Inspirasi & Motivasi

Dear Hijabers, Begini Cara Merawat Rambutmu Agar Tak Lagi Rontok

Perkara merawat rambut jadi perhatian semua perempuan, terlebih untuk kamu yang mengenakan hijab. Akan tertutup sepanjang hari, terasa lembab, dan tak mendapat sirkulasi udara yang cukup. Karena situasinya memang berbeda, biasanya perempuan yang mengenakan hijab harus lebih telaten dalam hal menangani rambut. 

Nah, jika tak mau rambutmu rontok dan bermasalah meski mengenakan hijab. Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, dalam hal menjaga kesehatan rambut milikmu.

Tertutup Seharian, Kamu Harus Pastikan Jika Rambutmu Selalu Dibersihkan

Benar memang, hijab dapat melindungi rambutmu dari polusi dan panas. Akan tetapi, rambut akan menjadi lembab serta berminyak karena terus menerus ditutupi hijab. Maka, untuk rambut yang bebas dari minyak dan rontok. Kamu harus rajin untuk keramas dan membersihkan rambutmu. Dengan durasi waktu, minimal dua kali sehari.

Selain Itu Kamu Juga Disarankan Untuk Menggunakan Deep Conditioner Secara Berkala

Ini jelas baik untuk rambutmu, karena selain tetap menjaga kelembapannya, conditioner juga berperan untuk menutrusi rambutmu.

Kamu bisa memilih deep conditioner yang sekiranya pas untuk kulit kepalamu. Tapi sebelum memakainya, selalu pastikan bahwa kamu sudah terlebih dahulu keramas dan membersihkan kulit kepalamu. Jika mau berhemat sedikit, kamu bisa meraciknya sendiri dari minyak zaitun dan bahan alami lainnya. Lebih membantu kan?

Mengubah Cara Mengikat Rambut Akan Baik Untuk Rambutmu

Khusus untuk kamu perempuan berambut panjang yang berhijab. Sebisa mungkin ubahlah cara mengikat rambutmu dalam satu hingga dua kali dalam sehari. Karena jika dibiarkan dalam satu model, yang ini akan menyiksa rambutmu lebih lama. Sesampainya di dalam rumah, akan lebih baik bila kamu membuka hijabmu untuk memberi ruang agar rambutmu bisa lebih bernafas.

Hati-hati, Jangan Menarik Rambutmu Terlalu Keras

Dengan berbagai macam alasan, menarik rambut dengan keras hanya memicunya rontok. Apa lagi jika ternyata kamu adalah perempuan dengan tipikal rambut yang tipis dan rapuh. Salah dalam menarik saja, bisa-bisa ujung rambutmu patah semua.

Kalau memang benar-benar lepek dan sangat susah untuk disisir, cobalah pakai jemarimu saja. Ini lebih memudahkan kamu untuk menatanya, dan tentu tak akan menyakiti rambutmu.

Tak Peduli Buru-buru Atau Tidak, Sebelum Memakai Hijab Pastikan Jika Rambutmu Sudah Kering

Ini jadi kebiasaan buruk hampir setiap perempuan. Mau pergi ke kampus, kerja, atau sekedar hang-out sama teman, sering buru-buru sampai rambut tak sempat dikeringkan.

Untuk kamu yang berhijab, sesaat sebelum kamu akan mengenakan hijab, pastikan jika rambutmu sudah kering dengan sempurna. Karena rambut yang basah akan rentan patah dan mudah rusak. Apa lagi jika langsung ditutup dengan hijab selama seharian penuh.

Agar Rambut Tetap Tumbuh Sehat, Potonglah Ujungnya Secara Berkala

Ini akan jadi upaya yang baik untuk tetap menjaga kesehatan dan kesuburan rambutmu. Ditutupi seharian penuh, membuat rambut sedikit kesulitan bernafas. Jadi akan sangat wajar jika akhirnya, akan ada rambut yang terlihat kering dan kasar di ujung.

Cobalah bandingkan, bagaimana hasil dari rambut yang kamu biarkan begitu saja, dengan rambut yang kamu potong ujung secara berkala. Hasilnya, rambut yang dipotong secara berkala meski hanya di ujung biasanya akan terlihat lebih sehat.

Dan yang Terakhir, Sebisa Mungkin Pilihlah Bahan Hijab yang Menyerap Keringat pada Kulit Kepala

Sumber : https://www.instagram.com/natasharizkynew/

Bayangkan rambutmu akan ditutup, memang tak terkena sinar panas dan debu jalanan. Namun kamu tetap harus memperhatikan bahan utama dari hijab yang kamu kenakan.

Jika memang ingin bepergian ke luar ruangan, pakailah bahan yang akan menyerap keringat dan membantu kulit kepala tidak terlalu lembab. Nah, kira-kira dari semua penjelasan ini, manakah hal-hal yang biasanya sudah kamu lakukan?

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

10 Tips Cerdas Meminimalisasi Budget Resepsi Pernikahan Impian

Biaya untuk mengadakan resepsi pernikahan tergolong tidak murah. Bahkan banyak calon pengantin yang stress menjelang hari H pernikahan karena repot mengurus segala keperluan resepsi ini.

Beberapa pasangan yang memiliki low budget harus berpikir lebih keras untuk mewujudkan resepsi pernikahan impian mereka sesuai dengan budgert yang dimiliki.

Nah, untuk kamu yang mengalami hal sama, yaitu ingin mewujudkan resepsi pernikahan impian sesuai budget. Berikut adalah 10 tips cerdas yang mungkin dapat membantumu.

1. Membuat Daftar Tamu Undangan Seminim Mungkin

Jika tamu yang kamu undang tentu makanan, tempat, souvenir sampai undangan juga harus kamu perbanyak bukan. Akan lebih baik jika kamu membuat daftar tamu undangan seminim mungkin. Hal ini juga bisa memberi kesan private dalam resepsi pernikahanmu. Hanya tamu yang benar-benar dekat dengan mempelailah yang diundang.

2. Memanfaatkan Taman atau Halaman Rumah untuk Tempat Resepsi

Biaya untuk menyewa gedung rasanya tak murah. Daripada untuk biaya gedung, lebih baik kamu memanfaatkan taman atau halam rumahmu saja. Dengan begitu kamu akan mengurangi anggaran pernikahanmu untuk gedung bukan?

3. Memilih Restoran Loka untuk Menu Makanan

Kamu bisa memilih restoran local untuk mengatur menu makanan di resepsi pernikahanmu. Biasanya cara ini akan sedikit menghemat anggaran pernikahanmu. Tapi tetap jangan lupakan untuk berdiskusi terlebih dulu dengan pasanganmu.

4. Tak Perlu Menggunakan Tradisi Tertentu Jika Tak Diharuskan

Keberadaan tradisi tertentu tentu juga akan menambah anggaran untuk resepsi pernikahanmu. Jika memang tradisi itu tak harus dilakukan lebih baik tidak usah menggunakan tradisi tersebut.

5. Menyewa Sedikit Fotografer

Jika kamu memiliki teman yang ahli dalam bidang fotografi, lebih baik kamu meminta bantuannya saja. Setidaknya kamu bisa memangkas sedikit biaya fotografer dengan memakai jasa temanmu sendiri. Tapi tahu diri ya, jangan maunya gratisan saja.

6. Memilih Kue Pernikahan yang Sederhana

Tak perlu memilih kue pernikahan yang mewah dan sangat besar. Pilih saja yang sederhana dengan ukuran yang sedang atau kecil saja. Yang terpenting bisa digunakan untuk acara resepsi pernikahanmu.

7. Membuat Album Pernikahan Sendiri

Meski terlihat sepele, nyatanya album pernikahan juga bisa menghabiskan budget lebih loh. Kamu bisa mengakalinya dengan menyerahkannya pada temanmu yang ahli dalam hal cetak foto dan menggarap albummu.

8. Memakai Dekorasi yang Bisa Dibuat Sendiri

Usahakan untuk menggunakan dekorasi resepsi yang bisa kamu buat sendiri. Tak perlu yang mewah. Kamu bisa mengangkat tema unik, sederhana , namun berkesenian tinggi.

9. Minta Bantuan Teman untuk Mengisi Beberapa Posisi Seperti wedding singer

Jika ada teman atau kerabatmu yang memiliki kemampuan khusus, seperti menyanyi atau menjadi host. Kamu bisa banget minta bantuan mereka untuk mengisi beberapa posisi di resepsi pernikahanmu. Dengan begitu kamu juga bisa lebih menghemat biaya bukan?

10. Menyewa Gaun Pengantin di Tempat Sederhana

Kamu tetap bisa kok mendapatkan gaun pengantin impianmu dengan budget yang tidak terlalu tinggi. Gunakan saja aksesoris gaun yang sederhana, tak perlu bertaburan butiran swarowski. Biasanya kamu bisa menyewanya di tempat persewaan gaun yang sederhana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Untukmu yang di Kecewakan, Percayalah Bahwa Tuhan Mematahkan Untuk Menguatkan.

Tahukah kamu perempuan? Mengapa kita seringkali menjadi orang yang mudah merasakan kecewa, sebenarnya hal itu hanya terletak dari seberapa besar kita menaruh harap. Semakin besar kita menaruh harap kepada manusia maka semakin besar pula kita akan merasakan kecewa.

Ketika masalah mulai berdatangan, satu persatu menjelma menjadi bongkahan pilu yang memenuhi isi kepala. Tidak ada penyelesaian, tidak kunjung menemui jalan. Hingga semuanya berujung pada rasa kekecewaan.

Kecewa terhadap diri sendiri, kecewa terhadap segala hal yang sekarang sedang kau alami. Menyalahkan Tuhan dan keadaan adalah hal yang lumrah dilakukan, padahal itu semua adalah sebuah kesalahan yang malah memperburuk keadaan.

Jangan pernah merasa hidupmu tidak adil, bukankah dalam penciptaan duniapun kau tidak ikut andil? Kita hanyalah insan yang memainkan peran, tentang takdir semuanya telah Tuhan gariskan. Untuk apa mengeluh jika ternyata memang diri kitalah yang bersalah dan bertanggungjawab atas apa yang sedang kita alami? Percayalah, tidak ada yang selalu indah di dunia ini.

Berpikirlah tentang hubungan sebab-akibat. Ketika kamu gagal dalam meraih sesuatu, mungkin saja usahamu memang tidak sepadan. Ketika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin namun tetap hasilnya mengecewakan, mungkin Tuhan ingin mengujimu untuk tahu seberapa besar kesabaranmu. Tidak ada yang mudah, semuanya pasti mengalami lelah.

Rasa kecewa adalah suatu bumbu yang harus ada dalam kehidupan manusia. Selalu merasakan kebahagiaan tidak lantas menjadikan kita insan yang kuat. Sadarkah kamu bahwa apa yang mendewasakanmu sampai sekarang? Salah satunya adalah luka. Tidak ada yang tidak diuji, semuanya hanya tentang mampu atau tidaknya kita melewati.

Boleh jadi, memang kita yang kurang banyak meminta. Boleh jadi, memang ada dosa yang menjadi penghalang terwujudnya suatu cita-cita. Boleh jadi, memang kita yang belum maksimal dalam berusaha. Boleh jadi, kitalah yang terlalu menaruh harap pada manusia.

Cobalah untuk berpikir positif tentang setiap hal yang menimpa hidup kita. Terpuruk tidak akan membuat masalahmu usai, bersedih boleh saja asal jangan pernah larut di dalamnya.

Sekali lagi, jangan salahkan Tuhan atas hadirnya kekecewaan. Karena Tuhan mematahkan untuk menguatkan, ini adalah sebuah fase yang harus dilewati oleh setiap manusia. Jangan menyerah, jangan mengaku kalah. Lakukan yang terbaik kemudian mengadu kepada-Nya, meminta apapun yang kamu butuhkan, dan yang terpenting adalah gantungkan harapanmu hanya pada-Nya. Jangan lupa bahagia 🙂

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Cerita Sukses Cary Velazquez, Perempuan Disabilitas yang Jadi MUA Terkenal

Punya 29 ribu orang pengikut di Instagram, nama Cary Velazguez kian banyak dikenal. Kemampuan Cary membuka mata banyak orang, bahwa keterbatasan fisik seseorang tak selalu jadi halangan untuk bisa berprestasi.

Yap, tak mau patah arang atas fisiknya, Cary Velazquez tetap bersemangat untuk menjadi seorang Make Up Artist (MUA), yang kini sudah berhasil diwujudkannnya. Mengubah perspektif dan pendangan orang, cerita Cary bisa jadi inspirasi untuk semua orang.

Sebelumnya, perempuan berusia 29 tahun ini, didiagnosa memiliki osteogenesis imperfecta atau penyakit tulang rapuh yang merupakan sejenis gangguan struktur tulang, sejak 3 hari setelah kelahirannya. Gen yang rusak ini menurunkan produksi kolagen di dalam tubuh, membuat tulang sangat rentan patah.

Namun meski demikian, kekurangannya justru jadi pemicu yang membuat Cary ingin mengajak perempuan lain yang memiliki kekurangan untuk berani menggapai mimpinya, tak terkecuali di industri fesyen dan kecantikan.

“Saya ingin membuka pintu untuk wanita lain dengan kondisi berbeda. Saya tahu bahwa cerita saya akan mengubah perspektif orang lain dan saya tidak takut untuk menunjukkan diri kepada dunia,” kata Cary dilansir Barcroft TV.

Sumber : https://www.instagram.com/beautybycary/

Cary mulai menekuni dunia Make-up sejak 3 tahun lalu, terinspirasi dari video kecantikan di YouTube, awalnya ia hanya mempraktekkan makeup pada dirinya sendiri, ibu dan saudara kandungnya. Setelah akhirnya, menyadari jika ia berbakat sebagai MUA. Terbukti, kini ia sudah mulai bekerja merias orang lain dan memiliki pelangga di seluruh kota, tempat tinggalnya.  

“Saya ingin menunjukkan bahwa seseorang duduk di kursi roda masih bisa cantik, berbakat, dan hebat. Saya belajar beradaptasi sehingga saya bisa melakukan pekerjaan saya, seperti cara saya duduk di depan klien dan saya punya alat di depan saya sehingga saya bisa meraihnya dengan lebih mudah,” Tutur Cary.

Tapi meski saat ini ia sudah terlihat berhasil dan mewujudkan mimpinya, Cary juga bercerita jika selain kasih saang dan dukungan dari keluarga dan teman terdekat. Tak pelak ia juga kerap mendapat perbuatan tak menyenangkan dari orang lain yang memandang ia sebelab mata atas kondisi fisik yang ia punya.

“Saya masih menerima komentar negatif karena penampilan saya, saya dipanggil jelek, saya bilang kepala saya besar atau saya terlihat seperti badut, saya harus membuktikannya jika mereka salah,” tegasnya.

Hidup bersama dengan ibunya dengan kehidupan normal yang biasa, saat ini Cary tengah menikmati waktu dengan menjalani profesi baru yang ia tekuni. Dan ambisi besar yang ia miliki saat ini adalah membuka peluang lebih besar pada para perempuan penyandang cacat di dunia mode.

“Saya tidak takut untuk menunjukkan diri saya kepada dunia lagi karena saya tahu saya layak untuk itu. Saya tahu kisah saya akan mengubah perspektif orang lain dan mengubah hati orang lain,” tutupnya.

Jadi masih mau ngeluh ini–itu?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top