Kesehatan & Me Time

Beberapa Pertanda Kanker yang Sering Perempuan Abaikan

Jangankan untuk menderitanya, mendengar namanya saja kita sudah merasa ngeri lebih dulu. Disebut-sebut sebagai penyakit mematikan, hingga kini sudah ada beberapa jenis kanker yang kerap menyerang tubuh manusia tanpa batasan.

Sialnya lagi beberapa jenis kanker yang sudah berhasil ditemukan, kadang mendiami tubuh manusia tanpa gejala awal yang jelas. Dan baru akan tampak ketika sudah berkembang pada stadium tertentu. Padahal telat sedikit saja penanganannya, akan berdampak pada proses penyembuhan.

Khususnya untuk kita, para perempuan, kadang kala ada beberapa pertanda yang sudah terlihat sebagai petunjuk untuk beberapa gejala yang memang perlu diantisipasi. Namun, karena terlihat masih tidak berdampak apa-apa, kita lantas menganggap remeh dan mengabaikannya. Padahal Menurut Robyn Andersen, PhD, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, kunci untuk mengurangi risiko terkena kanker adalah dengan memperhatikan sesuatu yang berbeda dari tubuh.

Perut yang Terasa Lebih Menggembung Itu Biasa, Namun Perlu Diperiksa Jika Berlangsung Lama

Kak 1

Pada fase menstruasi, memang sering disertai dengan gejala perut kembung. Namun kita patut berhati-hati, jika itu masih berlangsung bahkan pasca menstruasi berakhir. Sebab sebagaimana yang dilansir dari laman Reader’s Digest, perut yang terasa lebih kembung dari biasanya, dan bertambah lebih besar jadi sesuatu yang patut diwaspadai ssebagai tanda dari gejala kanker rahim.

Jika gejala ini tidak membaik seiring berjalannya waktu, apa lagi jika disertai dengan penurunan berat badan dan pendarahan dari organ intim, segeralah konsultasikan pada dokter.

Bentuk Tak Biasa yang Menyerupai Benjolan Tidak Selalu Bisa Diartikan Jadi Kanker, Namun Perlu Diwaspadai Jika Itu Berada Pada Area Sekitar Payudara

Kak 2

Hal lain yang perlu kita ingat, jangan pernah merasa malu untuk mengakui bahwa ada sesuatu yang telah berubah pada tubuh kita, terlebih di payudara. Beberapa teman yang pernah mengalami kanker payudara, mengaku bahwa awalnya terbilang acuh untuk menyadari bahwa ternyata perubahan pada payudara adalah sesuatu yang perlu diwaspadai.

Walau tak selalu bisa diartikan sebagai tanda dari gejala kanker, hal ini perlu diperhatikan jika ternyata  kulit payudara terlihat berkerut atau ruam, puting susu tertarik ke dalam, bengkak, nyeri saat ditekan, atau berwarna kemerahan. Jangan tunggu-tunggu nanti lagi, sesegara mungkin konsultasikan gejala tersebut pada dokter yang dapat dipercaya.

Bahkan Siklus Menstruasi yang Tak Teratur Pun, Bisa Jadi Tanda Lain yang Perlu Diperhatikan

Kak3

Ini memang tak selalu jadi pertanda yang benar, sebab setiap orang memiliki siklus menstruasi berbeda. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas dan kelelahan yang dirasa, hingga hormon dan faktor genetik yang berbeda-beda. Namun umumnya periode menstruasi akan berlangsung 4 hingga 7 hari.

Tapi jika ternyata siklusnya berjalan tidak seperti biasa, mulai dari pendarahan diluar menstruasi, aliran darah yang keluar terlalu deras, dan bahkan semakin parah dari bulan ke bulan, hingga rasa nyeri tak tertahankan pada area panggul, ini jelas jadi pertanda serius yang memang harus segera diketahui dampaknya.

Mual Karena Masuk Angin Itu Biasa, Namun Jika Ternyata Ada Rasa Kram yang Tak Terhingga Segeralah Periksa

Kak 4

Jika gejala ini dialami saat masa menstruasi, mungkin akan terdengar sangat wajar. Tapi anehnya, ini justru terjadi pada masa yang terbilang cukup lama. Ditandai dengan kram di perut hingga mual, dan disertai rasa tak nyaman sepanjang hari. Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya dengan berkonsultasi ke dokter.

Kondisi tersebut memang bisa saja hanyalah gejala maag, tetapi tidak menutup kemungkinan merupakan gejala leukimia, kanker esofagus, kanker hati, kanker pankreas, atau kanker usus.

Atau Kamu Malah Sedang Senang Karena Berat Badanmu Turun Secara Mengejutkan

Kak 5

Nah, jangan senang dulu! Walau katanya tubuh kurus yang terlihat langsing adalah sebuah impian, tak selamanya itu jadi pertanda baik untuk kesehatan. Apa lagi jika kita yang tadinya bertubuh gempal, namun tiba-tiba terlihat kurus dari biasanya.

Kehilangan berat badan atau perubahan nafsu makan yang tak biasa perlu diwaspadai sebagai gejala kanker. Apa lagi jika kamu adalah orang dengan selera makan normal dan sedang tidak melakukan program diet tertentu untuk menurunkan berat badan.

Penurunan berat badan pada tubuh seorang perempuan yang terbilang cukup drastis, bisa berkaitan dengan kanker usus besar atau kanker organ pencernaan lainnya.

Hingga Rasa Lelah yang Terjadi Sepanjang Waktu, Jadi Kemungkinan Lain yang Perlu Diwaspadai

Kak 6

Penuhnya aktivitas sepanjang hari, tentulah menyisahkan lelah pada tubuh. Tapi biasanya akan kembali normal setelah cukup beristirahat. Akan tetapi coba perhatikan rasa lelah yang kamu alami. Apakah itu jadi lelah yang biasa atau justru terus berlarut-larut.

Karena kelelahan yang terasa berlebihan biasanya jadi tanda lain dari leukimia dan limfoma. Jika tak segera diantisipasi dan mendapat pengobatan tepat, dikhawatirkan akan memberi dampak yang lebih buruk.

Perhatikan Pula Perubahan Bintik-bintik Hitam Atau Memar Pada Kulit yang Terlihat Tak Seperti Biasa

Memarrrr

Dan diantara berbagai macam tanda yang sering terjadi atas rasa nyeri dan sakit yang datang dari organ dalam. Tanda selanjutnya ini bisa kita lihat secara nyata dari bagian tubuh terluar.

Ada memar yang biasanya dikarenakan benturan pada bagian tubuh saat sedang tidur, namun jika hal itu cukup banyak dan melebar pada waktu yang relatif lama pada bagian tubuh yang tak lazim, ini artinya ada sesuatu yang ingin ditunjukkannya.

Memar yang tidak biasa seperti ini bisa jadi tanda leukimia yang merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen dan bekuan darah.

Ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diperhatikan, sebab kita hanya perlu lebih peka pada tubuh sendiri. Perhatikanlah hal ini sebagai deteksi dini gejala kanker yang bisa saja menyerang kita semua.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Punya Pacar Tak Berarti Kamu Harus Kehilangan Sahabat

Sahabat dan pacar adalah dua sosok yang patut jadi prioritas, kan? Beruntunglah kalau kamu jadian dengan orang  yang dulunya sahabatmu. Tapi tak semua orang punya kisah cinta yang demikian.

Ironisnya, yang terjadi justru kebanyakan mereka gamang lantaran sahabat dan pacar justru punya pandangan yang berseberangan sehingga rasanya sukar sekali membuat mereka akrab.

Alih-alih ingin membagi waktu pada mereka, kamu justru kebingungan karena kesulitan mengatur waktu. Keduanya ingin jadi prioritasmu. Tenang, kamu tak usah tergesa-gesa.

Cobalah berdamai dulu pada kondisi sekarang ini. Sadarilah kalau keduanya memang membutuhkanmu. Jangan sampai timpang sebelah dan kamu dianggap mengabaikan salah satunya.

Selalu Berusahalah Jujur pada Keduanya

Berkata jujur adalah kuncinya. Yup, berusahalah untuk selalu berkata jujur kepada pasangan dan sahabat. Misalnya, disaat kamu mempunyai rencana pergi bersama sahabat. Bicarakan saja yang jujur kepada pasangan kamu, bahwa kamu mempunyia janji bersama sahabat.

Begitu juga sebaliknya, kawan. Kalau kamu selalu berkata jujur pada mereka, pasti salah satu dari mereka juga akan mengerti dan tak akan membuat janji lebih dulu denganmu. Semua akan baik-baik saja kalau kamu mengkomunikasikannya dengan baik.

Jangan Ragu Buat Perjanjian dengan Pacar

Bicarakan dari sekarang dan jangan ragu buat janji dengan pacarmu urusan kapan kalian akan bertemu.  Terangkan pelan-pelan padanya dan katakana kalau kamu tidak selalu akan ada waktu untuknya.

Yup, ada saatnya kamu harus pergi atau sekedar nongrong bareng sahabat. Pacar kamu juga pasti mengerti dan tentunya tak akan melarangmu.

Ajak Saja Pacar Untuk Kumpul Bareng Sahabat

Mungkin alasan pacarmu dan sahabatmu masih saling berseberangan pendapat karena memang masih asing dan belum mengenal satu sama lain. Tak salah lho kalau di satu waktu kamu mempertemukan mereka.

Yupp, sekali-kali cobalah untuk mengajak pacar kamu untuk ikut kumpul bersama sahabat-sahabat kamu. Selain dari kamu bisa kumpul bersama keduanya. Kamu juga bisa mengenalkan sahabat kamu kepada pacar.

Dengan begitu, pacar akan lebih pengertian saat kamu kumpul bareng sahabat. Percaya deh.

Meluangkan waktu khusus untuk Pasangan pun Juga Perlu

Mungkin setelah semingguan kamu selalu bepergian dengan sahabat, jangan lupakan kalau pacarmu pun juga memerlukan keberadaanmu. Karenanya, luangkan waktu kamu untuk sang kekasih tercinta.

Karena bagamana pun, pasangan kamu sangat membutuhkan kehadiran kamu untuk membagi keluh, kesah dan rasa bahagianya bersama kamu.

Jangan membatalkan rencana secara Sepihak dan tiba-tiba

Jika kamu sudah membuat janji bersama pasangan atau sahabat. Jangan sekali-kali kamu membatalkan janji tersebut secara tiba-tiba ya kawan. Karena hal ini bisa membuat kecurigaan dari pasangan atau sahabat kamu.

Lebih baik kamu tepati janji yang sudah ada dan jangan membuat janji lagi jika kamu sudah mempunyia janji dengan salah satu dari mereka. Bersikaplah profesional tapi tetap penuh kepedulian saat menghadapi situasi semacam ini. Memang agak susah di awal.

Tapi kalau kamu bisa mengatasi dan beradaptasi dengan situasimu sekarang, percayalah, kamu tak akan kehilangan siapapun hanya karena keduanya merasa kalah mendapatkan perhatian darimu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Ancaman Obesitas Mengintaimu Lewat Hal-hal Sederhana yang Masih Kamu Lakukan Setiap Hari

Ingin berat badan berkurang ternyata bukan perkara gampang. Walau sudah melakoni beragam diet diiringi olahraga teratur, lho tapi berat badan justru bertambah. Kesal sudah pasti, bingung apalagi.

Begini penjelasannya, ternyata selain diet dan olahraga teratur, ada lho berbagai aktivitas yang secara tak sadar kamu lakukan bisa jadi ancaman tersembunyi saat kamu sedang berfokus menurunkan berat badan.

Daripada terus-terusan pusing, coba cek dulu yuk ancaman apa saja yang rentan kamu temui sehari-hari…

Sering Begadang dan Akhirnya Kurang Tidur Pun Bisa Jadi Salah Satu Pemicunya

Yep, kurang tidur bisa jadi salah satu pemicu naiknya berat badan inih kawan. Ini karena kalau kamu kurang  tidur, dalam tubuhmu akan terjadi perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68 ribu perempuan selama 16 tahun. Mereka menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko lebih tinggi untuk bertambah berat badan daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Kurang Gerak dan Duduk Terlalu Lama di Kantor Bisa Jadi Ancaman Berat Badanmu Bertambah

Seringkali pekerjaan menuntutmu untuk duduk hampir seharian kan, kawan. Akibatnya, kita jadi kurang membakar kalori. Padahal menurut jurnal penelitian Plos One, kebiasaan ini kurang baik untuk tubuh karena memicu obesitas.

Nah, supaya kamu tak khawatir lagi dengan ancaman obesitas karena duduk terlalu lama di kantor, lebih baik sempatkan waktu untuk bangkit dari tempat duduk di kantor. Hanya dua menit setiap jam pun cukup.

Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Pun Jadi Pemicunya, Kawan

Sekarang ini orang maunya apa-apa serba cepat. Termasuk urusan makan. Padahal, makan terlalu cepat pun tak baik untuk kesehatan.

Yep, makan dengan cepat justru rentan membuatmu  bertambah gemuk. Bahkan sebuah studi menunjukkuan bahwa  Studi menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan nih kawan…

Asupan Air Putih Jangan Sampai Kurang ya Kawan…

Tidak cukup minum air bisa membuatmu haus, kan? Menariknya, kadang rasa rasa haus bisa disalahartikan sebagai tanda kelaparan atau mengidam makanan tertentu oleh tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di NCBI, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang minum dua gelas air tepat sebelum sarapan makan 22% lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air.

Hati-hati, Salah Satu Pemicunya Yaitu Terbiasa Makan di Depan Meja Kantor Sembari Bekerja


Kamu mungkin berpikir makan di meja kantor bisa bermanfaat untuk mempercepat pekerjaan atau sekalian multitasking. Kenyataannya, makan siang di meja kantor ternyata bisa memicu obesitas.

Menurut penelitian tahun 2013 di American Journal of Clinical Nutrition, sekitar 62% pekerja profesional Amerika makan di atas meja kerja dimana kemudian didapati bahwa mereka akhirnya mengonsumsi 50%  lebih banyak kalori dibanding batas normal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Urusan Kosmetik, Perhatikan Cara Pakai, Tak Semua Benda Aman Dipakai Setiap Hari

Bagi perempuan, menemukan produk kecantikan yang tepat jadi sebuah tantangan tersendiri. Butuh upaya lebih demi menemukan produk yang tepat. Tak heran, saat menemukan yang tepat, pasti rasanya mau menggunakannya setiap hari demi hasil maksimal.

Tapi alih-alih mendapatkan kulit yang semakin berseri, yang terjadi justru iritasi. Ini karena sejatinya tak semua produk harus dipakai setiap hari. Ahli make up dari sejumlah salon kecantikan terkenal di Amerika Serikat mengatakan, beberapa produk  ini lebih baik jangan digunakan secara rutin setiap hari.

Varian Dry Shampoo

Tak punya waktu untuk keramas biasanya jadi alasan perempuan langsung memilih dry shampoo sebagai solusi. Padahal, menurut seorang stylist Leanne Citrone, penggunaan dry shampoo yang berlebihan atau terlalu sering justru bisa merusak rambut. Karenanya, lebih baik keramas secara teratur dibanding merusak rambut karena penggunaan dry shampoo yang berlebihan.

Kurangi Juga Pemakaian Conditioner yang Berlebihan

Produk conditioner memang dapat melembabkan rambut yang kering. Kamu perlu menggunakan produk yang satu ini demi menjaga kesehatan rambut. Tapi satu yang perlu diperhatikan, yaitu cobalah untuk mengikuti rekomendasi yang tertera pada kemasan.

Conditioner baik digunakan satu sampai dua kali seminggu. Menggunakannya setiap hari malah akan membuat rambut semakin kering dan lama-kelamaan menimbulkan kerusakan.

Ternyata Lip Balm Pun Tak Dianjurkan Digunakan Setiap Hari

Setiap kali seorang perempuan merasa bibirnya kering, kemungkinan besar ia mencari pelembab bibir alias lip balm. Rasa segar dan dingin yang dihadirkan lip balm adalah penyelamat bibir kering yang kerap jadi masalah menjengkelkan.

Seorang dematologis bernama Annie Chiu, M.D berpendapat bahwa menggunakan lip balm berlebihan dapat membuat masalah bibir kering semakin parah.

Jangan Memakai Primer Make up Setiap Hari ya Kawan

Primer make up merupakan solusi yang tepat untuk membuat wajah terlihat mulus dalam jangka waktu lama. Tapi, ternyata bahan dari produk kecantikan ini tak bersahabat dengan kulit wajah. Kandungan silikon di dalamnya dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, jika digunakan setiap hari.

Juga dengan Waterproof mascara

Make up artist Jamie Greenberg menyarankan para wanita agar tidak menggunakan waterproof mascara setiap hari. Alasannya, produk kecantikan ini cenderung mengeringkan bulu mata.

Tak usah malu dengan bulu mata alami yang kurang lentik. Sekalipun kondisinya demikian, jauh lebih sehat dibanding kamu setiap hari memakai maskara waterproof.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top