Kesehatan & Me Time

Investasi Kulit Mulus Ternyata Bukan Dari Seberapa Sering Kamu Melakukan Perawatan…

Ingin punya kulit mulus tak melulu harus berawal dari salon kecantikan. Tak selalu juga dengan melakukan perawatan instan dengan pergi ke klinik kecantikan serta memakai obat-obatan secara berlebihan. Faktanya, kulit mulus bisa-bisa saja didapatkan dengan cara alami lho, jadi stereotip kalau kulit mulus baru bisa didapatkan dengan rutin perawatan ke salon, memang tak sepenuhnya benar. Sejatinya kulit mulus bisa didapatkan asal asupan mineral dan vitaminmu cukup. Berikut ini buah yang bisa kamu konsumsi.

Meski Rasanya Asam, Buah yang Satu Ini Bisa Memperlambat Munculnya Keriput

Untukmu yang suka rasa asam, pasti sudah akrab mencicip stroberi bukan? Selain menyegarkan, buah yang satu ini bagus lho untuk kulitmu. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang kaya vitamin C seperti stroberi, bisa membantu kulit memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat penuaan. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung pada stroberi bisa membantu melembabkan kulit, menetralkan radikal bebas, serta mendorong proses sintesis kolagen. Alhasil, elastisitas kulitmu pun semakin terjaga.

Kandungan Lycopene pada Tomat Sejatinya Sangat Menyehatkan Kulitmu

Satu lagi buah yang kaya vitamin adalah tomat. Buah yang seringkali masuk dalam kategori sayuran ini sungguh ampuh untuk menghaluskan kulitmu lantaran adanya kandungan lycopene yang tinggi. Zat ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bahkan berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi 2,5 sendok makan pasta tomat atau mengonsumsi 350 ml jus tomat tiap hari selama 10-12 minggu, memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena iritasi kulit akibat paparan sinar UV.

Jangan Abaikan Kandungan Betakarotene yang Dimiliki Buah Labu

Buah labu lebih enak dijadikan bahan untuk kolak memang. Namun di lain sisi, labu mengandung zat bernama beta carotene yang membuat buah ini jadi berwarna oranye. Nah, ketahuilah kalau buah ini yang bisa melindungi kulit dari sinar UV. Bahkan saat betakarotene berada di dalam tubuh, tubuh pun akan mengubahnya menjadi vitamin A. Jadi, bukan hanya baik untuk kulit, betakarotene yang sudah berubah jadi vitamin A juga mampu menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem imun.

Pepaya Punya Fungsi Memperbaiki DNA yang Rusak Lho!

Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan kalau pepaya mengandung vitamin C yang bisa melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari terus-menerus akan membuat DNA pun rusak. Itulah sebabnya kamu disarankan mengonsumsi pepaya lantaran vitamin C pada pepaya ternyata punya fungsi memperbaiki DNA yang telah dirusak oleh sinar UV.

Sementara Jambu Biji, Bisa Membantu Menghaluskan Kulitmu

Jambu biji sudah lama memang diketahui punya manfaat untuk menghaluskan kulit. Para ahli mengungkapkan kalau kandungan bahan aktif di dalamnya, seperti vitamin dan antioksidan bisa membantu tubuh dalam proses regenerasi kulit dan menjaga keindahannya. Sama seperti stroberi maupun pepaya, vitamin C dalam buah biji amat tinggi, bahkan jumlahnya empat kali lebih banyak dari satu buah jeruk.

Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak daripada satu buah lemon. Selain vitamin A dan C, buah yang dapat menghaluskan kulit ini juga mengandung vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan. Itulah sebabnya konsumsi jambu biji sangatlah disarankan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Selain Dimakan, Alpukat Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh yang Terbukti Aman

Buah alpukat dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan vitamin bahkan tinggi akan kandungan lemak baiknya. Hal ini yang kemudian menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang favorit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan.

Nyatanya, dengan perawatan rumahan alami dan memanfaatkan buah alpukat, ada dampak positif dan kulitmu bisa cantik alami tanpa harus pergi ke salon!

Mencegahmu dari Depresi

Buah alpukat nyatanya juga baik untuk mengatasi depresi lho. Ini karena buah alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental bahkan kamu pun jadi bisa terhindar dari depresi.

Dengan mengonsumsi alpukat, ada magnesium yang dikonsumsi oleh tubuh. Nutrisi ini penting untuk menurunkan tingkat kecemasanmu. Tidurmu pun akan jauh lebih nyenyak di malam hari dan mengurangi risiko stress dan depresi.

Selain mengandung banyak magnesium, buah alpukat juga banyak mengandung vitamin B yang berfungsi untuk melepaskan neutronsmitter seperti serotonin dan juga dopamine. Aliran dari dopamine dan serotonin ini nantinya bisa mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

Mencegahmu dari Katarak

Tak hanya baik untuk mentalmu, buah alpukat ternyata punya nutrisi yang baik yang paling punya peranan penting untuk kesehatan mata. Tak kalah khasiatnya dari wortel, buah ini punya fungsi pencegahan terhadap katarak.

Kamu perlu tahu, buah alpukat mengandung dua jenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata yaitu lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan penelitian dari para ahli, dua antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit mata katarak yang umumnya biasa diderita para lansia.

Demi Perkembangan Janin dan Kulit Bersinar

Bahkan alpukat juga membawa dampak baik untuk perkembangan janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Pada alpukat, terdapat asupan kalsium yang diperlukan janin.

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang, dan jika asupan kalsiumnya terpenuhi dengan baik maka nantinya bayi akan terlahir dengan sehat, kuat dan juga sempurna.

Bahkan Juga Perawatan Kulit Kepala

Buah alpukat juga bisa digunakan untuk perawatan rambut, yaitu dengan mengolahnya menjadi masker yang nantinya akan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut serta juga bisa menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau.

Nutrisi yang ada dalam buah alpukat memiliki kandungan penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut serta minyak alami yang ada di dalam buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang efektif untuk menjadikan rambut lebih lembut dan juga berkilau.

Jadi, untukmu yang suka melakukan perawatan rambut rumahan, tak ada salahnya lho meracik alpukat sebagai masker rambut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Pengalaman di Masa Kecil Ternyata Membawa Pengaruh pada Pola Makanmu Saat Dewasa

Jika kamu mempertanyakan kenapa napsu makanmu mungkin sangat besar, atau pola makanmu bermasalah, ternyata hal tersebut bisa dipengaruhi pengalaman di masa kecilmu.

Ini berdasarkan paparan dari psikolog Meg Arroll dan ahli nutrisi, Louise Atkinson dalam buku Shrinkology yang ditulis oleh keduanya. Dua orang ini mengatakan jika pola makan orang saat dewasa sangat mungkin dipengaruhi dari ingatan masa kecil yang terlupakan.

Dari serangkaian ingatan tersebut, ada kebiasaan yang masih susah dilupakan dan membawa dampak tersendiri. Apa saja kira-kira?

Kebiasaan Bunda Memberi Makan Si Kecil Supaya Tak Menangis Nyatanya Membawa Dampak

Semua anak kecil mungkin mengalaminya, dimana orangtua memilih untuk memberi makan agar buah hatinya berhenti menangis. Semacam ada kebiasaan ‘memanjakan’ anak.

Padahal, perlakuan seperti ini dapat menyebabkan kebingungan di saat paling rapuh dalam diri anak yang bisa menimbulkan pola makannya yang tak teratur serta nafsu makannya yang tinggi sukar berubah.

Anak Kecil yang Menghabiskan Masa Kecil Penuh Tekanan Akan Lebih Suka Makan Saat Dewasa

Tak semua anak kecil tumbuh di lingkungan yang menyenangkan. Sebab ada pula yang justru berada di bawah tekanan. Apapun itu, tapi kamu perlu tahu jika adanya tekanan ternyata bisa mempengaruhi hormon yang mengatur makan dan rasa kenyang.

Saat masa dewasa, hal tersebut memicu ketidakmampuan untuk mengontrol pola makan yang dapat membuat stres, sehingga menimbulkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

Paksaan Orangtua untuk Makan dan Fat Shamming Ketika Kecil Kelak Membuat Seseorang Jadi Tak Bisa Mengontrol Makanan

Mungkin maksud orangtua baik, dimana mereka mendorong anaknya untuk mau makan. Caranya, dengan menjadikan makanan sebagai ‘bayaran’ setiap selesai melakukan apapun.

Padahal, secara tidak disadari akan memengaruhi pola makan saat dewasa. Anak jadi mudah gelap mata pada makanan. Di lain sisi, ada anak yang justru merasakan fat shamming. Dimana ia yang meyakini bahwa cinta orang tua mungkin bersyarat, misalnya ‘Mungkin jika badanku kurus, maka aku akan lebih dicintai’.

Bahkan ia berpikir kalau memiliki tubuh kurus jauh lebih membahagiakan. Pemikiran ini bisa berasal dari orang tua itu sendiri atau lingkungan, yang tidak disadari dapat berpengaruh pada pola makan seseorang sampai ia dewasa.

Pengasuhan yang Tak Konsisten

Penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan yang tidak teratur dari orang tua, seperti kurang terlibat dengan kehidupan anak, tidak konsisten, atau tidak perhatian, dapat menyebabkan rendahnya harga diri pada anak, yang akhirnya bisa membuat mereka beralih ke makanan untuk mengatasinya.

Kalau diteruskan, seseorang bisa berisiko mengalami obesitas hanya karena pengasuhan orangtuanya yang kurang tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Demi Penampilan Paripurna di Hari Pernikahan, Yuk Diskusikan Hal Ini Dulu Saat Test Make Up   

Urusan pernikahan tak boleh ada dianggap sepele. Apalagi urusan riasan wajah ya. Sama halnya dengan gaun pengantin yang akan dikenakan, riasan atau make up pun punya peranan penting di pesta pernikahan.

Biasanya, supaya ada gambaran untuk riasan yang akan dipakai di hari H, maka akan ada tes make up. Nah, kepada setiap perempuan, diharapkan jangan sampai diam saja dan terima jadi mengenai riasan yang akan kalian terapkan di hari pernikahan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan dan layak jadi pertimbangan. Apa saja kira-kira? Ini dia hal-hal yang sebaiknya kamu tanya dan diskusikan pada periasmu.

Pertama Jelas Urusan Biaya yang Akan Dihabiskan

Sering dengar  ungkapan, “Ada harga, ada kualitas?”. Nah, kira-kira seberapa banyak yang yang ingin kamu habiskan untuk make up pernikahanmu nanti? Ingatlah, saat berdiskusi dengan make up artist, biasanya urusan biaya jadi urusan belakangan lho.

Dalam arti, ada yang sistemnya DP lalu dilunasi setelah acara selesai, atau ada juga yang lunas langsung di awal. Namun jika make up artist selalu membicarakan cara pembayaran, maka kamu perlu berhati-hati ya. Bisa jadi dia lebih mementingkan urusan ‘uang’ dibanding jasa yang diberikannya pas di hari H nanti.

Siasati dengan mencari MUA yang bisa membuatmu nyaman baik selama test make up maupun saat di pernikahan.

Gaya Make Up yang Diinginkan Serta Koordinasi Soal Waktu dan Lokasi Pernikahan

Setiap pengantin pasti punya keinginan ingin dirias seperti apa. Namun yang terpenting adalah riasanmu mencerminkan keseluruhan penampilan. Kalau kamu memang terinspirasi pada salah satu beauty enthusiast, tak apa. Yang penting mengatur komunikasi dengan MUA.

Selain itu, saat test make up juga perhatikan waktu pernikahan serta lokasinya. Misalnya, jika pernikahanmu dilakukan di luar ruangan, berarti butuh banyak persiapana dibanding dengan pernikahan yang diselenggarakan di dalam gedung.

Konsultasikan Masalah Kulit yang Kamu Khawatirkan

Yang pasti, jelilah dengan produk-produk yang digunakan oleh MUA yang kamu pakai jasanya. Jangan sampai ternyata ada produk yang sejatinya tak cocok dengan kulitmu, tapi ternyata tak sengaja dipakai oleh MUA tersebut.

Dan ada baiknya, sebelum hari H, jangan mengandalkan penampilan paripurna dari make up saja. Melainkan lakukan perawatan wajah secara rutin ya. Mulai dari mengatur pola makan, minum banyak air, melakukan facial secara rutin, serta mengambil perawatan dermatologis jika dibutuhkan.

Kulit yang sehat, akan menambah aura kecantikan riasan pernikahanmu! Namun jika kamu mudah berjerawat, mengalami kantong mata hitam, atau masalah lainnya, beri tahukan pada makeup artist agar ia dapat mempersiapkan diri untuk hal yang nggak diinginkan.

Gaya Rambut yang Diinginkan Pun Harus Dibicarakan

Urusan gaya rambut pun akan membawa pengaruh pada riasan apa yang akan diterapkan. Misalnya, jika gaun dan gaya rambut terlihat natural, riasan pun harus mengimbanginya.

Jika ingin menggunakan veil, perlu diingat pula bahwa kain tipis itu bisa menempel pada wajah, menyangkut di bulu mata atau terkena lipstik. Jadi saat mencoba makeup, bawa veil itu untuk mengujinya bersama riasanmu, ya! Dengan begini, kamu akan tahu apa yang kurang atau apa yang perlu ditambahkan.

Saat Tes Make Up, Jangan Lupa Ceritakan Rutinitas Make Up

Jangan sungkan untuk menceritakan rutinitasmu. Bagaimanapun, berbagi cerita soal rutinitas make up yang biasanya kamu lakukan akan memberi informasi pada penata rias yang akan bekerja untukmu. Salah satunya adalah tingkat kenyamananmu.

Ketika kamu menginginkan makeup yang berbeda dan unik untuk hari pernikahan nanti, penata rias umumnya akan memberikan pendapatnya dan memberikan saran terbaik untuk dirimu. Walau pada akhirnya, semua keputusan itu kembali ke tanganmu.

Jadi, carilah penata rias atau MUA yang sekiranya memang mau mendengar setiap rutinitas make upmu ya.

Utarakan Keinginan Tentang Sesuatu yang Mungkin Kamu Hindari Kepada Perias

Ada orang yang menghindari pemakaian lensa kontak, bulu mata palsu, dan hal-hal lainnya yang sifatnya tambahan. Tak semua orang nyaman dengan hal itu.

Dengan mengutarakannya terlebih dahulu saat test make up, maka perias tak akan kaget dengan keinginanmu di hari H dan tak terkesan dadakan. Atau kalau perlu tanyakan saran terbaik dari perias untuk riasanmu nanti.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top