Kesehatan & Me Time

Beberapa Pertanda Kanker yang Sering Perempuan Abaikan

Jangankan untuk menderitanya, mendengar namanya saja kita sudah merasa ngeri lebih dulu. Disebut-sebut sebagai penyakit mematikan, hingga kini sudah ada beberapa jenis kanker yang kerap menyerang tubuh manusia tanpa batasan.

Sialnya lagi beberapa jenis kanker yang sudah berhasil ditemukan, kadang mendiami tubuh manusia tanpa gejala awal yang jelas. Dan baru akan tampak ketika sudah berkembang pada stadium tertentu. Padahal telat sedikit saja penanganannya, akan berdampak pada proses penyembuhan.

Khususnya untuk kita, para perempuan, kadang kala ada beberapa pertanda yang sudah terlihat sebagai petunjuk untuk beberapa gejala yang memang perlu diantisipasi. Namun, karena terlihat masih tidak berdampak apa-apa, kita lantas menganggap remeh dan mengabaikannya. Padahal Menurut Robyn Andersen, PhD, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, kunci untuk mengurangi risiko terkena kanker adalah dengan memperhatikan sesuatu yang berbeda dari tubuh.

Perut yang Terasa Lebih Menggembung Itu Biasa, Namun Perlu Diperiksa Jika Berlangsung Lama

Kak 1

Pada fase menstruasi, memang sering disertai dengan gejala perut kembung. Namun kita patut berhati-hati, jika itu masih berlangsung bahkan pasca menstruasi berakhir. Sebab sebagaimana yang dilansir dari laman Reader’s Digest, perut yang terasa lebih kembung dari biasanya, dan bertambah lebih besar jadi sesuatu yang patut diwaspadai ssebagai tanda dari gejala kanker rahim.

Jika gejala ini tidak membaik seiring berjalannya waktu, apa lagi jika disertai dengan penurunan berat badan dan pendarahan dari organ intim, segeralah konsultasikan pada dokter.

Bentuk Tak Biasa yang Menyerupai Benjolan Tidak Selalu Bisa Diartikan Jadi Kanker, Namun Perlu Diwaspadai Jika Itu Berada Pada Area Sekitar Payudara

Kak 2

Hal lain yang perlu kita ingat, jangan pernah merasa malu untuk mengakui bahwa ada sesuatu yang telah berubah pada tubuh kita, terlebih di payudara. Beberapa teman yang pernah mengalami kanker payudara, mengaku bahwa awalnya terbilang acuh untuk menyadari bahwa ternyata perubahan pada payudara adalah sesuatu yang perlu diwaspadai.

Walau tak selalu bisa diartikan sebagai tanda dari gejala kanker, hal ini perlu diperhatikan jika ternyata  kulit payudara terlihat berkerut atau ruam, puting susu tertarik ke dalam, bengkak, nyeri saat ditekan, atau berwarna kemerahan. Jangan tunggu-tunggu nanti lagi, sesegara mungkin konsultasikan gejala tersebut pada dokter yang dapat dipercaya.

Bahkan Siklus Menstruasi yang Tak Teratur Pun, Bisa Jadi Tanda Lain yang Perlu Diperhatikan

Kak3

Ini memang tak selalu jadi pertanda yang benar, sebab setiap orang memiliki siklus menstruasi berbeda. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas dan kelelahan yang dirasa, hingga hormon dan faktor genetik yang berbeda-beda. Namun umumnya periode menstruasi akan berlangsung 4 hingga 7 hari.

Tapi jika ternyata siklusnya berjalan tidak seperti biasa, mulai dari pendarahan diluar menstruasi, aliran darah yang keluar terlalu deras, dan bahkan semakin parah dari bulan ke bulan, hingga rasa nyeri tak tertahankan pada area panggul, ini jelas jadi pertanda serius yang memang harus segera diketahui dampaknya.

Mual Karena Masuk Angin Itu Biasa, Namun Jika Ternyata Ada Rasa Kram yang Tak Terhingga Segeralah Periksa

Kak 4

Jika gejala ini dialami saat masa menstruasi, mungkin akan terdengar sangat wajar. Tapi anehnya, ini justru terjadi pada masa yang terbilang cukup lama. Ditandai dengan kram di perut hingga mual, dan disertai rasa tak nyaman sepanjang hari. Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya dengan berkonsultasi ke dokter.

Kondisi tersebut memang bisa saja hanyalah gejala maag, tetapi tidak menutup kemungkinan merupakan gejala leukimia, kanker esofagus, kanker hati, kanker pankreas, atau kanker usus.

Atau Kamu Malah Sedang Senang Karena Berat Badanmu Turun Secara Mengejutkan

Kak 5

Nah, jangan senang dulu! Walau katanya tubuh kurus yang terlihat langsing adalah sebuah impian, tak selamanya itu jadi pertanda baik untuk kesehatan. Apa lagi jika kita yang tadinya bertubuh gempal, namun tiba-tiba terlihat kurus dari biasanya.

Kehilangan berat badan atau perubahan nafsu makan yang tak biasa perlu diwaspadai sebagai gejala kanker. Apa lagi jika kamu adalah orang dengan selera makan normal dan sedang tidak melakukan program diet tertentu untuk menurunkan berat badan.

Penurunan berat badan pada tubuh seorang perempuan yang terbilang cukup drastis, bisa berkaitan dengan kanker usus besar atau kanker organ pencernaan lainnya.

Hingga Rasa Lelah yang Terjadi Sepanjang Waktu, Jadi Kemungkinan Lain yang Perlu Diwaspadai

Kak 6

Penuhnya aktivitas sepanjang hari, tentulah menyisahkan lelah pada tubuh. Tapi biasanya akan kembali normal setelah cukup beristirahat. Akan tetapi coba perhatikan rasa lelah yang kamu alami. Apakah itu jadi lelah yang biasa atau justru terus berlarut-larut.

Karena kelelahan yang terasa berlebihan biasanya jadi tanda lain dari leukimia dan limfoma. Jika tak segera diantisipasi dan mendapat pengobatan tepat, dikhawatirkan akan memberi dampak yang lebih buruk.

Perhatikan Pula Perubahan Bintik-bintik Hitam Atau Memar Pada Kulit yang Terlihat Tak Seperti Biasa

Memarrrr

Dan diantara berbagai macam tanda yang sering terjadi atas rasa nyeri dan sakit yang datang dari organ dalam. Tanda selanjutnya ini bisa kita lihat secara nyata dari bagian tubuh terluar.

Ada memar yang biasanya dikarenakan benturan pada bagian tubuh saat sedang tidur, namun jika hal itu cukup banyak dan melebar pada waktu yang relatif lama pada bagian tubuh yang tak lazim, ini artinya ada sesuatu yang ingin ditunjukkannya.

Memar yang tidak biasa seperti ini bisa jadi tanda leukimia yang merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen dan bekuan darah.

Ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diperhatikan, sebab kita hanya perlu lebih peka pada tubuh sendiri. Perhatikanlah hal ini sebagai deteksi dini gejala kanker yang bisa saja menyerang kita semua.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Agar Seserahan Pernikahanmu Terpakai dan Berguna Semua, Begini Tips Memilihnya

Sebelum menikah, hal lain yang juga membuat kamu deg-degan pastilah isi dari box hantaran yang si pacar berikan. Isinya biasanya beragam, tergantung apa yang perempuan minta atau yang memang inisiatif dari si dia. Mulai dari seperangkat alat ibadah, kebutuhan pribadi perempuan, hingga benda lain yang biasanya diharuskan oleh adat dan budaya calon pengantinnya.

Nah, berhubung menikah butuh biaya yang cukup banyak. Ada baiknya, sebagai perempuan kamu tak perlu minta macem-macem yang sekiranya kelak tak kamu pakai juga. Bukan apa-apa, sudah mengeluarkan uang banyak, kalau tak benar-benar dipakai kan sayang juga.

Pahami maknanya bukan nominal harganya. Dan untuk bisa lebih membantumu menentukan apa yang sebaiknya diminta sebagai seserahan, kami punya tips yang bisa kamu lakukan.

Utamakan Hal yang Wajib dalam Agama dan Adat Terlebih Dahulu

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Ragam adat yang di masyarakat kita umumnya mengharuskan beberapa benda untuk dijadikan sebagai hantaran. Untuk itu, ini jadi poin utama yang sebaiknya dipenuhi terlebih dahulu. Kan nggak lucu, jika hal yang seharusnya ada malah nggak ada.

Buat kamu yang beragama Muslim biasanya seserahannya berisi seperangkat alat salat. Ditambah dengan beberapa benda lain yang jadi kebutuhan pribadi perempuannya.

Tak Perlu yang Mahal-mahal, Pilih yang Benar-benar Akan Kamu Gunakan

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Untuk bisa dijadikan ajang pamer, beberapa calon pengantin memaksakan untuk membeli benda-benda seserahan yang harganya mahal. Padahal biasanya, benda tersebut hanya bisa bertahan untuk dipakai sebentar.

Tak apa memang kalau kamu merasa si dia sanggup untuk membelinya, toh itu hak mu juga untuk meminta. Namun kalau ternyata fungsinya tak begitu baik, bukannya sayang ya?

Daripada membeli benda-benda yang harganya tinggi tapi tak begitu berarti, lebih baik beli benda lain yang memang dibutuhkan setiap hari. Entah itu kebutuhan dandan, kebutuhan pekerjaan atau apa saja yang memang akan dipakai dan berfungsi dengan baik.

Jangan Sampai Dia Salah Beli, Kalau Calon Suami Merasa Bingung Kamu Ikut Saja untuk Memilih

Yap, demi menghindari rasa kesal karena isi hantaranmu tak sesuai yang kamu minta. Tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu untuk membeli semuanya bersama dengan si dia. Selain dia yang tak perlu menduga-duga, kamu pun tak perlu berekspektasi untuk dipahami apa maunya tanpa harus bicara.

Anggaplah ini sebagai ajang untuk belajar, bagaimana kalian berdua nanti akan membeli sesuatu berdua untuk belanja bulanan. Karena kamu juga ikut untuk membeli isinya, pastikan juga yang diambil adalah benda-benda yang memang kamu suka dan perlu ya.

Sarankan Juga Pasangan ke Gerai-gerai yang Sedang Menawarkan Potongan Harga

Kalau calon suami memang tak mau pergi untuk mengunjungi toko secara langsung, kamu juga bisa menyarankan ia untuk membeli keperluan di beberapa toko daring yang mungkin sedang ada potongan. Entah itu potongan harga dari markeplacenya atau pun dari tokonya. Hitung-hitung memangkas biaya, kan lumayan.

Selanjutnya Tinggal Dihias Sesuai Selera

Sumber : https://www.instagram.com/hantaran.co__/

Langkah terakhir untuk mempersiapkannya sebelum hari H, semua benda yang akan dijadikan hantaran sebaiknya ditempatkan pada wadah yang akan menambah indah penampilannya.

Apalagi sekarang, sudah ada beberapa usaha yang hanya menyediakan jasa sewa kotak hantarannya. Jadi kamu atau pasangan tak lagi perlu susah payah untuk membeli box dan menyusunnya.

Untuk bisa mendapatkan harga yang pas di saku, cobalah untuk mencarinya jauh-jauh hari. Agar kamu juga bisa memilih, sekiranya tempat mana yang bisa menawarkan jasa paling bersahabat dengan kualitas yang juga pas.

Sejatinya, isi dari barang-barang yang dijadikan hantaran itu memang hanyalah sebuah kiasan. Tapi jika yang datang adalah benda-benda kesukaan yang memang benar-benar dibutuhkan. Menerimanya pastilah jadi sesuatu yang menyenangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Tips Mengendalikan Emosi Saat Mentruasi

Kram perut dikarenakan datang bulan, ditambah badan mudah lelah membuat kita jadi lebih sensitif dan kadang suka marah-marah. Tapi mereka yang tak tahu kita sedang mengalami menstruasi, tentu akan bingung sendiri, terlebih laki-laki.

Maka, demi menghindari salah paham yang bisa jadi masalah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan demi mengontrol emosi selama haid. Cobalah perhatian baik-baik, beberapa tips di bawah ini.

Hindari Jenis Makanan yang Mengandung Gula, Kafein dan Soda

Demi mengurangi rasa sakit dan kram pada perut, sebisa mungkin berhenti untuk memakan makanan yang bersifat manis. Entah itu coklat, es krim dan permen. Disamping itu, kamu juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda.

Pilihlah makanan yang dapat meredakan rasa sakitmu dan memperbaiki emosinya. Tapi tetep hindari makanan yang mengandung, jenis-jenis yang sudah disebutkan tadi.

Perbanyak Makanan Berkalsium

Nah, daripada makanan yang manis-manis tadi. Kamu lebih disarankan untuk memilih jenis makanan yang berkalsium tinggi. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, dipercaya juga dapat membantu meredakan nyeri ketika datang bulan dan dipercaya pula meningkatkan moodmu.

Untuk itu cobalah kamu perbanyak untuk makan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, lobak mengandung kalsium tinggi. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengkonsumsi susu, yoghurt, dan keju. Jenis makanan ini akan menggantikan kalsium yang terkuras sewaktu haid.

Untuk Sementara, Jauhi Makanan Tinggi Garam

Kamu tahu nggak? Kadar garam yang tinggi akan menaikkan rasa kram serta memperparah rasa sakit tiap kali kamu menstruasi. Jadi buat kamu yang doyan asin, sebaiknya berhenti dulu deh. Kamu juga sangat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan cepat saji yang mungkin biasa kamu makan.

Karena biasanya, deretan makanan tersebut mengandung micin yang tinggi. Gantilah makananmu dengan menu yang tadi sudah disebutkan diatas dan imbangi dengan beberapa jenis buah-buahan.  

Jangan Terlalu Diporsir, Istirahatlah yang Cukup Selepas Bekerja

Coba bayangkan, kamu sedang kehilangan banyak darah dari tubuhmu, yang berarti juga menguras tenagamu. Akan semakin parah, jika ternyata kamu bekerja dan memporsir tenaga terlalu keras. Demi mengembalikan kekuatan yang hilang, buatlah diri tenang dan beristirahatlah yang cukup.

Jangan Sampai Kamu Stres, Berusahalah untuk Rileks

Agar tubuhmu tak semakin lelah ketika sedang menstruasi, cobalah mengurangi hal-hal atau aktivitas yang bisa memicumu untuk stres. Bekerja lembur, mengangkat beban, atau berolahraga terlalu keras.

Sementara waktu, kerjakan apa yang bisa kamu lakukan dan perbanyak kegiatan yang bisa mendatangkan ketenangan. Sehingga kamu tak stres dan tak juga lelah.

Dan Jangan Dulu Melakukan Aktivitas-aktivitas Berat

Bukan hanya perkara makanan yang masuk ke dalam tubuh saja, kamu juga perlu untuk menjaga aktivitas tubuh dan pikiranmu. Tekanan dalam pikiran atas hal-hal berat dipercaya akan membuat emosimu mudah meningkat.

Untuk itu, jika memang sedang ada waktu luang, carilah suasana yang tenang. Membaca buku kesukaan sembari mendengarkan musik atau menonton film yang tak mengharuskanmu berpikir keras. Kamu juga disarankan untuk berolahraga, dengan catatan bukan olahraga dengan gerakan yang berat ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Selain Dimakan, Alpukat Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh yang Terbukti Aman

Buah alpukat dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan vitamin bahkan tinggi akan kandungan lemak baiknya. Hal ini yang kemudian menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang favorit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan.

Nyatanya, dengan perawatan rumahan alami dan memanfaatkan buah alpukat, ada dampak positif dan kulitmu bisa cantik alami tanpa harus pergi ke salon!

Mencegahmu dari Depresi

Buah alpukat nyatanya juga baik untuk mengatasi depresi lho. Ini karena buah alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental bahkan kamu pun jadi bisa terhindar dari depresi.

Dengan mengonsumsi alpukat, ada magnesium yang dikonsumsi oleh tubuh. Nutrisi ini penting untuk menurunkan tingkat kecemasanmu. Tidurmu pun akan jauh lebih nyenyak di malam hari dan mengurangi risiko stress dan depresi.

Selain mengandung banyak magnesium, buah alpukat juga banyak mengandung vitamin B yang berfungsi untuk melepaskan neutronsmitter seperti serotonin dan juga dopamine. Aliran dari dopamine dan serotonin ini nantinya bisa mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

Mencegahmu dari Katarak

Tak hanya baik untuk mentalmu, buah alpukat ternyata punya nutrisi yang baik yang paling punya peranan penting untuk kesehatan mata. Tak kalah khasiatnya dari wortel, buah ini punya fungsi pencegahan terhadap katarak.

Kamu perlu tahu, buah alpukat mengandung dua jenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata yaitu lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan penelitian dari para ahli, dua antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit mata katarak yang umumnya biasa diderita para lansia.

Demi Perkembangan Janin dan Kulit Bersinar

Bahkan alpukat juga membawa dampak baik untuk perkembangan janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Pada alpukat, terdapat asupan kalsium yang diperlukan janin.

Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang, dan jika asupan kalsiumnya terpenuhi dengan baik maka nantinya bayi akan terlahir dengan sehat, kuat dan juga sempurna.

Bahkan Juga Perawatan Kulit Kepala

Buah alpukat juga bisa digunakan untuk perawatan rambut, yaitu dengan mengolahnya menjadi masker yang nantinya akan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut serta juga bisa menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau.

Nutrisi yang ada dalam buah alpukat memiliki kandungan penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut serta minyak alami yang ada di dalam buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang efektif untuk menjadikan rambut lebih lembut dan juga berkilau.

Jadi, untukmu yang suka melakukan perawatan rambut rumahan, tak ada salahnya lho meracik alpukat sebagai masker rambut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top