Career & Money

Hai Perempuan Kuat dan Hebat, Berhenti Mengeluh Soal Pekerjaan, Bersyukurlah Karena Kamu Memilikinya

Sebagai pekerja, seringkali kita mengeluh tentang pekerjaan. Rutinitas yang sama dari hari ke hari membuatmu mudah merasa bosan. Ingin rasanya memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion tapi hal itu tidaklah mudah.

Wajar bagi kita untuk mengeluh karena kita hanyalah manusia biasa, tapi alangkah baiknya jika kamu tidak melakukannya terus menerus. Bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental, tapi hatimu juga akan semakin keruh tiap kali kamu mengeluh. Yuk, stop mengeluh dan hadapi hari dengan senyuman.

SELALU INGAT MASIH BANYAK ORANG YANG TIDAK SEBERUNTUNG DIRIMU KARENA PUNYA PEKERJAAN

Kamu mungkin saat ini sedang merasa bosan karena rutinitas, tapi pernahkah kamu berpikir bahwa kamu merupakan orang yang beruntung karena masih diberikan pekerjaan layak yang belum tentu orang lain miliki? Setiap tahunnya akan ada banyak lulusan sarjana yang mencari pekerjaan sebagian dari mereka beruntung bisa langsung mendapatkan pekerjaan, sedangkan sebagian lainnnya masih jadi pengangguran karena sulitnya mendapat pekerjaan.
Terkadang kamu hanya fokus pada diri sendiri dan tidak peka terhadap lingkungan sekitar. Bersyukurlah dengan pekerjaan yang kamu miliki sekarang.

CIPTAKAN PASSION BARU DALAM LINGKUNGAN YANG KAMU TINGGALI SAAT INI

Pekerjaanmu saat ini mungkin tidak sesuai dengan passion-mu. Tapi jika kamu mau berpikir lebih dalam, kamu bisa menciptakan passion baru dengan menyesuaikan diri di lingkunganmu saat ini. Jika, saat ini kamu lebih banyak terbiasa bekerja di depan komputer, kamu bisa mengembangkan passion baru di bidang menulis. Menulis, bukan hanya sekedar menghasilkan karya tulisan lho, dari menulis juga kamu bisa menghasilkan uang. Lumayan kan, jadi dapat penghasilan tambahan dari menulis.

LIHAT PEKERJAAN SEBAGAI CARA UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI

Adanya tugas, rapat, presentasi, bertemu dengan klien, dan sebagainya yang kamu lakukan saat bekerja, anggaplah kegiatan tersebut sebagai saarana untuk mengembangkan diri. Kamu yang tidak tahu apa-apa jadi bisa melakukan sesuatu yang berguna. Misalnya, dengan banyak melakukan presentasi di depan banyak orang kamu jadi bisa melatih kemamuan public speaking. Bertemu dengan klien juga bisa membuat dirimu terlatih bernegosasi dengan lebih baik, kamu jadi tahu cara untuk memengaruhi orang agar mau bekerja sama denganmu. Pandanglah segala hal dari sisi yang positif.

TERUS MEMPELAJARI SESUATU YANG BARU AGAR TIDAK MUDAH BOSAN

Jangan biarkan dirimu larut dalam rasa bosan yang dapat membunuhmu perlahan. Selagi masih ada fasilitas kantor, manfaatkan hal tersebut untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jangan jadikan internet hanya untuk menonton Youtube atau update  Facebook saja, gunakan internet untuk mencari tahu hal-hal menarik yang bisa kamu pelajari secara otodidak, belajar bahasa, membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

Tak ada salahnya mempelajari sesuatu yang baru sambl mengerjakan pekerjaan kamu yang sekarang. Ilmu baru yang kamu pelajari bisa menambah kemampuan baru kamu ketika melamar di perusahaan yang baru kelak.

BISA JADI KAMU SERING MENGELUH KARENA POLA TIDURMU YANG KURANG TERATUR

Kita mengeluh di saat kita merasa capek. Capek dengan keadaan, capek fisik, capek pikiran. Ketika kamu capek, bawaannya ingin marah-marah. Untuk itu, kamu butuh istirahat yang cukup agar otakmu fresh kembali.

Jaga pola tidurmu ketika di rumah, usahakan kamu tidur dengan waktu yang cukup agar tubuhmu segar keesokan harinya. Badan yang segar dan pikiran yang jernih mampu mencegahmu ingin mengeluh.

MENGELUH HANYA AKAN MENGHAMBATMU UNTUK BAHAGIA

Kamu yang sering mengeluh tentang pekerjaan atau atasanmu tanpa henti setiap hari akan membuat hati dan pikiran dikuasai rasa kesal dan jengkel. Hatimu tidak tenang ketika berhadapan dengan kerjaan. Ingin rasanya kabur dari semua pekerjaan yang menumpuk.

Mengeluh hanya akan membuatmu sulit merasa bahagia. Ingatlah masih banyak orang yang pekerjaannya lebih sulit  dan berat dari pekerjaanmu yang sekarang tapi mereka tidak mengeluh.

MENGELUH SETIAP HARI TIDAK MENGURANGI BEBAN KERJAMU, MALAH MENAMBAHNYA MENJADI LEBIH BANYAK

Kamu mengeluh tentang banyaknya pekerjaanmu, tapi percaya deh mengeluh gak akan membuat beban pekerjaanmu jadi berkurang malah justru bertambah. Kenapa? Karena kamu sibuk mengeluh tentang kantor setiap hari, kamu jadi tidak fokus mengerjakan pekerjaan yang sekarang. Saking sibuknya mengeluh, kamu tidak sadar bahwa beban pekerjaanmu telah ditambah oleh atasan.

KAMU YANG SERING MENGELUH BERISIKO MEMBUAT JENGKEL ORANG LAIN

Sebagai manusia biasa, kamu butuh tempat curhat untuk mengeluarkan segala keluh kesahmu, termasuk tentang pekerjaan yang membuatmu jengkel. Sekali dua kali sih tidak masalah, curhat tentang masalah pekerjaan ke teman dekatmu. Tapi jika terus menerus kamu curhat hal yang sama, lama kelamaan temanmu pun akan jengkel dan kamu jadi dijauhi.

HATI-HATI KARIER KAMU TERANCAM KARENA MENGELUH

Jika kamu termasuk orang yang suka mengeluhkan hal-hal kecil di sekitarmu, kamu merupakan tipe yang tidak bisa bertahan lama dalam karier. Kebanyakan perusahaan pun akan ragu mempekerjakan orang sepertimu yang suka dumel saat bekerja. Kalau sudah begini, pekerjaan pun akan sulit didapat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Warna Rambut Tak Sesuai Ekspetasi

Kamu yang suka bereksperimen dengan warna rambut pasti pernah mengalami momen dimana warna rambut yang kamu dambakan ternyata tak sesuai ekspetasi. Padahal saat melihat model lain dengan warna rambut tersebut tampaknya menarik, begitu diterapkan di rambutmu, hasilnya justru mengecewakan. Pasti yang ada kesal, ‘kan?

Nah, untukmu yang mungkin sedang mengalami ini, atau mau mewarnai rambut tapi banyak pertimbangannya. Sebaiknya perhatikan dulu tips-tips yang bisa kamu lakukan bila hasil perwarnaan rambut tak sesuai ekspetasi.

Jika Rambut Terlalu Pirang Kekuningan

Warna yang terlalu  kuning akan membuat rambut pirang yang kamu idamkan jadi kurang menarik lho, Kawan. Untuk itu solusi cepatnya yaitu kamu bisa menggunakan sampo atau kondisioner dengan purple toning. Kenapa ungu? Sebab warna tersebut bertolakbelakang dengan warna kuning yang menempel dengan rambutmu sehingga bisa menetralisir dengan baik.

Kemudian kalau kamu terpikirkan untuk mengubahnya jadi warna pirang, pilihlah warna blonde dengan aksen keabuan. Hindari lagi warna seperti caramel atau honey. Selanjutnya, kamu tinggal rawat dengan memakai toning mask.

Atau bila Rambut Justru Berubah Jadi Jingga

Pada rambut yang berubah jadi lebih jingga, sebaiknya gunakan produk perawatan seperti sampo dengan dark-blue untuk menetralisir warna tersebut. Konsultasikan juga perihal yang kamu alami pada orang yang mengerti soal pewarnaan rambut seperti stylist sehingga saat kamu berusaha mengembalikan warna, kamu bisa mendapatkan warna dan teknik yang cocok.

Kalau Rambut Pirang Justru Terlalu Keabu-abuan

Warna ashy-blonde memang bagus, tapi pada rambutmu justru jadi terlalu abu-abu alias seperti perpaduan abu-abu dan hijau. Kalau seperti ini, segeralah cari produk sampo yang bisa meluruhkan warna dengan cepat. Tapi kamu bisa juga menjajal alternatif lain seperti mengaplikasikan cat rambut instan yang memiliki warm undertone. Lalu, untuk menghindari ini terulang lagi, pilih warna rambut seperti gold dan coppers yang memiliki warm tone.

Saat Warna Rambut Kelihatan Kurang Dimensional

Ada tipikal perempuan yang ingin sekali menunjukkan sisi dimensional dari rambut mereka, terutama kalau rambutnya terlihat flat. Yuk! Kamu cukup mencatok atau menata rambut jadi lebih bergelombang sehingga menciptakan ilusi dimensi. Cara ini cukup mudah untuk diaplikasikan memang. Cukup pakai clear gloss untuk menambah kilau  alami pada rambut.

Tapi kalau ingin mengatasinya dengan pergi ke salon, mintalah strobing pada stylist-mu. Ini adalah teknik mewarnai rambut dengan menambahkan warna lebih terang pada bagian tengah dan ujung rambut untuk memberikan tampilan yang lebih dimensional.

Kalau Teknik Ombre Justru Gagal

Ketika teknik ombre dirasa gagal sehingga hasilnya terlihat tak alami, kamu bisa mengakalinya dengan cara mengucir sampai kamu pergi ke salon untuk mengulang proses mewarnai rambut itu. Kemudian sebelum stylist bekerja memperbaiki warna rambut, jelaskan padanya kalau kamu menginginkan ombre yang terlihat alami. Dengan begitu, kejadian yang sama nggak akan terulang lagi. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Jangan Bertengkar, Coba Lakukan Ini jika Si Dia Mendadak Cuek Padamu

Si dia yang kurang perhatian memang menyebalkan! Berharap dia akan paham kode-kode yang kita berikan, hal yang didapat justru dirinya semakin diam. Lelah mungkin iya, tapi kan yang namanya manusia tak ada yang sempurna. Begitu juga dirinya.

Lagipula, sebelum menerimanya menjadi pacar atau suami. Kamu pasti sudah tahu kan, jika dia memang tak suka banyak bercerita. Nah, daripada misuh-misuh karena selalu merasa lelah untuk menghadapi kecuekannya. Cobalah belajar jadi pasangan yang memahami, tahu bagaimana cara untuk menghadapi sikap dingin itu. Untuk itu, kami akan membantumu.

Komunikasi yang Baik, Jadi Dasar untuk Pondasi Hubungan

Kadang kala, bukan tak ingin menyapamu lebih dulu. Hanya saja, si dia mungkin memang sedang mengerjakan sesuatu. Kemudian, ketika sedang ada waktu kamulah yang justru sedang tak bisa diganggu. Nah, hal-hal seperti ini perlu dibicarakan. Kapan waktu yang tepat untuk bertukar kabar, hingga hal-hal lain yang memang berkaitan dengan hubungan.

Pahami ia dengan belajar mengerti sikap dan karakternya. Carilah apa yang menjadi kesukaannya. Dengan begitu, ia akan belajar melakukan hal serupa. Selalu ingat, bahwa komunikasi yang baik tak akan membuatnya selalu mengabaikan kita.

Cobalah Berikan Ia Perhatian, Agar Ia Belajar untuk Lebih Peka

Nah, ini jadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Apalagi jika sikap diamnya, terbilang mendadak tak seperti biasanya. Barangkali, bukan karena dia memang pendiam. Tapi bisa jadi dia sedang merasa ada sesuatu yang ia ingin sampaikan, untuk itu sengaja mendiamkanmu.

Berikan ia peratian untuk bisa memancingnya berbuat hal serupa dengan yang kamu lakukan. Dengan begitu ia akan sadar, jika ternyata kamu juga sayang.

Kontrol Emosi dan Ucapanmu

Ini jadi bagian yang paling perlu dijaga dengan hati-hati. Sekesal apapun kamu karena sikap cueknya itu, jangan sampai ada ucapan yang akan melukai hatinya. Marah boleh saja, sebab semua perempuan mungkin menginginkan pasangan yang lebih peka. Tapi mengeluarkan bahasa atau penyataan yang akan melukai hati juga tak akan merubah situasinya.

Selalu kuasai dan kendalikan diri dari segala macam bentuk emosi yang kau miliki. Jangan sampai hanya karena masalah sepele, hubunganmu dan si dia semakin runyam saja.

Meminta Maaf dan Memberi Maaf Bukanlah Sesuatu yang Menjatuhkan

Setiap perubahan sikap yang ia tunjukkan, pasti datang dari sebuah alasan. Untuk itu, alasan inilah yang perlu kita cari tahu terlebih dahulu. Barangkali, dia begitu karena kesalahan yang berasal darimu. Untuk itu, tak ada salahnya jika meminta maaf lebih dulu.

Biar bagaimanapun, belajar menyampaikan maaf dan memberi maaf dalam hubungan adalah sesuatu yang kita perlukan. Dan yang paling penting, selalu belajar untuk lebih rendah hati dan memberi pengertian kepada pasangan. Bahwa apa yang kita lakukan selalu  jadi hal yang bertujuan baik pada hubungan.

Serta Selalu Bersikap Tenang dan Bijaksana, untuk Semua Perkara dalam Hubungan Kalian Berdua

Jangan buru-buru menuduhnya telah melakukan sesuatu yang bukan-bukan, meski ia mendadak diam dan cuek. Belajarlah untuk menjadi lebih dewasa untuk dirinya. Memandang setiap masalah, jadi hal yang akan menguatkan hubungan kalian berdua.

Tetap tenang dan selalu sabar, tahu kapan waktu untuk membuka suara dan kapan waktu untuk diam. Walau ini mungkin menyebalkan, tapi bukan berarti kau tidak bisa melakukannya. Ingatlahs selalu, ini semua demi hubunganmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Gebatan Tiba-tiba Membatalkan Janji Kencan, Haruskah Kita Buru-buru Marah?

Setelah sekian purnama menanti ajakan kencan, akhirnya dia pun melontarkan ajakan itu yang membuatmu girang bukan kepalang, bukan? Apalagi setelah sekian lama sendiri, kamu sudah lupa kapan terakhir kali berkencan dan rasanya seperti apa.

Kencan pertamamu akhirnya sukses. Hubunganmu naik level. Mungkin belum resmi, hanya saja fase PDKT jadi lebih intensif lagi. Tapi begitu menuju kencan-kencan berikutnya, ternyata ada saja kejadian yang tak mengenakan yang harus kamu rasakan. Di hari H kencanmu yang berikutnya, dia malah lupa dengan agenda yang kalian rencanakan. Duh… rasanya mau marah.

Tanyakan Dulu Alasan Kenapa Dia Lupa, Siapa Tahu Memang Dia Ada Hal yang Lebih Mendesak

Begini, marah itu normal. Apalagi saat dia ingkar janji padahal kamu sudah melakukan persiapan ini itu demi kencan yang sudah di depan mata. Saat hari H, dia malah beralasan lupa dengan janjinya.

Ya, perempuan mana yang tak kesal. Tapi, tetap kendalikan dirimu ya kawan. Coba setelah amarahmu sedikit mereda, tanyakan dulu alasan kenapa dia lupa. Siapa tahu memang ternyata ada hal lain yang lebih mendesak, bukannya dia melupakan janji kencannya denganmu tapi dia tak sampai hati untuk mengatakan kalau ada urusan lain. Mungkin saja ya…

Kamu Bete ya Sah-sah Saja, Setelahnya Cobalah Tegur Dia Tentunya dengan Cara yang Dewasa

Perasaan kesal tak bisa dibohongi memang. Untuk itu, sekali lagi yang namanya bete sebenarnya sah-sah saja. Pun kalau kamu tak mau bicara untuk beberapa saat juga sah-sah saja. Tiap orang punya caranya tersendiri saat marah pada orang lain, bukan?

Hanya saja, jangan sampai kamu memendam unek-unekmu sendirian. Kalau memang ada yang perlu kamu sampaikan dan berupa teguran, ya sampaikan saja.

Toh kamu dan dia sudah sama-sama dewasa, kan? Pasti dia juga menyadari kesalahannya dan menerima teguranmu itu. Tinggal kamu ke depannya masih mau memberikan kesempatan lagi padanya atau tidak.

Setelahnya, Kalau Dia Mengajak Kencan Lagi, Kamu Punya Pilihan untuk Mengiyakan Atau memang Tolak Saja Karena Sudah Ilfil

Mumpung kamu dan dia belum resmi berpacaran, kamu masih bisa dengan bebas menentukan pilihan. Mungkin dengan adanya kejadian ini, kamu jadi ilfil karena urusan janji bertemu saja, dia sudah bisa ingkar. Sah-sah saja kalau kamu sampai berpikiran demikian.

Semua keputusan ada di tanganmu. Coba lihat saja dulu dari responnya setelah kamu tegur. Kalau dia justru menunjukkan sifat aslinya yang mungkin kasar atau arogan dan memandang pelanggarannya itu sebagai hal yang sepele, ya sudah, tinggalkan saja.

Tapi kalau yang terjadi justru sebaliknya, kembali lagi padamu, masih adakah kesempatan untuk melakukan kencan yang sempat tertunda itu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top