Career & Money

Berlaku Profesional di Tempat Kerja Itu Penting. Hindari Enam Hal Ini Agar Tak Ditegur Atasan!

Menerapkan sikap profesionalisme jelas penting. Tak hanya akan dapat respect dari rekan kerja, tapi dengan begitu kamu pun pasti dilihat sebagai karyawan yang punya etos kerja yang tinggi. Apalagi dalam dunia kerja kamu tak bisa berlaku seenak jidat, ada sejumlah aturan yang perlu dipatuhi yang nantinya jadi penilaian atasan untukmu.

Tapi sejatinya tak hanya cukup mematuhi aturan saja agar kamu mendapat penilaian baik. Di sana kamu pun tak bisa lepas dari pengamatan sesama rekan kerja. Daripada salah langkah, sebaiknya kamu ketahui enam hal ini agar tak dicap tidak profesional baik oleh atasan maupun oleh lingkungan kerjamu.

pexels-photo-70292

Mengutarakan Pendapat Sah-sah Saja, Tapi Hindari Mengomentari Fisik dan Penampilan Rekan Kerja

Setiap orang pasti punya gayanya masing-masing dalam berpakaian. Kalaupun kamu melihat rekan kerjamu tak cukup melek soal fashion, tak sebaiknya kamu langsung memberikan komentar mengenai caranya berpakaian. Selain dinilai subyektif, kamu bisa kehilangan respect dari teman-teman di tempat kerjamu karena dinilai terlalu mengurusi orang lain.

pexels-photo-267447

Tak Bisa Lepas dari Ponsel Bisa Membuatmu Dicap Tak Profesional, Sebaiknya Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Membuka Ponsel

Meski ponsel telah menjadi barang wajib yang perlu dibawa, bukan berarti kamu harus terus-terusan membukanya. Apalagi kalau keperluanmu hanya sebatas membalas chat teman. memantau aktivitas grup, atau mengintip stories temanmu di Instagram. Selain membuang waktumu saat bekerja, sering membuka ponsel membuatmu jadi terdistraksi antara pekerjaan dengan aktivitas sosialmu. Jika kebiasaanmu ini ketahuan oleh atasan, bukan tak mungkin kamu bisa dapat teguran hanya karena ketahuan sering main handphone.

Kalau pekerjaanmu tak mendorongmu untuk membuka ponsel sesering mungkin, kebiasaan ini bisa kamu atasi mulai dengan mengaktifkan mode flight saat bekerja. Buat komitmen kalau kamu hanya perlu membuka ponsel satu atau dua jam sekali. Atau bahkan tahan diri agar tak membuka ponsel sampai jam makan siang.

pexels-photo-267569

Terlalu Frontal di Media Sosial dengan Memposting Kekesalan Tentang Pekerjaan di Kantor Juga Akan Membahayakan Karirmu

Meski kamu tidak berteman dengan bosmu di media sosial, atau sekalipun banyak rekan kerjamu yang tak suka dengan si bos, hal ini bukan berarti kamu bisa semena-mena dengannya. Sangat tidak dianjurkan memposting mengenai masalah kantor di media sosial bahkan mengumbar keburukan bos hanya karena hari itu kamu mendapat teguran darinya.

Sebaiknya, manfaatkan teguran tersebut sebagai momen introspeksi untukmu. Coba ingat lagi, sudah sebaik apa performa kerjamu selama ini? Kalau kamu merasa sudah memberikan yang terbaik tapi tak mendapat apresiasi sesuai harapanmu, sebaiknya kamu utarakan langsung dibanding mengumbarnya di media sosial yang dibaca banyak pasang mata. Apalagi jika dibaca rekan kerja, bukankah berbahaya jika dia ternyata membaca postinganmu dan melakukan screen capture?

pexels-photo-515169

Perempuan Memang Tak Bisa Lepas dari Kebiasaan Curhat dan Bergosip, Namun Sebaiknya Kamu Menahan Diri Untuk Tidak Melakukan Dua Hal Itu Saat di Kantor

Ada kalanya kamu dihadapkan dengan masalah yang menumpuk ditambah kerjaan dari atasan yang terus bertambah. Memang tak salah berinteraksi dengan rekan kerja di dekatmu, tapi sebaiknya tahan diri agar kamu tidak terlalu banyak mengobrol di jam kerja. Apalagi biasanya dengan membuka percakapan saat bekerja justru rentan berubah jadi sesi curhat dan gosip yang seakan tiada habisnya. Bukan hanya waktumu yang terbuang begitu saja, momen curhat dan gosip justru mengganggu rekan kerja yang lainnya. Hal ini yang membuat orang jadi menilaimu tidak profesional saat bekerja. Kamu masih punya waktu setelah terbebas dari jam kantor yang bisa digunakan untuk mengobrol, bergosip, bahkan curhat sepuasnya. Sama seperti mengurangi aktivitas membuka ponsel, yang dibutuhkan hanyalah menahan diri. Bisa kan?

startup-photos

Jangan Abaikan Time Management! Datang Tepat Waktu dan Tetap Fokus Saat Bekerja Akan Membantumu Dapat Penilaian Prestis

Sekarang ini sekalipun kamu tinggal di kota besar yang selalu dilanda macet saat pagi, bukan berarti kamu bisa menjadikan hal itu sebagai alasan untuk datang terlambat. Setiap kantor pasti memiliki kesepakatan waktu mulai bekerja dan pulang kerja, sebaiknya mulailah disiplin dengan sistem kerja yang telah disepakati.

Di lain sisi, pentingnya time management bukan hanya dengan datang tepat waktu. Tapi kamu bisa tunjukkan dengan bagaimana pola kerjamu. Jika kamu cenderung menghabiskan banyak waktu untuk membuka YouTube, Instagram, atau lebih sering googling, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk mengurangi aktivitas itu. Dengan demikian prioritasmu tetap pada pekerjaan yang sudah jadi tugasmu di hari itu.

Jika kamu mulai melatih diri untuk menerapkan enam prinsip tadi, bukan tak mungkin atasan akan melirikmu sebagai karyawan yang memiliki sikap profesional. Tentu bukan tentang caper pada atasanmu, tapi bagaimana kamu membentuk dirimu di tempat kerja. Yakinlah, suatu saat kedisiplinan yang kamu tanamkan di lingkungan kerja pasti akan menguntungkan karirmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top