Career & Money

Ingat, Jangan Tinggalkan Sesi Wawancara Kerja Sebelum Tanya 3 Hal Ini

melamar kerja

Setiap harinya, tidak hanya kamu tapi banyak wanita dan pria di luar sana yang pada detik ini sedang melakukan wawancara kerja. Untuk sampai pada tahap wawancara, tidaklah mudah. Prosesnya bisa dibilang cukup panjang. Mulai dari membuat CV dan resume yang menarik, mengirimkan lamaran kerja lewat e-mail atau langsung ke perusahaan, menunggu panggilan berminggu-minggu, hingga akhirnya dipanggil wawancara kerja.

Pemanggilan wawancara kerja tentunya sangat menyenangkan. Ini membuktikan bahwa usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia. Tetapi, tolong ingat ini! Jangan pernah sekalipun meninggalkan sesi interview dengan HRD sebelum kamu menanyakan 3 pertanyaan penting ini.

Kamu Harus Tanya Tahapan Apa Saja Yang Harus Kamu Lalui Sebelum Diputuskan Diterima

Sebelum masuk ke dalam 3 pertanyaan yang dimaksud. Setidaknya kamu perlu mengetahui, tahapan yang biasanya dilakukan pada saat wawancara kerja yang p0aling umum biasanya wawancara dengan HRD. Pada tahap pertama ini, awal mula yang dibicarakan adalah seputar latar belakang, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Kemudian lanjut psikotest, wawancara user, dan kembali lagi pada HRD untuk negosiasi gaji.

Ada perusahaan yang melakukan semua tahap tersebut dalam satu hari, ada yang selang 3 hari dari tahap pertama ke tahap berikutnya, ada juga yang selang selama seminggu dari tahap pertama ke tahap berikutnya.

3 Pertanyaan Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan Sebelum Memutuskan untuk Meninggalkan Sesi Wawancara

Biasanya pada tahap akhir wawancara, HRD biasanya mempersilahkan kamu untuk bertanya apapun tentang perusahaan. Banyak yang mengabaikan kesempatan untuk bertanya ini karena alasan ingin buru-buru menyelsaikan tahap wawancara atau menganggap kesempatan ini tidak penting.

Padahal ini merupakan kesempatan untuk mengetahui gambaran suatu perusahaan secara lebih rinci. Jika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya tentang perusahaan oleh HRD, sebaiknya tanyakan 3 hal ini.

1. Tanyakan Tentang Culture di Perusahaan Tersebut

Menanyakan soal culture perusahaan tidak salah. Dengan menanyakan ini, kamu bisa mempelajari tentang suasana lingkungan tempat kamu akan bekerja nantinya dan bagaimana cara kamu untuk bisa beradaptasi dengan culture perusahaan tersebt.

Culture perusahaan adalah sebuah atmosfer emosional di lingkungan kerja, yang bertujuan untuk menyatukan perusahaan dengan karyawannya. Culture perusahaan termasuk bagaimana perusahaan mengatur kebiasaaan, komunikasi, aktivitas, nilai-nilai, motivasi karyawan, dan lain-lain.

2. Tanyakan Tentang Tanggungjawab Pekerjaan yang Akan Kamu Kerjakan Nantinya

Pertanyaan ini sangat krusial agar kamu tahu apa sebenarnya yang akan menjadi tanggungjawab kamu selama bekerja. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan tidak sesuai dengan posisi yang dilamarnya pada proses interview. Alhasil, banyak karyawan yang terjebak di suatu perusahaan dan tidak bisa keluar dengan mudah, akibat adanya aturan penalti dari perusahaan.

Pertanyaan ini mesti kamu tanyakan dengan tegas pada HRD, pastikan HRD perusahaan menjawab pertanyaan dengan jujur. Jangan sampai kamu merasa menyesal saat bekerja di perusahaan tersebut.

3. Kapan Waktu Wawancara Selanjutnya Akan Dilakukan

Ditengah ketidakpastian dan kebutuhan akan pekerjaan, kamu juga harus tegas menanyakan soal kapan waktu wawancara selanjutnya akan dilakukan atau minta pihak HRD menghubungi kamu jikalau tidak diterima bekerja.

Banyak perusahaan yang tidak mengabari pelamar kerja saat mereka tidak lolos tahap interview. Hal ini menyebabkan pelamar kerja digantung dalam ketidakpastian menunggu kabar dari pihak perusahaan.

Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu pun terbantu dan bisa mengosongkan jadwal untuk interview selanjutnya.

Jangan sampai kamu meninggalkan sesi wawncara tanpa menanyakan ketiga pertanyaan ini terlebih dahulu kepada pihak HRD atau User terkait. Pertanyaan ini akan membantumu memutuskan apakah akan lanjut wawancara di tempat itu atau tidak.

Perhatikan Tanda-tanda Perusahaan Tersebut Tidak Baik Untukmu, Sebelum Kamu Salah Langkah!

Saat wawancara kerja, tentunya kita ingin yang terbaik bagi diri kita dan juga karier kedepannya. Perusahaan yang nyaman dengan teman kerja yang menyenangkan adalah impian semua pegawai dimanapun.

Tapi, namanya juga butuh perusahaan. Kadang kita tidak terlalu memperhatikan tanda-tanda atau keadaan yang memberikan “sinyal” pada kita untuk tidak masuk ke sebuah perusahaan. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam perusahaan yang mengerikan, ada lima tanda yang mesti diperhatikan, antara lain:

  • Terlalu banyak pegawai baru dalam satu perusahaan
  • Bos sudah berani marah-marah di depan orang-orang yang sedang interview
  • Deskripsi pekerjaan saat wawancara tidak sesuai dengan posisi yang dilamar
  • Lowongan yang dipajang oleh perusahaan sudah berumur cukup lama
  • Meminta bayaran saat melakukan interview

Akhir kata, meski kamu adalah orang yang membutuhkan pekerjaan, tetapi jangan sampai suatu perusahaan mempermainkanmu. Tunjukan pada mereka bahwa kamu punya harga yang pantas dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan memaksakan diri menerima tawaran di sebuah perusahaan jika itu tidak membuatmu nyaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Genap Berusia 80 Tahun, Kamu Perlu Tahu Perjalanan Panjang Sosok Martha Tilaar

Martha-Tilaar-1

Mendengar nama Martha Tilaar, tentu kita langsung teringat pada sederet produk kosmetik lokal yang dikeluarkan oleh perusahaan miliknya. Konsistensi Martha Tilaar untuk terus mengedepankan unsur budaya dan kecantikan Indonesia membuat usahanya terus mendapat tempat.

Nah, tahun ini tepatnya pada tanggal 4 September, Martha merayakan hari jadinya yang ke-80. Sebuah usia yang tak lagi muda dan patut disyukuri tentunya. Tapi disamping itu, siapa yang tidak penasaran, kira-kira apa saja yang telah dilewatinya selama beberapa dekade terakhir hingga sekarang?

Sangat Kontras, Tak Ada yang Menyangka Sosok Martha Remaja Ternyata dikenal Tomboy dan Cuek dengan Penampilannya

Dalam sebuah wawancara, Martha Tilaar mengakui ia merupakan sosok yang  tomboy dan tak terlalu memerhatikan penampilan. Dibanding dengan perempuan seusianya saat itu, ia lebih suka berenang, main badminton, dan aktivitas outdoor lainnya yang membuat kulitnya tampak lebih gelap. Lantaran kulitnya yang relatif gelap, ia pun lebih sering diejek dengan teman-temannya. Hal ini ternyata membuat ibunya bersedih.

Oleh Sang Ibu, Martha Tilaar Kemudian Dikenalkan Pada Seseorang yang Membuat Dirinya Berubah 180 Derajat

Semua berawal dari ketidakbisaan. Martha remaja kemudian dikenalkan pada sosok Titiek Purwosunu, sahabat ibu kandungnya. Sejak saat itulah Martha mengaku mulai belajar tentang kecantikan.

Lantaran Martha Mulai “Melek” dengan Penampilan, Ia pun Berani Memutuskan untuk Mengambil Sekolah Kecantikan

Martha Tilaar merupakan lulusan sekolah kecantikan di Amerika Serikat. Hal itu tidak didapatkannya atas biaya orangtua. Semula hanya ingin menyusul sang suami yang tengah melanjutkan studi di negara tersebut. Setibanya disana, ia kemudian berinisatif untuk mendaftar ke sekolah kecantikan. Saat itu ia tak punya banyak uang, biaya untuk mengikuti akademi kecantikan didapatkannya dengan bekerja sebagai pengasuh dan guru bagi anak-anak kecil di sana.

Dengan Modal Ilmu yang Didapatkan Selama Menetap di AS, Martha Kemudian Menjajal Peruntungannya Ketika Tiba di Indonesia

Saat sang suami sukses mendapat gelar doktor, keduanya pun pulang ke Tanah Air. Berbekal uang yang telah ditabung dan dengan bantuan keluarganya, Martha kemudian membuka usaha salon pertamanya di garasi rumah orangtuanya yang berlokasi di Menteng. Meski dibuka di garasi, Martha berprinsip untuk menerapkan pelayanan prima bertaraf internasional. Tepatnya pada 3 Januari 1970, Martha’s Salon berdiri. Inilah cikal bakal Martha kemudian meracik kosmetik buatannya.

Berkat Konsistensinya, Pelanggan Martha pun Tak Sembarangan dan Justru Muncul dari Kalangan Istri Pejabat

Sembari membuka salon, ia pun mulai meracik kosmetik dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Tak disangka, ia mendapat banyak respon positif. Belum lagi lantaran usahanya yang berlokasi di tempat strategis, ia dengan mudah menggaet pelanggan dari kalangan istri pejabat seperti Fatmawati Soekarnoputri, Rahmi Hatta, hingga Nelly Adam Malik.

Martha membuka salon kedua di Jalan Cokrominoto. Disusul membuat salon yang lebih besar di Cikini tahun 1976 dan menamainya Martha Griya Salon. Di tahun 1973 Martha membuka lembaga pendidkan kecantikan yang dinamai Pusat Pendidikan Wanita Matha (Puspita Martha). Bersama sahabatnya B.R.A Mooryati Sudibyo dan Lakmito Rukmi membuat brand bernama “Mustika Ratu”. Namun kerjasama mereka hanya bertahan 2 tahun. B.R.A Mooryati Soedibyo melihat peluang dan memutuskan untuk mengembangkan sendiri.

Kini Usia Usahanya Hampir Menginjak Lima Dekade, Meski Begitu Karisma Martha Tilaar Belum Memudar

Satu hal yang patut ditiru dari sosok Martha adalah konsistensinya menjalankan usaha di ranah kecantikan. Meski sekarang standar kecantikan mulai bergeser yaitu dengan munculnya tren kosmetik impor, Martha tak ambil pusing. Menurutnya, kita harus bersyukur bisa tinggal di Indonesia. Mimpinya dari dulu tetap sama, yaitu ingin melestarikan kekayaan alam, kearifan budaya, dan sumber keanekaragaman hayati Indonesia dengan dukungan iptek demi menciptakan produk inovasi yang bermanfaat, khususnya mampu mempercantik dan menonjolkan kecantikan alami wanita Indonesia. Selamat ulang tahun Bu Martha!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Pacaran dengan Teman Sekantor? Ini Untung Ruginya!

Pacaran dengan teman sekantor enak nggak sih? Relatif sih, ada yang mengatakan pacaran dengan teman sekantor itu enak, karena bisa tiap hari bertemu. Tetapi disisi lain, ada yang bilang enggak enak karena begitu ada masalah akan langsung berpengaruh pada kinerja.

Nah, buat kamu yang sedang dekat dengan rekan kantor, yuk cari tahu untung dan ruginya berpacaran dengan rekan satu kantor! Pastikan dulu kamu memahami betul untung rugi berpacaran dengan teman satu kantor sebelum melangkah lebih jauh,

Masalah pribadimu dengan pasangan bisa berujung pada suasana kantor yang tidak nyaman

Salah satu faktor utama yang disorot oleh pemilik perusahaan yang menerbitkan aturan bahwa rekan sekantor dilarang menikah adalah hal ini. Dikhawatirkan, nantinya dimasa depan bila ada masalah pribadi akan berdampak buruk pada pekerjaan.

Kamu bisa saja mengatakan bisa memisahkan antara masalah pribadi dengan pekerjaan, tapi tidak ada yang menjamin bahwa kamu bisa melakukan hal tersebut dengan baik. Bisa saja suatu saat nanti, ketika kamu tidak bisa mengendalikan emosimu karena masalah dengan pasangan, pekerjaan pun jadi ikut berantakan.

Pacaran dengan teman sekantor bisa membuatmu jadi tidak fokus saat bekerja. Jangan sampai profesionalitas kerjamu jadi ikut terganggu!

Hal merugikan lainnya bila berpacaran dengan teman sekantor adalah tidak fokus saat bekerja. Saat bekerja, kamu memandangnya sebagai kekasih dan pria pujaan, bukannya sebagai rekan kerja yang profesional. Ketika diminta membuat keputusan pekerjaan yang berhubungan dengan dirinya, kamu jadi subyektif. Ketika ada rekan kerja yang sedang bertengkar dengannya, kamu cenderung memihak padanya meski tahu dia telah melakukan kesalahan.

Jika seperti ini terus kelakuan kamu saat bekerja, maka jangan heran bila teman-teman atau atasan mempertanyakan profesionalitas kerja kamu.

Jangan kaget bila kamu dan pasangan kerap jadi bahan gosip teman sekantor lainnya!

Siap-siap deh selalu jadi bahan omongan dan candaan teman-teman sekantor. Namanya juga temankantor, bila ada pasangan di kantor pasti tidak tahan untuk membicarakan atau menggodanya. Saat kalian sedang bahagia atau mesra-mesranya di kantor, rekan kerja pasti akan menggoda kalian dan turut bahagia karena kalian menebarkan efek positif pad alingkungan sekitar. Tetapi keadaan akan berbalik ketika kamu dan pasangan sedang dalam masalah atau bertengkar, ini tentunya akan menjadi bahan gosip empuk untuk rekan sekantormu. Yang kuat ya!

Jika ujungnya menikah, salah satu harus rela pindah tempat kerja

Beberapa perusahaan menetapkan aturan bagi rekan satu kantor yang akhirnya menikah, salah satu dari kalian harus rela resign atau keluar dari tempat kerja. Padahal kamu dan dia sudah sama-sama menyukai tempat kerja yang sekarang, mau tidak mau salah satunya harus mengalah.

Baik kamu atau dia yang ujungnya keluar dari perusahaan tempat kalian bekerja, hal tersebut harus dibicarakan baik-baik dan secara bersama-sama. Sebelum menikah, jika kamu dan dia masih sama-sama ingin bekerja, pastikan pihak yang resign sudah menemukan tempat kerja yang baru.

Tapi, jika akhirnya putus suasana kantor tidak lagi menyenangkan

Tetapi, bagaimana bila akhirnya kalian tidak jadi menikah alias putus ditengah jalan? Pastinya suasana di kantor tidak senyaman dulu saat masih pacaran. Apalagi jika kamu satu tim dengan mantan kekasih di kantor, semua hal pasti akan terasa canggung dan gerakanmu jadi tidak leluasa.

Hal ini karena setelah putus cinta, kamu harus dipaksa bertemu lagi dengan dia setelah putus sedangkan perasaan sakit setelah hubungan usai belum sembuh sepenuhnya. Alhasil, kerjamu jadi tidak fokus, karena terbentur masalah perasaan dengan mantan kekasih di tempat kerja.

Kamu jadi sering bertemu dan tahu aktivitas pasangan di kantor. Kamu bisa dengan mudah mengawasi kegiatannya!

Tetapi, tidak selamanya pacaran dengan teman sekantor itu buruk kok! Hal positif yang bisa didapatkan jika kamu berpacaran dengan teman sekantor adalah bisa sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama saat di kantor. Kamu dan dia tidak mengenal kata “rindu” karena setiap hari bertemu. Kamu juga bisa mengawasi kegiatannya langsung selama di kantor, jadi tahu deh dia selingkuh atau tidak dengan teman wanita lain di kantor.

Tapi hal yang wajib kamu ingat adalah, agar hubungan kalian tidak monoton karena tiap hari bertemu di kantor, jangan saling membatasi pergerakan satu sama lain. Biarkan dia tetap bermain dengan teman lainnya di kantor dan kamu pun tetap masih bergaul dengan teman wanita kamu di kantor.

Jam istirahat pun bisa kamu manfaatkan untuk berkencan dengan dia.

Hal yang tidak bisa dilakukan dengan orang yang pacaran berbeda kantor adalah makan siang bersama! Ya, tiap istirahat atau jam makan siang, kalian bisa menghabiskan waktu bersama. Kamu juga bisa bereksperimen untuk membuatkannya bekal makanan untuk dinikmati bersama. Seru kan!

Kamu memang tidak bisa memilih dengan siapa akan jatuh cinta, kamu juga tidak tahu bahwa jodohmu ada di kantor tempatmu bekerja atau tidak. Tetapi dengan tahu dampak baik dan buruknya pacaran dengan sekantor, kamu jadi punya bahan pertimbangan tersendiri. Pasalnya, diusia dewasa ini kamu tentu tidak sekedar mencari pacar namun juga pendamping hidup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Cukup Lakukan 5 Hal Mudah Ini Demi Mendapatkan Hasil Make up Yang Tahan Lama. Kalau Sudah Begini Kamu Pun Bisa Tampil Cantik Seharian!

makeup

Tampil cantik dengan polesan make up yang masih menempel sempurna di wajah akan membuatmu merasa lebih percaya diri untuk menghadapi hari. Tak heran bila make up yang luntur bisa saja membuat harimu jadi buruk. Belum lagi masalah make up cakey yang akan mengganggu penampilanmu.

Kalau sudah begitu, mau tak mau kamu jadi harus rajin touch up make up, apalagi bila pekerjaan kamu memang menuntutmu untuk tampil menarik. Saat touch up berarti kamu sedang menumpuk make up di wajahmu. Bukan hanya memberi kesan riasan wajah nampak tebal dan berat, kerap melakukan touch up juga akan membuat muka kamu lebih berpotensi terkena jerawat.

Tak perlu make up dengan harga mahal sebenarnya untuk menghasilkan polesan make up yang tahan lama. Cara bermake up yang tepat akan menghasilkan riasan wajah tahan lama. Kamu hanya perlu melakukan 5 tips ini untuk mendapatkan riasan wajah yang tahan seharian. Kamu pun jadi kian percaya diri menghadapi harimu.

Menggunakan moisturizer akan membuat make up kamu tahan lama

Penggunaan moisturizer merupakan dasar penting agar make upmu bisa bertahan lama. Sebenarnya kunci make up yang tahan lama berada pada kondisi kulitmu. Kulit yang halus dan lembah akan menghasilkan make up yang lebih tahan lama. Mousturizer memiliki fungsi untuk menyiapkan kulitmu agar riasan bisa menempel sempurna. Nah, mulai sekarang jangan lupa menggunakan moisturizer demi hasil make up yang tahan lama ya!

Selain membuat tampilan make up lebih memukau, penggunaan primer juga akan membuat riasan lebih awetcosmetics-2116385_640

Untuk mendapatkan hasil make up yang ciamik, kamu bisa memilih jenis primer yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan beauty advisor kamu ya! Lapisan primer berguna untuk mencegah make up yang kamu gunakan langung menyentuh kulitmu. Bukan hanya itu saja, primer juga menjadi dasar untuk menahan foundation dan concealer demi hasil make up mempesona dan tahan lama

Gunakan concealer demi mendapatkan tampilan wajah yang sempurnaconcealer

Harimu buruk karena bekas jerawat atau kantong mata? Tenang! Concealer bisa menjadi penyelamat harimu. Aplikasikan concealer pada rias wajahmu, tampilan wajah nan mulus pun bisa kamu peroleh. Agar tampilanmu kian oke, gunakan concealer sebelum foundation. Hal ini dilakukan agar warna concealer dapat tertutup oleh foundation, kalau sudah begini warna kulit kamu pun bisa lebih menyatu. Pilihkan jenis dan warna concealer yang sesuai dengan kebutuhanmu ya!

Foundation bisa kamu andalkan untuk mendapatkan tampilan kulit yang halus lohcosmetics-2116383_640

Pilihlah warna dan jenis foundation yang cocok untuk dirimu. Sesuaikan warna foundation yang sesuai dengan tone kulit kamu. Untuk tampilan yang lebih natural kamu bisa memilih jenis liquid foundation. Foundation jenis ini juga lebih mudah diaplikasikan di kulit wajah. Sedangkan kamu yang menyukai tampai flawless, kamu dapat mencampurkan liquid foundation dan cream foundation. Perpaduan kedua jenis foundation tersebut akan menghasilan coverage maksimal.

Gunakan spons yang telah dibasahi sedikit air untuk mengaplikasikan foundation di wajah kamu. Lakukan gerakan menepuk-nepuk. Hindari gerakan menggeser. Gerekan menggeser hanya akan membuat lapisan make up yang telah menempel di bawahnya jadi ikut tergeser.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top