Kesehatan & Me Time

5 Hal Inilah Yang Menyebabkan Jerawat Muncul Di Badan

Sebagai perempuan kehadiran jerawat di wajah tentu membuat rasa percaya diri berkurang. Tak heran bila kamu berusaha menghilangkan jerawat di wajah dengan berbagai produk skincare. Namun ternyata selain di wajah, jerawat juga bisa muncul pada badan di 12 area yang berbeda-beda. Entah itu di punggung, lengan, kaki, ataupun bagian dada.  Meskipun terletak di bagian tertutup, kamu tak bisa begitu saja mengabaikan jerawat di badan.

Layaknya jerawat di wajah, jerawat di badan juga membutuhkan perawatan. Tentu kamu juga yang akan bangga bukan bila kulit badanmu mulus tanpa jerawat? Nah, sebelum kamu berusaha menghilangkan jerawat tersebut, kenali dulu penyebab jerawat bisa muncul di badan. Dengan begini kamu jadi bisa menentukan jenis perawatan yang tepat untuk jerawat di badan.

Sama Seperti Wajah, Jerawat Di Badan Bisa Muncul Karena Produksi Minyak Yang Berlebih

Timbulnya jerawat di wajah dan di punggung bisa disebabkan oleh hal yang sama. Produksi keringat yang berlebihan di badan berperan penting dalam proses pembentukan jerawat. Keringat yang berlebih tentu saja akan membuat kulit kamu menjadi lembab, interaksi antara keringat dan minyak di kulit akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.

Kulit yang berminyak menjadi breeding ground yang pas untuk jerawat. Sama seperti kulit wajah, kulit badan juga mempunyai sebaceous glands yang dapat memproduksi sebum berlebih. Dicampur lagi dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, maka muncullah jerawat. Bedanya kulit badan lebih tebal dan pori-pori di punggung juga lebih besar dan lebih mudah menyerap kotoran. Jadi pastikan kamu rajin melakukan exfoliating, terutama di bagian punggung, dada dan lengan atas.

Saat Berkeringat Produksi Minyak Juga Jadi Banyak, Hal Inilah Yang Membuat Jerawat Muncul Di Badanmu

Hidup di negara tropis, membuat kita berkeringat saat cuaca panas. Apalagi jika sebagian besar aktivitas lebih sering dilakukan di luar ruangan. Setelah berolahraga pun keringat menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan. Pada saat kondisi kulit lembab, kotoran dan debu akan mudah menempel. Keringat juga bisa menahan sel kulit mati, excess sebum, dan bakteri ke dalam pori-pori. Jadi tidak heran kalau kamu yang kerap berkeringat jadi sering bermasalah dengan jerawat di badan.

Jika badanmu sedang berkeringat sebisa mungkin harus segera dikeringkan. Ketika sudah kering jangan lupa langsung mandi untuk menghilangkan sisa keringat dan kotoran yang masih menempel di kulit. Dengan begitu masalah jerawat di badan bisa segera berkurang atau bahkan menghilang. Jangan malas dan meremehkan kebiasaan ini kalau kamu tidak ingin jerawat di badanmu semakin parah.

Tidak Hanya Wajah, Salah Memilih Produk Perawatan Badan Juga Bisa Jadi Pemicu Munculnya Jerawat

Penggunaan produk badan yang salah bisa menjadi pencetus timbulnya jerawat di badan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu mengenali tipe kulit badan kamu untuk mengetahui jenis produk perawatan apa yang cocok untuk badanmu. Kalau kulitmu lebih rentan terhadap jerawat  sebaiknya hindari sabun badan yang memiliki kandungan minyak yang tinggi atau yang memiliki bahan yang comedogenic ingredients, seperti lanolin, sodium lauryl/laureth sulfate, dan isopropyl myristate. Kandungan silikon yang terdapat pada kondisioner juga bisa memicu jerawat punggung. Karena itu tidak ada salahnya jika kamu lebih memperhatikan kandungan yang terdapat di produk perawatan badan, demi menghindari timbulnya jerawat yang lebih banyak.

Faktor Hormonal Dan Juga Pikiran Ternyata Tidak Hanya Menimbulkan Jerawat Di Wajah, Tetapi Juga Pada Badanmu

Faktor hormonal dan beban pikiran bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya area wajah, tetapi juga daerah badan. Jika kamu sedang mengalami perubahan hormon ataupun sedang stres, ada kemungkinan jerawat akan hadir menghiasi badanmu juga. Untuk masalah ini memang sangat sulit dihindari. Sama dengan jerawat pada wajah, jerawat di badan karena faktor ini akan hilang dengan sendirinya jika hormon dan beban pikiranmu sudah stabil seperti semula.

Terlihat Fashionable Sih, Namun Bila Bahan Bajunya Tidak Sesuai Dengan Badanmu Bisa Menyebabkan Jerawat Loh!

Kalau kamu sudah memperhatikan jenis produk yang biasa digunakan untuk perawatan badanmu, hal lain yang juga harus jadi perhatianmu adalah bahan pakaian yang kamu kenakan. Mengikuti fashion terkini tidak ada salahnya, namun kamu juga harus pandai dalam pemilihan bahan yang tepat untuk tubuhmu. Salah-salah karena ingin terlihat fashionable kamu mengabaikan bahan sehingga memicu jerawat badan datang.

Sesuaikan pemilihan bahan baju dengan kondisi cuaca. Jangan sampai ketika cuaca sedang teriknya, kamu justru menggunakan baju yang tebal dan juga jaket. Hal ini akan merangsang tubuh kamu berkeringat. Kalau sudah begitu, jerawat badan juga bisa datang. Memakai baju yang ketat juga bisa membuat keringat akan semakin menempel di kulit. Carilah bahan yang nyaman untuk tubuhmu, bahan yang memungkinkan kulitmu untuk tetap bernafas.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menikmati Akhir Pekan Akan Lebih Menyenangkan Tanpa Terdistraksi Isi Linimasa Instagram

Sekalipun kamu tinggal di Jakarta yang katanya semakin sulit menemukan lokasi wisata, bukan berarti kamu tak bisa menikmati akhir pekanmu. Macet memang sudah jadi bagian hidup sehari-hari, termasuk saat akhir pekan, tapi jangan sampai keadaan ini membuatmu putus asa dan jadinya hanya sibuk menatap layar gawai selama seharian penuh saat akhir pekan.

Kamu perlu tahu, terdistraksi dengan isi Instagram setiap hari hanya akan membuat pikiran rentan depresi. Karenanya, saat akhir pekan lebih baik isilah waktumu dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota misalnya.

Supaya Tak Bosan dengan Suasana yang Sudah Pernah Kamu Kunjungi, Pilihlah Satu Tempat yang Berbeda

Yang namanya jalan-jalan keliling kota bukan berarti hanya dihabiskan untuk mengitari mall saja ya kawan. Memang, mall ini akhirnya seperti jadi satu-satunya destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan, tapi kamu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tempat-tempat wisata yang mungkin jarang terekspos.

Kamu bisa memulai perjalananmu di akhir pekan sejak pagi, mungkin kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang terasa segar dan bisa jadi pilihan yang menarik di pagi hari. Kalau sebagai perempuan kamu masih canggung untuk pergi sendiri, ya tak masalah jika hendak mengajak teman atau pacar.

Sorenya untuk kesan menanti senja yang tak biasa, jika memang masih ingin berada pada sekitaran Pusat Jakarta. Kamu bisa menikmati matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa. Aktivitas para kapal yang sedang bersandar dan beberapa kegiatan para awaknya akan membuatmu merasakan Jakarta dari sisi yang berbeda.

Sebab Jalanan Ibu kota Sedang Ruwet-ruwetnya, Pastikan Pula Rute Mana yang Tak Akan Membuatmu Merana

Yang namanya jalanan Jakarta memang semakin padat. Jangankan hari biasa, di akhir pekan pun ruas jalanan utama pasti tetap saja macet. Belum lagi kalau ada pembangunan di sana-sini. Karenanya, penting sekali untukmu setidaknya untuk mencari rute alternatif.

Walau terlihat sepele, memilah jalanan yang akan dilalui jadi salah satu kunci untuk dapat menikmati perjalanan. Sebab untuk mencari tahunya pun cukup mudah. Entah itu dari sosial media, atau dari beberapa akun yang biasanya khusus membicarakan tentang jalanan Ibu Kota.

Dari Jauh-jauh Hari, Pilihlah Waktu yang Pas untuk Melakukan Perjalanan

Nah sekiranya kamu sudah tahu tempat mana yang akan kamu tuju serta jalur mana yang akan dilalui, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah soal keberangkatan. Kalau kamu memang ingin pergi sejak pagi, berarti perlu timing yang pas untuk istirahat dan memikirkan soal jam keberangkatan. Berangkat sejak pagi memang lebih menyenangkan karena biasanya jalanan belum seramai biasanya.

Perempuan Mandiri Tahu Pilihan Kendaraan yang Paling Nyaman di Hati

Dari sekian banyak hal-hal yang tapi perlu kamu perhatikan, kamu wajib memikirkan juga soal transportasi apa yang akan dipakai untuk jalan-jalan nanti. Karena biar bagaimanapun kamu tentu tak akan berjalan kaki untuk menikmati akhir pekan. Kecuali cuma makan di warung depan.

Hadir untuk menjawab kebutuhanmu Motor Address Playful dari Suzuki ini bisa mengantarmu menikmati akhir pekan di Jakarta. Skuter yang memang didedikasikan untuk kamu yang masih berjiwa muda, jadi salah satu skuter terbaik untuk untuk menikmati hari lebih produktif. Lengkap dengan aksesori panel bodi yang penuh warna pada bagian frame cover, handle cover, leg shield hingga pada stripping set.

Kamu juga tak perlu khawatir atau ragu, jika ternyata varian warna tak akan sesuai selera, sebab seri skuter matic dari perusahaan berlogo S ini punya 10 pilihan warna yang diterapkan pada aksesoris panel bodinya. Kamu bebas pilih warna mana yang sekiranya sangat pas dan cocok untuk karaktermu. Mulai dari Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange Hingga Ice Silver.

Keunggulan lain yang akan menjawab kekhawatirmu saat nanti akan berkendara di tengah jalanan ibukota saat akhir pekan tiba. Suzuki Address Playful ini dibekali mesin SOHC 4 langkah kapasitas 113 cc yang memang dipercaya menghasilkan performa baik. Teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1

Dengan komposissi mesin seperti itu, perihal biaya bahan bakar kamu tentu tak perlu ragu, sebab motor ini jadi skuter matic yang tergolong irit. Selain menghemat waktu dalam perjalanan, berkendara dengan Suzuki Adress Playful ini juga membantumu menghemat budget akhir pekan dari perihal ongkos kendaraan.

Saat Sudah Sampai Tujuan, Silahkan Nikmati Dulu Waktu Liburan, Jangan Sibuk Unggah Foto di Media Sosial

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu yang tak sebentar. Karenanya, sebisa mungkin kalau memang bukan sesuatu yang penting dan bersifat darurat, sebaiknya cobalah nikmati waktu akhir pekanmu degan berkualitas.

Setidaknya jauhkan diri dari dunia sosial media untuk sehari saja, sebab ini akan berpengaruh pada jiwa. Untuk apa mencari destinasi pelepas penat kalau akhirnya kamu hanya terdistraksi dengan gawaimu? Jika sesekali membuka untuk sekedar posting di instastory instagram bolehlah, namun kalau keblalasan buka akun gosip dan saling balas komentar tentu itu akan membuatmu lupa, jika tadinya kamu sedang ingin menikmati akhir pekan di Jakarta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Rekomendasi Flat Shoes yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan, Untuk Kencan Akhir Pekan

Kalau harus ditanya, model sepatu apa yang wajib ada dalam rak sepatu miliknya. Nama Flat Shoes jadi sepatu yang paling layak untuk dicatutkan. Dicintai dari segala usia, mulai yang muda sampai yang tua. Model yang simpel, dengan pemakaian yang mudah dan nyaman. Jadi alasan, kenapa jenis sepatu ini bisa kita pakai di hampir semua kesempatan.

Nah, untuk itu. Demi membantumu dalam hal mempersiapkan kencan akhir pekan ini. Tim Ruangperempuan, sudah punya beberapa rekomendasi model flat shoes yang bisa kamu jadikan pilihan.

Pointy Toe, 

Sumber : pinterest.com

Sepatu yang memiliki ujung meruncing ini, kali pertama muncul pada masa Revolusi Prancis di akhir 17-an. Jadi item fashion yang juga lambang dari bentuk protes para perempuan setelah masa keterpurakan ekonomi saat itu.

Jika kakimu memiliki panjang yang berukuran sedang, jenis flat shoes seperti ini sangat disarangkan. Untuk sepatu dengan warna diatas, kamu bisa padukan dengan berbagai macam fashion berwarna dasar. Mulai dari Putih, hitam, merah atau coklat.

Ballerina

Sumber : pinterest.com

Hadir dengan desain yang cukup sederhana dan kontruksi yang tipis dan berpotongan rendah, memakai flat shoes begini akan mempelihatkan bagian kakimu lebih banyak. Populer sejak awal tahun 1800-an, sampai sekarang jenis sepatu flat ini masih banyak disenangi oleh para perempuan.

Paduannya, kamu bisa pakai dress atau rok sebagai bawahan. Dengan begitu kamu akan terlihat tetap manis di mata gebetan.

Loafers

Sumber : pinterest.com

Selalu ditandai dengan simpul yang jadi bagian depan sepatu, jenis flat shoes Loafer sudah ada sejak pertengahan tahun 1990-an. Kesan klasik yang dihadirkan oleh simpul depannya, biasanya disertai dengan tali atau pita.

Kini,sesuai dengan perkembangan zaman dan mode. Loafer hadir dengan dau variasi yang banyak dipilih, yakni cap-toe dan studs. Nah, kira-kira kamu lebih suka pakai yang mana nih?

Ankle Strap

Sumber : pinterest.com

Tambahan tali yang merekat pada bagian belakang flat shoes ankle strap ini, jadi sesuatu yang memberi aksen baru pada kaki. Baik tali yang direkatkan, atau adapula tali yang melilit.

Beberapa perempuan berpendapat, jika tampilan ankle strap memang dinilai sebagai salah satu seri flat shoes yang paling modern. Bisa kamu pakai di acara-acara santai, sampai acara semi formal lainnya.

Slip – On

Sumber : pinterest.com

Seri flat shoes Slip on jadi generasi pertama yang mengadaptasi material kanvas untuk menutup semua bagian kaki atas. Tanpa tali atau perekat, sepatu ini memudahkan kita untuk mengenakannya. Dan tak hanya nyaman saja, jenis flat ini juga sangat fleksibel untuk dikenakan pada acara apa saja.

Tinggal padukan dengan celena jins kesukaan, rok, sampai dengan gaun pun. Selalu dirasa cocok, untuk menunjang penampilan.

Moccasin

Sumber : pinterest.com

Jenis flat yang satu ini memang tak hanya untuk kita para perempuannya. Beberapa model yang dihasilkan, biasanya bersifat unisex, yang bisa untuk laki-laki atau perempuan.

Nah, dari beberapa model yang tadi sudah direkomendasikan. Semua jenis flat shoes ini selalu jadi pilihan baik untuk kamu kenakan saat berkencan. Lalu, kira-kira model manakah yang akan kamu kenakan?

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan & Me Time

Kenali Kepribadian Teman-teman Perempuanmu Lewat Warna Lipstik Favoritnya

Berdandan memang untuk menimbulkan kesan atau ciri khas pada diri kita. Karenanya, salah satu barang wajib yang tak boleh dilewatkan adalah lipstik. Keberadaan benda yang satu ini bisa dibilang krusial, mengingat dari warna lipstik saja, bukan hanya kesan menawan yang dimunculkan, melainkan juga cerminan kepribadian. Maka hanya dengan mengetahui warna lipstik kegemaran temen-teman perempuanmu, kamu pun bisa begitu mudah mengulik kepribadiannya. Tak percaya? Ini dia beberapa paparan soal warna lipstik dan kaitannya dengan kepribadian seseorang.

Si Jujur Katanya Lebih Suka Pakai Lipstik Warna Nude

Sleek low ponytail and nude lip color. Stunning!

Warna lipstik yang satu ini natural dan mencerminkan pemakainya yang cenderung jujur pada diri sendiri dan orang lain yang ada disekitarnya. Di lain sisi, ia juga dikenal sebagai pribadi yang hangat sehingga keberadaannya membuat orang lain merasa nyaman dengan dirinya. Dengan kesederhanaan yang melekat pada dirinya, ia mampu bergaul dengan berbagai macam tipe orang tanpa merasa terintimidasi.

Sementara Mereka yang Berjiwa Muda Biasanya Berani Pakai Lipstik Warna Pink

Tentunya kesan utama yang ingin dimunculkan adalah manis dan feminine, warna pink atau lebih dikenal dengan nama merah muda juga jadi sangat tepat untuk mereka yang berjiwa muda namun tetap naïf. Penyuka lipstik warna ini senang dengan hal-hal yang indah, namun juga sensitif dan mudah tersentuh dengan kesukaran yang sedang dialami orang lain.

Lipstik Warna Merah Terang Disukai oleh Mereka yang Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Cut & color sai bennet More

Saat melihat perempuan memakai lipstik ini, kesan utama yang dimunculkan adalah bold dan sensual. Ya, pemakai lipstik warna merah memang punya nyali ekstra. Bahkan biasanya orang-orang dengan kepribadiann pemalu cenderung sulit membawakan warna ini dengan percaya diri. Karenanya, mereka yang senang memakai lipstik warna merah biasanya senang menjadi pusat perhatian, supel, dan percaya diri dalam mengutarakan pemikirannya.

Mereka yang Berjiwa Misterius, Biasanya Suka dengan Lipstik Warna Ungu

Created this look with @zoevacosmetics Cocoa Blend pallet. Foundation @makeupforeverofficial HD. Lips @anastasiabeverlyhills liquid lipstick in TRUST ISSUES For my eyebrows I used brow wiz in Taupe by @anastasiabeverlyhills and I feel like it's too light for me. :( Bronzer by @thebalm_cosmetics Bahama Mama. Eyelashes @ardell_lashes #120

Misterius bukan berarti selalu warna hitam. Buktinya, kesan misterius justru ditunjukkan bagi mereka yang suka dengan lipstik warna ungu. Tak hanya misterius, kala kamu memakai lipstik ini, ada kesan mewah tersendiri. Mereka yang senang lipstik warna ungu juga menghargai berbagai hal-hal terbaik yang bisa ditawarkan kehidupan. Tidak selalu soal materi, namun juga pada seni dan hal-hal sederhana seperti me time atau quality time mereka dengan orang terdekat.

Sementara Yang Dikenal Nyentrik, Menggemari Lipstik Berwarna Oranye

Harper Harley | Fashion Blog | Women's guide to minimal and chic wardrobe essentials

Satu kata untuk penyuka lipstik oranye: Eksperimental! Karena itulah mereka yang senang memakai lipstik warna oranye cenderung punya jiwa yang bebas dan kreatif. Aturan ketat dan hal lain yang membatasi ide-idenya sudah pasti bukan hal tabu untuk ia langgar atau tinggalkan demi idealismenya.

sumber gambar: pinterest

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Tak Hanya Nikmat Diminum Saja, Ternyata Air Kelapa Juga Bermanfaat Untuk Kecantikan

Pohon kelapa memang menyimpan banyak manfaat. Dari batang hingga daunnya nyaris bisa dimanfaatkan oleh manusia. Begitu pula dengan buah kelapa, yang konon memiliki banyak kebaikan.

Dari mulai kulit buah hingga airnya bisa dimanfaatkan. Segelas air kelapa yang segar rasanya bisa menjadi pengobat dahaga. Tapi selain enak diminum, air kelapa juga memiliki banyak kebaikan untuk kecantikan dan kesehatan. Penasaran? Berikut manfaat dari air kelapa!

Ingin Memiliki Kulit Bersih dan Bebas Noda? Cobalah Bersihkan dengan Air Kelapa

Untuk kamu yang ingin menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit wajah, kamu bisa menggunakan air kelapa. Bukan saja ampuh mengatasi kulit berminyak, diam-diam air kelapa bisa menghilangkan jerawat dan noda di wajah.

Rutin menggunakana air kelapa bisa membuat kamu memperoleh tampilan wajah yang cerah dan bersih. Kalau sudah begini, bisa meyelam sambil minum air bukan? Tidak saja bisa menikmati segarnya air kelapa muda, kamu juga mendapatkan kulit wajah impian.

Tak Perlu Susah Payah Menahan Lapar Kalau Minum Air Kelapa Saja Bisa Menurunkan Berat Badanmu!

Mengkonsumsi air kelapa dapat menjadi pilihan untuk kamu yang sedang diet. Air kelapa memiliki kandungan yang dapat mengenyangkan perut, dengan demikian kamu bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengkonsumi air kelapa dalam jumah banyak, karena mineral alami ini rendah lemak. Tenang! Minum air kelapa dalam jumlah banyak tidak akan membuat kamu gendut kok.

Meminum Air Kelapa Itu Artinya Kamu Sedang Meningkatkan Hidrasi Tubuh Kamu!

Dengan kandungan kalium yang tinggi dan gula yang lebih rendah dibandingkan minuman energi lainnya, air kelapa bisa kamu andalkan saat dehidrasi. Saat kamu beraktivitas berat, tubuhmu akan kehilangan cairan kaya mineral. Dalam kondisi tersebut, tubuh harus segera mendapatkan cairan pengganti. Nah, air kelapa memiliki kandungan yang jauh lebih efektif bila dibandingkan minuman lainnya.

Bahkan Untuk Sistem Pencernaan yang Bermasalah pun, Air Kelapa Bisa Diandalkan

Air kelapa mengandung serat dengan konsentrasi tinggi yang dapat membantu proses pencernaanmu. Bahkan air kelapa mampu menggantikan elektrolit esensial yang hilang saat kamu buang air kecil, berkeringat dan muntah.

Air kelapa cocok untuk kamu minum selepas melakukan aktifitas yang menguras energi, setalah lari misalanya. Melihat manfaatnya yang besar, rasanya mulai sekarang kamu harus mulai membiasakan diri minum air kelapa.

Dan Air Kelapa Juga Mengandung Komposisi Unik yang Sangat Bermanfaat Untuk Kebugaran Tubuh!

Air kelapa bisa dinikmati kapan saja oleh orang dewasa dan anak-anak. Bukan saja bisa diminum untuk melapaskan dahaga. Sebab faktanya, air kelapa mengandung lima elektrolit esensial. Lima elektrolit esensial tersebut adalah magnesium, kalsium, fosfor, sodium dan potasium. Lima  elektrolit tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bisa Pula Dinikmati Untuk Kamu yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan studi yang diterbitkan di West Indian Medical Journl pada tahun 2005 diperoleh kesimpulan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol hipertensi.

Kandungan vitamin C, kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa baik untuk kamu yang memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium tinggi yang terdapat pada air kelapa muda diyakini mampu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari sodium.

Melihat manfaat besar yang terkandung dalamnya, tentu mulai sekarang kamu tak perlu ragu lagi untuk rutin mengkonsumsi air kelapa bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top