Love & Sex

Dear Sahabatku; Walau Aku Mencintaimu, Semoga Kamu Bahagia Dengannya Yang Lebih Dulu

pexels-photo-433019

Apa jadinya bila muncul benih-benih cinta dalam sebuah persahabatan? Kamu mulai merasakan hal yang berbeda ketika menatap matanya. Bahkan kerap kali kamu harus berusaha mati-matian menahan laju jantung yang jadi berdegup lebih keras dari biasanya saat melihatnya tersenyum. Hingga pada suatu hari kamu mulai menyadari jika hatimu mulai memandangnya dari sudut yang tak lagi sama.

Cintalah yang menjadi alasan hatimu jadi hangat saat berada di dekatnya. Entah dari mana rasa itu bermula. Namun kamu memang baru menyadarinya ketika sebentuk rasa itu telah menetap di kedalaman hati. Terlambat! Itu satu-satunya kata yang pantas untuk itu. Benar kata orang, cinta bisa membuat manusia takluk dan bertekuk lutut dalam sekejap.

Tapi Nyatanya Sahabat Yang Kini Kamu Cinta, Memang Tak Lagi Sendiri

pexels-photo-196667

Seharusnya memang tidak pantas menggunakan kata terlambat selagi  masih bisa diperjuangkan. Lagi pula, kamu juga bukan tipekal wanita yang lantas gampang dikalahkan oleh keadaan. Namun sekali lagi hati nurani lantang berteriak. Tak pantas rasanya bila seorang perempuan terang-terangan merenggut kebahagiaan perempuan lain.

Sayangnya menjadi tak bijak juga jika manusia semena-mena mengutuki waktu. Menyalahkan keadaan yang tak berpihak. Namun sekali kali tak pantas rasanya bila kamu hanya terus memaki keadaan. Sudah kepalang basah. Cinta itu terlanjur mengurat nadi. Menebarkan racunnya lewat aliran darah dan helaan nafas. Kamu telah dibuatnya takluk.

Hari-harinya Selanjutnya Menjadi Perjuangan Berat. Apakah Mencintai Memang Sesakit Ini?

pexels-photo-403638

“Kini seseorang di sana telah menjadi kekasihku. Kami telah terikat dalam sebuah komitmen hubungan yang bisa dibilang serius,” ujarnya dengan wajah semringah. Kamu terdiam mendengarnya. Mati-matian menahan getaran getir yang merambat. Tenggorokanmu kering. Seiring itu lidahmu menjadi kelu. Ada telaga yang nyaris tumbah dari bening matamu. “Apakah mencintai sesakit ini?” keluhmu sesak.

Ingin Rasanya Pergi Jauh Untuk Menyelamatkan Luka. Namun Dia Sahabatmu, Kamu Tak Sampai Hati Menjauhinya

abbie-bernet-329631

Sebuah senyuman dengan susah payah berhasil kamu torehkan, demi membuatmu terlihat baik-baik saja. Padahal hatimu tengah retak. Bukan hal gampang berdiri di posisimu. Ingin rasanya berlari kencang demi menyelamatkan luka yang mulai bernanah. Namun apa dayamu, menjauh darinya hanya akan membuatmu menerima banyak pertanyaan yang tak mudah dijawab.

“Baiklah, Tak Mengapa Hatiku Hancur, Asal Kamu Bahagia Dengan Kekasihmu.” Begitu Tekadmu Pada Akhirnya

Bukan Tak Percaya

Jadilah kamu berdiri disatu sisi yang sulit. Menjadi sahabat baiknya yang berusaha selalu mendukung. Memberikan saran terbaik saat dia sedang ada masalah dengan kekasihnya. Bahkan kamu kadang terpaksa ikut campur tangan demi menyelamatkan hubungan sahabatmu dengan perempuannya. Kamu tak segan memberikan yang terbaik untuk mereka, meski hatimu kian hari semakin meranggas.

Akhirnya Kamu Pun Mengerti, Senyum Bahagianya Jauh Lebih Berarti Dari Apa Pun

StockSnap_DEQLZPT7JI

Ada petuah bijak yang mengatakan bahwa cinta tak mesti memiliki. Namun nyatanya tak semudah itu. Butuh perjuangan untuk tetap bertahan di dekatnya meski kamu tahu harapan untuk memiliknya semakin pupus. Setidaknya kamu jadi mengerti, bahwa memastikan akan selalu ada senyum di wajahnya akan jauh membuatmu merasa tenang. Setidaknya untuk saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Laki-laki Juga Bisa Tersinggung, Jangan Gegabah Mengkritik Pasangan

pexels-photo-403570

Tidak ada ubahnya dengan kita, sesungguhnya laki-laki yang selalu terkesan tangguh pun bukanlah makhluk sempurna. Ada masa dimana ia akan berbuat salah atau bertingkah yang tidak semestinya, baik itu dalam hubungan yang dijalaninya bersamamu dan interaksinya dengan orang lain.

Sebagai kekasih yang baik, sudah menjadi tugas kita untuka memberinya kritik jika sekiranya hal yang dia lakukanmemang tidak baik. Meski begitu, kita harus tetap berhati-hati saat menyampaikan kritik pada pasangan. Sebab meski maksudmu baik, bila penyampaiannya tidak tepat, maka justru bisa menjadi bumerang untuk hubungan.

Biar Bagaimana pun, Situasi dan Kondisi Yang Tepat Akan Lebih Memudahkan Kita Untuk Memberitahunya

pexels-photo-374592 (2)

Hal pertama yang memang sangat penting untuk kita perhatikan adalah dengan memastikan situasi dan kondisi yang sedang dialaminya. Jika memang dia sedang dalam keadaan bad mood atau marah jangan langsung memberinya kritik. Bukannya menerima masukan yang kita sampaikan, bisa saja ia malah semakin marah. Kamu bisa menunggu hingga moodnya kembali baik lagi.

Atur waktu dan tempat senyaman mungkin untuk bisa menyampaikannya, tapi sebisa mungkin kita harus menghindari tempat yang terlalu ramai demi komunikasi yang kondusif. Mulailah bicarakan semuanya dengan baik-baik, sembari memberinya pengertian bahwa apa yang kita sampaikan adalah demi kebaikannya juga.

Berusahalah Untuk Tidak Menyinggung Perasaannya, Perhatikan Pemilihan Kata dan Intonasi Suara Saat Menyampaikan Kritik

pexels-photo-121848

Faktanya sebuah kritik memang terkesan sensitif tapi kita bisa mengubahnya. Kita bisa memilih jenis kata yang bersifat netral. Jangan pula langsung menembakknya dengan poin utama. Hal lain yang tak kalah penting adalah bahasa tubuh serta intonasi yang kita sampaikan. Setelah mencoba untuk memberinya kritik, berikan ia waktu untuk mengutarakan atau menjelaskan hal yang sekiranya menjadi alasan mengapa ia berlaku demikian. Cobalah untuk memahami semua yang telah dijelaskannya untuk kemudian bisa menemukan akar dari sikapnya tersebut.

Atur Strategi Untuk Menyampaikannya, Tidak Terkesan Frontal Mengkritik Tapi Jelaskan Padanya Fakta Sebenarnya

pexels-photo-551657

Kita bisa memulai percakapan dengan memberinya beberapa pujian atas sikap baiknya, lalu sampaikan kritikanmu dan berikan penjelasan tepat. Dengan begitu pasanganmu akan merenungkannya dan mencoba memikirkan kembali kritikanmu tadi. Tentunya kritikan yang kita sampaikan pun harus sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan, bicarakan semua hal yang memang kita lihat dan terjadi. Ini akan membantunya berpikir bahwa memang apa yang dilakukannya tersebut tidaklah baik.

Ingat Kita Hanya Berhak Mengkritik Tindakannya, Bukan Dia. Jadi Bantu Dirinya Untuk Menemukan Solusi

pexels-photo-102734

Emosi yang tak terkontrol bisa saja membuat semuanya semakin runyam. Untuk itu kita juga perlu mengontrol diri dan emosi dalam menyampaikan kritikan yang bertujuan membangun. Alih-alih ingin mengkritik tindakannya, emosi yang tak tepat kadang membuat kita malah jadi mengkritik dirinya, buka sikapnya.

Hal yang bisa membantunya adalah ketika kita bisa menyampaikan kritikan atas perbuatannya bukan dirinya sebagai subjek. Setelah itu kita bisa menawarkan bantuan untuk memberinya solusi jika memang ia memerlukan. Dengan begitu ia akan memandang kita sebagai pasangan yang memang memiliki niat untuk membuatnya jadi lebih baik, bukan yang hanya bisa mengkritik semua perbuatannya saja.

Namun Dibalik Itu Semua, Kita Juga Perlu Mengoreksi Apakah Kritik Yang Akan Disampaikan Padanya Memang Sudah Benar

rsz_josh-peterson-397615

Sebelum melakukan itu semua kita perlu memahami semua masalah yang ada serta mencoba bertanya pada diri sendiri, apakah yang ingin kita sampaikan itu benar dan sudah pantaskah kita untuk memberinya kritik. Cobalah untuk menempatkan diri pada posisinya. Jika sekiranya kita sudah menemukan titik masalah dan semua penyebabnya, cobalah untuk memberinya pengertian bahwa apa yang dirasakannya juga bisa kita bayangkan jika  kita berada dalam posisinya. Kata-kata tersebut akan sedikit membantunya untuk memikirkan kembali semua tindakannya, tanpa kita mengkritiknya.

Karena komunikasi yang baik adalah akar kuat dari sebuah hubungan yang kita jalani, untuk itu kita perlu memperhatikan sebab akibat yang akan kita terima, terutama saat ingin menyampaikan kritik atas dirinya sebagai pasangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Bangun Keterbukaan Dengan Pasangan Agar Hubungan Langgeng, Awali Dengan Membuatnya Nyaman

pexels-photo-450050

Komunikasi yang baik adalah kunci langgengnya sebuah hubungan. Pun keterbukaan  akan membuat hubungan kian dekat. Namun sayangnya membuat pasangan mau berkomunikasi terbuka tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak gampang memang membagi kisah hidup dengan sembarang orang. Hal yang sama ini juga berlaku pada laki-lak.

Jika pasangan kamu belum juga mau bersikap terbuka, jangan buru-buru bad mood. Dibutuhkan relasi yang hangat untuk mempercayakan sebuah cerita.  Memaksanya untuk bersikap terbuka, sama  sekali bukan tindakan yang bijak. Bahkan tindakanmu tersebut bisa menjadi bumerang untuk hubungan kamu. Daripada marah-marah tak jelas, lebih baik kamu lakukan 4 hal ini agar laki-lakimu mau lebih terbuka padamu.

Memiliki Selera Humor Yang Baik Akan Menolongmu Untuk Mendekatinya. Namun Tetap Perhatikan Etika dan Hargai Dirinya Sebagai Laki-laki Ya!

pexels-photo-254069

Memiliki selera humor bisa memudahkan kamu menjalin interaksi dengan orang lain. Kamu pun jadi memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencairkan susana yang kaku. Namun pastikan kamu melempar humor yang sesuai etika. Jangan menggunakan humor yang menjatuhkan orang lain bila kamu tak ingin terlihat buruk.

Agar pendekatmu dengan pasangan bisa berjalan dengan lancar, kamu bisa lebih dulu mencari tahu hal-hal  yang menjadi selera humornya. Jangan sampai humor yang kamu lontarkan justru menyinggung sisi sensitifnya. Jika sudah demikian, alih-alih membuat komunikasi diantara kalian kian terbuka, bisa-bisa nasib hubungan kalian malah jadi berada di ujung tanduk.

Berikan Feedback Dengan Bijak. Berusahalah Untuk Tidak Menghakimi Atau Menyalahkannya pasanganmu!

rsz_annette-sousa-183660

Ketika pasangan sedang bad mood, tempatkan diri kamu sebagai pendengar yang baik. Setelah dia selesai mencurahkan uneg-unegnya kamu bisa memberikan tanggapan. Jangan sekali-sekali menghakiminya. Tunjukkan kalau kamu memang bersimpati. Dengan begini, dia akan merasa nyaman mencurahkan perasaanya padamu.

Mungkin saat mendengarkan curhatnya, bisa saja kamu tiba-tiba kesulitan untuk mengontrol emosimu. Meski begitu, kamu tetap harus berusaha untuk menahannya serta memberikan pendapat yang objektif. Tahan diri kamu untuk tidak menyalahkan atau memarahinya, sebab melakukan dua hal itu hanya akan membuat hubunganmu jadi runyam.

Tunjukkan Empatimu. Jangan Berlebihan, Sebab Laki-laki Juga Bisa Membedakan Mana Yang Tulus Dan Tidak!

rsz_haley-powers-370171

Bukan hanya sekedar bersimpati, tunjukkan empatimu padanya. Jangan segan melakukan aksi nyata untuk membuatnya merasa lebih baik. Tempatkan diri kamu diposisinya. Dengan demikian akan tercipta komunikasi yang hangat. Dia pun tak akan ragu-ragu lagi untuk bercerita padamu.

Saat dia sedang menghadapi masalah, maka kamu bisa membantunya semampumu. Tunjukkan jika keberadaannya berarti untukmu. Jangan berpikir jika hanya perempuan saja yang butuh bantuan, Dibalik sosoknya yang kuat dan tangguh, hati laki-laki pun akan luluh jika kamu memberi bantuan dengan tulus disaat dia memang sedang membutuhkannya.

Raut Muka Ramah Dan Sikap Yang Hangat Akan Membuat Laki-lakimu Tak Sungkan Berbagi Isi Hati Denganmu!

rsz_priscilla-du-preez-105714

Tunjukkan wajah yang ramah pada pasanganmu. Ketika kamu memasang muka jengkel, bisa dipastikan tidak akan ada satu orang pun yang ingin bercerita padamu. Wajah cerah dan bahasa tubuh yang ramah bisa membuatmu pasanganmu untuk bersikap terbuka padamu. Jangan lupa juga untuk memberikan tanggapan dengan kata-kata yang manis. Sekali saja kamu memberikan tanggapan judes padanya, dia tak akan lagi mau menceritakan kisah hidupnya padamu. Bukankan dengan memberikan wajah cerah dan bahasa tubuh yang ramah, akan membuat dia semakin tertarik padamu?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Untukmu Yang Meninggalkanku, Tak Perlu Sekejam Itu, Aku Selalu Tahu Cara Untuk Bangkit Kembali

Kehilangan Mampu Menjadikanmu Lebih Dewasa, Kita Hanya Butuh Berlapang Dada Untuk Menghadapinya

Semenjak kepergianmu, memang ada rasa kecewa yang melingkupi hatiku. Walau aku sudah berusaha untuk tegar, masih saja ada sakit yang tertinggal. Bisa merelakan kamu  yang pernah aku sayangi, tentu bukan perkara mudah. Apa lagi kepergianmu yang tiba-tiba, jelas membuat beberapa hal dalam hidupku ikut berubah.

Meski begitu, akan selalu ada titik baik untuk segala hal yang terasa pilu, begitu juga dengan kehilangan. Tepat pada waktunya, aku pun tersadar jika kepergianmu itu telah berhasil mendatangkan hal-hal baik dalam hidupku. Apa lagi semenjak aku merelakanmu dengan ikhlas dan lapang dada, babak baru hidup yang lebih membahagiakan pun siap aku jalani.

Kehilangan Mendadak Membuat Aku Belajar Bahwa Terkadang Semesta Tak Selalu Setuju Dengan Keinginanku

pexels-photo-568027

Setelah fase kehilangan yang menyisahkan luka memang akan ada banyak kenyataan berbeda yang aku hadapi dalam hidup. Tidak perduli suka atau tidak, biar bagaimana pun itu adalah keadaan yang harus aku hadapi. Tak perlu memaksakan diri untuk bisa terlihat bahagia karena pada nyatanya masih ada perih yang tersisa di hati, yang perlu di lakukan hanyalah menata hidup baru meski sudah tak lagi dengan cerita yang lama. Kadang kehilangan membuatku merasa bahwa ada yang hilang dari sebagian hidup kita, tapi jika aku bisa memaknainya dengan pikiran jernih, ternyata hidup yang kita jalani bukan hanya tentang kamu.

Jika Kamu Bisa Pergi Tanpa Merasa Perih, Aku Juga Harus Bisa Kembali Tegar

rsz_nielsen-ramon-294555

Selanjutnya aku mencoba untuk menghilangkan bayang-bayang kisah yang telah lalu, hingga beradaptasi dengan kenyataan baru yang sedang menunggu. Karena jika aku bisa melalui dan menghadapi proses adaptasi itu dengan baik, rasa sakit setelah kehilangan yang aku rasa justru akan hilang dengan sendirinya. Buang jauh-jauh bayangan masa lalu yang masih menghampiri. Katakan pada diri sendiri, kenyataan sekarang adalah hal yang memang harus dihadapi, sehingga sesuatu yang sudah hilang tersebut tak lagi menganggu pikiran.

Aku pun Memperbaiki Diri Agar Kelak Dipertemukan Dengan Seseorang Yang Memang Jauh Lebih Baik

pexels-photo-403638

Kepergianmu yang menyisakan ruang kosong di hati membantuku untuk mencoba membuka diri dengan yang lain. Pun termasuk membuka mata untuk melihat dunia yang lebih luas lagi. Masih banyak sosok yang bisa menggantikamu dalam hidup yang aku jalani ke depannya. Berusaha dan membuat diri lebih baik sehingga aku pantas untuk mendapatkan sosok yang lebih segala-galanya.

Sebab Mustahil Untuk Bisa Lupa Sepenuhnya, Sesekali Kamu Yang Telah Pergi Masih Berhasil Membuat Aku Rindu

rsz_ben-blennerhassett-336485

Bayang-bayang tentang semua masa yang lalu sesekali memang pasti menghampiri. Biar bagaimana pun aku pasti tidak bisa melupakannya dengan sepenuhnya. Tidak perlu takut, biarkan semuanya mengalir sesuai porsinya. Semenjak kepergianmu, hidupku tetap berjalan seperti biasanya. Justru dari rindu yang masih terasa itu, aku belajar bahwa bahagia bisa aku ciptakan sendiri. Aku jadi tahu cara untuk lebih mencintai diri sendiri lagi, dengan begitu kebahagiaan pun akan terasa lebih dekat.

Dari Sakitnya Kehilangan, Aku Jadi Percaya Bahwa Akan Ada Banyak Kejutan Indah Dalam Hidupku Nanti

StockSnap_FWBQUR73L4

Karena tak akan ada yang mampu menyembuhkan luka yang aku rasakan selain diriku sendiri, untuk itu belajar untuk berdamai dengan hati dan kenyataan mutlak dilakukan. Dengan begitu aku jadi paham bahwa akan ada banyak kejutan indah dalam hidup ini. Aku pun berusaha menantang diri sendiri untuk melakukan semua hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan, dengan begitu aku akan menemukan kekuatan dan kemandirian yang sebenarnya. Meski memang tidak akan mudah untuk melakukannya tapi bukan berarti aku tidak bisa.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top