Kesehatan & Me Time

Hasil Riset : Perempuan Tak Bisa Bekerja dengan Produktif di Ruang yang Terlalu Dingin

Tak hanya perkara fisik semata, untuk urusan pola dan cara kerja, laki-laki dan perempuan memang punya kemampuan yang berbeda. Bahkan ini kian dikuatkan dengan sebuah temuan terbaru dari beberapa peneliti, tentang temperatur udara dalam ruang kerja yang bisa mempengaruhi kemampuan kerja para kaum hawa.

Lain dari para laki-laki yang merasa lebih nyaman untuk bekerja ketika suhu udara lebih dingin, perempuan justru tak bisa bekerja dengan maksimal jika suhu udara terlalu dingin.

Fenomena Ini Tak Hanya Terjadi di Iklim Tropis Saja, Penduduk Negara dengan 4 Musim Pun Merasakannya

Suhu di Indonesia sebagai negara tropis, memang selalu terasa lembab dan panas saja. Tapi ternyata kejadian ini tak terjadi atas perempuan-perempuan yang ada di negara kita saja, bahkan orang-orang di Amerika yang memiliki 4 musim pun merasakannya. Rupanya ini tak sekedar perkara kebiasaan saja, perbedaan tingkat kenyamanan atau daya tahan tubuh seseorang terhadap suhu dingin saja. Karena ada beberapa alasan ilmiah yang mendasari hal tersebut.

Melalui sebuah penelitian, para ahli tersebut menemukan jika perempuan tak bisa lebih baik dalam tes matematika dan verbal ketika temperatur ruangan lebih rendah. Dengan kata lain, ruangan yang dingin membuat perempuan tak bisa produktif dalam berpikir dan bekerja.

Dari Survey, Jumlah Lelaki yang Memilih Suhu Ruang Kerja yang Lebih Dingin Memang Lebih Banyak Dibanding Perempuan

Yap, dari hasil Studi yang dilakukan USC Marshall School of Business, AS dan WZB Berlin Social Science Center di Jerman, penelitian yang berkonsentrasi pada kemampuan kognitif ini, menunjukkan ada alasan spesifik mengapa selama ini pria dan wanita sering berdebat tentang suhu ruangan.

Dilakukan kepada lebih dari 500 pelajar yang diminta untuk mengikuti tes matematika dan verbal. Tes diambil dalam ruangan bersuhu sekitar 16C dan 90C. Hasil pun menunjukkan jika perempuan bukan hanya bisa mengerjakan dengan lebih baik tapi mereka bisa menjawab dengan lebih banyak, ketika berada dalam ruangan dengan suhu yang lebih hangat.

Dan sebaliknya, ketika suhu ruangan direndahkan, para perempuan menjawab lebih banyak salahnya. Anehnya, yang terjadi pada lelaki justru kebalikan dari yang dialami para perempuan. Lelaki lebih bisa menjawab dengan benar ketiika suhu ruangan lebih dingin dan tak bisa menjawab dengan baik ketika ruangan kian hangat.

Fakta Lainnya, Hal Ini Dipengaruhi Pula Oleh Suhu Tubuh antara Perempuan dan Lelaki yang Memang Berbeda

Sebelumnya, penelitian Univesitas Utah juga menemukan jika tangan dan kaki perempuan memang lebih dingin beberapa derajat dari pada laki-laki. Inilah yang kemudian membuat para perempuan kedinginan lebih cepat dan menganggu konsentrasi mereka berpikir.

Pada studi lain yang dilakukan Univesitas Maryland pun menemukan jika tingkat metabolisme laki-laki 23% lebih tinggi dari perempuan. Dengan begitu, berarti pula jika tubuh perempuan memang menghangat lebih lambat daripada tubuh para lelaki. Dan mudah merasa kedinginan ketika dalam ruangan yang dingin.

Kesimpulannya : Perempuan Akan Lebih Produktif Bekerja Pada Suhu Udara yang Lebih Hangat Dibanding Suhu Dingin

Maka dari beberapa fakta ilmiah yang ditemukan oleh para peneliti tersebut, perusahaan dan beberapa tempat kerja disarankan untuk bisa mengatur termostat yang lebih tinggi dari pada standar sekarang.

“Temuan ini menyarankan bahwa tempat kerja dengan pekerja bergender campur bisa meningkatkan produktivitas dengan mengatur termostat lebih tinggi dari pada standar sekarang,” ungkap peneliti tersebut.

Selain itu, peneliti ini juga menjelaskan tentang mengapa para perempuan kerap terlihat membawa berbagai lapisan pakaian atau jaket serta kaus kaki ke tempat kerja. Hal itu dikarenakan, para lelaki yang mungkin kerap merasa kepanasan jika para pekerja perempuan menaikkan suhu di ruangan. Nah, daripada berdebat, biasanya perempuan memilih untuk  menghangatkan tubuhnya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Cerita Sukses Cary Velazquez, Perempuan Disabilitas yang Jadi MUA Terkenal

Punya 29 ribu orang pengikut di Instagram, nama Cary Velazguez kian banyak dikenal. Kemampuan Cary membuka mata banyak orang, bahwa keterbatasan fisik seseorang tak selalu jadi halangan untuk bisa berprestasi.

Yap, tak mau patah arang atas fisiknya, Cary Velazquez tetap bersemangat untuk menjadi seorang Make Up Artist (MUA), yang kini sudah berhasil diwujudkannnya. Mengubah perspektif dan pendangan orang, cerita Cary bisa jadi inspirasi untuk semua orang.

Sebelumnya, perempuan berusia 29 tahun ini, didiagnosa memiliki osteogenesis imperfecta atau penyakit tulang rapuh yang merupakan sejenis gangguan struktur tulang, sejak 3 hari setelah kelahirannya. Gen yang rusak ini menurunkan produksi kolagen di dalam tubuh, membuat tulang sangat rentan patah.

Namun meski demikian, kekurangannya justru jadi pemicu yang membuat Cary ingin mengajak perempuan lain yang memiliki kekurangan untuk berani menggapai mimpinya, tak terkecuali di industri fesyen dan kecantikan.

“Saya ingin membuka pintu untuk wanita lain dengan kondisi berbeda. Saya tahu bahwa cerita saya akan mengubah perspektif orang lain dan saya tidak takut untuk menunjukkan diri kepada dunia,” kata Cary dilansir Barcroft TV.

Sumber : https://www.instagram.com/beautybycary/

Cary mulai menekuni dunia Make-up sejak 3 tahun lalu, terinspirasi dari video kecantikan di YouTube, awalnya ia hanya mempraktekkan makeup pada dirinya sendiri, ibu dan saudara kandungnya. Setelah akhirnya, menyadari jika ia berbakat sebagai MUA. Terbukti, kini ia sudah mulai bekerja merias orang lain dan memiliki pelangga di seluruh kota, tempat tinggalnya.  

“Saya ingin menunjukkan bahwa seseorang duduk di kursi roda masih bisa cantik, berbakat, dan hebat. Saya belajar beradaptasi sehingga saya bisa melakukan pekerjaan saya, seperti cara saya duduk di depan klien dan saya punya alat di depan saya sehingga saya bisa meraihnya dengan lebih mudah,” Tutur Cary.

Tapi meski saat ini ia sudah terlihat berhasil dan mewujudkan mimpinya, Cary juga bercerita jika selain kasih saang dan dukungan dari keluarga dan teman terdekat. Tak pelak ia juga kerap mendapat perbuatan tak menyenangkan dari orang lain yang memandang ia sebelab mata atas kondisi fisik yang ia punya.

“Saya masih menerima komentar negatif karena penampilan saya, saya dipanggil jelek, saya bilang kepala saya besar atau saya terlihat seperti badut, saya harus membuktikannya jika mereka salah,” tegasnya.

Hidup bersama dengan ibunya dengan kehidupan normal yang biasa, saat ini Cary tengah menikmati waktu dengan menjalani profesi baru yang ia tekuni. Dan ambisi besar yang ia miliki saat ini adalah membuka peluang lebih besar pada para perempuan penyandang cacat di dunia mode.

“Saya tidak takut untuk menunjukkan diri saya kepada dunia lagi karena saya tahu saya layak untuk itu. Saya tahu kisah saya akan mengubah perspektif orang lain dan mengubah hati orang lain,” tutupnya.

Jadi masih mau ngeluh ini–itu?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Unik, Teknik Diet Jepang Ini Mampu Mengurangi Lemak Tubuhmu Hanya Dengan Bernapas

Sebagian besar perempuan menganggap bahwa berat badan ideal hal penting dalam kehidupan. Sehingga tak heran jika banyak perempuan rela melakukan apapun untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh idealnya.

Nah, untuk kamu yang masih bingung teknik diet apa yang kira-kira cocok, mungkin teknik diet ini bisa jadi jawabannya.

Seorang Aktor Jepang Menemukan Teknik Pembakaran Lemak Tubuh dengan Latihan Pernapasan

Seorang aktor Jepang bernama Miki Ryosuke menemukan teknik unik dalam membakar lemak dalam tubuh, yaitu dengan latihan pernapasan.

Tak tanggung-tanggung, teknik ini dapat menurunkan berat badan sampai 13 kilogram loh. Lingkar pinggang pun dapat mengecil sampai 12 cm dalam waktu beberapa minggu saja. Latihan ini hanya membutuhkan waktu dua menit saja dalam sehari.

Para Dokter Profesional Juga Mengakui dan Merekomendasikan Teknik Diet Ini

Miki Ryosuke biasa menyebut teknik ini sebagai diet pernapasan-panjang. Teknik diet ini menitikberatkan pada posisi tubuh tertentu, dilanjutkan dengan menarik napas selama tiga detik. Kemudian hembuskan kembali napas dengan kuat selama tujuh detik.

Teknik ini sudah terbukti aman karena beberapa dokter profesional pun merekomendasikan teknik ini untuk menurunkan berat badan. Lemak dalam tubuh memiliki kandungan oksigen, karbon, dan juga hidrogen.

Saat oksigen yang dihirup mencaoau sel-sel lemak, oksigen tersebut akan membagi lemak menjadi komponen yang terdiri dari karbon dan air. Inilah kenapa semakin banyak oksigen yang digunakan dalam tubuh maka semakin banyak pula lemak yang berhasil terbakar dengan baik.

Penasaran dengan Caranya? Yuk Simak Langkah-langkah Berikut

Teknik latihan pernapasan ini dapat kamu lakukan selama 2 sampai 10 menit dalam sehari.

Pertama, berdirilah dengan posisi satu kaki ke depan dan satunya lagi ke belakang. Setelah itu kencangkan otot pantamu dan tumpukan berat badanmu pada kaki yang berada di belakang. Secara perlahan, mulailah menarik napas selama tiga detik dengan mengangkat kedua lengan ke atas kepala.

Kemudian hembuskan napas dengan kuat selama tujuh detik sembari mengencangkan seluruh otot tubuhmu. Teknik ini tak hanya dapat membakar lemak dalam tubuh saja, namun juga dapat menguatkan otot tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Punya Karang Gigi? Sebaiknya Atasi Daripada Malu Sendiri

Menjelang Hari Raya, kamu tentu ingin tampil maksimal, bukan? Jangan hanya sibuk mempersiapkan baju lebaran, tubuhmu pun layak mendapatkan perawatan dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Nah, salah satu bagian yang tak boleh dilupakan yaitu soal kebersihan gigi. Apalagi setiap orang cenderung punya masalah dengan karang gigi yang menempel di mulutnya, duh lebih baik cepat-cepat dibersihkan ya!

Urusan pencegahan karang gigi pun harus kamu pahami. Tapi lebih dulu, kamu perlu tahu darimana karang gigi berasa. Karang gigi sendiri ialah hasil dari plak yang tertimbun dan terbentuk karena campuran protein dan sisa makanan.

Kehadirannya nggak hanya mengganggu penampilan gigimu, tetapi karang gigi juga dapat menimbulkan perasaan tak nyaman saat kamu sedang mengunyah makanan. Yuk cari tahu cara mencegah dan mengatasi karang gigi.

Bersihkan dengan Baking Soda

Dari dulu, bahan yang satu ini memang sudah dikenal ampuh mengatasi karang gigi dan mencerahkan tampilan gigi dengan cepat. Cara menggunakannya pun relatif mudah yaitu dengan mencampur baking soda dengan sedikit air hingga berubah menjadi pasta, kemudian gunakan campuran bahan tersebut sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi.

Pastikan Kamu Sudah Menggosok Gigi dengan Benar

Pembentukan karang gigi sebenarnya bisa dipicu karena kamu jarang menggosok gigi. Karenanya, jangan lupa untuk menggosok gigi dengan benar dan rajin supaya karang gigi tak terbentuk. Atau cara selanjutnya adalah dengan menggosok gigi dengan sikat gigi listrik.

Banyak dokter yang mengatakan bahwa cara mencegah karang gigi menumpuk lebih banyak ialah dengan menggunakan sikat gigi listrik. Karena sikat gigi listrik lebih ampuh dalam membersihkan gigi dibandingkan dengan sikat gigi biasa.

Rajinlah Memakai Obat Kumur Setelah Membersihkan Gigi

Fungsi obat kumur selain untuk menyegarkan nafas adalah untuk mencegah karang gigi yang menumpuk. Lagipula, obat kumur sangat mudah ditemukan, untuk itu jangan malas membersihkan kesehatan gigi dan mulut ya.

Selain berkumur, kamu pun perlu membersihkan gigi langsung ke dokter gigi yang terpercaya. Selain ampuh, dokter gigi juga lebih mengerti tentang mengatasi masalah gigi dan tentunya akan mengajarimu cara merawatnya.

Atau Gosoklah Gigi dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan bahan alami yang digunakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi plak gigi. Dengan menggosok kulit jeruk pada gigi, bakteri pada gigimu akan berkurang dan secara nggak langsung akan membuat plak gigimu rontok secara perlahan.

Kamu cukup menggosok kulit jeruk pada bagian karang gigi, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kurangi atau Kalau Bisa Hindari Kebiasaan Merokok

Semua orang pasti sudah tahu akan bahaya merokok. zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok, Selain dapat memicu penyakit kanker paru-paru yang mematikan, juga dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top