Career & Money

Beranikah Kamu Menikah Sebelum Mapan? Ini Alasannya Menikah Sebelum Mapan

Ketika ditanya kapan nikah, Kamu selalu menjawab belum siap. Lantas kapan siapnya? Mungkin kamu bisa berdalih ketika mapan.

Jika itu terjadi, Mungkin Kamu banyak sekali mendengar wejangan bahwa menikah dan kemapanan seharusnya jadi satu paket: Jadi mapan dulu baru menikah. Namun, ada juga pasangan yang sudah mapan dan matang dalam umur, namun belum juga merasa siap untuk menikah.

Berdasarkan penelitian Lunch Aktually, sebuah biro jodoh dengan konsep short, sweet, dan simple tersebar di Kuala Lumpur, Hong Kong, Penang, Singapura, dan Indonesia: Di Hong Kong umur ideal untuk menikah adalah 33 tahun ke atas, berbeda dengan Indonesia,  justru hasilnya kaum muda pria dan perempuan memilih cepat menikah pada usia 26 hingga 32 tahun.

Kalau kamu berdalih belum mapan, apa kamu bisa memberi jaminan kapan kamu akan mapan dan siap menikah? Tidak ‘kan? Setidaknya, berikan target untuk diri kamu sendiri dan pastikan ukuran kemapanan kamu itu realistis. Jangan ngotot mau beli rumah yang harganya milyaran baru kamu bisa menikah.

Jangan hanya menunggu harta, uang bisa dicari, pasangan seumur hidup belum tentu

Kita semua sadar salah satu faktor yang penting dalam perkawinan adalah harta kekayaan. Dalam perkawinanmu kelak, memang selayaknyalah nanti suamimu yang memberikan nafkah bagi kehidupan rumah tangga, dalam arti harta kekayaan dalam perkawinan ditentukan oleh kondisi dan tanggung jawab suami. Namun di zaman modern ini, dimana Kamu sebagai perempuan juga ikut bekerja.

Jangan hanya menunggu harta, harta bisa dicari bersama , pasangan seumur hidup belum tentu . Sedikit menohok memang, tapi benar adanya . Saat kamu terus-menerus mengejar yang namanya harta dan kemapanan, kamu cenderung kehilangan fokus akan apa yang sebenarnya lebih penting yaitu keluarga.  Dengan berkeluarga, kamu merasakan kehidupan pernikahan dan perjuangan dari bawah bersama-sama, daripada kamu harus ribut dengan harta.

Menikah Sebelum Mapan, Membuat Kamu menghadapi pasangannya dengan penuh penghargaan

Kedewasaan seseorang memang tak bisa dilihat dari segi usia. Usia juga sepertinya tak bisa dilihat dari kesiapan seseorang dalam menikah.

Kamu pasti sering melihat perempuan atau pria yang masih berumur muda memutuskan untuk berumah tangga. Tapi tak sedikit juga mereka yang sudah dewasa dari segi umur belum juga menikah. Maka tak ayal banyak yang bertanya berapakah usia tepat untuk menikah  walaupun kesiapan menikah belum tentu dilihat dari umur.

Di Indonesia sendiri, batas usia menikah sudah ditentukan oleh Undang-undang Perkawinan. Pada Undang-undang Perkawinan tahun 1974, usia minimum seorang perempuan untuk menikah adalah 16 tahun. Sedangkan untuk pria, 18 tahun. Namun menurut BKKBN, akan lebih siap jika seorang wanita menikah di atas usia 20 tahun.

Mapan tentu saja bukan soal kekayaan atau kepemilikan saja, mapan adalah usia dan soal kesanggupan Kamu dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidupnya.

Dengan Menikah sebelum Mapan, seseorang akan menghadapi pasangannya dengan penuh penghargaan. Karena ia sadar bahwa dalam diri pasangan tersebut ada sisi-sisi yang akan menyempurnakan dirinya. Bayangkan kalau cara berpikir seperti ini tidak ada dalam sebuah pernikahan, hubungan suami-istri akan melulu atas-bawah, subordinatif, dan cenderung tidak adil.

Mewujudkan impian bersama dalam rumah tangga

Kamu tentu punya mimpi, pasanganmu juga punya mimpi. Mewujudkan mimpi, kita tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan partner untuk mewujudkan impian-impian kita. Maka dengan menikah sebelum impianmu terwujud, Kamu bersama pasangamu bisa bersama-sama mewujudkan mimpi-mimpi bersama.

Ketika berjuang bersama, di sanalah akan tercipta kesalingpahaman antara suami dan istri. Selanjutnya, keduanya akan sama-sama menjalin komitmen untuk bersama mewujudkan impian-impian besar yang mereka miliki.

Keduanya akan sama-sama menjalin komitmen untuk bersama mewujudkan impian-impian besar yang mereka miliki. Tidak hanya impian bersar, tapi juga impian kecil. Pernikahan bukan hanya tentang mewujudkan impian-impian besar, tapi juga menjalani hal-hal kecil di keseharian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Meski Naik Matic, Harus Tetap Apik

Kadang kamu menyepelekan motor matic. Body motor yang ramping dan bobot yang ringan bikin banyak kaum hawa menganggap remeh faktor keamanan ketika berkendara. Apalagi jarak tempuh yang dekat kadang jadi alasan tak pakai perlengkapan keamanan. Padahal soal kemananan bukan perkara jarak loh!

Jauh dan dekat kita tetap harus mempersiapkan diri dengan baik. Nah, kamu harus mulai memperhatikan keamanan dirimu ya. Ini caranya.

Cuma Karena Khawatir Rambut Rusak Jadi Tak Mau Pakai Helm?

Sudah risiko kalau naik motor ya, rambut akan sedikit berantakan. Jangan jadikan alasan ini untuk tidak menggunakan helm. Lebih baik kamu mempersiapkan sisir untuk merapihkan rambut kamu setelah kamu melepaskan helm.

Helm juga jangan sembarangannya. Bukan cuma perkara fashion, tapi ini soal keamanan juga. Sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 ayat (1), setiap pengendara bermotor—termasuk pengguna motor matic tentunya—diwajibkan memakai helm standar nasional Indonesia (SNI).

Tenang, helm-helm berstandar SNI juga sudah banyak yang tanmpilannya oke dan fashionable kok. Masih berani melanggar? Siap-siap kena tilang hingga denda mencapai Rp 250 juta ya.

Pakai Jaket dengan Bahan yang Berkualitas

Saat berkendara, siap-siap terpapar angin. Karenanya kalau tak ingin kedinginan atau didera angin sepanjang jalan, pakailah jaket selama berkendara. Selain demi alasan keamanan, fungsi jaket akan membuatmu tetap nyaman meski cuaca terik bahkan dingin sekalipun.

 

Area Tangan pun Wajib Terlindungi

Masih banyak yang suka mengabaikan fungsi sarung tangan. Padahal punggung tanganmu sudah sepatutnya terlindungi supaya tidak belang saat sedang berkendara melawan cuaca terik. Di lain sisi, saat terik, kulit tangan akan cepat berkeringat dan permukaan tangan jadi lebih licin. Namun dengan keberadaan sarung tangan, kamu tak perlu risau perkara keringat di telapak tangan.

Pakai Celana Panjang demi Melindungi Area Kaki Selama Berkendara

Fungsi celana panjang setara dengan jaket. Yaitu demi alasan kenyamanan dan keamanan agar kulit kakimu tetap terjaga selama berkendara. Terutama wanita, mengenakan celana panjang lebih aman dibanding memakai rok atau celana pendek.

Simpan Dahulu Sendalmu, Usahakan Pakai Sepatu, Lupakan High heelsmu!

Demi alasan keamanan, memakai sepatu juga jadi hal wajib. Penggunaan sepatu tak akan membuat pijakanmu jadi terasa licin dan sangat memudahkan pengendara saat motor berhenti dan kaki perlu menopang motor di atas aspal. Ada baiknya menggunakan sepatu khusus berkendara atau minimal yang menutupi area kaki hingga atas mata kaki.

Lalu, jangan sekali-kali menggunakan high heels ya. Tampilannya mungkin bagus tapi menggunakannya ketika naik motor bisa sangat berbahaya. Pijakanmu tidak akan stabil dan belum lagi akan menyangkut sana dan sini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Merasa Siap Menikah? Kamu Perlu Persiapkan ini Terlebih Dulu

Gaun cantik, dekorasi indah dan lelaki idaman hati yang siap menemani sisa usia menjadi dambaan bagi seorang wanita. Pernikahan yang sejatinya bukan hanya melengkapi agama tetapi juga melengkapi jiwa, membuat siapapun tidak sabar menunggu hari bahagia itu.

Disaat yang bersamaan kita juga sadar bahwa menikah bukan hanya soal cinta dan juga pesta. Menikah itu butuh kesiapan diri menghadapi apa yang akan terjadi di depan mata. Bukan hanya soal bahagia tetapi juga tentang masa sulit yang harus kamu hadapi. Kesanggupan untuk memaafkan dan kesabaran luar biasa terhadap pasanganmu nanti.

Usia bukan tolok ukur kesiapan seseorang dalam menjalani pernikahan, pun keyakinan juga bukan satu-satunya alasan yang tepat untuk melangsungkan pernikahan dengan segera.

Sebaliknya, ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk pernikahanmu. Bukan hanya kemegahannya saja namun juga ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum menikah.

Menikah Tidak Bisa Hanya Mengandalkan Cinta, Materi Juga Perlu Untuk Menyambung Kehidupan

 

Saat kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah, yang harus kamu sadari adalah menikah tidak bisa jika hanya mengandalkan cinta, kamu juga butuh materi. Yap, cobalah untuk berpiki serealistis mungkin untuk hal yang satu ini.

Tak harus menuntut banyak, kalian berdua hanya butuh saling terbuka satu sama lain dengan pasangan, tentang diperlukan untuk mengetahui akan seperti apa sistem pengelola keuangan yang akan kalian pakai.

Kejujuran mengenai aset, penghasilan tetap dan tidak tetap, bahkan hutang serta tanggungan biaya yang masing-masing kalian punya tetap harus di diskusikan dengan pasangan. Jangan sampai faktor materi yang justru menjadi akar permasalahan atau bahkan pemicu perceraian kamu dan pasangan.

Kamu dan Pasangan akan Menjadi Satu Setelah Menikah, Dimana Kalian Tinggal Juga Perlu Dipikirkan

Sebelum menikah, ada baiknya kamu dan pasangan sudah mendiskusikan akan tinggal di mana. Karena tidak mungkin kalian tinggal di rumah masing-masing, jadi sebelum sah menjadi suami dan istri, pastikan dulu kemana kalian akan tinggal memulai hidup yang baru.

Dalam diskusi tempat ini sebaiknya jangan memaksakan kehendak salah satu pihak, karena kenyamanan itu perlu untuk kamu dan pasangan sebaiknya diskusikan dengan memandang plus minus dari tempat yang akan kalian tetapkan nantinya.

Setelah Menikah Kamu Punya Kewajiban dan Hak Baru, Bicarakan Mana Bagian yang Akan Menjadi Tugas Masing-masing

Jika kamu sendiri, kamu hanya punya tanggung jawab atas dirimu dan keluargamu saja. Kamu juga punya hak atas dirimu sendiri, tidak perlu memikirkan orang lain untuk keseharianmu. Hal ini tentunya tidak berlaku disaat kamu dan dia sudah menjadi sepasang suami dan istri, akan ada kewajiban sebagai suami dan sebagai istri begitu juga dengan haknya.

Mengapa hal ini perlu di diskusikan, karena jika kamu berharap dia mengerti atau paham dengan sendirinya maka kamu akan salah besar. Pemikiran masing-masing orang berbeda, dan untung memperkecil resiko salah paham karena hal sepele ada baiknya kamu diskusikan terlebih dahulu sejak awal. Sehingga masing-masing paham apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Sendiri dan Berdua Juga Akan Mempengaruhi Kehidupan Sosial, Supaya Tetap Bisa Bergaul Kamu Juga Harus Buat Kesepakatan dengan Pasangan

Pernah tidak mendengar beberapa orang merasa sebuah pernikahan itu seperti masuk penjara karena semua hal menjadi terbatas terutama mengenai kehidupan sosial, atau itu justru ketakutanmu saat ini. Untuk menghindari ketakutanmu akan “penjara” setelah menikah, ada baiknya kamu diskusikan itu dengan pasanganmu.

Pada dasarnya ketika kamu menikah itu bertanda dua manusia menjadi satu, apa yang kamu lakukan pasti juga akan berimbas kepada pasanganmu. Sehingga jalan terbaiknya adalah dengan membicarakan hal ini untuk menemukan jalan tengah sehingga tidak merugikan atau memberatkan siapaun. Menikah itu saling melengkapi bukan mengurangi, jadi buat kehadiranmu sebagai pelengkapnya.

Kamu dan Pasangan Punya Mimpi Masing-masing, Bicarakan Target dan Mimpi Kalian Akan Seperti Apa

Ketika menjalani hidup masing-masing, kamu dan pasangan pasti mempunyai mimpi dan target yang juga berbeda. Saat kalian memutuskan untuk menikah dan hidup bersama, kamu harus sadar bahwa kalian tetap manusia yang berbeda dan masih dengan mimpi masing-masing.

Kamu dan pasangan bebas berbicara apa mimpi kalian dan target hidup kalian 5 tahun ke depan. Apa yang harus dicapai untuk kamu, pasangan dan keluarga kecil kalian. Ketika dari awal kamu sudah mendiskusikan hal tersebut, bisa dipastikan hidupmu dengan pasangan akan lebih teratur karena sudah mempunyai target yang akan kalian berdua capai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Mengintip Rumah Idaman Beraksen Hijau Milik Esinsilia dan Ernanda Putra

Untuk kamu yang gemar berselancar di Instagram, tentu nama Ernanda Putra dan Istrinya Ellyse Sinsilia sudah tak asing lagi. Ernanda yang merupakan founder dari Makna Creative ini disebut sebagai salah satu influencer laki-laki yang cukup banyak diikuti di laman sosial media Instagram. Akun Instagram sang istri yang kerap disapa Sese pun tak kalah menariknya. Kerap berbagi foto-foto yang ciamik, kini akun miliknya telah diikuti lebih dari 122 ribu orang.

Pasangan yang muda yang jadi idola ini, memang selalu berhasil membuat iri para followers di Instagram. Tak hanya tentang postingan-postingan foto mesra dan beberapa konten kreatif yang jadi sumber inspirasi banyak orang. Nada dari beberapa postingan foto mereka memang berbeda, yang sebagian adalah potret epic dari rumah mereka.

Seiring dengan kebutuhan untuk menemukan spot menarik yang insta-genic untuk berfoto, nampaknya rumah dari Ernanda dan Sese ini memang jadi idaman semua orang. Dan beberapa foto yang kami rangkum dari laman akun instagram milik Nanda dan Sese, ini adalah bukti bahwa pemilihan gaya dari rumah mereka patut diikuti.

Warna Putih yang Lebih Mendominasi, Memberi Kesan Mewah yang Tak Biasa

Fave place on earth❤️

A post shared by Ellyse Sinsilia (@esinsilia) on

Tak perlu dijelaskan lagi, warna putih memang selalu memberi efek luas pada sebuah ruangan. Dan ide pemilihan untuk menggabungkan ruang nonton TV dengan dapur dan ruang makan, jadi pilihan lain yang bisa kita contek. Sebab ini jadi ruang yang akan menjadi jiwa dari rumah ini. Seperti caption yang diberikan Sese pada fotonya, dari potret yang kita lihat, ruang ini memang layak mendapat sebutan sebagai fave place on earth.

Hampir di Setiap Sudut Ruangan, Ada Beberapa Tanaman Hijau yang Berhasil Memanjakan Mata

inspeksi sore 🔍 #casatheputras

A post shared by Ernanda Putra (@ernandaputra) on

Jadi jangan heran, jika pada episode Makna Talk yang pertama, dalam salah satu obrolannya, Nanda pernah berkata jika dirinya lebih suka berdiam diri di rumah. Dan gambaran beberapa sudut ruangan ini jadi bukti bahwa kesukaan berdiam diri di rumah dinikmati dengan serius. Ini bisa kita lihat dari banyaknya tanaman yang berada hampir di setiap sudut ruangan.

Dengan kata lain, barangkali ini jadi upaya untuk menciptakan suasana yang lebih hidup dan terasa segar dalam rumah.

Mengadopsi Banyak Jendela-jendala Besar yang Akan Jadi Latar Apik Spot Foto Untuk Feed Instagram

Hug timeeeee 🤗🖤😽

A post shared by Ellyse Sinsilia (@esinsilia) on

Ini jadi pemilihan gaya lain yang bisa kita adopsi. Untuk kamu yang sedang bingung menentukan gaya rumah, ingin merenovasi rumah, juga pada kamu yang tengah berjuang menabung untuk membeli hunian nyaman.

Mengaplikasikan gaya seperti ini, jelas jadi alternatif agar sinar matahari bisa lebih masuk ke dalam rumah. Disamping udara yang akan jadi berbeda, pilihan ini juga akan menghemat energi listrik. Rumah terasa lebih luas, dengan interior bernuansa putih yang total.

Tak Lupa, Keberadaan Area Hijau Sebagai Sumber Energi yang Membuat Suasana Lebih Asri

sehabis hujan 👩🏻🍃

A post shared by Ernanda Putra (@ernandaputra) on

Memasang tanaman hias jenis daun secara berderet pada tanah yang datar, mungkin sudah jadi pemandangan yang biasa. Pada sisi dinding tembok bagian belakang, tepat dekat dengan kolam ikan kecil, mereka memilih untuk memasang tanaman hias jenis daun dalam formasi dinding yang lebar.

Kesan hijau yang jelas terasa langsung memberi efek sejuk. Mata pun akan termanjakan tiap kali memandang ke arahnya.

Dan Tempat Bersantai di Tepian Kolam Ikan dengan Suara Gemericik Air yang Menambah Syahdunya Suasana

Lagi suka ngurus Koi 🇯🇵 #casatheputras

A post shared by Ernanda Putra (@ernandaputra) on

Pagi

A post shared by Ernanda Putra (@ernandaputra) on

Tak perlu ditanya lagi, siapa pun itu jelas akan mengangguk setuju jika pemandangan ini adalah gambaran yang diingini semua orang. Terlebih lagi para pasangan muda yang memang baru berencana membuat rumah.

Tidak terlalu besar, tapi gaya yang diadopsi Ernanda dan Sese ini jadi rumah impian banyak pasangan muda. Tak hanya terlihat mewah, setiap sudutnya terlihat fotogenik untuk dipotret dari semua ruas sisi.

Beberapa tahun terakhir, model rumah dengan nuansa hijau memang sedang banyak digandrungi. Dan rumah Ernanda dan Sese ini jadi salah satu yang bisa kita tiru. Selain jadi acuan untuk menciptakan kesan mewah atas dominasi warna putihnya, beberapa tanaman hijaunya juga jadi jawaban atas kerinduan kita yang sudah jarang melihat tanaman-tanaman hijau di beberapa rumah tempat tinggal.

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Tak Cukup Facial, Lakukan Lima Perawatan Terbaik Pada Tubuhmu Jelang Hari Spesial

Jelang pernikahan, wanita akan disibukkan dengan berbagai macam perawatan tubuh baik di salon maupun di rumah. Demi jadi ratu sehari sekaligus membahagiakan calon suami, wanita akan menyiapkan waktu dari jauh-jauh hari demi perawatan terbaik untuk tubuh agar bisa tampil maksimal nantinya. Umumnya, perawatan dilakukan paling tidak dua bulan sebelum pernikahan demi hasil terbaik.

Untukmu yang mulai terpikirkan soal perawatan, sejatinya merawat tubuh jelang pernikahan tak cukup hanya di area wajah dan kepala. Lebih jauh lagi, seperti kata orangtua, kamu harus merawat tubuhmu dari ujung kaki hingga pucuk rambut. Itulah sebabnya diperlukan waktu yang tak sebentar.

Selain Facial, Berikan Perawatan Terbaik di Area Wajah demi Hasil Maksimal

pexels-photo-413880

Wajah adalah representasi yang akan paling disorot baik menjelang maupun hingga hari H. Karenanya, jangan sampai wajahmu kusam dan kulit wajahmu bermasalah. Selain rutin facial, kamu harus mulai aktif membersihkan wajah di pagi hari dan malam hari secara rutin. Apa lagi usai beraktivitas di luar ruangan. Saran terbaik, gunakan masker wajah demi mencegah wajah kusam. Sesuaikan pilihan masker dengan jenis kulitmu sehingga tak memunculkan masalah lain.

Meski Rambutmu Sudah Halus dan Teratur, Merawat Rambut Sangat Dianjurkan Jelang Pernikahan

hairstyle-hair-wedding-bride

Bukankah rambut adalah mahkota perempuan? Kalau rambutmu terawat, maka pesonamu juga semakin terpancar. Tak cukup dengan sampo dan conditioner saja, secara rutin kamu harus mencoba creambath dan hair mask. Bandingkan dahulu hasilnya, kalau kamu merasa rambutmu semakin mempesona dengan perawatan tadi, lanjutkan demi hasil optimal di hari terbaikmu nanti.

Kesehatan Mulut Juga Perlu Dijaga. Tak Cukup Gigi, Kamu pun Tidak Boleh Lalai Soal Bibir dan Rongga Dalam Mulut

pexels-photo-371117

Mungkin ini yang paling sering terlewat. Tapi, memangnya kamu mau kalau nanti napasmu tak segar di depan suamimu? Malu sendiri bukan? Jadi cobalah melakukan perawatan mulai sekarang. Untuk gigi, cobalah rutin membersihkan plak di gigi dan mendatangi dokter gigi. Sebaiknya kamu juga melakukan peeling di bagian bibir menggunakan bahan-bahan alami seperti gula atau garam untuk mengangkat sel kulit mati.

Kuku Terawat Nan Lentik Akan Membuatmu Semakin Cantik

pexels-photo-332046

Saat hari H, kamu akan bersalaman dengan banyak tamu undangan. Belum lagi kamu akan membiarkan kukumu dirias, baik dengan cat kuku maupun henna. Kalau kukumu tak terbiasa dirawat, riasan yang bagaimana pun akan sukar menunjukkan hasil terbaiknya. Memotong kuku secara rutin dan memperhatikan kebersihannya dapat kamu lakukan sebagai langkah dasar. Kalau bisa, setiap sebulan sekali dapat kamu selingi dengan manicure dan pedicure.

Tak Boleh Tertinggal, Merawat Payudara dan Organ Intim Efeknya Sangatlah Sakral

wellness-massage-relax-relaxing-56884 (1)

Untuk area payudara, kamu bisa melakukan pemijatan agar payudaramu bisa jadi lebih kencang. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan memanfaatkan minyak zaitu yang dioleskan di area payudara, kemudian lakukan pijatan memutar selama kurang lebih dari 10 menit. Lakukan aktivitas ini secara rutin sebelum tidur. Sementara untuk area organ intim, kamu bisa mendatangi salon kecantikan dan lakukanlah perawatan ratus vagina agar organ intimmu lebih keset dan harum. Sampai hari ini, ratus atau penguapan tradisional masih jadi andalan para calon pengantin.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top