Love & Sex

Ada apa sih di balik “Jangan terlalu Cinta, nanti Jadi Benci, Jangan terlalu Benci nanti Jatuh Cinta” ?

Ada apa sih di balik “Jangan terlalu Cinta, nanti Jadi Benci, Jangan terlalu Benci nanti Jatuh Cinta” -

Nggak sekali dua kali kan ya, kita dengar kalimat ini? Ketika curhat sama sahabat tentang betapa bencinya kita sama seseorang terutama cowok yang tingkahnya nyebelin banget di mata kita, eh, dengan entengnya sohib kita bilang, “hati-hati, ntar lama-lama suka, lho!” sambil cengengesan. Kita pun dengan pedenya menyangkal “Ih, amit-amit, nggak bakalan mungkin aku suka sama dia” lalu beranjak pergi.

Pun sebaliknya, ketika kita begitu menyukai dan mengagumi seseorang, sampai bantalpun jadi sasaran curhat betapa kita merindukan si doi, si kakak yang kebetulan liat kita yang lagi gokil kasmarannya tetiba nyeletuk “Jangan terlalu cinta, ntar jadi benci lho!” dan naas, si kakak pun jadi sasaran empuk lemparan bantal yang kita curhatin tadi.

Awalnya kita cuma mengira kalau kalimat-kalimat yang dilontarkan sohib dan kakak tadi itu cuma guyonan mereka aja ke kita. Alih-alih bosan dicurhatin hal yang sama alias itu lagi itu lagi tiap hari, mereka lantas menggoda kita dengan ungkapan-ungkapan seperti itu. Iya sih, ini memang bukan pertama kalinya juga kita mendengarnya. Ungkapan tersebut seperti resep yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang sebagai salah satu kiat dalam merawat hubungan antar insan.

Sebenarnya kalau mau jujur, disadari atau tidak, kita sudah sering melihat situasi-situasi seperti itu di sekitar kita. Kamu mungkin ingat bagaimana Rangga dan Cinta di AADC yang setengah mati saling benci, berubah menjadi saling tak bisa ke lain hati. Sebaliknya, di kehidupan nyata kita melihat sendiri bagaimana selebritis yang semula tampak seperti Romeo dan Juliet di layar kaca, sekarang saling serang di ranah maya. Tapi karena belum pernah mengalami, agak susah juga buat percaya. Ada keraguan dalam diri kita. Masak iya sih?

Hingga suatu hari.. Dueeeeng… yang mereka bilang ke kita itu kejadian. Semua pun berubah 180 derajat. Yang tadinya teduh jadi panas. Cinta berubah jadi benci. Dan sebaliknya, kebencian yang mulanya membakar dada, tiba-tiba aja jadi menyejukkan, sesejuk embun di pagi hari. Kok bisa ya? Sebelum buru-buru menilai diri kena karma, ternyata ada hal-hal yang perlu kita tau tentang benci juga cinta.

Ketika kita berpikir bahwa Cinta dan Benci adalah dua hal yang saling bertolak belakang. Sesungguhnya ada garis tipis yang menggandeng keduanya. Penelitian membuktikannya.

Adalah Semir Zaki dari University College London yang telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk meneliti ekspresi cinta dan benci. Dengan menggunakan teknik pemindaian otak yang kita kenal dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), Zaki mengamati apa yang terjadi di otak manusia saat merasakan beragam cinta serta benci.

Kepada sukarelawan yang berpartisipasi menjadi objek dalam penelitian ini, Zaki menunjukkan potret orang yang dicintai atau dibenci. Lalu ia memindai otak mereka untuk mengetahui bagian-bagian dari otak yang bereaksi. Dari hasil pemeriksaan tersebut Zaki menunjukkan bahwa cinta dan benci jelas memiliki perbedaan. Tapi yang paling mengejutkan, cinta dan benci juga punya persamaan.

Dari hasil studi yang dipublikasikan dalam 3 makalah terpisah di Neuro Report pada tahun 2000, Neuro Image pada tahun 2004 dan PLOS ONE pada tahun 2008,  Zaki mengungkapkan bahwa cinta dan benci sama-sama mengaktifkan dua bagian otak yang sama, yaitu insula dan pitamen. Kesamaan inilah yang menjadi batas antara Cinta dan benci dan menggandeng keduanya.

Bagian otak yang satu ini tak bisa membedakan mana cinta dan benci.

Insula adalah bagian otak yang aktif ketika ada stimulus yang menyusahkan atau memicu kegelisahan. Stimulus atau penyebab kegelisahan tersebut bisa berupa cinta atau benci. Tapi sayangnya, insula tidak bisa membedakan kegelisahan itu timbul karena cinta atau karena benci. Insula menganggap cinta dan benci sebagai stimulus yang sama. Itulah kenapa, saat rindu karena cinta, atau iri karena benci gelisahnya sama.

Perilaku seseorang yang cinta dan yang benci pun cenderung serupa lho. Suka stalking, misalnya. oops!

Selain Insula, bagian lain yang punya andil yang sama saat seseorang merasa cinta atau benci adalah pitamen. Pitamen berperan merancang tindakan agresif akibat cinta ataupun benci. Perilaku seseorang yang sedang merasakan cinta dengan perilaku seseorang yang sedang merasa benci nyaris serupa, bahkan sulit membedakannya. Misalnya, ketika kamu sedang merasa cinta atau benci, kamu jadi kepikiran terus sama si “dia”. Sedang apa, dimana dan sama siapa. Ujungnya, jadi stalking akun medsosnya buat cari tau tentang aktivitasnya. Hasilnya, yang jatuh cinta, jadi senyum-senyum sendiri. Yang lagi benci, makin menggerutu dalam hati. Ya kan? Hayo ngaku!

Inilah kondisi dimana seseorang sedang berada di wilayah abu-abu (grey area) yang menjadi batas atau titik temu antara cinta dan benci. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa cinta dan benci itu dekat. Semakin kuat perasaan cinta yang kamu rasakan maka semakin dekat pula kamu pada garis batas yang memisahkan cinta dan benci. Sedikit saja terpeleset, rasa cinta dapat berubah menjadi benci dalam sekejap. Begitu juga sebaliknya. Semakin benci kamu terhadap seseorang, semakin dekat pula pada kemungkinan kamu jadi jatuh cinta.

Kamu mungkin masih ingat film bollywood yang populer di tahun 1998. Dibintangi oleh aktor rupawan Shahrukh Khan dan aktris jelita Kajol, Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan tentang persahabatan yang tidak biasa antara Rahul dan Anjali karena sering diwarnai dengan pertengkaran dan saling ejek. Tak ada hari yang dilewati tanpa berselisih di antara keduanya. Hingga sampai pada satu hari, Rani hadir di tengah-tengah mereka. Bagi Rahul dan Anjali, persaingan dan kehilangan telah merangsang insula dan memaksa pitamen bertindak. Garis batas itupun terlewati. Tanpa disadari mereka sebenarnya telah jatuh hati.

Faktanya, yang serba terlalu memang cenderung nggak baik. Kuncinya? Seimbang. Kita harus bisa mengontrol cinta dan benci.

Pakar neurosains Indonesia, Taruna Ikrar, mengatakan bahwa manusia selalu memiliki dua sisi. Ada harapan, ada kecemasan. Ada keberanian, ada ketakutan. Ada cinta, ada pula benci. Kedua sisi harus seimbang. “Tubuh dan otak kita punya mekanisme kompensasi yang senantiasa memposisikan manusia dalam kondisi seimbang, berupa rasionalitas. Kalau mekanisme ini tidak seimbang, outputnya adalah penyakit berbahaya” katanya.

Cinta yang berlebihan membuat manusia menjadi tidak  rasional, kurang perhitungan. Cinta yang seperti itu tidak memberdayakan tetapi malah merugikan. Begitu pula dengan benci. Akibat peningkatan serotonin dan kyuronic dalam jumlah besar, kebencian akan membuat kita menjadi depresi, selalu cemas, dan muncul pembelaan ego yang menyebabkan rasa kebencian semakin meningkat. Dalam keadaan seperti ini level dopamin dan endorfin yang berefek melegakan dan membahagiakan jadi menurun.

Tampaknya petuah nenek moyang memang bukan sembarang petuah. Supaya hubungan tetap langgeng, kalau cinta jangan terlalu cinta, Kalau benci jangan terlalu benci. Supaya nggak terjebak di area abu-abu antara cinta dan benci, kita harus bisa mengontrol cinta dan benci. Mari kita coba analisa sejenak perasaan yang kita rasakan. Kenali perbedaan diantara keduanya dengan melibatkan rasionalitas. Berikut perbedaan mendasar antara Cinta dan Benci:

  • Meski sama-sama bikin jantung berpacu kencang, cinta merupakan emosi yang positif (positive emotion) sedangan benci adalah emosi negatif (negative emotion)
  • Cinta bisa menerima hal-hal dengan pikiran terbuka (open-mindedness). Benci hanya mementingkan pendapatnya sendiri (myside bias)
  • Cinta memiliki hubungan sosial yang baik (social connection). Benci sebaliknya, menjadikan seseorang cenderung mengasingkan diri (alienation)
  • Cinta menumbuhkan toleransi (tolerance) sementara benci menumbuhkan prasangka (prejudice)
  • Cinta membangun kepercayaan (trust), benci menyebar ketakutan (fear)
  • Cinta penuh pengertian (understanding), sementara benci cenderung tidak peduli (ignorance)
  • Cinta memberi penghargaan dan pemaknaan terhadap perkembangan diri (self-esteem, self compassion). Benci cenderung merasa nggak nyaman dengan diri sendiri (personal insecurities)
  • Cinta mampu memaafkan (forgiveness). Benci mendorong keinginan untuk balas dendam (vindictiveness).

Tak mudah memang mencoba menyeimbangkan antara cinta dan benci. Sebagian dari kita mungkin masih terjebak diantaranya. Seperti Russian Red dalam lagunya I Hate You But I Love You.

I hate you but I love you
I just can’t take how beautiful you are
I hate to say this but my eyes go blind
I hate you but I love you
My favourite song becomes a healing sign
I hate to say this ’cause my heart goes blind

 

Jadi, Kamu Cinta atau Benci?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Terima Kasih Untukmu Yang Telah Menancapkan Luka Dan Kini Membuatku Jadi Lebih Dewasa

Terimakasih Untukmu Yang Telah Menancapkan Luka Dan Kini Membuatku Jadi Lebih Dewasa

 

Porak poranda hati yang tinggalkan, tentu masih terasa. Hati dan jiwaku bagai kapal yang hampir tenggelam di tengah lautan. Membalut luka sehabis perpisahan kita kemarin, jadi sesuatu yang sedang aku upayakan. Beberapa waktu aku memang terdiam, bahkan seperti tak lagi ingin bergerak ke luar.

Tapi aku sadar bahwa dengan atau tanpa dirimu, hidupku harus tetap berjalan. Karena pada kenyataanya, dirimu hanyalah sebagian dari cerita yang seharusnya aku lupakan. Jika boleh berkata jujur, kemarin aku sungguh membencimu, tapi luka yang kau goreskan lagi-lagi memberiku pelajaran. Oleh karena itu kini diriku sudah jauh lebih kuat.

Cerita Hidup Yang Pernah Kau Penuhi, Tentu Jadi Salah Satu Hal Yang Pernah Aku Syukuri

light-sign-typography-lighting

 

Tak ingin jadi orang yang tak jujur, kamu memang pernah membuatku bahagia tak terkira. Dan pertemuan kita itu tentu jadi babak hidup yang tak mungkin aku lupa. Manisnya sikap dan semua kata-katamu, selalu membuat aku yakin bahwa kamulah yang memang kumau.

Tak heran jika kemarin kita jadi dua orang yang paling bahagia. Tapi semua itu hanyalah bagian dari hidup yang bersifat sementara. Dengan dalih ingin fokus pada mimpi yang ingin kau jadikan nyata, kamu pergi begitu saja. Meninggalkanku bersama dengan luka.

Meski Kenyataan Yang Kudapati Cukup Membuatku Terluka, Bagaimana Tidak Dia Yang Mengaku Cinta Terlihat Bahagia Dengan Orang Lain Di Sana

girl-sadness-dark-46508

Walau ada sakit yang masih jelas terasa, aku belajar menghargai semua keputusan yang ada. Bahkan saat itu aku percaya bahwa kau memang sedang ingin fokus untuk menata mimpi-mimpimu. Tapi rasa kecewaku kian bertambah ketika aku tahu bahwa kau telah berdusta.

Tak ada mimpi yang sedang kau upayakan, karena nyatanya hatimu lah yang telah berbeda. Di hadapanku kau mulai berani menggenggam tangannya, hingga tertawa bersama. Kenyataan yang aku dapati sungguh sangat berbeda dengan apa yang kau janjikan sebelumnya. Aku kembali menanggung perih atas apa yang dengan sengaja kau dan dia pertontonkan di hadapanku.

 

Tapi Aku Sadar Bahwa Semua Kecewa Yang Kupunya Tentu Tak Akan Membawamu Kembali

pexels-photo-102734

Suatu kali aku pernah termenung sembari membayangkan betapa bahagianya kita kemarin saat bersama. Kemudian tersadar bahwa itu hanyalah sebuah masa lalu yang tak mungkin diputar kembali. Walau sudah berupaya sekuat tenanga, sepertinya aku bukan lagi jadi orang yang ingin kau buat bahagia. Kini sudah ada dia yang selalu siap sedia kau ajak tertawa bersama.

Seperti apa yang telah kau katakan, kita hanyalah bagian cerita masa lalu yang harus dilupakan. Sebab meski telah berusaha, semuanya tak mungkin bisa sama.

 

Aku Mulai Berdamai Dengan Luka, Lalu Kemudian Belajar Lebih Dewasa

pexels-photo-562623

Meski tak mudah, pelan-pelan aku menyadari semua hal yang telah terjadi antara kita berdua. Dibuat kecewa hingga terluka, tak seharusnya aku membencimu selamanya. Lebih dari itu, ada pelajaran lain yang aku ambil dari perpisahan kita. Karena dari rasa sakit yang telah kau berikan itu, akhirnya aku belajar jadi manusia yang lebih baik.

Jika diawal luka itu membuatku lemah dan tak berdaya, berbeda dengan sekarang. Hal itu justru membuatku jauh lebih kuat dari sebelumnya. Akupun belajar bahwa apa yang kuanggap baik, ternyata tak selalu benar.

 

Karena Sesungguhnya Babak Baru Dari Hidup Yang Lebih Berwarna Baru Saja Dimulai

pexels-photo-103127

Sakit hati telah membuatku belajar untuk lebih menghargai diri sendiri. Dan jika kamu sudah bahagia dengan dia yang kini kau punya. Aku juga akan mulai berjalan untuk menjajaki hidup yang ku inginkan.

Meski tanpa dirimu lagi, aku yakin pada kemampuan yang kini telah aku miliki. Tak seperti dulu saat bersama. Sekarang ada banyak hal yang telah bisa aku lakukan tanpa dibantu oleh siapa-siapa. Karena aku sadar biar bagaimana pun hidup terus berjalan. Dan bersama atau tanpamu, tentu aku akan tetap bahagia.

 

Terima Kasih Untukmu Karena Telah Menancapkan Luka, Karenamu Aku Jadi Lebih Dewasa

couple-love-water-summer

Untuk sepenggal cerita yang telah kita lukis bersama, izinkan aku untuk berterimakasih kepadamu dan semesta. Dari kisah itu aku belajar bahwa, tidak seharusnya aku mencintai dengan sepenuhnya.

Terimakasih juga untuk ujian kecil untuk menempa hati yang aku punya. Darimu aku belajar jadi manusia yang jauh lebih dewasa. Mari berjalan kembali meski tak searah, meski aku tahu ini tak akan mudah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Kamu Senang Edit Foto? Aplikasi Favoritmu Apa?

hadiahsamsung

Kamu mungkin termasuk orang yang menjadikan smartphone sebagai kamera. Semua itu memungkinkan karena saat ini kamera di ponsel pintar semakin canggih. Dengan kualitas foto yang makin baik, kamu pun jadi semakin tergoda untuk mengedit hasil jepretan supaya makin bagus. Ini beberapa aplikasi yang bisa kamu lirik untuk membuat fotomu lebih menarik.

Photo Editor Yang Punya Efek Profesional

Kalau kamu senang tampilan foto yang elegan seperti garapan profesional kamu bisa mencicipi aplikasi satu ini. Aplikasi ini bisa mengganti ukuran gambar, menambahkan teks dan coretan, filter, hingga mengubah meta deskripsi foto milikmu. Dengan fiturnya kita serasa membawa photoshop ke smartphone android.

Pic Say Aplikasi Ringan Dengan Fitur Tak Main-Main

Salah satu keunggulan Pic Say adalahukuran filenya yang sangat kecil. Tentunya membuat aplikasi ini ringan untuk dijalankan. Namun di tangan kamu yang kreatif fiturnya bisa membuat fot yang juga keren. Mulai dari menggambar langsung, memperbaiki warna, menambahkan tulisan, dan sebagainya. Cocok untuk kamu yang mau ngedit foto dengan cepat dan praktis.

Adobe Photoshop Express Selalu Bisa Kamu Andalkan

Bisa dibilang Photoshop salah satu aplikasi wajib untuk mereka yang gemar edit photo. Nah versi expressnya ini adalah yang diperuntukkan bagi smartphone. Bedanya Photoshop Express dibuat lebih simple dan mudah dioperasikan melalui handphone.

Buat Kamu Yang Senang Edit Foto, Ada Kompetisi Berhadiah Samsung loh!

Sementara itu 2 orang pemenang utama masing-masing akan mendapatkan Samsung Galaxy A5 2017. Smartphone ini bisa membuat selfie dengan resolusi tinggi bahkan di tempat minim cahaya. Karena Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki kamera depan 16MP serta kamera belakang 16MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan f1.9 yang bisa membuat hasil foto lebih terang di tempat minim cahaya dan selfie flash di kamera depannya.

Carnya mudah, Screenshot gambar di atas, lalu eksplor dengan desain yang jadi favorit kamu menggunakan aplikasi editor foto favorit kamu. Setelah itu, posting desain poster yang sudah jadi dengan menampilkan caption cerita watery places mana yang paling ingin dinikmati bareng Samsung Galaxy A 2017 berserta alasannya di Instagram. Untuk leibe jelasnya disini ya

Sementara itu 2 orang pemenang utama masing-masing akan mendapatkan Samsung Galaxy A5 2017. Smartphone ini bisa membuat selfie dengan resolusi tinggi bahkan di tempat minim cahaya. Karena Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki kamera depan 16MP serta kamera belakang 16MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan f1.9 yang bisa membuat hasil foto lebih terang di tempat minim cahaya dan selfie flash di kamera depannya.

Samsung Galaxy A5 2017 ini juga akan membuatmu lebih tertantang mencoba hal-hal seru. Karena kamu bisa melakukan banyak hal baru tanpa kuatir handphone rusak karena Samsung Galaxy A5 2017 terlindungi dari cairan (air tawar, keringat, hujan) dan pasir atau debu. Hal ini dimungkinkan karena Samsung Galaxy A5 2017 sudah dilengkapi teknologi IP68 yang tahan air dan debu. Smartphone ini juga mampu bertahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit! Jadi kamu bebas bereksplorasi menciptakan foto atau video main air yang keren dengan angle mana pun.

Asyiknya lagi, para pemenang utama ini nantinya juga akan diajak ikutan trip 2 hari 1 malam bareng beberapa influencer traveling terkenal yang foto-foto kecenya sudahberseliweran di Instagram. Mereka adalah Folk Indonesia (@folkindonesia), Febrian (@_febrian), AimaFarhana (@dailyaima), juga Anggey Anggraini (@her_journeys).

Bersama para influencer tersebut dua pemenang utama berkesempatan juga mendapatkan ilmu gratis tentang memotret foto atau bikin video underwater. Apalagi destinasi untuk para pemenang di Bandung ini sangat indah. Dari Grand Canyon LeuwiJurig yang terkenal dengan air tosca dan tebing berwarna abu-abunya. Kemudian Curug Maribaya juga Air Terjun Jagapati yang sudah tak perlu diragukan lag ipesonanya. Asyik banget, kan?

Jadi yuk posting hasil karya kamu!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hangout & Travel

Ikut Lomba Edit Foto Bertema Air, Berhadiah Samsung Yuk!

hadiahsamsung

Kamu senang mengunjungi tempat yang bertema air? Gemar bereksperimen foto di bawah air di tempat tujuan wisata yang menarik? Pernah mengabadikan spot atau tempat tujuan wisata yang bertema air dan menarik? Atau malah kamu memang memang pecinta air sejati?

Nah kalau iya, kamu bisa ikut kompetisi yang satu ini. Karena kamu akan berkesempatan mengunjungi tujuan traveling bertema air yang seru. Yup, Samsung sedang mengadakan Samsung Galaxy Water Wonder Journey. Ini adalah kompetisi yang mengajak kamu memposting foto di Instagram kamu masing-masing. Caranya mudah:

Screenshot gambar di atas, lalu eksplor dengan desain yang jadi favorit kamu menggunakan aplikasi editor foto favorit kamu. Setelah itu, posting desain poster yang sudah jadi dengan menampilkan caption cerita watery places mana yang paling ingin dinikmati bareng Samsung Galaxy A 2017 berserta alasannya di Instagram.

Sertakan juga hashtag #BornToExplore #MoreThanSelfie #KapanLagiBandung di postingan yang kamu buat. Agar mudah dihubungi sebagai pemenang kamu wajib mengisi form di sini atau form yang tertera di bawah.

Ada beberapa hal yang perlu diingat nih agar kesempatan menangnya semakinbesar. Pastikan hasil karya tersebut memperlihatkan produk Samsung Galaxy A 2017, termasuk logo tulisan ‘Samsung’ wajib terlihat sejelas mungkin. Perlu diingat, jangan sampai menampilkan brand lain, ya!

Contohnya seperti ini:

Nantinya akan dipilih pemenang berdasarkan foto dan caption yang paling menarik. Ini kesempatan seru karena ada 5 orang pemenang yang mendapatkan Voucher MAP masing-massing 200 ribu rupiah.

Sementara itu 2 orang pemenang utama masing-masing akan mendapatkan Samsung Galaxy A5 2017. Smartphone ini bisa membuat selfie dengan resolusi tinggi bahkan di tempat minim cahaya. Karena Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki kamera depan 16MP serta kamera belakang 16MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan f1.9 yang bisa membuat hasil foto lebih terang di tempat minim cahaya dan selfie flash di kamera depannya.

Samsung Galaxy A5 2017 ini juga akan membuatmu lebih tertantang mencoba hal-hal seru. Karena kamu bisa melakukan banyak hal baru tanpa kuatir handphone rusak karena Samsung Galaxy A5 2017 terlindungi dari cairan (air tawar, keringat, hujan) dan pasir atau debu. Hal ini dimungkinkan karena Samsung Galaxy A5 2017 sudah dilengkapi teknologi IP68 yang tahan air dan debu. Smartphone ini juga mampu bertahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit! Jadi kamu bebas bereksplorasi menciptakan foto atau video main air yang keren dengan angle mana pun.

Asyiknya lagi, para pemenang utama ini nantinya juga akan diajak ikutan trip 2 hari 1 malam bareng beberapa influencer traveling terkenal yang foto-foto kecenya sudah berseliweran di Instagram. Mereka adalah Folk Indonesia (@folkindonesia), Febrian (@_febrian), AimaFarhana (@dailyaima), juga Anggey Anggraini (@her_journeys). Bersama para influencer tersebut dua pemenang utama berkesempatan juga mendapatkan ilmu gratis tentang memotret foto atau bikin video underwater. Asyik banget, kan? Jadi yuk posting hasil karya kamu!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top