Career & Money

Ingat, Jangan Tinggalkan Sesi Wawancara Kerja Sebelum Tanya 3 Hal Ini

Setiap harinya, tidak hanya kamu tapi banyak wanita dan pria di luar sana yang pada detik ini sedang melakukan wawancara kerja. Untuk sampai pada tahap wawancara, tidaklah mudah. Prosesnya bisa dibilang cukup panjang. Mulai dari membuat CV dan resume yang menarik, mengirimkan lamaran kerja lewat e-mail atau langsung ke perusahaan, menunggu panggilan berminggu-minggu, hingga akhirnya dipanggil wawancara kerja.

Pemanggilan wawancara kerja tentunya sangat menyenangkan. Ini membuktikan bahwa usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia. Tetapi, tolong ingat ini! Jangan pernah sekalipun meninggalkan sesi interview dengan HRD sebelum kamu menanyakan 3 pertanyaan penting ini.

Kamu Harus Tanya Tahapan Apa Saja Yang Harus Kamu Lalui Sebelum Diputuskan Diterima

Sebelum masuk ke dalam 3 pertanyaan yang dimaksud. Setidaknya kamu perlu mengetahui, tahapan yang biasanya dilakukan pada saat wawancara kerja yang p0aling umum biasanya wawancara dengan HRD. Pada tahap pertama ini, awal mula yang dibicarakan adalah seputar latar belakang, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Kemudian lanjut psikotest, wawancara user, dan kembali lagi pada HRD untuk negosiasi gaji.

Ada perusahaan yang melakukan semua tahap tersebut dalam satu hari, ada yang selang 3 hari dari tahap pertama ke tahap berikutnya, ada juga yang selang selama seminggu dari tahap pertama ke tahap berikutnya.

3 Pertanyaan Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan Sebelum Memutuskan untuk Meninggalkan Sesi Wawancara

Biasanya pada tahap akhir wawancara, HRD biasanya mempersilahkan kamu untuk bertanya apapun tentang perusahaan. Banyak yang mengabaikan kesempatan untuk bertanya ini karena alasan ingin buru-buru menyelsaikan tahap wawancara atau menganggap kesempatan ini tidak penting.

Padahal ini merupakan kesempatan untuk mengetahui gambaran suatu perusahaan secara lebih rinci. Jika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya tentang perusahaan oleh HRD, sebaiknya tanyakan 3 hal ini.

1. Tanyakan Tentang Culture di Perusahaan Tersebut

Menanyakan soal culture perusahaan tidak salah. Dengan menanyakan ini, kamu bisa mempelajari tentang suasana lingkungan tempat kamu akan bekerja nantinya dan bagaimana cara kamu untuk bisa beradaptasi dengan culture perusahaan tersebt.

Culture perusahaan adalah sebuah atmosfer emosional di lingkungan kerja, yang bertujuan untuk menyatukan perusahaan dengan karyawannya. Culture perusahaan termasuk bagaimana perusahaan mengatur kebiasaaan, komunikasi, aktivitas, nilai-nilai, motivasi karyawan, dan lain-lain.

2. Tanyakan Tentang Tanggungjawab Pekerjaan yang Akan Kamu Kerjakan Nantinya

Pertanyaan ini sangat krusial agar kamu tahu apa sebenarnya yang akan menjadi tanggungjawab kamu selama bekerja. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan tidak sesuai dengan posisi yang dilamarnya pada proses interview. Alhasil, banyak karyawan yang terjebak di suatu perusahaan dan tidak bisa keluar dengan mudah, akibat adanya aturan penalti dari perusahaan.

Pertanyaan ini mesti kamu tanyakan dengan tegas pada HRD, pastikan HRD perusahaan menjawab pertanyaan dengan jujur. Jangan sampai kamu merasa menyesal saat bekerja di perusahaan tersebut.

3. Kapan Waktu Wawancara Selanjutnya Akan Dilakukan

Ditengah ketidakpastian dan kebutuhan akan pekerjaan, kamu juga harus tegas menanyakan soal kapan waktu wawancara selanjutnya akan dilakukan atau minta pihak HRD menghubungi kamu jikalau tidak diterima bekerja.

Banyak perusahaan yang tidak mengabari pelamar kerja saat mereka tidak lolos tahap interview. Hal ini menyebabkan pelamar kerja digantung dalam ketidakpastian menunggu kabar dari pihak perusahaan.

Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu pun terbantu dan bisa mengosongkan jadwal untuk interview selanjutnya.

Jangan sampai kamu meninggalkan sesi wawncara tanpa menanyakan ketiga pertanyaan ini terlebih dahulu kepada pihak HRD atau User terkait. Pertanyaan ini akan membantumu memutuskan apakah akan lanjut wawancara di tempat itu atau tidak.

Perhatikan Tanda-tanda Perusahaan Tersebut Tidak Baik Untukmu, Sebelum Kamu Salah Langkah!

Saat wawancara kerja, tentunya kita ingin yang terbaik bagi diri kita dan juga karier kedepannya. Perusahaan yang nyaman dengan teman kerja yang menyenangkan adalah impian semua pegawai dimanapun.

Tapi, namanya juga butuh perusahaan. Kadang kita tidak terlalu memperhatikan tanda-tanda atau keadaan yang memberikan “sinyal” pada kita untuk tidak masuk ke sebuah perusahaan. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam perusahaan yang mengerikan, ada lima tanda yang mesti diperhatikan, antara lain:

  • Terlalu banyak pegawai baru dalam satu perusahaan
  • Bos sudah berani marah-marah di depan orang-orang yang sedang interview
  • Deskripsi pekerjaan saat wawancara tidak sesuai dengan posisi yang dilamar
  • Lowongan yang dipajang oleh perusahaan sudah berumur cukup lama
  • Meminta bayaran saat melakukan interview

Akhir kata, meski kamu adalah orang yang membutuhkan pekerjaan, tetapi jangan sampai suatu perusahaan mempermainkanmu. Tunjukan pada mereka bahwa kamu punya harga yang pantas dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan memaksakan diri menerima tawaran di sebuah perusahaan jika itu tidak membuatmu nyaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

10 Potret Mengangumkan dari Kimmy Jayanti, Model Cantik yang Baru Saja Menikah

Ada berita bahagia dari Kimmy Jayanti, perempuan yang berprofesi sebagai model ini baru saja memberi sebuah kejutan pada banyak orang. Tak pernah memaperkan potret dari pasangannya, bersamaan dengan pagelaran pesta penikahan pangeran Harry dan Meghan Markle, kemarin. Tahu-tahu Kimmy menggelar pesta pernikahan.

Yap, pada Minggu, 20 Mei 2018 lalu, perempuan kelahiran Medan, yang kini berusia 26 tahun itu juga ternyata sudah melepas masa lajangnya.

Dinikahi oleh pesepak bola Indonesia berdarah Nigeria, Greg Nwokolo, Kimmy terlihat sangat anggun pada pesta pernikahannya. Tapi tak hanya itu saja, kali ini ada 10 potret cantik dari Kimmy yang sudah berhasil kami rangkum dengan berbagai macam outfit yang mengangumkan.

Beginilah penampilan Kimmy pada pagelaran pesta pernikahannya, pada 20 Mei 2018 lalu.

 

Sumber : www.instagram.com/kimmyjayanti/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Tampil dengan Balutan Ball Gown yang Mirip Puteri Kerajaan, Ayu Ting-ting Jadi Pusat Perhatian

Sering dinilai tak punya selera fashion yang baik oleh netizen di Instagram, nyatanya baru-baru ini Ayu Ting-ting justru membuat sebuah kejutan. Ya, jauh dari kesan biasa. Pada salah satu penampilannya beberapa hari lalu, diposting pada akun instagram pribadi fashion stylist Wishnu Aji,  Ayu tampil beda dengan sebuah gaun indah bermotif bunga karya Fashion Designer, Wirama Pratama.

Sumber : www.instagram.com/diaryfashionstyle/

Wishnu selaku fahsion stylist, menyebut jika Ayu adalah “QUEEN OF FLOWERS “. Dan sejalan denan gaun indah yang dikenakannya, dan demi menambah kesan sempurna pada penampilnnya. Ayu juga terlihat memakai ear cuff bernuansa gold hasil karya Rinaldy Yunardi. Sedangkan pada tatanan rambutnya, ibu dari Bilqis ini memilih model hair bun, yang juga menambah kesan magis pada penampilannya kali ini.

Tak hanya terlihat anggun dan mempesona saja, Ayu terlihat seperti seoran putri kerajaan. Nah, adakah yang kira-kira ingin terlihat sama cantiknya dengan gaun Floral yang aku kenakan?

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Pacu Produktivitasmu Lewat Kebiasaan Kecil Ini

Memasuki awal minggu, jangan sampai kamu justru tak semangat dalam segala aktivitasmu. Terlebih setelah menghabiskan akhir pekan dengan sangat menyenangkan, bukankah seharusnya kamu bisa me-recharge energi sehingga jadi lebih produktif di awal minggu? Hanya saja, yang terjadi justru sebaliknya. Selepas liburan di akhir pekan, bukannya ingat soal aktivitas di hari kerja, yang ada justru keinginan untuk memperpanjang masa liburan. Kalau begitu, kapan kamu mau jadi sosok yang lebih produktif?

Buatlah Daftar Kegiatan di Malam Hari Sebelum Tidur

“Daftar kegiatan sejatinya adalah sebuah road map harianmu,” ujar Paula Rizzo, penulis buku Listful Thinking: Using List to Be More Productive, Successful, and Less Stressed. Kebanyakan penulis menyarankan untuk membuat daftar kegiatan di pagi hari. Namun nyatanya cara ini kurang efektif. Akan jauh lebih baik kalau kamu mempersiapkannya di malam hari sehingga ketika kamu bangun pagi di keesokan pagi, kamu sudah siap dan tidak terburu-buru lagi.

Di lain sisi, menuliskan agenda atau daftar kegiatan di penghujung hari sejatinya mengantarmu memiliki waktu personal setelah seharian berkutat dengan segala macam kesibukan.

Tuliskan Setiap Tugas-tugas yang Akan Kamu Kerjakan Sepanjang Hari Atau Sepanjang Minggu

Dalam daftar agenda yang kamu buat, jangan hanya menuliskan aktivitas yang akan kamu lakukan. Kalau perlu, cantumkan juga setiap tugas dari kantor atau kampus, atau tugas rumah yang sekiranya akan kamu kerjakan.

Kalau kamu hanya menuliskan daftar agenda kegiatan, sementara mengesampingkan tugasmu, yang ada justru kamu pun rentan melakukan penundaan terutama dalam mengerjakan tugas.

Milikilah Bucket List yang Bisa Memacu Dirimu Agar Lebih Aktif Lagi Saat Beraktivitas

Siapa bilang bucket list hanya diperuntukkan pada saat membuat resolusi tahun baru saja? Justru kamu bebas membuat bucket list  kapan saja. Jadikanlah bucket list-mu sebagai semacam proyek besar yang akan kamu wujudkan. Bisa berupa rencana perjalanan atau rencana membeli sesuatu yang dari dulu kamu dambakan. Dengan memiliki bucket list, kamu pun tak akan terjebak pada rutinitas belaka, tapi juga merasa giat karena ada mimpi yang siap diwujudkan.

Pastikan Kamu Membuat Jadwal Kegiatan yang Sesuai Prioritasmu

Jadwal agenda yang baik dibuat dengan memasang agenda yang akan jadi prioritas. Sementara terlalu banyak memasukkan rencana kegiatan, justru akan buang-buang energi sekaligus menguras tenagamu. Karenanya, cukup pastikan rencana yang sudah di depan mata untuk dijalankan. Kalau sekiranya hal itu bukan sebuah prioritas, maka lupakan saja terlebih dahulu.

Pastikan Setiap Hal Kamu Kerjakan Sampai Tuntas, Jangan Hanya Jadi Daftar pada Catatan Pribadimu

Kebanyakan orang hanya giat membuat jadwal agenda tapi lupa bagaimana caranya menjaga konsistensi dan rutin melakukannya setiap hari. Karenanya, saat kamu konsisten membuat jadwal semacam ini demi meningkatkan produktivitas, maka jagalah terus komitmen tersebut. Seiring bergantinya hari, kamu pun jangan lupa pada setiap hal yang akan kamu lakukan di hari-hari setelahnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top