Inspirasi & Motivasi

Hal Sederhana yang Bisa Membantu Perempuan Lepas dari Stress

Setiap hari, kita pasti  sering sekali mendengar kata “Bahagia itu sederhana”, atau diam-diam kita juga sering mengucapkannya?. Bilangnya sih enak, terkesan mudah dan gampang untuk dilakukan. Padahal, untuk bisa bahagia kadang tak cukup dengan sesuatu yang sederhana. Walau harus diakui pula, di beberapa bagian kehidupan. Sesuatu yang sederhana memang pernah jadi sumber kebahagian.

Nah, tak jauh-jauh dari kehidupan harian. Rasa stress dan perasaan yang menunjukkan ketidakbahagian, barangkali jadi musuh kita bersama. Tapi, lebih dari itu. Konon banyak bersyukur bisa loh jadi salah satu pengusir stres.

Sejalan dengan ucapan barusan, seorang psikolog dari Miami University melakukan satu penelitian yang kemudian menyebut bahwa selain bersyukur, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk hari yang lebih optimis dan lepas dari jeratan stres.

Jauh dari Kata Suasana yang Riuh, Cobalah Sempatkan untuk Menikmati Waktu di Alam

Untuk kamu yang tinggal dan menetap di kota besar. Berisiknya suara kendaraan, padatnya tumpukan orang di jalan, hingga hingar bingar kota tak ada matinya. Sering jadi sumber stres yang tak kasat mata. Agar tak semakin stagnan, cobalah melipir sebentar ke tempat-tempat yang tenang.

Kamu bisa memilih pergi ke kawasan pengunungan, hutan-hutan lindung yang aman, hingga pesisir pantai yang memang bisa memberimu ketenangan. Kalau tak punya waktu dan budget banyak, cukup cari tempat yang dekat-dekat saja. Membiarkan diri berjalan dan menikmati waktu di alam bebas, akan membantu tubuh melepaskan semua keresahan dan beban.

Tak Harus Olahraga, Gerakan Kecil Nan Ringan pun Mampu Bantu Tubuh Hilangkan Beban Pikiran

Kata hasil penelitian dari Journal of Happiness Studies, kalau kamu merasa enggan untuk berolahraga, setidaknya cobalah lakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membantumu melepas stres. Tak perlu lari pagi berkilometer jauhnya, cukup muali bersih-bersih rumah, misalnya. Atau berkebun di halaman belakang, dan aktivitas lain yang memang sederhana.

Bentuk gerakannya lainnya, adalah memilih berjalan kaki pada tempat-tempat tujuan yang memang dekat. Walau terkesan sepele, tanpa kita sadari rupanya gerakan-gerakan seperti ini bisa membantu hati dan tubuh lebih bahagia loh.

Kemudian, Atur Waktumu untuk Bisa Mendapatkan Tidur yang Cukup

Jadi kalau ternyata jam tidurmu masih berantakan. Terlelap selalu tengah malam, jangan heran jika kamu sering merasa stres dan berbeban berat. Untuk itu, agar bisa lepas dari hal-hal yang menghalangi jiwa dan tubuh bahagia. Kamu perlu membuat satu aturan untuk jam tidur dengan benar.

Ini serius, selain mempengaruhi kesehatan. Tubuh yang mendatap tidur cukup semalaman, akan mempengaruhi produktifitas di hari esok. Mulai dari memperbaiki mood, tak lagi uring-uringan, emosi lebih stabil. Dan yang pasti lebih bersemangat bangun pagi dan tak memulai hari.

Mulai Menulis Jurnal, Tuangkan Semua Kegiatan Harian dan Unek-unekmu Disana

Ada yang pernah coba tidak? Nah, kalau ternyata belum. Mulai sekarang kamu harus mulai mencobanya. Mulailah latih diri untuk menuli semuanya di sebauh buku yang akan berfungsi sebagai jurnal harianmu.

Kegiatan apa yang harus  kamu lakukan setiap hari, hingga perasaan-perasaan apa saja yang kamu rasakan sepanjang hari. Sebab ketika kamu akan menulis, secara tidak langsung ada emosi yang sudah tertular dan dituangkan disana. Pokoknya, tulis apa saja yang kamu rasakan disana. Ini akan membantumu melatih tingkat emosi yang stabil, dan daya ingat akan sesuatu hal.

Jadi kalau misalnya, esok kamu lagi-lagi merasa stres. Dengan cepat kamu akan ingat, bahwa di hari lampau setelah menulis jurnal kamu merasa lebih tenang. Untuk itu, hal ini bisa dicoba ya.

Kalau Masih Merasa Kurang, Bantu Orang Sekitar yang Butuh Pertolongan

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu beramal? Membantu orang yang kesusahan? Hingga memberi pada mereka yang memang membutuhkan? Kalau ternyata sudah lama atau bahkan tak pernah, kamu patut mencoba untuk melakukannya lagi.

Menolong orang lain bisa membuat perasaan lebih lega dan menumbuhkan sisi positif dalam diri kita. Lagipula, membantu itu tak hanya dengan materi ya. Kamu bisa membantu orang lain lewat cara apa saja. Menyebrangkan seorang nenek, di lampu merah. Membantu pedagang mendorong gerobaknya pada jalan yang menanjak, atau sekedar berbagi makanan dengan tetangga pun bisa mendatangkan bahagia.

Memang sih, tak semua yang sederhana bisa membuat bahagia. Tapi percaya atau tidak, ada ribuan hal sederhana yang selalu bisa jadi sumber bahagia kita. Bagaimana? Sudah bahagia hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Agar Seserahan Pernikahanmu Terpakai dan Berguna Semua, Begini Tips Memilihnya

Sebelum menikah, hal lain yang juga membuat kamu deg-degan pastilah isi dari box hantaran yang si pacar berikan. Isinya biasanya beragam, tergantung apa yang perempuan minta atau yang memang inisiatif dari si dia. Mulai dari seperangkat alat ibadah, kebutuhan pribadi perempuan, hingga benda lain yang biasanya diharuskan oleh adat dan budaya calon pengantinnya.

Nah, berhubung menikah butuh biaya yang cukup banyak. Ada baiknya, sebagai perempuan kamu tak perlu minta macem-macem yang sekiranya kelak tak kamu pakai juga. Bukan apa-apa, sudah mengeluarkan uang banyak, kalau tak benar-benar dipakai kan sayang juga.

Pahami maknanya bukan nominal harganya. Dan untuk bisa lebih membantumu menentukan apa yang sebaiknya diminta sebagai seserahan, kami punya tips yang bisa kamu lakukan.

Utamakan Hal yang Wajib dalam Agama dan Adat Terlebih Dahulu

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Ragam adat yang di masyarakat kita umumnya mengharuskan beberapa benda untuk dijadikan sebagai hantaran. Untuk itu, ini jadi poin utama yang sebaiknya dipenuhi terlebih dahulu. Kan nggak lucu, jika hal yang seharusnya ada malah nggak ada.

Buat kamu yang beragama Muslim biasanya seserahannya berisi seperangkat alat salat. Ditambah dengan beberapa benda lain yang jadi kebutuhan pribadi perempuannya.

Tak Perlu yang Mahal-mahal, Pilih yang Benar-benar Akan Kamu Gunakan

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Untuk bisa dijadikan ajang pamer, beberapa calon pengantin memaksakan untuk membeli benda-benda seserahan yang harganya mahal. Padahal biasanya, benda tersebut hanya bisa bertahan untuk dipakai sebentar.

Tak apa memang kalau kamu merasa si dia sanggup untuk membelinya, toh itu hak mu juga untuk meminta. Namun kalau ternyata fungsinya tak begitu baik, bukannya sayang ya?

Daripada membeli benda-benda yang harganya tinggi tapi tak begitu berarti, lebih baik beli benda lain yang memang dibutuhkan setiap hari. Entah itu kebutuhan dandan, kebutuhan pekerjaan atau apa saja yang memang akan dipakai dan berfungsi dengan baik.

Jangan Sampai Dia Salah Beli, Kalau Calon Suami Merasa Bingung Kamu Ikut Saja untuk Memilih

Yap, demi menghindari rasa kesal karena isi hantaranmu tak sesuai yang kamu minta. Tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu untuk membeli semuanya bersama dengan si dia. Selain dia yang tak perlu menduga-duga, kamu pun tak perlu berekspektasi untuk dipahami apa maunya tanpa harus bicara.

Anggaplah ini sebagai ajang untuk belajar, bagaimana kalian berdua nanti akan membeli sesuatu berdua untuk belanja bulanan. Karena kamu juga ikut untuk membeli isinya, pastikan juga yang diambil adalah benda-benda yang memang kamu suka dan perlu ya.

Sarankan Juga Pasangan ke Gerai-gerai yang Sedang Menawarkan Potongan Harga

Kalau calon suami memang tak mau pergi untuk mengunjungi toko secara langsung, kamu juga bisa menyarankan ia untuk membeli keperluan di beberapa toko daring yang mungkin sedang ada potongan. Entah itu potongan harga dari markeplacenya atau pun dari tokonya. Hitung-hitung memangkas biaya, kan lumayan.

Selanjutnya Tinggal Dihias Sesuai Selera

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Langkah terakhir untuk mempersiapkannya sebelum hari H, semua benda yang akan dijadikan hantaran sebaiknya ditempatkan pada wadah yang akan menambah indah penampilannya.

Apalagi sekarang, sudah ada beberapa usaha yang hanya menyediakan jasa sewa kotak hantarannya. Jadi kamu atau pasangan tak lagi perlu susah payah untuk membeli box dan menyusunnya.

Untuk bisa mendapatkan harga yang pas di saku, cobalah untuk mencarinya jauh-jauh hari. Agar kamu juga bisa memilih, sekiranya tempat mana yang bisa menawarkan jasa paling bersahabat dengan kualitas yang juga pas.

Sejatinya, isi dari barang-barang yang dijadikan hantaran itu memang hanyalah sebuah kiasan. Tapi jika yang datang adalah benda-benda kesukaan yang memang benar-benar dibutuhkan. Menerimanya pastilah jadi sesuatu yang menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Tips Mengendalikan Emosi Saat Mentruasi

Kram perut dikarenakan datang bulan, ditambah badan mudah lelah membuat kita jadi lebih sensitif dan kadang suka marah-marah. Tapi mereka yang tak tahu kita sedang mengalami menstruasi, tentu akan bingung sendiri, terlebih laki-laki.

Maka, demi menghindari salah paham yang bisa jadi masalah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan demi mengontrol emosi selama haid. Cobalah perhatian baik-baik, beberapa tips di bawah ini.

Hindari Jenis Makanan yang Mengandung Gula, Kafein dan Soda

Demi mengurangi rasa sakit dan kram pada perut, sebisa mungkin berhenti untuk memakan makanan yang bersifat manis. Entah itu coklat, es krim dan permen. Disamping itu, kamu juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda.

Pilihlah makanan yang dapat meredakan rasa sakitmu dan memperbaiki emosinya. Tapi tetep hindari makanan yang mengandung, jenis-jenis yang sudah disebutkan tadi.

Perbanyak Makanan Berkalsium

Nah, daripada makanan yang manis-manis tadi. Kamu lebih disarankan untuk memilih jenis makanan yang berkalsium tinggi. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, dipercaya juga dapat membantu meredakan nyeri ketika datang bulan dan dipercaya pula meningkatkan moodmu.

Untuk itu cobalah kamu perbanyak untuk makan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, lobak mengandung kalsium tinggi. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengkonsumsi susu, yoghurt, dan keju. Jenis makanan ini akan menggantikan kalsium yang terkuras sewaktu haid.

Untuk Sementara, Jauhi Makanan Tinggi Garam

Kamu tahu nggak? Kadar garam yang tinggi akan menaikkan rasa kram serta memperparah rasa sakit tiap kali kamu menstruasi. Jadi buat kamu yang doyan asin, sebaiknya berhenti dulu deh. Kamu juga sangat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan cepat saji yang mungkin biasa kamu makan.

Karena biasanya, deretan makanan tersebut mengandung micin yang tinggi. Gantilah makananmu dengan menu yang tadi sudah disebutkan diatas dan imbangi dengan beberapa jenis buah-buahan.  

Jangan Terlalu Diporsir, Istirahatlah yang Cukup Selepas Bekerja

Coba bayangkan, kamu sedang kehilangan banyak darah dari tubuhmu, yang berarti juga menguras tenagamu. Akan semakin parah, jika ternyata kamu bekerja dan memporsir tenaga terlalu keras. Demi mengembalikan kekuatan yang hilang, buatlah diri tenang dan beristirahatlah yang cukup.

Jangan Sampai Kamu Stres, Berusahalah untuk Rileks

Agar tubuhmu tak semakin lelah ketika sedang menstruasi, cobalah mengurangi hal-hal atau aktivitas yang bisa memicumu untuk stres. Bekerja lembur, mengangkat beban, atau berolahraga terlalu keras.

Sementara waktu, kerjakan apa yang bisa kamu lakukan dan perbanyak kegiatan yang bisa mendatangkan ketenangan. Sehingga kamu tak stres dan tak juga lelah.

Dan Jangan Dulu Melakukan Aktivitas-aktivitas Berat

Bukan hanya perkara makanan yang masuk ke dalam tubuh saja, kamu juga perlu untuk menjaga aktivitas tubuh dan pikiranmu. Tekanan dalam pikiran atas hal-hal berat dipercaya akan membuat emosimu mudah meningkat.

Untuk itu, jika memang sedang ada waktu luang, carilah suasana yang tenang. Membaca buku kesukaan sembari mendengarkan musik atau menonton film yang tak mengharuskanmu berpikir keras. Kamu juga disarankan untuk berolahraga, dengan catatan bukan olahraga dengan gerakan yang berat ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Selain Dimakan, Alpukat Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh yang Terbukti Aman

Buah alpukat dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan vitamin bahkan tinggi akan kandungan lemak baiknya. Hal ini yang kemudian menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang favorit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan.

Nyatanya, dengan perawatan rumahan alami dan memanfaatkan buah alpukat, ada dampak positif dan kulitmu bisa cantik alami tanpa harus pergi ke salon!

Mencegahmu dari Depresi

Buah alpukat nyatanya juga baik untuk mengatasi depresi lho. Ini karena buah alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental bahkan kamu pun jadi bisa terhindar dari depresi.

Dengan mengonsumsi alpukat, ada magnesium yang dikonsumsi oleh tubuh. Nutrisi ini penting untuk menurunkan tingkat kecemasanmu. Tidurmu pun akan jauh lebih nyenyak di malam hari dan mengurangi risiko stress dan depresi.

Selain mengandung banyak magnesium, buah alpukat juga banyak mengandung vitamin B yang berfungsi untuk melepaskan neutronsmitter seperti serotonin dan juga dopamine. Aliran dari dopamine dan serotonin ini nantinya bisa mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

Mencegahmu dari Katarak

Tak hanya baik untuk mentalmu, buah alpukat ternyata punya nutrisi yang baik yang paling punya peranan penting untuk kesehatan mata. Tak kalah khasiatnya dari wortel, buah ini punya fungsi pencegahan terhadap katarak.

Kamu perlu tahu, buah alpukat mengandung dua jenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata yaitu lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan penelitian dari para ahli, dua antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit mata katarak yang umumnya biasa diderita para lansia.

Demi Perkembangan Janin dan Kulit Bersinar

Bahkan alpukat juga membawa dampak baik untuk perkembangan janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Pada alpukat, terdapat asupan kalsium yang diperlukan janin.

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang, dan jika asupan kalsiumnya terpenuhi dengan baik maka nantinya bayi akan terlahir dengan sehat, kuat dan juga sempurna.

Bahkan Juga Perawatan Kulit Kepala

Buah alpukat juga bisa digunakan untuk perawatan rambut, yaitu dengan mengolahnya menjadi masker yang nantinya akan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut serta juga bisa menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau.

Nutrisi yang ada dalam buah alpukat memiliki kandungan penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut serta minyak alami yang ada di dalam buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang efektif untuk menjadikan rambut lebih lembut dan juga berkilau.

Jadi, untukmu yang suka melakukan perawatan rambut rumahan, tak ada salahnya lho meracik alpukat sebagai masker rambut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top