Segala Keinginan yang Ingin Kita Wujudkan

single

Cobalah tengok beberapa orang yang berhasil di luar sana, selain kegigihannya sendiri, ada dorongan lain yang datang dari luar. Salah satunya datang dari sahabat perempuannya. Dari membantu kita menggali ide baru, hingga merekomendasikan beberapa hal yang akan menolong.

Sederhana memang, sebab ia mungkin hanya sekedar memberi saran. Namun coba bayangkan kembali, bagaimana jika tadinya ia tak memberi saran. Hal yang seharusnya kita dapatkan, bisa saja jadi terlewatkan jika tak ada ia yang mengingatkan.

Bukan seberapa besar atau kecilnya perlakuan yang ia berikan, tapi bagaimana dirinya ikhlas menemani kita memulai semua usaha dari bawah.

Suatu Waktu Kamu Mungkin Melakukan Salah, Tapi Dia Tak Akan Jadi Hakim yang Menjadikanmu Sebagai Tersangka

ben-white-194220

Dari sini kamu bisa belajar untuk melihat seberapa besar perannya. Jangan pula berpikir ia akan selalu jadi pihak terdepan untuk membenarkan segala pilihan. Sebab jika memang tak sedang berada pada situasi yang benar, ia juga akan berkata jujur bahwa dirimu salah.

Sosoknya yang selalu berhasil menyeimbangkan situasi membuat kita belajar, meski sedang berada pada situasi yang tak baik bukan berarti kita tidak bisa merubahnya lagi. Pelan tapi pasti ia memberimu pengertian bahwa pilihan yang telah salah tak baik untuk diulangi. Kemampuannya untuk bisa memberi kita gambaran baru, membuat kita percaya bahwa dia memang manusia yang istimewa.

Dan Bersamanya Semua Hal Bisa Kamu Bicarakan dengan Leluasa

jorge-flores-223750

Tak hanya urusan hati saja, bersama dengan sahabat, kita bisa membicarakan semua hal tanpa terkecuali. Mulai dari hal-hal remeh hingga berbagai perkara serius.

Manusia ini memang serba bisa, mulai dari teman menangis bersama, hingga lawan diskusi masalah besar yang tak biasa. Dia memang tak sempurna, namun mengenalnya adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri.

Coba ingat kembali, barangkali hal yang sama juga sering kamu rasakan setiap kali bersamanya yang kamu panggil teman. Jika ternyata benar, maka ia tak hanya sekedar teman.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top