Love & Sex

Genap Berusia 80 Tahun, Kamu Perlu Tahu Perjalanan Panjang Sosok Martha Tilaar

Martha-Tilaar-1

Mendengar nama Martha Tilaar, tentu kita langsung teringat pada sederet produk kosmetik lokal yang dikeluarkan oleh perusahaan miliknya. Konsistensi Martha Tilaar untuk terus mengedepankan unsur budaya dan kecantikan Indonesia membuat usahanya terus mendapat tempat.

Nah, tahun ini tepatnya pada tanggal 4 September, Martha merayakan hari jadinya yang ke-80. Sebuah usia yang tak lagi muda dan patut disyukuri tentunya. Tapi disamping itu, siapa yang tidak penasaran, kira-kira apa saja yang telah dilewatinya selama beberapa dekade terakhir hingga sekarang?

Sangat Kontras, Tak Ada yang Menyangka Sosok Martha Remaja Ternyata dikenal Tomboy dan Cuek dengan Penampilannya

Dalam sebuah wawancara, Martha Tilaar mengakui ia merupakan sosok yang  tomboy dan tak terlalu memerhatikan penampilan. Dibanding dengan perempuan seusianya saat itu, ia lebih suka berenang, main badminton, dan aktivitas outdoor lainnya yang membuat kulitnya tampak lebih gelap. Lantaran kulitnya yang relatif gelap, ia pun lebih sering diejek dengan teman-temannya. Hal ini ternyata membuat ibunya bersedih.

Oleh Sang Ibu, Martha Tilaar Kemudian Dikenalkan Pada Seseorang yang Membuat Dirinya Berubah 180 Derajat

Semua berawal dari ketidakbisaan. Martha remaja kemudian dikenalkan pada sosok Titiek Purwosunu, sahabat ibu kandungnya. Sejak saat itulah Martha mengaku mulai belajar tentang kecantikan.

Lantaran Martha Mulai “Melek” dengan Penampilan, Ia pun Berani Memutuskan untuk Mengambil Sekolah Kecantikan

Martha Tilaar merupakan lulusan sekolah kecantikan di Amerika Serikat. Hal itu tidak didapatkannya atas biaya orangtua. Semula hanya ingin menyusul sang suami yang tengah melanjutkan studi di negara tersebut. Setibanya disana, ia kemudian berinisatif untuk mendaftar ke sekolah kecantikan. Saat itu ia tak punya banyak uang, biaya untuk mengikuti akademi kecantikan didapatkannya dengan bekerja sebagai pengasuh dan guru bagi anak-anak kecil di sana.

Dengan Modal Ilmu yang Didapatkan Selama Menetap di AS, Martha Kemudian Menjajal Peruntungannya Ketika Tiba di Indonesia

Saat sang suami sukses mendapat gelar doktor, keduanya pun pulang ke Tanah Air. Berbekal uang yang telah ditabung dan dengan bantuan keluarganya, Martha kemudian membuka usaha salon pertamanya di garasi rumah orangtuanya yang berlokasi di Menteng. Meski dibuka di garasi, Martha berprinsip untuk menerapkan pelayanan prima bertaraf internasional. Tepatnya pada 3 Januari 1970, Martha’s Salon berdiri. Inilah cikal bakal Martha kemudian meracik kosmetik buatannya.

Berkat Konsistensinya, Pelanggan Martha pun Tak Sembarangan dan Justru Muncul dari Kalangan Istri Pejabat

Sembari membuka salon, ia pun mulai meracik kosmetik dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Tak disangka, ia mendapat banyak respon positif. Belum lagi lantaran usahanya yang berlokasi di tempat strategis, ia dengan mudah menggaet pelanggan dari kalangan istri pejabat seperti Fatmawati Soekarnoputri, Rahmi Hatta, hingga Nelly Adam Malik.

Martha membuka salon kedua di Jalan Cokrominoto. Disusul membuat salon yang lebih besar di Cikini tahun 1976 dan menamainya Martha Griya Salon. Di tahun 1973 Martha membuka lembaga pendidkan kecantikan yang dinamai Pusat Pendidikan Wanita Matha (Puspita Martha). Bersama sahabatnya B.R.A Mooryati Sudibyo dan Lakmito Rukmi membuat brand bernama “Mustika Ratu”. Namun kerjasama mereka hanya bertahan 2 tahun. B.R.A Mooryati Soedibyo melihat peluang dan memutuskan untuk mengembangkan sendiri.

Kini Usia Usahanya Hampir Menginjak Lima Dekade, Meski Begitu Karisma Martha Tilaar Belum Memudar

Satu hal yang patut ditiru dari sosok Martha adalah konsistensinya menjalankan usaha di ranah kecantikan. Meski sekarang standar kecantikan mulai bergeser yaitu dengan munculnya tren kosmetik impor, Martha tak ambil pusing. Menurutnya, kita harus bersyukur bisa tinggal di Indonesia. Mimpinya dari dulu tetap sama, yaitu ingin melestarikan kekayaan alam, kearifan budaya, dan sumber keanekaragaman hayati Indonesia dengan dukungan iptek demi menciptakan produk inovasi yang bermanfaat, khususnya mampu mempercantik dan menonjolkan kecantikan alami wanita Indonesia. Selamat ulang tahun Bu Martha!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Bridal Shower : Ritual Pernikahan Yang Kian Populer, Jadi Trend Atau Bukti Cinta Dari Para Sahabat

UTAMA

Ketika ditanya sudah sampai mana persiapan pernikahanmu, kamu mungkin akan lebih cepat untuk mengingat gaun, catering, gedung dan prosesi akad. Tapi bagaimana jika tiba-tiba sebelum hari-H, ada pesta kejutan dari para sahabat? Tentu saja itu jadi hal yang membahagiakan.

Pesta yang dimaksud itu adalah ritual kecil dari para sahabat yang biasanya diadakan sebelum hari pernikahan. Nah untuk menghindari terjadinya salah persepsi, mari kita pahami apa itu bridal shower yang sebenarnya.

 

Biar Tak Dibilang Terlalu Mengikuti Trend, Pastikan Dulu Kamu Tahu Asal Usul Dan Tujuan Acaranya

Bride

Sekarang kita mungkin melihat acara ini adalah pesta yang dipersembahkan khusus kepada calon pengantin. Padahal di tempat asalnya di Belanda, awalnya ini adalah proses untuk mengumpulkan dana bagi calon pengantin yang diancam tak akan direstui menikah oleh ayahnya.

Bahkan lucunya, acara ini justru jadi alternatif pengganti  mas kawin untuk sang calon pengantin perempuan. Terjadi hanya karena calon pengantin laki-lakinya terlalu miskin untuk menikah. Kemudian sahabat dari calon pengantin perempuan datang menghujaninya dengan hadiah sebagai bentuk bantuan. Kalau sudah begini, kira-kira masih mau gempar gempor nggak ya untuk buat acara bridal shower. Karena nyatanya ini adalah, acara dilakukan  pada mereka yang tak punya cukup tabungan untuk menikah.

 

Karena Kebetulan Kita Adalah Masyarakat Dengan Budaya Timur, Kira-Kira Cocok Nggak Ya Kalau Mau Diikutin?

rsz_bridal_shower_2

Nah untuk yang satu ini, memang akan selalu jadi bahan pertimbangan. Hal-hal yang berlaku di luar, belum tentu bisa diterima di negara kita. Alih-alih ingin bersenang-senang bersama sahabat, bisa jadi kita malah dinilai tak cinta budaya.

Tapi jika dipikir-pikir, acara tersebut toh tak menyalahi aturan yang ada. Selama hal tersebut kita lakukan demi menyenangkan hati para sahabat. Lalu apa salahnya untuk dicoba? Hanya saja kita memang perlu menyiapkan diri untuk menghadapi gunjingan yang mungkin datang dari orang-orang dengan pandangan tak serupa.

 

Karena Tak Hanya Rona Bahagia Yang Jadi Tujuan, Jangan Sampai Ada Yang Resah Karena Biayanya

pexels-photo-265945

Siapa sih yang tak bahagia jika tiba-tiba diberi kejutan pesta oleh para sahabatnya. Tentu ini jadi salah satu hal mengharukan untuk kita semua. Tak hanya untuk calon pengantin saja yang, juga untuk sahabatnya yang telah menyiapkan pesta. Dia yang sebentar lagi jadi istri, tentu tak akan punya waktu banyak untuk para sahabatnya.

Tapi tunggu dulu, karena ini adalah sebuah acara tentu akan ada biaya yang dikeluarkan juga. Hal ini memang jadi urusan para sahabat,dan tak jadi beban pikiran untuk calon pengantinnya. Susunlah semua hal yang dibutuhkan, mulai dari tema, venue acara, hingga budget yang dibutuhkan.

 

Bridal Showernya Mungkin Berjalan Baik, Tapi Bisa Jadi Berdampak Buruk Pada Pesta Utamanya

pexels-photo-265856

Lazimnya acara ini akan di adakan kurang lebih satu atau dua minggu sebelum pesta pernikahan. Karena ini adalah waktu bersenang-senang dengan sahabat untuk terakhir kalinya sebelum melepas masa lajang. Calon pengantin dan semua yang datang tentu harus bahagia.

Meski demikian perhatikan pula efektifitas acara yang kita sedang nikmati. Jangan sampai berdampak buruk pada pesta utamanya. Ya, salah satu contohnya mungkin calon pengantin terlalu lelah hingga jatuh sakit. Sehingga tak bisa mengikuti prosesi adat lain yang mungkin harus dilakukan sebelum hari H. Tapi semoga saja tidak ya!

 

Namun Pada Intinya, Ini Tetap Jadi Keputusan Calon Pengantin, Bisa Jadi Dilakukan Atau Tidak

pexels-photo-247295

Terlepas dari semua kemungkinan dan pilihan yang ada, sebagai orang yang akan menikah, kita bebas memilih apa saja yang akan kita lakukan dalam pernikahan kita. Karena akan sangat terdengar egois sekali jika kita tak ingin meluangkan waktu sedikit saja pada mereka yang telah menemani hari-hari kita sejauh ini.

Acara ini justru bisa jadi ajang untuk mengucapkan terima kasih untuk mereka yang telah begitu baik kepada kita. Sekaligus pembagian bahan untuk dress code seragam yang akan mereka kenakan nanti saat pesta pernikahan kita.

Lalu bagaimana dengan kamu ? Mau pakai acara bridal shower atau tidak ?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Putus Cinta Justru Membuatku Bersyukur, Sebab Itu Berarti Tuhan Telah Menyiapkan Laki-laki Yang Lebih Baik Untukku

women (2)

“Tujuan pacaran adalah untuk putus, bisa karena menikah bisa karena berpisah – Pidi Baiq”

Meski pernyataan di atas memang benar adanya tapi rasanya tidak satupun dari kita yang mungkin menginginkan hubungan yang berakhir dengan tidak baik. Akan tetapi sejatinya hubungan dijalani oleh dua orang yang berbeda, pasti selalu mengalami perubahan. Yang kadang dipercaya sebagai faktor pemicu perpisahan diantara keduanya.

Hal ini juga berlaku untuk kita sebagai perempuan yang mungkin jadi pihak yang ditinggalkan. Bersedih dan mulai menyalahkan keadaan atau bahkan mengutuki diri sendiri mungkin memberi kita rasa puas. Namun itu bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, meski menyakitkan harusnya ini jadi pelajaran. Putus karena berpisah memang pasti meninggalkan luka, tapi ini adalah salah satu hal yang indah. Mengapa disebut demikian? Karena ada banyak hal yang patur disyukuri pasca putus cinta.

Akhirnya Kamu Tahu Bahwa Cintanya Hanyalah Barisan Kata-Kata Manis Saja

love

Setelah putus kamu jadi tahu bahwa cinta yang selama ini dibicarakan olehnya tidaklah benar adanya. Coba pikirkan kembali jika hubungan yang kamu jalani dengannya, akan tetap berlangsung hingga jenjang yang lebih serius lagi. Hingga akhirnya kelak akan hidup berdua dengan orang yang tidak bisa menghargai cinta tulusmu. Meski dirinya kerap mengucap kata-kata manis dan sayang bukan berarti dia telah mencintaimu dengan tulus.

Laki-laki yang benar-benar tulus mencintai bukan dia yang mudah mengucap cinta. Tapi dia yang bisa menunjukkan sikap melindungi dan menghargai bagi seorang wanita yang disayangi. Karena satu tindakan akan lebih berarti daripada beribu ucapan sayang yang hanya diucapkan saja. Kenyataan ini akan menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus bersyukur.

Putus Cinta Membuatmu Memiliki Waktu Untuk Mengembangkan Kepribadian Yang Lebih Positif

happy

Meski apa yang terjadi diantara kita dengan dirinya jelas meninggalkan luka hati, jangan pernah membencinya. Setidaknya ada beberapa hal baik lain yang telah diberikannya. Selain kebohongan cinta yang sering diucapkannya, selama berpacaran dengannya tentu ada beberapa perubahan yang telah kita dapatkan.

Perubahan penampilan, pemikiran dan hal-hal lain yang memang bersumber darinya. Serta beberapa usaha dan hal-hal baik yang mungkin tidak akan pernah kita dapatkan sebelum bertemu dan pacaran dengannya. Karena pada kenyataanya setiap orang yang hadir dalam hidup kita, akan selalu memiliki arti yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana kita bisa melihat hal-hal baik yang memang dibawanya.

Kamu Semakin Paham Dan Mengerti Akan Kualitas Diri Yang Lebih Dewasa Lagi

women

Setelah semua itu terjadi mungkin kamu akan mulai mencari-cari penyebab hubungan berakhir. Mulai dari mengintrospeksi diri hingga bayangan kemungkinan tentang dirinya yang telah punya pacar baru. Disini kamu akan menyadari bahwa ternyata ada beberapa hal yang memang tidak kamu sukai darinya dan sebaliknya.

Disadari atau tidak menjalin hubungan dengannya malah merubah kamu menjadi orang lain. Hal-hal yang tadinya kamu tidak sukai justru  jadi dilakukan hanya untuk menyenangkannya. Dari hal ini kamu bisa belajar untuk mengevaluasi diri untuk menjadi sosok yang lebih baik dan dewasa. Berpisah dengannya akan memudahkanmu untuk menyadari semua hal ini lebih cepat, jadi harus disyukuri!

Menjadi Pengalaman Agar Lebih Bijak Dalam Memilih Pasangan

women (3)

Tidak hanya kamu saja, beberapa teman atau kerabat yang kamu miliki mungkin juga bernasib sama. Dari pengalaman ini, kamu bisa berbagi pengalamanmu mereka. Tentang bagaimana laki-laki yang tulus atau dia yang ternyata hanya berpura-pura saja.

Bayangkan hanya dengan berbagi cerita dan saran saja, kamu telah menyelamat orang lain dari cinta yang salah. Begitu pula dengan dirimu sendiri, dari kisah kemarin kamu akan lebih hati-hati. Memilih pasangan tak lagi tentang seberapa romantis dia, tapi tentang bagaimana dia bisa setia dan melindungimu.

Kamu Bisa Punya Lebih Banyak Waktu Bersama Keluarga Dan Sahabat

Young Women Travel Together Concept

Tak perlu diragukan lagi peran keluarga dan sahabat memang sangat berarti dalam hidup kita. Termasuk pada saat sedang sakit hati sehabis putus dari pacar, merekalah yang tetap setia untuk tetap berada di dekatmu. Memberi dorongan berupa semangat dan hal-hal yang kamu butuhkan demi menghiburmu.

Pada momen itu kamu akan mengerti bahwa keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang tidak akan pergi, bahkan pada titik terendah hidupmu sekalipun. Mereka akan selalu menjadi orang yang selalu menginginkan hal terbaik dalam hidup. Dari titik ini kamu akan semakin bersyukur bahwa dengan putus kamu bisa menyadari kasih sayang mereka.

Setelah Kejadian Itupun Kamu Jadi Perempuan Kuat Yang Lebih Sabar Dan Ikhlas

women (4)

Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan setelah putus dari pacar adalah menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Biarkan semua yang telah terjadi pelan-pelan berlalu. Karena satu hal yang perlu kamu ingat bahwa semua hal yang ada sudah diatur oleh sang pemilik semesta.

Patah hati akan membuat kita lebih menghargai apa itu yang namanya cinta. Bagaimana mengikhlaskan sesuatu yang meski kamu inginkan tapi ternyata bukan lagi milikmu. Kelak kamu akan bertemu orang baru yang bisa mencintaimu dengan tulus.

Kamu Jadi Berkesempatan Untuk Mendapatkan Cinta Yang Lebih Baik Dari Orang Yang Tepat

date

Menghabiskan waktu untuk meratapi perpisahan dengan dia yang nyatanya tidak bisa mencintai dan menghargaimu adalah tindakan yang sia-sia. Bahkan dia sebenarnya telah kehilangan perempuan yang dengan tulus bisa mencintainya, jadi pihak yang harusnya merugi adalah dirinya.

Sedangkan kamu adalah orang yang harusnya bersyukur telah lepas dari dia. Percayalah bahwa diluar sana ada laki-laki lain yang akan bersedia, mencintai dan menerimamu dengan tulus. Beryukurlah untuk itu!

Karena semua hal kita alami telah digariskan termasuk masalah percintaan yang kamu miliki. Tinggal bagaimana kamu bisa menyikapi hal-hal buruk dengan nilai baik yang bisa kita ambil dari setiap kejadian dan pengalaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Momen PDKT Adalah Masa Yang Krusial, Tanpa Sadar Melakukan 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Kehilangan Laki-laki Incaranmu

pexels-photo-235966

Ketika wanita jatuh cinta biasanya susah ditebak, karena bisa saja kita terlihat tertarik padahal tidak ataupun justru sebaliknya, terlihat tidak tertarik padahal setiap malam terbayang-bayang wajahnya. Kalau sudah begini cowok yang berusaha mendekatimu sering terkena jebakan batman.

Ada sikap-sikap yang menurut kita sebagai wanita biasa saja tetapi justru membuat cowok berpikir ulang untuk terus melancarkan pendekatan yang berujung sebuah hubungan serius. Jangan sampai deh gara-gara sikap kamu yang salah justru membuat si dia yang kamu cinta mundur lalu menghilang.

Lagi Online, Tapi Kamu Malah Balas Chat-nya Dia Lama. Sikapmu Itu Bisa Bikin Dia Mikir Yang Bukan-bukan

phone

Saat lagi pendekatan kamu dan dia akan cenderung melakukan komunikasi lebih intens dibandingkan yang lain. Tetapi karena kamu tidak ingin terlihat menunggu pesannya atau terlihat menyukainya dengan respon balas chat yang cepat, kamu memilih untuk mengulur waktu. Jika kamu sedang online tetapi chat dari dia tidak langsung direspon, bisa jadi dia akan mikir yang bukan-bukan tentang kamu.

Bisa juga dia akan menganggap kamu tidak tertarik dengannya. Jika hal yang sama terjadi padamu apa yang akan kamu pikirkan tentang si dia? Kalau tidak mundur teratur, rasa curiga yang besar akan meliputi pikiran. Jadi ada baiknya kamu tidak perlu mengulur waktu hanya untuk menutupi perasaanmu.

Kalau Bukan Dia Yang Cerita, Sebaiknya Hindari Mengorek Masa Lalunya

Ini nih yang jadi racun setiap wanita ketika sedang melakukan pendekatan, kepo sama masa lalu si cowok. Rasa penasaran memang tidak bisa terbantahkan, tetapi kamu juga harus bisa melihat situasi dan kondisi yang memungkinkan untuk mencari tau tentang masa lalunya dia. Atau jangan cari tahu masa lalunya sama sekali kalau dia tidak bercerita tentang kehidupannya. Karena kamu dan dia hidup di masa sekarang, masa lalunya hanya sebagai media untuknya belajar dari kegagalan yang dia alami.

Kalau dia tak ingin mengungkit masa lalunya, sebaiknya kamu juga jangan mencari tahu. Alih-alih membuat kamu kian dekat dengannya, hubungan yang sudah terjalin malah akan memburuk. Entah disebabkan perasaan tak nyaman dari dia karena masa lalunya diungkit, ataupun perasaan kecewa dan was-was dari diri kamu karena si mantan ternyata lebih cantik dari kamu.

Pria Memang Suka Penasaran Kalau Kamu Jual Mahal, Tapi Kalau Kemahalan Mereka Juga Akhirnya Nyerah

Kalau kita sebagai wanita didekati oleh si dia dan respon kita cuek serta jual mahal. Akan membuat dia penasaran dan semakin ingin mengenalmu lebih dalam lagi. Tetapi kalau kamu terlalu cuek dan terlalu jual mahal, bukan rasa penasaran yang timbul tetapi rasa malas untuk terus mendekatimu. Karena dia merasa kamu tidak merespon, artinya kamu tidak tertarik. Begitu pikirnya.

Dia akan memilih menjauh dan mendekati wainita yang merespon dirinya lebih baik lagi. Karena bagi sebuah hubungan kalau kamu juga suka sama dia, maka yang harus berjuang adalah kalian berdua, hanya dia saja. Saling merespon bisa membuat hubunganmu lekas menjadi seperti yang kamu harapkan selama ini.

Entah Lebih Baik Atau Buruk, Kamu Tidak Perlu Membandingkan Dia Dengan Mantanmu

man (2)

Buat kamu yang masih menggunakan mantan sebagai topik andalan, sebaiknya mulai sekarang juga kamu hentikan. Selain akan membuat kamu terlihat masih belum bisa move on, si dia juga akan merasa kamu melukai harga dirinya.

Bagi seorang pria kebanggaannya adalah saat mendapatkan pengakuan dari wanita yang dia sukai. Tetapi kalau kamu membahas pria lain saat sedang bersamanya, akan membuat dia tidak dihargai dan bisa langsung dongkol dengan kamu.

Entah dia lebih baik atau tidak sebaik mantanmu, dia tetaplah manusia biasa yang memiliki apa yang tidak mantan kamu miliki, dan tidak memiliki apa yang mantan kamu punya. Jadi sebaiknya jangan pernah membandingkan dia dengan pria manapun.

Naluri Pria Memang Ingin Melindungi Perempuan Yang Disayangnya, Tetapi Kalau Kamu Sengaja Bersikap Lemah Justru Membuatnya Jengah

Semakin bertambahnya tahun semakin berubah pula pemikiran pria terhadap wanita idamannya, begitu juga sebaliknya. Kalau kamu masih berpikir bahwa pria suka dengan wanita yang terlihat lemah ataupun loading lama, rasanya kamu harus segera berubah. Mungkin terlihat menggemaskan ketika wanita bersikap demikian. Tetapi jika terus-terusan, hanya akan membuat pria enggan terus mendekat. Sebab saat pria mencari calon ibu untuk anaknya kelak, akan ada pertimbangan khusus yang dia pikirkan untuk pasangan idealnya.

Tentunya lemah dan loading lama tidak masuk hitungan, meskipun pria sangat suka melindungi wanita yang dia suka. Tanpa harus dibuat-buat, dia tetap akan menilai kamu menggemaskan dan harus dilindungi dari sudut pandang yang berbeda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top