Career & Money

Ingat, Jangan Tinggalkan Sesi Wawancara Kerja Sebelum Tanya 3 Hal Ini

Setiap harinya, tidak hanya kamu tapi banyak wanita dan pria di luar sana yang pada detik ini sedang melakukan wawancara kerja. Untuk sampai pada tahap wawancara, tidaklah mudah. Prosesnya bisa dibilang cukup panjang. Mulai dari membuat CV dan resume yang menarik, mengirimkan lamaran kerja lewat e-mail atau langsung ke perusahaan, menunggu panggilan berminggu-minggu, hingga akhirnya dipanggil wawancara kerja.

Pemanggilan wawancara kerja tentunya sangat menyenangkan. Ini membuktikan bahwa usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia. Tetapi, tolong ingat ini! Jangan pernah sekalipun meninggalkan sesi interview dengan HRD sebelum kamu menanyakan 3 pertanyaan penting ini.

Kamu Harus Tanya Tahapan Apa Saja Yang Harus Kamu Lalui Sebelum Diputuskan Diterima

Sebelum masuk ke dalam 3 pertanyaan yang dimaksud. Setidaknya kamu perlu mengetahui, tahapan yang biasanya dilakukan pada saat wawancara kerja yang p0aling umum biasanya wawancara dengan HRD. Pada tahap pertama ini, awal mula yang dibicarakan adalah seputar latar belakang, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Kemudian lanjut psikotest, wawancara user, dan kembali lagi pada HRD untuk negosiasi gaji.

Ada perusahaan yang melakukan semua tahap tersebut dalam satu hari, ada yang selang 3 hari dari tahap pertama ke tahap berikutnya, ada juga yang selang selama seminggu dari tahap pertama ke tahap berikutnya.

3 Pertanyaan Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan Sebelum Memutuskan untuk Meninggalkan Sesi Wawancara

Biasanya pada tahap akhir wawancara, HRD biasanya mempersilahkan kamu untuk bertanya apapun tentang perusahaan. Banyak yang mengabaikan kesempatan untuk bertanya ini karena alasan ingin buru-buru menyelsaikan tahap wawancara atau menganggap kesempatan ini tidak penting.

Padahal ini merupakan kesempatan untuk mengetahui gambaran suatu perusahaan secara lebih rinci. Jika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya tentang perusahaan oleh HRD, sebaiknya tanyakan 3 hal ini.

1. Tanyakan Tentang Culture di Perusahaan Tersebut

Menanyakan soal culture perusahaan tidak salah. Dengan menanyakan ini, kamu bisa mempelajari tentang suasana lingkungan tempat kamu akan bekerja nantinya dan bagaimana cara kamu untuk bisa beradaptasi dengan culture perusahaan tersebt.

Culture perusahaan adalah sebuah atmosfer emosional di lingkungan kerja, yang bertujuan untuk menyatukan perusahaan dengan karyawannya. Culture perusahaan termasuk bagaimana perusahaan mengatur kebiasaaan, komunikasi, aktivitas, nilai-nilai, motivasi karyawan, dan lain-lain.

2. Tanyakan Tentang Tanggungjawab Pekerjaan yang Akan Kamu Kerjakan Nantinya

Pertanyaan ini sangat krusial agar kamu tahu apa sebenarnya yang akan menjadi tanggungjawab kamu selama bekerja. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan tidak sesuai dengan posisi yang dilamarnya pada proses interview. Alhasil, banyak karyawan yang terjebak di suatu perusahaan dan tidak bisa keluar dengan mudah, akibat adanya aturan penalti dari perusahaan.

Pertanyaan ini mesti kamu tanyakan dengan tegas pada HRD, pastikan HRD perusahaan menjawab pertanyaan dengan jujur. Jangan sampai kamu merasa menyesal saat bekerja di perusahaan tersebut.

3. Kapan Waktu Wawancara Selanjutnya Akan Dilakukan

Ditengah ketidakpastian dan kebutuhan akan pekerjaan, kamu juga harus tegas menanyakan soal kapan waktu wawancara selanjutnya akan dilakukan atau minta pihak HRD menghubungi kamu jikalau tidak diterima bekerja.

Banyak perusahaan yang tidak mengabari pelamar kerja saat mereka tidak lolos tahap interview. Hal ini menyebabkan pelamar kerja digantung dalam ketidakpastian menunggu kabar dari pihak perusahaan.

Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu pun terbantu dan bisa mengosongkan jadwal untuk interview selanjutnya.

Jangan sampai kamu meninggalkan sesi wawncara tanpa menanyakan ketiga pertanyaan ini terlebih dahulu kepada pihak HRD atau User terkait. Pertanyaan ini akan membantumu memutuskan apakah akan lanjut wawancara di tempat itu atau tidak.

Perhatikan Tanda-tanda Perusahaan Tersebut Tidak Baik Untukmu, Sebelum Kamu Salah Langkah!

Saat wawancara kerja, tentunya kita ingin yang terbaik bagi diri kita dan juga karier kedepannya. Perusahaan yang nyaman dengan teman kerja yang menyenangkan adalah impian semua pegawai dimanapun.

Tapi, namanya juga butuh perusahaan. Kadang kita tidak terlalu memperhatikan tanda-tanda atau keadaan yang memberikan “sinyal” pada kita untuk tidak masuk ke sebuah perusahaan. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam perusahaan yang mengerikan, ada lima tanda yang mesti diperhatikan, antara lain:

  • Terlalu banyak pegawai baru dalam satu perusahaan
  • Bos sudah berani marah-marah di depan orang-orang yang sedang interview
  • Deskripsi pekerjaan saat wawancara tidak sesuai dengan posisi yang dilamar
  • Lowongan yang dipajang oleh perusahaan sudah berumur cukup lama
  • Meminta bayaran saat melakukan interview

Akhir kata, meski kamu adalah orang yang membutuhkan pekerjaan, tetapi jangan sampai suatu perusahaan mempermainkanmu. Tunjukan pada mereka bahwa kamu punya harga yang pantas dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan memaksakan diri menerima tawaran di sebuah perusahaan jika itu tidak membuatmu nyaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Tak Lagi Berpikiran Kolot Kalau Mau Jadi Perempuan Masa Kini

Kamu punya sosok perempuan idola yang kamu kagumi? Kamu mungkin kerap berpikir apa yang membuat mereka jauh lebih keren dibanding perempuan kebanyakan. Kenapa setiap gerak-gerik mereka seolah sangat menarik untuk dilihat.

Karena cantik? Pintar dandan atau lainnya? Hal itu memang penting buat perempuan tapi sesungguhnya bukan hal itu yang membuat perempuan menjadi sangat menarik. Sebab beberapa perempuan memang seolah bisa menampilkan cara baru menjadi keren. Ada beberapa hal yang mereka lakukan yang mungkin kamu juga sudah lakukan sebagai individu yang keren.

Tak Lagi Bergantung Secara Emosional Dengan Orang Lain

Bukan berarti tak butuh pasangan atau kawan. Tapi perempuan yang keren itu paham bahwa sumber kebahagiaan itu berasal dari dirinya sendiri. Jadi dia tak pernah juga menyalahkan orang lain ketika dia merasa sedih atau kecewa. Inilah yang membuatnya bisa kelihatan sangat keren.

Tak Pernah Berhenti Belajar Hal Baru

Buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau akhirnya juga di dapur. Haduh, itu sudah idiom yang sangat kolot. Perempuan yang keren itu tidak pernah berhenti untuk belajar.

Bahkan tak harus di sekolah mereka yang keren itu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Tingkat intelektualnya yang tinggi ini yang membuatnya bisa terlihat sangat keren.

Tak Lagi Mengabaikan Kebutuhan Fisik

Perempuan keren yang mandiri itu bukanlah perempuan yang cuek pada penampilan fisiknya. Mereka justru sadar penuh kalau tubuhnya adalah milik mereka sendiri dan karena itu dengan telaten mereka jaga.

Perempuan keren ini tak jarang mengikuti pola makan sehat, berolah raga, memanjakan diri di spa, salon perawatan. Semua itu dilakukan bukan untuk orang lain. Namun karena kesadaran diri bahwa yang mereka miliki memang harus mereka jaga. Dari sinilah mereka akan kelihatan sangat keren.

Tak Lagi Membiarkan Orang Lain Memilihkan Untuk Mereka

Perempuan keren itu adalah mereka yang paham tentang kemauannya. Mereka tak bergantung pada orang lain untuk memberikan keputusan untuk mereka. Ini tak mudah karena masih banyak juga lingkungan yang belum sepenuhnya mendukung hal ini.

Ambil contoh sesederhana perempuan membawa motor sendiri. Masih banyak perempuan yang tak percaya diri untuk memilih motor dan memutuskan mengendarainya. Padahal saat ini sudah ada motor yang memang didesain cocok buat perempuan.

Contohnya Suzuki Nex II. Motor ini didesain ramping dan bobotnya ringang sehingga cocok untuk dibawa kaum hawa. Tampilannya menarik dengan 5 pilihan varian mulai dari standart, Elegant, Elegant Premium, Fancy Dynamic dan Sporty Runner. Perempuan keren bisa bebas memilih sendiri.

Apalagi sisi kenyamanan berkendara menjadi perhatian utama. Ukuran floorboard yang lebih luas dibanding generasi sebelumnya membuat ruang kaki pengendara lebih terasa lega dan tidak melelahkan. Ruang penyimpanan di sisi kiri dan kanan depan juga dibuat lebih besar.

Kamu Punya Keren Cara Baru Versimu? Ceritakan Disini!

Kamu pastinya termasuk perempuan masa kini yang melakukan hal-hal keren dengan cara berbeda. Coba jangan disimpan sendiri, bagikan dengan yang lain karena sedang ada kompetisi #kerencarabaru dari Suzuki. Banyak hadiah menarik mulai dari action cam, handphone samsung dan hadiah lainnya.

Caranya:

  1. Buat foto atau video yang menggambarkan perilaku yang tidak bisa dilakukan di masa lalu dan hanya bisa dilakukan di masa kini
  2. Kunjungi situs kerencarabaru.suzuki.co.id kemudian download frame yang disediakan
  3. Edit foto atau video menggunakan aplikasi favorit kamu dengan memakai frame yang sudah didownload
  4. Upload foto atau video yang sudah diedit ke instagram kamu
  5. Sertakan hastag #KerenCaraBaru #KerenMasaKini diawal caption dan buatlah caption menarik yang bisa mendukung posting foto dan video tersebut
  6. Follow akun resmi Suzuki di @suzukiindonesiamotor dan @kerencarabaru
  7. info lebih lengkap bisa di liat di ig @kerencarabaru atau kunjungi kerencarabaru.suzuki.co.id

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Bekerja di Kantoran Memang Nyaman, Tapi Berpengaruh Buruk untuk Kesehatan

Tahu nggak sih, ternyata jadi pekerja kantoran tak sebaik yang kita pikirkan. Sebab, bisa  memberi dampak yang tak baik bagi kesehatan. Sebut saja, duduk dibalik meja seharian, menerima telepon, dan berhadapan dengan layar monitor sampai jam pulang.

Untuk itu, kita perlu tahu, apa saja hal-hal yang bisa merusah kesehatan ketika kita terus berdiam diri dalam pekerjaan yang tidak aktif bergerak. Karena, dari tinjauan terhadap 18 penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk sepanjang hari memiliki risiko kematian 49% lebih tinggi daripada yang lain. Kalau begitu, apa-apa saja sih yang perlu kita hindari?

Diluar Sesuatu yang Amat Penting, Jangan Membiarkan Diri Bekerja Lebih Lama

Iyap, ini bukan tak loyal sama kerjaan. Tapi, kalau memang tak ada sesuatu yang benar-benar harus diselesaikan hari itu juga. Jangan terlalu sering bekerja melebihi jam di kontrak kerja, hehe. Selain memberi tubuhmu beristirahat tepat waktu, ini jadi salah satu siasat untuk terhindar dari stres berat.

Untuk lebih meyakinkanmu, Peneliti Kansas State Unversity menemukan bahwa orang yang bekerja lebih dari 50 jam setiap minggu telah mengurangi kesehatan fisik mereka. Orang-orang ini menderita sakit karena telat bekerja setidaknya sepuluh jam kerja setiap hari. Beberapa diantaranya, menderita depresi dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Jika Ruang Kerjamu Terbatas Oleh Gerak, Buat Jadwal untuk Merengangkan Otot

Acap kali dialami oleh para pekerja kantoran, resepsionis hotel, hingga mereka yang memang harus siap sedia di meja kerja setiap waktu. Tak hanya mempengaruhi kondisi jiwa, ini juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik kita. Sebab, tak aktif bergeak akan menimbulkan kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, American Osteopathic Association juga menyatakan bahwa pekerjaan semacam ini menambah rasa sakit fisik. Bekerja di meja terlalu lama akan menyebabkan ketegangan mata dan otot. Cobalah sesekali berdiri untuk memperbaiki situasi.

Posisi Duduk, Jadi Hal Lain yang Tak Boleh Luput dari Perhatianmu

Kondisi tubuh saat duduk dalam bekerja sering kali jadi sikap yang menjadi sumber masalah bagi kesehatan. Untuk itu, sebaiknya belajarlah untuk tetap mempertahankan postur tubuh jika memang pekerjaanmu memaksa duduk seharian di kantor. Duduk di kursi selama berjam-jam dapat memicu kebungkukan, apalagi jika posisi duduk kita tak tegak.

Selanjutnya, duduk konstan dapat melemahkan persendian. Akibatnya, penyakit seperti radang sendi dapat berkembang, yang juga bisa berdampak pada penyakit jantung kronis yang menakutkan.

Layar Komputer yang Terlalu Cerah Pun Tak Baik untuk Kesehatan Kita

Coba bayangkan, harus duduk seharian ditambah dengan mesti menatap layak komputer atau laptop tanpa ampunan. Selain memerhatikan posisi duduk saat bekerja, kecerahan layar komputer milikmu jadi hal yang harus diperiksa juga.

Pastikan, bahkan tingkat kecerahannya tidak melebihi anjuran yang disarankan. Dengan jarak pandang yang memang masih sehat untuk mata. Tidak terlalu dekat, tidak terlalu jauh pula.

Dan Terakhir, Keyboard adalah Sumber Penyakit yang Terkesan Biasa Tapi Bisa Membunuh Kita

Kamu tahu tidak, Menurut ahli mikrobiologi, keyboard milik kita memiliki 400 kali lebih banyak bakteri daripada toilet. Lalu bayangkan lagi, seberapa dekat kita berhadapan dengan keyboard. Menarik nafas tepat diatasnya, hingga menyentuhnya dengan jari tangan yang juga kita pakai menyembuh anggota tubuh lainnya.

Jadi ladang bakteri, membersihkan keyboard adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Tak mampu membersihkan semua kuman yang menempel disana,setidaknya upaya ini bisa mengurangi jumlah bakterinya. Untuk itu, setidaknya bersihkan keyboarmmu 2-3 kali dama seminggu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Untukmu yang Kemana-mana Sendiri, Lakukan Langkah Ini Agar Terhindar dari Kejahatan di Malam Hari

Wanita mandiri memang menarik, entah karena mereka berani atau merasa tidak ingin membebankan pria di dalam urusannya. Salah satu bentuk mandiri wanita, mereka sekarang bisa membawa kendaraan pribadi kemana-mana sendiri dan dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Bahkan bisa mengendarai di malam hari tanpa rasa takut.

Namun tak adanya rasa takut tidak cukup untuk membuat aman. Kalau kamu wanita yang gemar mengendarai kendaraan sendiri di malam hari, kamu tetap perlu berhati-hati karena kejahatan bisa kapan saja menyerangmu. Apalagi malam hari menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kejahatan dan pelakunya pun tak segan melukaimu. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar kamu bisa berjaga-jaga saat bepergian sendiri pada malam hari.

Jika Hendak Bepergian Sendiri pada Malam Hari, Pastikan Kamu Tahu Rute yang Hendak Dilalui

Kamu yang suka atau terpaksa pulang di malam hari dan dalam kondisi berkendaraan sendiri sebaiknya kamu tau betul dan hafal dengan rute yang kamu lewati, hal ini akan memudahkan kamu untuk bisa cepat sampai tujuan tanpa harus menebak-nebak terlebih dahulu jalan yang harus kamu lewati. Ketika kamu sampai tujuan dengan cepat, kamu juga akan semakin terhindar dari kejahatan yang mungkin saja menyerangmu.

Selain itu kamu harus pilih jalan dengan rute yang ramai, ada baiknya kamu menempuh jalan yang lebih jauh tetapi dengan kondisi ramai, dibandingkan jalan pintas namun dengan kondisi sepi dan gelap. Karena biasanya penjahat akan beraksi di jalan yang sepi dan gelap. Kalau pun mereka beraksi di jalan ramai, kamu akan mendapatkan pertolongan cepat dari pengendara lainnya atau orang sekitar. 

Sebelum Pergi, Rajinlah Cek Kondisi Kendaraan. Hindari Kerusakan Bagian yang Penting demi Keamananmu

Kelengkapan saat berkendara sangatlah penting kamu jaga, karena ini juga akan menghindari kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum pergi biasakan cek seluruh kondisi kendaraanmu, seperti lampu, klakson, rem, dan hal-hal yang remeh namun fatal jika kamu lalaikan.

Jika ada hal yang tidak beres, sebisa mungkin langsung perbaiki di bengkel terdekat. Jangan ambil resiko untuk pergi dengan kendaraan yang kondisinya tidak baik, karena selain mengakibatkan kecelakaan, kamu juga bisa saja menjadi sasaran empuk orang-orang yang ingin berbuat jahat.

Saat Bawa Tas, Sebaiknya Jangan Membawanya dalam Kondisi Mencolok

Kita semua tahu, kalau tas itu bisa jadi daya tarik utama pelaku kejahatan. Meskipun gadget juga bisa memancing seseorang berbuat jahat, namun tas bisa jadi incaran utama pelaku kejahatan. Jika demikian kamu harus lebih berhati-hati dengan kondisi ini, jangan sampai justru kamu yang memancing seseorang bertindak jahat. Saat meletakkan tas sebaiknya tempatkan di posisi yang aman dan tidak mencolok.

Terutama ketika kamu mengendarai kendaraan sepeda motor, lebih baik taruh tas kamu di bagian tengah depan, daripada ditaruh di stang motor ataupun di pundakmu. Jika kamu menaruh tas di posisi yang mencolok, bisa saja orang yang tidak mempunyai niat jahat menjadi tertarik karena posisi yang pas untuk jadi incaran penjahat. Selain itu hindari penggunaan gadget disaat kamu sedang berkendara, ini juga dilakukan agar tidak memancing seseorang bertindak jahat padamu dengan merebut gadget yang sedang kamu gunakan.

Alat Komunikasi Jelas Penting, Pastikan Aktif Selama Kamu Berkendara

Saat malam hari sangat penting untukmu mengaktifkan alat komunikasimu, agar kamu bisa cepat menghubungi seseorang jika terjadi sesuatu hal. Bukan hanya karena kamu terhindar dari kejahatan, kamu juga bisa meminta bantuan jika terjadi sesuatu mengenai kondisi kendaraanmu.

Agar tidak mengganggu selama perjalanan kamu bisa masukkan handphone kamu ke dalam tas namun dalam kondisi tersambung dengan headset. Sebaiknya kamu juga menyimpan beberapa nomor sebagai nomor panggilan cepat dan juga panggilan darurat.

Alat Sederhana Ini Bisa Membantumu untuk Melawan kalau Tiba-tiba Kamu Diserang, Sebaiknya Selalu Dibawa

Bagaimanapun juga kamu harus memiliki alat untuk pertahanan diri, jika sewaktu-waktu ada penjahat yang menyerangmu. Apalagi dengan kondisi di malam hari, tentu akan membuatmu kesulitan untuk mendapatkan bantuan, bisa jadi kondisi jalan yang tidak kondusif jika dibandingkan dengan siang hari.

Alat-alat ini sebenarnya tidak membahayakan, namun bisa jadi melukai jika kamu menggunakan dengan tekanan yang cukup keras. Pulpen yang biasa kamu bawa untuk menulis, juga bisa kamu gunakan sebagai senjata jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Ujungnya yang agak tumpul namun bersudut bisa jadi melukai seseorang jika kamu menekannya dengan kuat. Selain itu siapkan semprotan merica di tempat yang mudah terjangkau olehmu, jadi kamu bisa melakukan pertahanan diri sesaat meskipun kamu tidak memiliki dasar bela diri. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top