Career & Money

Berlaku Profesional di Tempat Kerja Itu Penting. Hindari Enam Hal Ini Agar Tak Ditegur Atasan!

pexels-photo

Menerapkan sikap profesionalisme jelas penting. Tak hanya akan dapat respect dari rekan kerja, tapi dengan begitu kamu pun pasti dilihat sebagai karyawan yang punya etos kerja yang tinggi. Apalagi dalam dunia kerja kamu tak bisa berlaku seenak jidat, ada sejumlah aturan yang perlu dipatuhi yang nantinya jadi penilaian atasan untukmu.

Tapi sejatinya tak hanya cukup mematuhi aturan saja agar kamu mendapat penilaian baik. Di sana kamu pun tak bisa lepas dari pengamatan sesama rekan kerja. Daripada salah langkah, sebaiknya kamu ketahui enam hal ini agar tak dicap tidak profesional baik oleh atasan maupun oleh lingkungan kerjamu.

pexels-photo-70292

Mengutarakan Pendapat Sah-sah Saja, Tapi Hindari Mengomentari Fisik dan Penampilan Rekan Kerja

Setiap orang pasti punya gayanya masing-masing dalam berpakaian. Kalaupun kamu melihat rekan kerjamu tak cukup melek soal fashion, tak sebaiknya kamu langsung memberikan komentar mengenai caranya berpakaian. Selain dinilai subyektif, kamu bisa kehilangan respect dari teman-teman di tempat kerjamu karena dinilai terlalu mengurusi orang lain.

pexels-photo-267447

Tak Bisa Lepas dari Ponsel Bisa Membuatmu Dicap Tak Profesional, Sebaiknya Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Membuka Ponsel

Meski ponsel telah menjadi barang wajib yang perlu dibawa, bukan berarti kamu harus terus-terusan membukanya. Apalagi kalau keperluanmu hanya sebatas membalas chat teman. memantau aktivitas grup, atau mengintip stories temanmu di Instagram. Selain membuang waktumu saat bekerja, sering membuka ponsel membuatmu jadi terdistraksi antara pekerjaan dengan aktivitas sosialmu. Jika kebiasaanmu ini ketahuan oleh atasan, bukan tak mungkin kamu bisa dapat teguran hanya karena ketahuan sering main handphone.

Kalau pekerjaanmu tak mendorongmu untuk membuka ponsel sesering mungkin, kebiasaan ini bisa kamu atasi mulai dengan mengaktifkan mode flight saat bekerja. Buat komitmen kalau kamu hanya perlu membuka ponsel satu atau dua jam sekali. Atau bahkan tahan diri agar tak membuka ponsel sampai jam makan siang.

pexels-photo-267569

Terlalu Frontal di Media Sosial dengan Memposting Kekesalan Tentang Pekerjaan di Kantor Juga Akan Membahayakan Karirmu

Meski kamu tidak berteman dengan bosmu di media sosial, atau sekalipun banyak rekan kerjamu yang tak suka dengan si bos, hal ini bukan berarti kamu bisa semena-mena dengannya. Sangat tidak dianjurkan memposting mengenai masalah kantor di media sosial bahkan mengumbar keburukan bos hanya karena hari itu kamu mendapat teguran darinya.

Sebaiknya, manfaatkan teguran tersebut sebagai momen introspeksi untukmu. Coba ingat lagi, sudah sebaik apa performa kerjamu selama ini? Kalau kamu merasa sudah memberikan yang terbaik tapi tak mendapat apresiasi sesuai harapanmu, sebaiknya kamu utarakan langsung dibanding mengumbarnya di media sosial yang dibaca banyak pasang mata. Apalagi jika dibaca rekan kerja, bukankah berbahaya jika dia ternyata membaca postinganmu dan melakukan screen capture?

pexels-photo-515169

Perempuan Memang Tak Bisa Lepas dari Kebiasaan Curhat dan Bergosip, Namun Sebaiknya Kamu Menahan Diri Untuk Tidak Melakukan Dua Hal Itu Saat di Kantor

Ada kalanya kamu dihadapkan dengan masalah yang menumpuk ditambah kerjaan dari atasan yang terus bertambah. Memang tak salah berinteraksi dengan rekan kerja di dekatmu, tapi sebaiknya tahan diri agar kamu tidak terlalu banyak mengobrol di jam kerja. Apalagi biasanya dengan membuka percakapan saat bekerja justru rentan berubah jadi sesi curhat dan gosip yang seakan tiada habisnya. Bukan hanya waktumu yang terbuang begitu saja, momen curhat dan gosip justru mengganggu rekan kerja yang lainnya. Hal ini yang membuat orang jadi menilaimu tidak profesional saat bekerja. Kamu masih punya waktu setelah terbebas dari jam kantor yang bisa digunakan untuk mengobrol, bergosip, bahkan curhat sepuasnya. Sama seperti mengurangi aktivitas membuka ponsel, yang dibutuhkan hanyalah menahan diri. Bisa kan?

startup-photos

Jangan Abaikan Time Management! Datang Tepat Waktu dan Tetap Fokus Saat Bekerja Akan Membantumu Dapat Penilaian Prestis

Sekarang ini sekalipun kamu tinggal di kota besar yang selalu dilanda macet saat pagi, bukan berarti kamu bisa menjadikan hal itu sebagai alasan untuk datang terlambat. Setiap kantor pasti memiliki kesepakatan waktu mulai bekerja dan pulang kerja, sebaiknya mulailah disiplin dengan sistem kerja yang telah disepakati.

Di lain sisi, pentingnya time management bukan hanya dengan datang tepat waktu. Tapi kamu bisa tunjukkan dengan bagaimana pola kerjamu. Jika kamu cenderung menghabiskan banyak waktu untuk membuka YouTube, Instagram, atau lebih sering googling, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk mengurangi aktivitas itu. Dengan demikian prioritasmu tetap pada pekerjaan yang sudah jadi tugasmu di hari itu.

Jika kamu mulai melatih diri untuk menerapkan enam prinsip tadi, bukan tak mungkin atasan akan melirikmu sebagai karyawan yang memiliki sikap profesional. Tentu bukan tentang caper pada atasanmu, tapi bagaimana kamu membentuk dirimu di tempat kerja. Yakinlah, suatu saat kedisiplinan yang kamu tanamkan di lingkungan kerja pasti akan menguntungkan karirmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top