Kesehatan & Me Time

5 Hal Inilah Yang Menyebabkan Jerawat Muncul Di Badan

pexels-photo-116913

Sebagai perempuan kehadiran jerawat di wajah tentu membuat rasa percaya diri berkurang. Tak heran bila kamu berusaha menghilangkan jerawat di wajah dengan berbagai produk skincare. Namun ternyata selain di wajah, jerawat juga bisa muncul pada badan di 12 area yang berbeda-beda. Entah itu di punggung, lengan, kaki, ataupun bagian dada.  Meskipun terletak di bagian tertutup, kamu tak bisa begitu saja mengabaikan jerawat di badan.

Layaknya jerawat di wajah, jerawat di badan juga membutuhkan perawatan. Tentu kamu juga yang akan bangga bukan bila kulit badanmu mulus tanpa jerawat? Nah, sebelum kamu berusaha menghilangkan jerawat tersebut, kenali dulu penyebab jerawat bisa muncul di badan. Dengan begini kamu jadi bisa menentukan jenis perawatan yang tepat untuk jerawat di badan.

Sama Seperti Wajah, Jerawat Di Badan Bisa Muncul Karena Produksi Minyak Yang Berlebih

Timbulnya jerawat di wajah dan di punggung bisa disebabkan oleh hal yang sama. Produksi keringat yang berlebihan di badan berperan penting dalam proses pembentukan jerawat. Keringat yang berlebih tentu saja akan membuat kulit kamu menjadi lembab, interaksi antara keringat dan minyak di kulit akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.

Kulit yang berminyak menjadi breeding ground yang pas untuk jerawat. Sama seperti kulit wajah, kulit badan juga mempunyai sebaceous glands yang dapat memproduksi sebum berlebih. Dicampur lagi dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, maka muncullah jerawat. Bedanya kulit badan lebih tebal dan pori-pori di punggung juga lebih besar dan lebih mudah menyerap kotoran. Jadi pastikan kamu rajin melakukan exfoliating, terutama di bagian punggung, dada dan lengan atas.

Saat Berkeringat Produksi Minyak Juga Jadi Banyak, Hal Inilah Yang Membuat Jerawat Muncul Di Badanmu

Hidup di negara tropis, membuat kita berkeringat saat cuaca panas. Apalagi jika sebagian besar aktivitas lebih sering dilakukan di luar ruangan. Setelah berolahraga pun keringat menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan. Pada saat kondisi kulit lembab, kotoran dan debu akan mudah menempel. Keringat juga bisa menahan sel kulit mati, excess sebum, dan bakteri ke dalam pori-pori. Jadi tidak heran kalau kamu yang kerap berkeringat jadi sering bermasalah dengan jerawat di badan.

Jika badanmu sedang berkeringat sebisa mungkin harus segera dikeringkan. Ketika sudah kering jangan lupa langsung mandi untuk menghilangkan sisa keringat dan kotoran yang masih menempel di kulit. Dengan begitu masalah jerawat di badan bisa segera berkurang atau bahkan menghilang. Jangan malas dan meremehkan kebiasaan ini kalau kamu tidak ingin jerawat di badanmu semakin parah.

Tidak Hanya Wajah, Salah Memilih Produk Perawatan Badan Juga Bisa Jadi Pemicu Munculnya Jerawat

Penggunaan produk badan yang salah bisa menjadi pencetus timbulnya jerawat di badan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu mengenali tipe kulit badan kamu untuk mengetahui jenis produk perawatan apa yang cocok untuk badanmu. Kalau kulitmu lebih rentan terhadap jerawat  sebaiknya hindari sabun badan yang memiliki kandungan minyak yang tinggi atau yang memiliki bahan yang comedogenic ingredients, seperti lanolin, sodium lauryl/laureth sulfate, dan isopropyl myristate. Kandungan silikon yang terdapat pada kondisioner juga bisa memicu jerawat punggung. Karena itu tidak ada salahnya jika kamu lebih memperhatikan kandungan yang terdapat di produk perawatan badan, demi menghindari timbulnya jerawat yang lebih banyak.

Faktor Hormonal Dan Juga Pikiran Ternyata Tidak Hanya Menimbulkan Jerawat Di Wajah, Tetapi Juga Pada Badanmu

Faktor hormonal dan beban pikiran bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya area wajah, tetapi juga daerah badan. Jika kamu sedang mengalami perubahan hormon ataupun sedang stres, ada kemungkinan jerawat akan hadir menghiasi badanmu juga. Untuk masalah ini memang sangat sulit dihindari. Sama dengan jerawat pada wajah, jerawat di badan karena faktor ini akan hilang dengan sendirinya jika hormon dan beban pikiranmu sudah stabil seperti semula.

Terlihat Fashionable Sih, Namun Bila Bahan Bajunya Tidak Sesuai Dengan Badanmu Bisa Menyebabkan Jerawat Loh!

Kalau kamu sudah memperhatikan jenis produk yang biasa digunakan untuk perawatan badanmu, hal lain yang juga harus jadi perhatianmu adalah bahan pakaian yang kamu kenakan. Mengikuti fashion terkini tidak ada salahnya, namun kamu juga harus pandai dalam pemilihan bahan yang tepat untuk tubuhmu. Salah-salah karena ingin terlihat fashionable kamu mengabaikan bahan sehingga memicu jerawat badan datang.

Sesuaikan pemilihan bahan baju dengan kondisi cuaca. Jangan sampai ketika cuaca sedang teriknya, kamu justru menggunakan baju yang tebal dan juga jaket. Hal ini akan merangsang tubuh kamu berkeringat. Kalau sudah begitu, jerawat badan juga bisa datang. Memakai baju yang ketat juga bisa membuat keringat akan semakin menempel di kulit. Carilah bahan yang nyaman untuk tubuhmu, bahan yang memungkinkan kulitmu untuk tetap bernafas.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Tuntutan Cantik Ala Medsos, Dinilai Dari Seberapa Ahli Kamu Mengedit Foto

Beberapa kemajuan teknologi yang tadinya dipercaya akan mempermudah hidup, perlahan jadi beban yang terasa berat. Salah satunya adalah kebutuhan untuk tampil cantik di setiap kesempatan. Seorang perempuan diharapkan bisa menjadi sosok yang cantik, pintar dan berwawasan luas serta mampu menghargai sosok lawan jenis yang selalu merasa tak ingin dikalahkan.

Ternyata kebutuhan untuk tampil cantik, telah ada dalam diri tiap perempuan bahkan sejak kecil. Sesuai dengan hasil studi yang dilakukan Girlguiding UK, setiap perempuan berusia 7 hingga 10 tahun memiliki kebutuhan untuk sempurna dan menilai kecantikan hanya dari fisik saja. Studi lain dari Amerika Serikat yang diterbitkan oleh Journal of Occupational and Organizational Psychology menyebutkan bahwa perempuan menyasar target untuk cantik dan sempurna hampir di setiap aspek kehidupannya.

Tak hanya di dunia nyata saja, ambisi untuk tetap terlihat sempurna ini juga merambat ke dunia maya. Sebuah wadah yang tadinya diperuntukkan untuk berbagi informasi dan menjalin pertemanan berubah jadi jembatan penghubung untuk menunjukkan pesona di dunia maya. Maka wajar jika proses edit dan jajaran filter foto tak bisa lagi ditinggalkan demi hasil foto tanpa cela.

Jejeran Foto Cantik Di Media Sosial Dianggap Sebagai Cerminan Padahal Tak Selalu Demikian

“Sebenarnya nggak perlu cantik banget, tapi ya minimal pakai filter biar muka keliatan cerah aja”
Kalimat yang sering kita pakai sebagai pembenaran untuk hal sudah jadi rutinitas. Selain untuk menjadi wadah berbagi, media sosial juga dipercaya sebagai gambaran atas hidup yang kita jalani. Jika foto-foto yang terpampang bagus dan menawan, itu berarti sang pemilik punya hidup yang memang sempurna.

Hingga perlahan ada stigma baru yang dijaga dengan ketat, bahwa foto tanpa editan adalah sesuatu yang tak pantas untuk ditunjukkan. Lalu demi membela diri dari sesuatu yang sebenarnya tak salah, dengan cepat kita akan berkilah. Bukankah itu hal setiap orang?  Kalimat pembelaan seperti itu tentu memang tidaklah salah, karena yang sebenarnya salah adalah penilaian kita atas kata cantik yang sesungguhnya. Karena cantik di media sosial tak berarti juga cantik di dunia nyata.

Perlahan Cantik Di Media Sosial Berubah Jadi Kebutuhan Bagi Kita Kaum Perempuan

Kemudian candu atas rasa ingin tetap terlihat cantik pada setiap kesempatan, berubah jadi kebutuhan yang rasanya berada pada posisi yang cukup penting. Meski harus kita akui bahwa kecanggihan teknologi memang memberi ruang untuk kita bisa melakukan apa saja. Untuk itu jangan heran jika ada seseorang yang terlihat ambisius setiap kali mengedit foto demi feed yang terlihat kece di instagram.

Dan Demi Foto Yang Di Inginkan, Foto Bersama Dengan Teman Tidak Akan Terasa Sah Jika Hanya Dibidik Sekali Saja

Disetiap kesempatan bersama dengan beberapa orang teman, untuk sekedar mengabadikan kenangan. Mungkin kita akan mencoba untuk berfoto dengan personil lengkap, namun lagi-lagi ada sesuatu yang justru jadi ganjalan. Sebab saat foto bersama, kita tidak bisa mengotrol semua ekspresi dan mimik wajah pada setiap orang bahkan wajah kita sendiri.

Demi jejeran foto yang tetap telihat cantik dan mengangumkan, keinginan untuk tak perlu membagikan hasilnya pun jadi pilihan. Akan tetapi tak selesai sampai disitu saja. Bagaimana jika ternyata salah seorang teman akan membagikan hasil foto yang menampilkan sisi buruk dari wajah kita, yang jelas akan merusak citra? Inilah sebabnya, beberapa dari kita tak akan pernah merasa puas jika sedang foto bersama. Semua hal perlahan menjadi sesuatu yang membingungkan.

Hingga Akhirnya Kebiasaan Ini Membuat Seseorang Berasa Jadi Orang Yang Paling Cantik Meski Tak Nyata

Kita mungkin bisa saja berperan untuk tetap terlihat cantik dan sempurna, baik di dunia nyata ataupun media sosial lainnya. Menganggap kemampuan untuk mengedit foto sebagai standar bahwa kita memang bisa terlihat cantik. Hingga kemudian followers mulai berperan untuk menilai atau sekedar berkomentar. “Kok alisnya miring sebelah kak ? Ih warna lipsticknya kayanya ga cocok deh buat kakak, dan beribu pendapat lainnya”. Kalimat-kalimat yang tadinya kita anggap sebagai masukan untuk bisa lebih baik, berubah jadi bumerang yang justru mengekang.

Merasa bahwa diri memang cantik bukanlah sesuatu yang salah, namun jika hal tersebut ternyata berseberangan dengan fakta yang sebenarnya jelas akan jadi pertanyaan. Karena cantik yang sesungguhnya bukanlah di ukur dari penampilan fisik yang kita punya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Love & Sex

Patah Hati Memang Menyakitkan, Tapi Sedih Lama-lama Juga Nggak Baik

pexels-photo-543368

Putus dengan pasangan bukanlah hal yang mudah. Hari terasa berat saat memikirkan kamu tak akan bersamanya lagi di hari-harimu selanjutnya. Kamu yang semula baik-baik saja nyatanya harus mengalami fase patah hati yang membuatmu kalut dalam kesedihan berlarut-larut.

Saat putus, memang sewajarnya kamu akan mengalami fase tersebut. Tapi jangan biarkan dirimu tenggelam terlalu lama dalam kesedihan. Karena ternyata patah hati memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatanmu, terutama jantung.

Memang, masih banyak yang meragukan fakta ini. Tapi mungkin lewat penelitian yang dilansir dari Time, ini bisa menguatkan alasan mengapa berlarut-larut dalam patah hati itu berbahaya. Time menuliskan, mereka yang sedang patah hati lantaran ditinggal orang terdekatnya berpotensi mengalami Fibrilasi Atrium atau detak jantungnya jadi tak beraturan yang menyebabkan kardiomiopati.

Akibat Detak Jantung yang Tak Beraturan, Orang yang Sedang Patah Hati Berpotensi Mengalami Stroke

pexels-photo-208151

Kamu perlu tahu, fibrilasi atrium tidak hanya dialami orang dengan usia dewasa, tapi juga golongan orang muda. Karenanya kalau kamu menemukan teman atau kerabatmu yang sedang dirundung kesedihan lantaran ditinggal pergi pacar, suami, atau istri karena putus atau meninggal dunia, sebaiknya kamu dampingi hingga psikisnya netral kembali.

Mengapa? Ini bukan soal empati saja, namun jika sudah muncul gejala pusing, nyeri di bagian dada, hingga kesulitan bernapas, itu adalah gejala dari fibrilasi atrium. Hal itu akan mendorong terbentuknya penggumpalan darah sehingga alirannya tersumbat saat melalui jantung dan memicu stroke. Berbahaya bukan?

Belum Ada Obat Penyembuhnya, Satu-satunya Cara Adalah dengan Rutin Melakukan Yoga

pexels-photo-317157

Harmony Reynolds, seorang cardiologist dari NYU Langone Medical Centre mengungkapkan, belum ditemukan obat penyembuh untuk kardiomiopati stress atau lebih dikenal dengan sindrom sakit hati. Namun bukan berarti mereka yang sudah terlanjur mengalami hal ini lantas tak bisa memeranginya.

Reynolds mengatakan, untuk kamu pun yang belum terdeteksi namun sedang dilanda patah hati sebaiknya rutin melakukan yoga atau meditasi. Selain mengalihkan fokus, kamu pun ikut berupaya menghentikan situasi yang  penuh tekanan tersebut. Dengan rutin berolahraga seperti meditasi dan yoga akan meningkatkan sistem aktivitas parasymphatetic nervous.

Tak Ada Salahnya Mencoba Mengonsumsi Makanan yang Dipercaya Mengurangi Sakitnya Patah Hati

pexels-photo-544117

Selain rutin berolahraga, kamu yang sedang patah hati juga sebaiknya jangan lupakan asupan gizi yang penting untuk tubuhmu. Patah hati bukan berarti kamu tak mampu bangkit dan memperbaiki keadaan. Justru, kamu  harus membuktikan sebaliknya. Mulailah dari hal kecil seperti mengonsumsi makanan yang dapat membantumu meredakan stress dan rutin mengonsumsi air putih sehingga tubuhmu tak lesu terus menerus.

Penting diketahui, kacang-kacangan mengandung protein dan mineral yang membantu tubuh meringankan rasa sakit secara emosional. Selain itu jangan lupakan cokelat, makanan manis ini mengandung flavanoid yang dapat meningkatkan gairah secara langsung sehingga bagus dikonsumsi oleh mereka yang baru mengalami putus cinta.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspirasi & Motivasi

Sering Bikin Baper Perempuan, Padahal Laki-laki Dari 6 Zodiak Ini Memang Baik Ke Semua Orang

Sering Bikin Baper, Padahal 6 Zodiak Ini Memang Baik Ke Semua Orang

Kamu sudah pernah mengalami dibuat nyaman dan merasa cocok dengan seorang laki-laki, eh ternyata dia juga berbuat hal yang sama pada semua orang? Kalau sudah begini ujung-ujungnya kita tentu merasa dibohongi. Padahal bisa saja dia memang tak memiliki niat untuk menyakitimu.

Bisa saja dia memang sosok baik hati yang terbiasa berbuat apik pada semua orang. Ternyata bukan hanya itu saja peyebabnya.  Zodiak yang menaunginya juga memiliki andil dalam hal ini.

Karena percaya atau tidak rentan waktu kelahiran seseorang, dapat mempengaruhi sikap seseorang. Nah untuk itu, jangan dulu baper jika bertemu dengan dia yang benar-benar membuat kita nyaman. Karena bisa jadi dia merupakan salah satu orang yang memiliki zodiak berikut ini.

Dimulai Dari Yang Pertama, Ada Pisces Yang Terkenal Paling Tulus Dalam Hal Memerhatikan Orang Lain

pexels-photo-175701

Untuk urusan kasih sayang dan belas kasih, dia yang berzodiak pisces memang tak perlu ditanya lagi. Mereka terkenal dengan kemampuannya menunjukkan rasa sayang dengan baik kepada seseorang. Tak hanya itu saja, dia juga tak segan untuk mengorbankan beberapa hal yang ia punya demi orang lain yang memang ingin dia bantu. 

Meski kadang dia tak mendapat perlakuan baik dari orang, tak sekalipun ia akan menyimpan dendam. Ia memang selalu ingin memafkan dan orang lain, termaksud yang kadang menyakitinya. Kebaikan yang dirinya tunjukkan pada kita bisa jadi bentuk dari kepedulian yang memang dia miliki. 

Lalu Ada Si Aquarius Yang Katanya Adalah Pribadi Ramah Dan Humanis

pexels-photo-91227

Dia yang memiliki zodiak ini memang kadang membuat hati gundah gulana. Bagaimana tidak, dia yang terkenal keras kepala juga mampu membuat kita merasa disayangi sekuatnya. Dia yang lahir antara rentang waktu bulan Januari dan Februari ini memang jadi pribadi yang punya rasa kemanusiaan paling tinggi.

Jadi jangan heran jika semua perbuatan baik akan dia lakukan tanpa pandang bulu. Dia akan bersikap seolah-olah berada di dekatnya, jadi tempat terbaik yang ada. Untuk itu tak heran jika di mana pun dia berada tak perlu waktu yang lama untuknya disenangi banyak orang. Tapi masalah sikapnya yang begitu, justru membuat kita salah mengartikan sikapnya. Meski sudah terlihat sangat baik, ternyata belum tentu dia punya perasaan khusus.

Mudah Dipengaruhi Dan Sedikit Genit, Dia Yang Berzodiak Libra Juga Dikenal Romantis Sehingga Mudah Membuat Kita Baper

people-man-model-glasses-46246

Jangan dulu baper jika dia yang sekarang ada di hadapanmu bisa bersikap romantis sekali. Bisa jadi itu adalah salah satu orang yang berzodiak libra, dan ternyata memerlakukan semua orang sama. Meski kadang terlihat jadi seseorang yang menyebalkan, dia paham bagaimana menempatkan perasaannya dengan tepat. Mulai dari menunjukkan kepedulian hingga membuat keputusan yang bijak. Maka tak perlu heran, jika ada banyak orang yang selalu terpesona dengan semua sikap baik yang dia tunjukkan.

Walau sebagian besar dari mereka kadang terlihat sedikit genit, kenyataanya tidaklah demikian. Dia akan berbaur untuk mencairkan suasana, untuk itu dia sangat mudah diterima di mana saja.

Digambarkan Dengan Gambar Seekor Singa, Leo Memang Selalu Bersikap Optimis Dan Berhasil Membuat Perempuan Menjatuhkan Hati

pexels-photo-262008

Kamu bisa merasa ngeri dan takut saat melihat gambar yang mewakili zodiak ini. Tapi apa yang akan kamu dapatkan dari orang-orang berzodiak Leo tentu tidaklah demikian. Bahkan sikapnya yang bisa berbaur dengan segala kalangan, membuat mereka sering didapuk sebagai anggota kerajaan segala zodiak. Pengorbanannya jadi salah satu hal yang membuatnya banyak diingat oleh orang.

Dia yang tadinya hanya sebatas teman bisa jadi kita anggap istimewa, karena semua kebaikan yang diberikannya. Selain itu laki-laki Leo juga adalah makhluk yang mampu beradaptasi dengan cepat, serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Walau Katanya Terkesan Sedikit Tak Tulus, Nyatanya Gemini Selalu Membuat Orang Lain Bahagia. Hati-hati Dengan Pesonanya!

pexels-photo-428339

Benar memang jika orang ini sedikit tak bisa menjaga rahasia yang kita ceritakan padanya, tapi bukan berarti ia tak baik. Si Gemini juga dikenal sebagai individu yang terbilang mudah untuk beradaptasi dengan orang-orang. Hal itu pula yang membuatnya disenangi banyak orang.

Karena sikapnya yang memang sangat membuat sekelilingnya merasa nyaman, rasanya orang ini tak memiliki sikap benci sedikitpun. Ia hanya terus berupaya agar orang-orang yang ada disekitarnya bisa tertawa dan mendapat manfaat yang sama.

Dan Yang Terakhir Ada Taurus Si Pribadi Hangat Yang Penuh Kasih Sayang

pexels-photo (3)

Meski katanya orang ini adalah pribadi yang hangat dan penuh kasih sayang. Tak dapat dipungkiri juga bahwa mereka adalah orang keras kepala yang egois. Dia akan sangat gigih dalam mempertahankan sesuatu yang menurutnya benar. Namun tak hanya itu saja, dia juga jadi salah satu pribadi yang banyak dicari untuk dijadikan pasangan.

Dimatanya segala sesuatu yang terjadi haruslah berjalan sesuai dengan apa yang sudah disusun. Kepiawaiannya dalam hal menyembunyikan emosi juga salah satu kelebihan yang membuat kita kagum. Dan berpikir bahwa segala hal yang ia sedang tunjukkan adalah sebuah bentuk keseriusan. Ternyata dirinya berbuat hal yang sama pada semua orang yang ada.

Untuk itu jangan pernah merasa bahwa dia punya perasaan yang berbeda, karena bisa jadi dia memang memiliki kepribadian yang demikian adanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top